Ingin Seperti Mario Teguh dan Merry Riana, Ini 7 Tips Menjadi Motivator Sukses

Cara Menjadi Motivator yang Benar dan Sukses (Shutterstock).

Sosok Mario Teguh dan Merry Riana tentu bagi masyarakat Indonesia udah sangat dikenal karena sering tampil di layar kaca. Kalau kamu punya keinginan untuk seperti mereka, ada baiknya menyimak artikel cara menjadi motivator ini sampai selesai.

Bagi para pekerja kantoran, melakukan rutinitas yang itu-itu aja setiap hari merupakan tantangan tersendiri yang mau gak mau harus dihadapi guna tetap mendapatkan nafkah. Gak sedikit dari mereka yang sampai mengalami kejenuhan bahkan sampai stres berkepanjangan.

Untuk itu para perusahaan besar rela mengeluarkan kocek yang besar untuk menyewa para motivator kondang agar karyawan-karyawannya bisa bekerja secara produktif lagi.

Bahkan kocek yang dikeluarkan untuk menyewa jasa motivator bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah untuk sekali tampil. Jumlah uang yang fantastis bukan?

Nah daripada berpanjang lebar lagi mending kita lihat langsung aja nih cara menjadi motivator yang tepat berikut ini:

1. Belajar sekolah Public Speaking

Cara menjadi motivator
Sekolah Public Speaking (Shutterstock).

Melansir dari Career Addict, cara menjadi motivator pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengikuti pelajaran public speaking yang diadakan oleh sekolah-sekolah informal yang bertebaran hari ini.

Disini kamu bakal diajarkan berbagai macam tips mengenai dunia public speaking dari yang paling mendasar sampai yang advanced. Selain itu kamu juga bakal diajarkan ilmu serta pengetahuan yang mungkin gak didapatkan di tempat lain.

Enaknya mengikuti sekolah informal ini kamu mempunyai mentor yang mendampingi dari awal sampai akhir kelas. Malah setelah selesai kamu masih tetap bisa berkomunikasi dengannya.

2. Terapkan di kehidupan sehari-hari

Cara menjadi motivator
Terapkan di kehidupan sehari-hari (Shutterstock).

Kedua supaya kemampuan public speaking yang udah kamu dapatkan gak hilang sia-sia  sebaiknya untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari ketika lagi ngobrol dengan orang lain. Gak wajib dilakukan terus menerus kepada semua orang, pilihlah kira-kira siapa cocok menjadi lawan bicaranya.

Dan bila merasa kesulitan dari pemilihan gaya bahasa, kamu bisa mengakalinya dengan melatih nada dan ritme bicara yang tepat supaya kemampuan berkomunikasi kamu bisa semakin baik dan terasah.

3. Mencari ide yang fresh

Cara menjadi motivator
Mencari ide yang segar (Shutterstock).

Cara menjadi motivator yang benar dan tepat selanjutnya kamu harus rajin-rajin melakukan pembaharuan topik apa yang bakal dibawakan. Semakin menarik topik yang diangkat, kemungkinan besar kamu juga bisa semakin terkenal karena banyak orang yang tertarik dengan pembawaan diri kamu.

Sebaliknya jika kamu jarang mencari ide yang fresh kemungkinan kamu dikenal banyak orang bakal semakin kecil karena penonton cenderung merasa bosan dan mencari sosok lainnya.

Kamu bisa mencari bahan-bahan pembicaraan yang menarik di media sosial maupun internet. Entah itu yang berbau viral ataupun umum terjadi.

4. Belajar dari motivator sukses

Cara menjadi motivator
Belajar otodidak (Shutterstock).

Keempat kamu bisa belajar dari motivator sukses lainnya di media sosial. Hari ini akses internet udah semakin gampang jika dibandingkan 1 dekade lalu.

Jadi gak ada alasan untuk kamu buat gak bisa belajar dari motivator lainnya. Terdapat beberapa hal yang bisa kamu ambil ilmunya mulai dari pembawaan saat berbicara, gaya bercanda hingga topik yang dibawakan setiap tampil.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

5. Tulis dan edit konten yang dimiliki

Cara menjadi motivator
Membuat konten (Shutterstock).

Orang yang bijak adalah orang yang mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Termasuk untuk menjadi seorang motivator yang handal.

Cara menjadi motivator yang kelima ini bakal membantu kamu ketika tampil di depan umum agar alur pembicaraannya lebih terstruktur. Sehingga pesan yang disampaikan kepada orang lain bisa dimaknai dengan sama apa yang diucapkan.

6. Upload video kamu di internet

Cara menjadi motivator
Upload di Youtube (Shutterstock).

Jika kamu merasa belum pede untuk tampil di depan panggung bisa mencoba dengan membuat video dengan gadget pribadi. Setelah itu upload ke media sosial seperti Youtube, Facebook  maupun Instagram untuk mempromosikan diri.

Respon yang didapat gak harus selalu positif, pasti ada respon negatif yang kurang masuk ke hati. Tapi hal itulah yang bisa menjadi bahan evaluasi kamu kedepannya.

7. Tawarkan diri kamu secara gratis

Cara menjadi motivator
Promosikan diri (SHutterstock).

Cara menjadi motivator yang terakhir adalah dengan menawarkan diri kamu secara gratis untuk pertama kalinya sebagai bahan pertimbangan.

Hal ini bisa menjadi strategi marketing yang bagus untuk diri kamu sendiri. Sebab kalau langsung mematok dengan bayaran tertentu kemungkinan bakal sedikit pihak yang mau menerima kamu sebagai kliennya.

Nah itulah 7 cara menjadi motivator handal yang bisa kamu lakukan sekarang. Walaupun bukan jaminan tetapi paling gak tips tersebut bisa membantu kamu mewujudkan impian. Semoga sukses! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →