Cara Menghilangkan Bunyi Dengung Pada Gardan Mobil

cara menghilangkan bunyi dengung pada gardan mobil

Berperan penting ketika mobil melakukan gerakan berbelok sebagai poros ban, ini detail cara menghilangkan bunyi dengung pada gardan mobil yang menandakan masalah tertentu.

Fungsi gardan diketahui memegang peran penting dalam sistem penggerak, sebagai poros putar antar ban kiri dan kanan saat mobil ingin berbelok. 

Namun nyatanya, permasalahan sering muncul ketika bagian gardan mengeluarkan bunyi yang tidak seharusnya. Sehingga tak jarang banyak yang mempertanyakan bagaimana cara menghilangkan bunyi dengung pada gardan mobil.

Tapi sebelum membahas mengenai solusi memperbaiki, apa yang sebenarnya membuat bunyi dengung tersebut muncul?

Penyebab bunyi dengung pada gardan mobil

Yang perlu dipahami, kemunculan bunyi dengung yang kurang enak didengar pada gardan terjadi bukan tanpa alasan. Bukan tanpa makna, bunyi tersebut justru biasanya menandai adanya masalah pada komponen tertentu, yang dapat membahayakan operasional mobil itu sendiri.

Lazimnya, bunyi dengung pada gardan mobil biasanya menunjukkan adanya bagian yang rusak atau aus pada ring-ring gardan dan bantalannya. Selain itu, bunyi juga bisa timbul sebagai tanda adanya gigi pinion dan renggang dan perlu disetel kembali.

Yang berbahaya, bunyi yang tadinya berupa dengungan dapat berubah menjadi menggeram apabila keausan sudah meningkat, bahkan dapat menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran. Manfaatkan asuransi mobil all risk untuk mendapatkan jaminan ganti rugi atas biaya perbaikan mobil secara menyeluruh di bengkel terbaik.

Cara menghilangkan bunyi dengung pada gardan mobil

Ada dua hal yang bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan bunyi dengung pada gardan mobil. Yang pertama cara yang lebih bersifat sementara, sedangkan cara kedua merupakan cara yang dipastikan akan menghilangkan bunyi gardan dengan lebih terjamin.

Apa saja cara yang dimaksud?

1. Menggunakan oli yang lebih kental

Cara ini yang dikenal sebagai upaya pensiasatan sementara apabila kerusakan bunyi dengung belum terlalu parah, dan mobil diperkirakan masih bisa beroperasi dengan baik. 

Umumnya, cara ini digunakan untuk kendaraan dengan kondisi gardan yang mengalami cacat komponen gigi crown dan pinion, namun masih bisa dipertahankan kegunaannya untuk beberapa waktu tertentu.

Di samping menggunakan oli yang kental, pemilik kendaraan juga bisa mencampurnya dengan stempet atau grease, agar tekstur oli semakin kental. Namun tetap saja, cara satu ini bersifat sementara. Akan ada saat di mana bunyi atau kerusakan gardan tidak bisa disiasati lagi sehingga hanya cara kedua yang bisa dilakukan.

2. Membongkar gardan

Cara ini yang dimaksud sebagai solusi akhir. Dengan melakukan pembongkaran, pemilik kendaraan bisa mengetahui secara spesifik komponen mana dari gardan yang mengalami kerusakan secara pasti. Apabila memang ada komponen yang sudah aus dan rusak, maka penggantian bisa langsung dilakukan.

Atau jika memang kendala rupanya hanya berupa adanya komponen yang longgar, maka pemilik kendaraan bisa melakukan penyetelan ulang pada komponen gigi pinion dengan crown wheel.

Promo May Lifepal Dekstop
Promo May Lifepal Mobile

Di samping itu, komponen gardan yang umumnya mengalami aus adalah side gear dan leher-leher gardan, sehingga dibutuhkan ketelitian tinggi untuk menyetel kerenggangan giginya agar tidak mudah mengalami rompal.

Namun jika memang kerusakannya parah, maka solusi yang harus dilakukan adalah mengganti semua komponen gardan yang biayanya tidak sedikit.

Lindungi finansialmu dengan asuransi mobil

Komponen krusial satu ini termasuk bagian yang membutuhkan biaya mahal untuk perbaikan jika memang permasalahan yang dihadapi serius.

