Cara Parkir Mobil Matic yang Benar dan Aman

cara parkir mobil matic

Cara parkir mobil matic yang benar bagi beberapa orang baru belajar mengemudi cukup sulit untuk dilakukan. Meskipun sudah berlatih caranya, namun kadang ada banyak hal juga yang belum dipahami pengemudi pemula.

Sehingga di lapangan cara parkir mobil automatic yang benar jarang diterapkan. Pasalnya, cara belajar parkir mobil matic memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibanding parkir motor.

Terlebih jika posisi parkir mobil matic berada di lokasi yang sempit seperti area mall dan perkantoran.

Khawatir saat parkir pengemudi sulit menerapkan cara parkir mundur mobil matic atau cara parkir mobil matic paralel, maka beberapa orang memilih untuk tidak menggunakan mobil. Ketakutan ini yang membuat mobil jadi menganggur di rumah.

Untuk itu berikut ada tutorial parkir mobil matic. Ada beberapa cara parkir mobil matic yang benar yang harus kalian ikut.

Dan tentu, praktek tentang cara belajar parkir mobil matic harus sering diasah agar kalian semakin mahir melakukan bermacam situasi parkir.

Cara parkir mobil matic yang benar

Pada tutorial parkir mobil matic ini akan diberikan beberapa hal yang perlu kalian perhatikan saat dihadapkan pada posisi mobil ingin parkir. Untuk mobil matic sendiri, tantangan terbesar mungkin memahami cara parkir mobil matic di tanjakan.

Namun jika kalian sudah mahir dalam mempraktekan cara parkir mobil matic yang benar, niscaya cara parkir mobil matic di tanjakan bisa kalian lakukan.

Lalu apa saja langkah-langkah dalam menerapkan cara parkir mobil automatic yang benar? Berikut daftarnya.

1. Mencari titik parkir yang sepi

Rasanya wajar jika kalian khawatir saat ingin melakukan parkir mobil automatic. Terlebih kalian adalah pemula dalam hal mengemudi mobil matic, untuk itu cara parkir mobil matic yang pertama adalah carilah area atau tempat parkir yang masih sepi.

Bukan tanpa alasan, hal tersebut berguna untuk mencegah mobil mengalami benturan dengan mobil lain. Untuk mencari lokasi parkir yang sepi, kalian bisa mengelilingi tempat yang jaraknya lumayan jauh dari pintu masuk (jika kalian ada di gedung).

Intinya, pilihlah tempat parkir yang sedikit lebih jauh dari spot favorit. Hal ini dilakukan agar kalian lebih mudah dalam menata mobil saat parkir. Dan kalian bisa menikmati waktu kalian untuk menerapkan cara belajar parkir mobil matic sepuas kalian.

2. Carilah parkiran di sisi jalan yang luas

Poin pertama tadi adalah untuk kondisi dimana kalian menerapkan cara parkir mobil matic di dalam Gedung. Jika kondisinya di lapangan luas atau tempat terbuka, maka disarankan untuk mencari parkiran di sisi jalan yang luas.

Biasanya parkiran pinggir jalan ini ada karena penuhnya parkiran di dalam. Atau bisa jadi karena tidak adanya lahan parkir memadai, maka dari itu untuk mengamankan mobil kalian dari gesekan dengan mobil lain maka pilihlah lokasi yang luas di sisi jalan.

Agar lebih aman, berjalanlah perlahan ketika mencari spot parkir kosong di pinggir jalan. Jangan lupa untuk menghidupkan lampu sein, sebagai tanda kepada pengendara lain jika kalian tengah mencari tempat parkir.

Jika sudah mendapatkan spot kosong di parkiran maka kalian bisa mulai melakukan cara parkir mobil automatic di lahan tersebut. Tapi ingat, pastikan juga lahan yang kalian temui memiliki luas yang lebih besar dari mobil yang kalian gunakan.

3. Memanfaatkan teknologi yang dimiliki mobil

Cara parkir mobil matic selanjutnya adalah dengan bantuan teknologi yang disematkan pada mobil matic. Mobil-mobil terkini, sudah dilengkapi dengan berbagai macam teknologi yang memudahkan pengemudi.

Terlebih pada mobil matic dengan spesifikasi tingkat tinggi bahkan sudah dilengkapi teknologi seperti sensor mundur hingga kamera belakang. Dengan adanya keberadaan teknologi ini, parkir mobil automatic jadi lebih mudah bagi pemula.

4. Bikin patokan

Agar lebih mudah dalam menerapkan cara parkir mobil automatic, kalian juga bisa menambahkan patokan di lokasi kalian parkir. Sehingga saat parkir kalian bisa melihat dari patokan yang sudah kalian tanamkan atau letakan di tanah.

Misal kalian menempatkan spion bersebelahan dengan tiang guna mempermudah kalian dalam memarkirkan mobil matic. Patokan ini dapat membantu kalian dalam menentukan arah yang paling tepat saat parkir.

5. Memperhatikan spion

Untuk membantu kalian dalam memarkirkan mobil automatic, maka manfaatkan spion sebagai alat bantu kalian dalam mengatur parkir. Spion juga bisa jadi salah satu cara parkir mobil matic yang benar.

Spion juga berguna bagi kalian yang mau menerapkan cara parkir mundur mobil matic.

Sebab fungsi spion untuk memantau apa yang ada di samping dan belakang, sehingga dengan adanya spion saat tengah menerapkan cara parkir mundur mobil matic, kalian bisa tidak bergesekan dengan benda atau mobil lain.

Namun jika sekiranya kalian kesulitan melihat spion saat tengah cara parkir mundur mobil matic, kalian bisa mengeluarkan kepala untuk melihat keadaan di sekeliling.

Kini jarang orang yang menggunakan spion untuk praktek cara parkir mundur mobil matic, karena sudah terbantu dengan sensor atau kamera mundur.

6. Beri jarak

Kemudian cara parkir mobil matic yang benar selanjutnya adalah dengan memberikan jarak pada mobil kalian.

Jarak ini antara mobil di kanan dan kiri kalian, karena jika terlalu rapat bisa saja akan mengalami gesekan atau bahkan kalian sulit keluar mobil karena pintu terhalang untuk terbuka lebar.

Pemberian jarak ini penting, terlebih bagi kalian yang belum begitu menguasai cara memarkirkan mobil dengan benar. Hal ini berguna pada saat penerapan cara parkir mobil matic paralel maupun seri.

7. Rileks saat parkir mobil matic

Saat memarkir mobil matic, hal yang tak kalah penting adalah usahakan untuk tetap tenang. Jika pada saat kalian melakukan parkir mobil automatic dalam keadaan panik atau tergesa-gesa maka posisi parkir akan salah.

Apalagi jika kalian berada di tempat parkir yang ramai, dan penuh pengunjung. Maka usahakanlah untuk tetap tenang saat memarkirkan mobil. Tanpa kesabaran dan ketenangan, skill parkir yang sebelumnya sudah dikuasai bisa saja menghilang.

8. Buka jendela untuk lebih berkonsentrasi

Ketika tengah melakukan parkir pada mobil automatic maupun manual, kalian wajib memperhatikan kondisi sekeliling. Berbeda dengan berbelok, untuk parkir kalian tidak cukup hanya dengan bantuan spion.

Kalian juga harus mengeluarkan kepala ke luar jendela. Untuk itu bukalah jendela selain agar kalian bisa melihat lebih luas, hal ini untuk membuat kalian lebih fokus.

Untuk membantu, matikan pula audio di mobil agar konsentrasi saat parkir tidak terganggu.

Dengan membuka jendela mobil, kalian bisa melirik sisi mobil, belakang apabila mendapat parkir dekat dengan mobil lainnya.

Pasalnya, jendela yang terlalu gelap dapat menghalangi cahaya yang masuk, sehingga mengganggu penglihatan ke sekitar mobil.

9. Gunakan kamera mundur

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa setiap mobil kini sudah disertai teknologi terbaru. Salah satunya yang gak baru-baru banget yaitu kamera mundur.

Kamera mundur yang juga biasa disebut kamera belakang ini bisa membantu kalian dalam memarkir mobil matic dengan benar.

Jika mobil kalian belum memilikinya, sebaiknya segera pasang kamera belakang. Saat ini, banyak bengkel atau tempat servis yang sudah menyediakan pelayanan pemasangan kamera belakang manual.

Tinggal kalian pilih, mana kamera belakang yang sesuai dengan kebutuhan mobil kalian.

Cara mengamankan mobil matic saat parkir

Kondisi parkir adalah dimana mobil kalian ditinggal dalam waktu sebentar hingga lama. Jauh dari pandangan mata, membuat kalian harus benar-benar memarkir mobil dengan benar.

Tak lupa juga soal keamanan mobil di parkiran juga diutamakan. Keamanan mobil matic saat diparkirkan sangatlah penting. Maka kalian perlu selalu ingat untuk mengamankan mobil matic kalian agar tidak melaju tiba-tiba. 

