Cara Monetisasi YouTube [Plus Cara registrasi AdSense]

Cara monetisasi YouTube

Untuk mendapatkan banyak uang dari YouTube, kamu harus mengetahui dulu cara monetisasi YouTube. Akun yang telah dimonetisasi, bakal mendapatkan keuntungan yang besarannya dihitung dari jumlah penonton. Sementara uangnya didapat dari iklan-iklan yang dipasang di video tersebut. 

Di tahun 2019 ini, YouTube telah melakukan perluasan penerimaan pundi-pundi akun yang dimonetisasi. Bukan cuma lewat iklan, tapi ada juga lewat beberapa cara lain, seperti menjadi mitra, merchandise, dan lain-lain. 

Tapi, perlu diingat, untuk melakukan monetisasi akun bukanlah hal yang mudah. Harus ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi sesuai ketentuan dari YouTube. 

Berikut ini kita akan memberikan penjelasan singkat mengenai seluk-beluk syarat dan cara monetisasi YouTube. 

Baca juga: Berapa sih Gaji YouTuber dan Gimana Cara Menghitungnya?

Monetisasi adalah… 

Monetisasi adalah proses menghasilkan uang dari video-video YouTube yang diunggah dengan mengaktifkan fitur-fitur iklan di dalam video. Tapi tentu gak bisa semua video disisipkan iklan, hanya yang terpopuler saja yang bakal mendapatkan pemasukan terbesar dari iklan. 

Tujuan pengiklan menaruh modalnya dengan beriklan di YouTube adalah untuk menjangkau lebih banyak audiens atau mendapatkan popularitas yang lebih. Oleh karena itu, YouTube juga akan menaruh iklan di video yang memiliki jumlah penonton yang banyak, dan akun yang rutin mengunggah konten mereka. 

Akun dengan jumlah penonton yang membludak dan jam tayang yang tinggi, sangat menguntungkan untuk bisnis YouTube. Mereka gak segan-segan untuk membagikan keuntungan yang didapat dari iklan ke kreator populer. 

Maka dari itu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebuah akun untuk bisa dimonetisasi. 

Baca juga: Pengin Jadi YouTuber dan Punya Banyak Subscriber? Begini Caranya

Syarat monetisasi YouTube 2019 

Sebelum membahas tentang cara monetisasi YouTube, kamu harus memperhatikan syarat-syarat yang diminta. YouTube tentunya bakal menerima permintaan monetisasi akun yang populer, memiliki dampak yang signifikan bagi bisnis.

Indikator signifikan itu sendiri dilihat dari popularitasnya untuk menarik perhatian lebih banyak penonton, dan juga isi konten itu sendiri. 

Akun yang telah berhasil dimonetisasi itu disebut juga dengan YouTube Partner. 

Oleh sebab itu, YouTube telah membuat persyaratan dasar bagi para kreator video yang pengin memonetisasi akunnya.

  • Mengikuti segala aturan dan kebijakan dari monetisasi YouTube. Kebijakannya beragam, mulai dari pembatasan konten yang tidak boleh berisi kekerasan, pornografi, sampai memastikan kalau konten yang diunggah tidak melanggar hak cipta. 
  • Tinggal di negara atau wilayah tempat program YouTube Partner tersedia. Dalam hal ini Indonesia termasuk ke dalam lingkup wilayah tersebut.
  • Memiliki lebih dari 4.000 jam tayang selama 12 bulan terakhir. Artinya jumlah jam tayang kontenmu kalau ditotal telah mencapai 4.000 jam. 
  • Punya lebih dari 1.000 subscribers
  • Terhubung dengan akun AdSense 

Meskipun kamu telah memenuhi persyaratan-persyaratan di atas, bukan jaminan kalau monetisasi akun bakal diterima oleh YouTube. Beberapa ada yang ditolak juga lho! 

Hal yang terpenting adalah, kamu harus mengaktifkan dulu monetisasi atau istilah lainnya mengaktifkan Google AdSense. Berikut ini tahapan-tahapan cara aktifkan Google AdSense, 

  1. Klik ikon akun YouTube di pojok kanan atas
  2. Masuk ke pilihan “Creator Studio”
  3. Di bagian kiri menu pilih “Channel”
  4. Lalu klik “Status and features”
  5. Klik enable di pilihan “Monetization”
  6. Lalu ikuti perintah yang tertera di halaman tersebut

Kemungkinan besar yang membuat monetisasi ditolak oleh YouTube adalah karena tidak memenuhi kebijakan dan persyaratan yang dipenuhi. Tapi tenang saja, jika ditolak, kamu bisa melakukan pendaftaran lagi dalam rentang waktu 30 hari setelahnya. 

Cara monetisasi YouTube 

Setelah memastikan kamu sudah memenuhi persyaratan, dan daftar Google AdSense YouTube kamu sudah diterima, berikut ini ada beberapa cara monetisasi YouTube yang bisa kamu pilih.

Berdasarkan peraturan YouTube 2019, cara monetisasi gak cuma lewat iklan saja, tetapi juga ada banyak cara lainnya, lewat Membership Channel, Super Chat, Merchandise, dan YouTube Premium. 

1. Dari iklan atau Google AdSense 

Cara monetisasi yang satu ini adalah mengandalkan iklan sebagai pemasukan utama. Kamu bisa mengatur iklan yang tayang di kontenmu dan juga letak posisi iklan itu ditayangkan.

Fitur ini bakalan ada jika pendaftaran akun Google AdSense yang sudah tertera di atas disetujui oleh YouTube.

Persyaratan khususnya, pemilik akun harus sudah berumur 18 tahun atau paling tidak memiliki wali yang umurnya sudah mencukupi. Hal ini berkaitan dengan syarat penerimaan uang dari iklan-iklan yang tayang. 

Cara memasang iklan di YouTube juga gak bisa sembarangan, karena kamu harus memenuhi persyaratan yang dibuat oleh pengiklan.

Selain itu, pastinya kontennya harus sesuai dengan iklan. Misalnya, kamu mengatur iklan tempat wisata, jangan ditaruh di konten berita duka. 

2. Membership Channel 

Kalau yang ini, kamu mendapatkan bayaran dari akun orang yang terdaftar sebagai member akun kamu. Sistemnya adalah membermu bakal memberikan bayaran setiap bulannya untuk menikmati konten-konten berkualitas yang kamu tawarkan. 

Persyaratan khususnya adalah, berusia minimal 18 tahun dan memiliki lebih dari 30.000 subscriber

Berikut ini cara mengaktifkan atau cara monetisasi YouTube lewat Membership Channel

  1. Login ke akun YouTube
  2. Kemudian buka halaman “Membership”
  3. Klik mulai dan ikuti perintah-perintah yang muncul di layar

3. Merchandise 

Fitur yang satu ini memungkinkan akun yang menonton bisa melihat merchandise yang kamu tawarkan di laman video. Syarat khusus untuk bisa berjualan di YouTube adalah harus minimal berumur 18 tahun dan memiliki 10.000 subscribers

Cara monetisasi YouTube dengan fitur Merchandise Shelf, 

  1. Login ke “YouTube Studio Beta”
  2. Di menu sebelah kiri kamu bisa melihat menu “Monetisasi”, silahkan di-klik
  3. Klik pilihan “Merchandise”, opsi ini bakal muncul kalau persyaratan khususnya sudah terpenuhi
  4. Ikuti petunjuk yang tertera di layar 

4. Super Chat 

Di YouTube, sekarang kamu sudah bisa melakukan live streaming dan disaksikan oleh masyarakat secara luas. Penonton bisa dengan bebas mengirimkan pesan saat live streaming bahkan pesan tersebut bisa disorot oleh orang banyak. Nah ketika kamu menggunakan fitur itu, kamu bakal mendapatkan bayaran.

5. YouTube Premium 

Kamu cukup mengalihkan akunmu ke versi premium. Dengan cara ini, kamu bakal mendapatkan bayaran dari setiap orang yang menonton kontenmu.

Sayangnya fitur yang satu ini belum berlaku di Indonesia, jadi belum ada keterangan apapun tentang cara pendaftarannya. 

Baca juga: YouTuber Terkaya ke-8 Dunia, Atta Halilintar Punya Mobil Mewah Rp 3,5 M!

Cara menarik uang dari YouTube 

Dari cara monetisasi YouTube, kini kita beralih ke cara menarik uang yang telah dikumpulkan. Di awal tadi kamu sudah mendaftar Google AdSense, nah untuk bisa mencairkan, kamu perlu melakukan verifikasi akun Google AdSense. 

Verifikasi dilakukan dengan memasukkan PIN yang nantinya bakal dikirim ke rumah kamu oleh pihak Google. Berikut ini tahapan-tahapannya. 

  1. Masuk ke akun AdSense sesuai dengan alamat email dan kata sandi yang kamu daftarkan
  2. Klik menu pengaturan dan pilih “Setelan”
  3. Di bagian kiri laman klik “Informasi Akun”, lalu klik “verifikasi alamat”
  4. Terakhir masukkan PIN yang telah dikirimkan

Setelah AdSense terverifikasi, kamu tinggal memasukkan data-data rekening untuk pengiriman hasil pendapatan dari kontenmu. Uang akan ditransfer setiap bulannya, sekitar tanggal 21-26. 

Cara registrasi AdSense YouTube

Kalau tadi kita sudah mengetahui syarat-syarat untuk melakukan monetisasi akun YouTube, kini saatnya melakukan registrasi AdSense YouTube milikmu.

  1. Login ke akun YouTube, klik “Icon Profile” dan pilih menu “Setting” 
  2. Dari halaman “Setting”, klik kembali “Icon Profile” lalu “Creator Studio
  3. Dari halaman “Creator Studio”, kamu bisa melakukan berbagai macam pengaturan, mulai dari memoderasi komentar, menentukan pilihan dalam mengunggah video, melihat hasil analisis statistik, hingga mendaftarkan akunmu ke YouTube AdSense.
  4. Dari halaman “Creator Studio” pilih menu “Other Features” kemudian klik “Monetization”, yang menarik, meskipun belum memiliki video yang diunggah, kamu sudah bisa mengajukan YouTube AdSense dan akan di-review kemudian persetujuannya setelah akunmu memenuhi syarat yang ditentukan.
  5. Setelah mengklik pilihan “Monetization”, kamu akan masuk ke halaman YouTube Partner Program. Di sinilah langkah-langkah sesungguhnya yang harus kamu perhatikan.
    • Langkah 1: Menyetujui syarat dan ketentuan dalam Program YouTube Partner. Caranya mudah, kamu hanya perlu membaca daftar syarat dan ketentuan yang tertera dan, jika setuju, meng-klik pilihan “I accept”.

