Cara Merawat Wiper Mobil Agar Awet dan Tidak Merusak Kaca

cara merawat wiper mobil

Sebagai pengendara mobil, tentunya kamu harus mengetahui komponen-komponen penting di dalam mobilmu dan cara merawatnya. Salah satunya adalah mengetahui cara merawat wiper mobil.

Hal ini bertujuan agar saat ada masalah pada mobilmu, kamu sudah tahu komponen apa yang mengalami gangguan. Dengan begini kamu bisa mengatasinya dengan segera. 

Bukan sembarangan, wiper sendiri merupakan sebuah mekanisme dalam mobil yang berfungsi mengusap kaca depan serta membersihkannya dari air atau embun. 

Komponen ini sangat berguna apalagi saat kamu menembus jalanan di tengah hujan, atau bisa saja di tengah pagi yang berembun dan berkabut. 

Keberadaan wiper ini membuat pengendara mobil menjadi lebih jelas melihat jalan. Wiper juga berfungsi meningkatkan keamanan mobil dari kondisi jalan dan cuaca yang membahayakan. 

Selain itu, wiper juga bermanfaat menjaga tampilan mobil supaya bisa tetap bersih, menarik dan aman untuk digunakan. 

Makanya, untuk bisa memaksimalkan fungsi wiper mobil, kamu harus tahu cara merawat wiper mobil yang baik dan benar. 

Apalagi kalau tidak dirawat dengan benar, wiper mobil bahkan bisa meninggalkan baret pada kaca, lho! Yuk, intip cara merawat mobil supaya tidak baret kaca selengkapnya berikut ini. 

Cara merawat wiper mobil yang benar

Ada beberapa cara merawat wiper mobil yang harus rutin dilakukan agar bisa menjaga performanya. Yuk, coba lakukan sekarang!

1. Cuci wiper dengan cara yang benar

Langkah pertama dalam merawat wiper mobil adalah mencuci wiper. Tapi, kamu harus memperhatikan cara yang benar dalam mencucinya. 

Saat mencucinya, kamu harus berhati-hati saat membilas bagian karetnya. Pada permukaan karet terdapat cairan khusus yang fungsinya melembabkan, sehingga jangan sampai bilas karet wiper dengan sabun cuci mobil. 

Cukup siram dengan air bersih kemudian lap permukaan karetnya. Lalu biarkan mengering dengan menegakkan wiper usai dicuci.

2. Menjaga elastisitas karet mobil

Bagian terpenting dari wiper mobil adalah karet yang melapisi rangka besinya. Bagian karet ini berfungsi untuk menghalau air hujan yang menutupi kaca mobil. 

Untuk itu, bagian ini sangat penting untuk dijaga. Karena itu, saat memarkirkan mobil, jangan terlalu sering di tempat yang panas. 

Panas matahari akan diserap oleh kaca mobil yang bisa berdampak pada karet wiper. Bila terlalu lama terkena panas, karet wiper bisa cepat mengering dan pecah. Untuk itu, parkirlah di tempat yang teduh atau angkat wiper selama parkir.

3. Isi cairan wiper

Pada wiper mobil terdapat ruang mesin yang terdapat satu tangki khusus untuk diisi cairan pembersih mobil. Biasanya diisi dengan air wiper mobil biasa saja. 

Tapi, kamu bisa mengisinya dengan cairan pembersih khusus yang dicampur dengan air. Biasanya cairan pembersih kaca mobil memiliki kandungan yang membuat kaca menjadi licin. 

Dengan tambahan cairan pembersih kaca ini, resiko kaca kesat pun menjadi minim. Jadi, tak hanya membuat wiper tidak mudah rusak, tapi juga melindungi kaca dari goresan wiper.

4. Jangan lupa cek kondisi poros wiper

Tak hanya bagian karet, poros wiper pun tak boleh luput dari perhatian. Untuk itu, kamu harus berikan pelumas pada bagian poros wiper secara berkala untuk mencegah terjadinya aus. 

Hal ini harus dilakukan agar perputaran wiper yang menyapu air dan kotoran pada saat musim hujan jadi tak terhambat.

5. Ganti Wiper Secara Berkala

Cara merawat wiper mobil yang terakhir adalah melakukan penggantian wiper secara berkala. Bila wiper sudah mulai berdecit atau karet terlihat getas, saatnya kamu mengganti wiper yang baru. 

Sebenarnya, wiper diganti setiap 1 tahun sekali tergantung pemakaiannya. Tak hanya karet, dudukannya juga perlu diperhatikan apakah perlu diganti. 

Pastikan pemilihan wipernya juga cocok dengan jenis mobil yang kamu miliki karena ukurannya biasanya berbeda-beda. Tujuannya untuk memelihara wiper sekaligus mencegah wiper mobil tidak bergerak karena rusak.

Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran. Manfaatkan asuransi mobil all risk untuk mendapatkan jaminan ganti rugi atas biaya perbaikan mobil secara menyeluruh di bengkel terbaik.

Kerusakan wiper mobil yang harus diperhatikan

Selain mengetahui cara merawat wiper mobil, kamu harus tahu bila terjadi kerusakan pada wiper mobil kamu. 

Jangan sampai kerusakan wiper terjadi karena bisa mempengaruhi keselamatan kamu di jalan apalagi di saat cuaca sedang tidak baik. Ada beberapa ciri bila karet wiper mobil kamu rusak, antara lain:

1. Timbul suara berisik

Saat karet wiper kondisinya sudah tak bagus, tentunya akan timbul suara yang berisik. Hal ini bisa terjadi karena karet wiper sudah mengeras.

Suara berisik juga bisa menandakan bahwa karet wiper sudah mengeras. Cara melembutkan karet wiper mobil yang mengeras bisa dengan merendam karet di air cuka murni atau mengoleskan minyak zaitun ke karet.

2. Timbul garis air

Bila wiper mobil sudah menjadi getas saat membersihkan air pada kaca mobil, maka akan muncul garis-garis air pada kaca. Tentunya membuat sapuan air kurang maksimal adn menghalangi jarak pandangmu.

Promo 15 Tahun Desktop
Promo 15 Tahun Mobile

3. Gerakannya kurang lancar

Jika karet wiper mobil sudah tak bagus, gerakannya tidak akan lancar, bahkan mungkin wiper mobil tidak bergerak

4. Tidak sempurna menyeka air

Penyeka kaca yang kondisinya masih bagus tentunya akan bekerja dengan sempurna dalam menyeka air. 

Tapi kalau wiper mobil tidak bisa lagi menyeka air, berarti sudah saatnya karet wiper harus diganti.

Cara mengganti wiper sendiri di rumah

Ada kalanya kita harus mengganti wiper mobil sendiri. Sebenarnya mengganti wiper mobil pun tidak sulit, kok. Bahkan bisa dilakukan di rumah tanpa perlu pergi ke mobil. 

Sebelumnya pastikan karet wiper yang kamu dapatkan sesuai dengan ukuran wiper yang kamu gunakan. Kamu bisa mengukur panjang wiper dengan penggaris.

Untuk melepaskan wiper lama, angkat dulu lalu pada bagian tengah ada pengunci atau klip yang bisa ditekan. 

Tekan klipnya lalu dorong wiper ke arah bawah sampai terlepas. Sudah dilepaskan, posisikan bagian klip dengan besi wiper lalu disangkutkan. Dorong ke atas sampai ada suara “klik”. Dengan begini wiper sudah terpasang. 

Kamu perlu memperhatikan bila klip terpasang dengan sempurna. Kalau tidak terpasang, karet bisa terlepas dan bisa merusak kaca depan mobil. 

Cukup dicek saja klipnya dengan cara digeser-geser apakah sudah terkunci atau belum. Baiknya saat memasang wiper akan lebih baik jika kaca mobil dibersihkan terlebih dahulu.

Apa perlu memiliki asuransi mobil?

Membeli mobil tentu membutuhkan merogoh kocek yang dalam. Harganya bahkan bisa menghabiskan puluhan hingga ratusan juta. 

Karena harganya tidak murah dan tentunya berharga, tentunya kamu harus memproteksinya dengan asuransi mobil. Asuransi mobil ini memiliki tiga fungsi utama yang harus kamu ketahui.

Fungsi pertama adalah jaminan perlindungan. Sebagai manusia, kita tak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. 

Keberadaan asuransi mobil ini bisa membuat kamu sedikit bernafas lega saat hal-hal di luar kendali bisa saja terjadi. Asuransi mobil memberikan kamu perlindungan dari klaim kerusakan mobil.

Promo Car Brand Lifepal Desktop
Promo Car Brand Lifepal Mobile

Yang terpenting, kehadiran asuransi adalah menghindari masalah keuangan. Dengan membayar harga premi asuransi mobil, kamu bisa melindungi keuanganmu saat kecelakaan, kerusakan hingga kehilangan mobil. 

Di saat kamu harus mengeluarkan biaya yang besar, pihak asuransi akan mengganti biayanya. 

Fungsi terakhir adalah memberikan ketenangan. Jika kamu terlibat kecelakaan yang melibatkan pihak lain, asuransi mobil akan mengganti biaya perbaikan mobil sekaligus membayar ganti rugi hingga biaya perawatan orang yang terlibat kecelakaan. Jadi, kamu lebih tenang, kan?

Intinya, memiliki asuransi mobil adalah hal yang penting. Kamu akan lebih nyaman dan aman berkendara bila memiliki asuransi mobil.

Coba cek asuransi mobil yang cocok dengan mengisi kuis asuransi mobil terbaik ini.

Tips dari Lifepal! Meski terlihat sepele, menjaga wiper mobil agar tetap bekerja dengan baik adalah hal yang penting, loh! Apalagi wiper akan sangat berguna jika kamu berkendara dalam kondisi hujan lebat.

Jika wiper tidak berfungsi dengan baik, maka pandangan kamu ke jalanan akan sangat terbatas.  Jadi, sebaiknya rawat wiper dengan benar sesuai panduan di atas, ya.

Simak pula ulasan mengenai rangkaian wiper mobil, dan juga wiper hybrid vs frameless di artikel Lifepal lainnya!

FAQ cara merawat wiper mobil 

Bagaimana cara merawat wiper mobil?

Berikut beberapa cara merawat wiper mobil yang harus kamu ketahui!

  1. Cuci wiper dengan cara yang benar
  2. Menjaga elastisitas karet mobil
  3. Isi cairan wiper
  4. Jangan lupa cek kondisi poros wiper
  5. Ganti Wiper Secara Berkala

Apakah perlu memiliki asuransi mobil?

Perlu. Asuransi mobil akan memberikan ketenangan. Jika kamu terlibat kecelakaan yang melibatkan pihak lain, asuransi mobil akan mengganti biaya perbaikan mobil sekaligus membayar ganti rugi hingga biaya perawatan orang yang terlibat kecelakaan. Jadi, kamu lebih tenang, kan?

Intinya, memiliki asuransi mobil adalah hal yang penting. Kamu akan lebih nyaman dan aman berkendara bila memiliki asuransi mobil.

Berikut beberapa cara merawat wiper mobil yang harus kamu ketahui!

  1. Cuci wiper dengan cara yang benar
  2. Menjaga elastisitas karet mobil
  3. Isi cairan wiper
  4. Jangan lupa cek kondisi poros wiper
  5. Ganti Wiper Secara Berkala

Perlu. Asuransi mobil akan memberikan ketenangan. Jika kamu terlibat kecelakaan yang melibatkan pihak lain, asuransi mobil akan mengganti biaya perbaikan mobil sekaligus membayar ganti rugi hingga biaya perawatan orang yang terlibat kecelakaan. Jadi, kamu lebih tenang, kan?

Intinya, memiliki asuransi mobil adalah hal yang penting. Kamu akan lebih nyaman dan aman berkendara bila memiliki asuransi mobil.