Misalnya saja untuk kerusakan parah yang memang mengharuskan dilakukan penggantian gardan, biaya yang dibutuhkan adalah sekitar Rp3-4 juta untuk gardan mobil bagian depan. Sementara itu untuk gardan bagian belakang dibutuhkan biaya sekitar Rp2-3 juta.

Belum lagi, biasanya biaya perbaikan ini membutuhkan waktu yang lama, yakni sekitar 1-2 minggu pengerjaan.

Oleh sebab itu, agar aset dan tabungan kamu tidak terganggu, maka kamu sebaiknya memiliki asuransi mobil. Asuransi mobil akan mengcover biaya kerusakan mobil kamu, dari yang ringan hingga berat.

Jadi, keuangan kamu pun akan tetap aman dan tidak terganggu. Apabila kamu berniat membeli asuransi mobil, sebaiknya kamu ketahui besaran premi asuransi mobil yang harus kamu bayar dan tips memilihnya. 

Kalkulator premi asuransi mobil

Gambaran dari perhitungan premi asuransi yang akan dikenakan pada setiap orang sebenarnya berbeda, tergantung dari jenis, tipe, domisili, dan tahun mobil yang dimiliki. Belum lagi perbedaan premi asuransi dari berbagai perusahaan asuransi kendaraan yang ada.

Namun sebagai gambaran, kali ini kalkulasi premi asuransi mobil yang diperhitungkan adalah premi untuk mobil tipe Toyota Agya keluaran tahun 2020 yang berdomisili di wilayah DKI Jakarta. 

Dari 5 produk asuransi kendaraan yang ada, premi asuransi tahunan berada di kisaran Rp2 juta sampai dengan Rp3 juta, yang artinya berada di kisaran Rp200 ribu sampai Rp300 ribu per bulannya.

Kamu bisa menghitung besaran premi asuransi mobil menggunakan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini.

Tips memilih asuransi mobil terbaik

Tentu, pemilihan asuransi mobil juga tidak bisa dilakukan secara sederhana dan asal, harus ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan agar manfaat yang didapat dari premi yang dibayarkan setiap bulannya terasa secara maksimal.

Secara garis besar, ada lima tips yang bisa dilakukan dalam memilih asuransi mobil terbaik, yakni melakukan survey terlebih dahulu, memilih produk asuransi yang sesuai dengan dana dan kondisi mobil, memperhatikan kontrak asuransi dengan seksama, mempertimbangkan kemudahan akses asuransi seperti jangkauan bengkel mobil yang luas dan akses pelayanan yang lengkap serta memadai.

Promo 15 Tahun Desktop
Promo 15 Tahun Mobile

FAQ seputar cara menghilangkan bunyi dengung pada gardan mobil 

Apakah biaya perbaikan gardan dapat ditanggung asuransi?

Jawabannya adalah tergantung dari penyebab kerusakan yang dialami.

Apabila kerusakan terjadi akibat kelalaian pengguna dan kesalahan saat pemakaian pribadi, maka biaya perbaikannya tidak akan ditanggung. Namun apabila kerusakan terjadi karena mobil mengalami kecelakaan akibat tabrakan atau peristiwa tak diinginkan lainnya, tentu asuransi mobil akan menanggung biaya perbaikannya.

Berapa biaya yang dibutuhkan jika ingin memiliki asuransi mobil yang menanggung perbaikan gardan?

Untuk kerusakan parah yang memang mengharuskan dilakukan penggantian gardan, biaya yang dibutuhkan adalah sekitar Rp3-4 juta untuk gardan mobil bagian depan. Sementara itu untuk gardan bagian belakang dibutuhkan biaya sekitar Rp2-3 juta.

Jawabannya adalah tergantung dari penyebab kerusakan yang dialami.

Apabila kerusakan terjadi akibat kelalaian pengguna dan kesalahan saat pemakaian pribadi, maka biaya perbaikannya tidak akan ditanggung. Namun apabila kerusakan terjadi karena mobil mengalami kecelakaan akibat tabrakan atau peristiwa tak diinginkan lainnya, tentu asuransi mobil akan menanggung biaya perbaikannya.

Untuk kerusakan parah yang memang mengharuskan dilakukan penggantian gardan, biaya yang dibutuhkan adalah sekitar Rp3-4 juta untuk gardan mobil bagian depan. Sementara itu untuk gardan bagian belakang dibutuhkan biaya sekitar Rp2-3 juta.