      Selain itu, di halaman ini, kamu dapat mengatur persetujuanmu terkait pengiriman informasi terbaru dari YouTube Partner melalui e-mail. Jika kamu ingin dikirimi informasi tersebut, centang kotak yang disediakan.

    • Langkah 2: Membuat atau menghubungkan akun YouTube dengan AdSense. Belum memiliki akun AdSense?

      Di tahap ini kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang tersedia untuk membuat akun AdSense yang bisa kamu gunakan khusus untuk YouTube.

      Silakan mengisi data, seperti nama dan negara, dalam form yang ada kemudian klik “Create Account”. Setelah itu, kamu akan masuk ke dalam halaman Google AdSense dan kembali mengisi informasi terkait akunmu.

      Jangan lupa mengisi alamat dengan benar karena, di masa depan, Google akan mengirimkan kode verifikasi untuk mencairkan saldo jika sudah cukup ke alamat rumahmu. Namun, jika kamu sudah memiliki akun AdSense, kamu tinggal menghubungkannya dengan memilih “Sign up for AdSense”.

    • Langkah 3: Atur pilihan monetisasi. Kamu dapat mengatur posisi iklan yang hendak kamu tampilkan. Caranya, dalam halaman “Monetization” pilih “Set Monetization Preference” lalu klik “Start” dan akan muncul 4 tampilan iklan, yaitu:
      • Display Ads
        Berada di bagian kanan layar, iklan ini akan ditayangkan dari awal hingga akhir video. Meskipun demikian, iklan jenis ini tidak akan mengganggu suara video yang sedang diputar karena tidak tampil dengan autoplay sound.

        Pengunjung baru bisa mendengar suara dalam iklan jika mengklik gambar iklan. Iklan tipe ini juga hanya bisa dilihat oleh pengunjung melalui perangkat desktop

      • Overlay Ads
        Berada di bagian layar, mungkin ini adalah jenis iklan yang paling sering kita lihat. Posisinya di bagian layar dengan ukurang sekitar 480×70 pixel membuat video yang hendak ditonton sedikit tertutupi. Namun jangan khawatir, iklan ini bisa ditutup dengan mengklik lambang x di bagian iklan secara manual.
      • Sponsored Cards
        Muncul di bagian kanan atas video, iklan tipe ini akan menayangkan semacam teaser ke penonton selama beberapa saat kemudian berganti menjadi ikon kartu.

        Mirip dengan iklan jenis Display Ads, pengunjung juga dapat menutup iklan atau justru mengkliknya untuk memperoleh informasi lebih lanjut terkait iklan tersebut.

      • Skippable Video Ads
        Muncul di bagian awal atau akhir video, iklan jenis ini juga tentu tak asing buat kita karena diikuti pilihan “Skip Ad”. Namun, sebelum bisa mengklik tombol “Skip Ad” penonton harus menyaksikan iklan tersebut selama beberapa detik, biasanya 5 detik.

        Nah, sudah tahu jenis iklan apa yang ingin kamu gunakan? Jika belum, cobalah pertimbangkan dengan tampilan video yang akan diputar agar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung akun YouTube milikmu, ya.

        Jika terbuka untuk semua jenis iklan, kamu bisa memilih untuk menggeser pilihan “Monetize all existing and future videos” menjadi enable.

    • Langkah 4: Memenuhi syarat 4.000 jam tayang dan 1.000 subscriber. Pendaftaran AdSense sudah, lalu selanjutnya apa?

      Selanjutnya, kreativitasmu yang akan menentukan dengan membuat konten menarik dan bermanfaat supaya syarat 4.000 jam dan 1.000 subscriber bisa tercapai dengan cepat.

      Jika syarat ini sudah terpenuhi, YouTube akan mengirimkan hasil pertimbangannya apakah akunmu layak menjadi YouTube Partner atau tidak melalui e-mail.  

Done! Itulah cara registrasi AdSense YouTube yang dapat langsung kamu praktikan. Jika kamu sudah ditahap menunggu hasil pertimbangan YouTube Partner, jangan berkecil hati jika selama beberapa hari masih belum ada kabar, ya. Biasanya, pemberitahuan juga dapat memakan waktu hingga beberapa bulan.

Demikian informasi tentang cara monetisasi YouTube yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan uang tambahan dari konten YouTube.

Tapi, sebelum bisa menikmati hasilnya, kamu harus fokus dulu untuk mengembangkan akun kamu dan mengisinya dengan konten-konten yang bermanfaat.

Itulah salah satu pondasi awal cara menjadi YouTuber sukses.