Oleh karena itu, selalu ingat untuk menarik rem tangan usai parkir. Terlebih jika kalian tengah menerapkan cara parkir mobil automatic di tanjakan, maka rem tangan sangat dibutuhkan.

Meski begitu, kadang pada parkiran landai tidak diperlukan rem tangan. Namun di beberapa kondisi kalian wajib melakukan hal tersebut.

Cara parkir mobil matic paralel

Cara parkir mobil matic paralel bisa juga dilakukan dengan parkir mundur. Untuk menguasai cara parkir mobil matic paralel , maka langkah pertama kalian Pertama, cari tempat parkir kosong terlebih dahulu.

Pastikan juga untuk menemukan spot parkir yang lebih lapang dari dimensi mobil kalian. Jangan lupa untuk menyalakan lampu sein sebagai tanda kalian tengah melakukan cara parkir mobil matic paralel.

Kemudian, kalian bisa mulai memundurkan mobil matic secara perlahan. Perhatikan kedua sisi spion untuk mengantisipasi adanya barang atau lonjakan di sekitar mobil. selanjutnya,  putar setir mobil sepenuhnya searah dengan jarum jam.

Ingat, lakukan hal ini selagi kalian menginjak rem mobil. Kemudian, terus memundurkan mobil matic sampai berhasil terparkir dengan sempurna.

Apabila kalian merasakan mobil menyentuh trotoar atau terlalu dekat dengan mobil lain, maka kalian bisa putar kembali setir ke bagian kanan.

Cara parkir mobil matic agar bisa didorong

Cara parkir mobil automatic agar bisa didorong sebenarnya bukan hal baru. Hal ini bisa dilakukan pada mobil automatic ketika mendapati ruang parkir terbatas dan sulit masuk ke sela-sela mobil parkir.

Hal ini bisa ditemui ketika kalian masuk pusat perbelanjaan atau mall. Biasanya untuk menyiasati parkiran yang penuh, petugas parkir akan meminta kalian untuk menerapkan cara parkir mobil matic paralel.

Posisinya itu menghalangi mobil lain, maka dari itu biasanya petugas akan mempraktekan cara parkir mobil automatic agar bisa didorong. Biasanya untuk melakukan aksi ini, kalian diminta untuk tidak menggunakan rem parkir.

Namun pada mobil matic, hal tersebut tidak bisa dilakukan selama tuas transmisi berada di posisi “P”.

Tuas transmisi memang diperuntukan untuk parkir bagi mobil automatic. Dan sebaliknya, jika menerapkan cara parkir mobil matic netral atau transmisi di posisi Netral.

Maka kunci mobil tidak bisa dicabut. Sehingga, agar tidak menyulitkan petugas parkir, pengguna mobil matik hendaknya mengetahui kegunaan fitur shift lock. Tombol shift lock biasanya ada di dekat tuas transmisi.

Kalian bisa menggunakan tombol shift lock saat sedang parkir paralel. Shift lock diminta ditekan setelah mencabut kunci. Tujuannya agar mobil tetap bisa didorong petugas parkir saat tengah ditinggal.

Tuas transmisi saat parkir

Pada parkir mobil automatic, ada dua tipe pengemudi saat di tempat parkir. Satu adalah mereka yang saat parkir tuas transmisinya di “P”. Dan satu lagi pengemudi yang menerapkan parkir mobil automatic posisi netral.

Jadi lebih baik mana? Parkir tuas transmisi di “P” atau di “N” atau netral. Untuk diketahui, jika ada mobil automatic yang menggunakan cara parkir mobil matic posisi netral.

Maka ia bermaksud untuk menahan gerakan kendaraan dan mengandalkan handbrake atau rem tangan. Hal ini mudah, saat sampai di parkiran kalian tinggal menerapkan cara menetralkan mobil automatic saat parkir.

Sehingga di saat itu pula mobil terparkir, namun minusnya cara menetralkan mobil automatic saat parkir ialah ia tidak bisa didorong dan saat parkiran penuh mobil tersebut tidak bisa dipindahkan ke spot parkir yang layak.

cara parkir mobil matic (1)

Saat akan parkir lama atau sebentar, posisi tuas sebaiknya tetap di posisi P. Hal itu dilakukan baik saat kalian parkir lama ataupun sebentar. Posisi P membuat as kopel terkunci, sehingga mobil akan lebih aman dan tidak bergerak dengan sendirinya.

Meskipun penerapan cara parkir mobil automatic posisi netral tidak lebih aman dari posisi “P”. Namun cara parkir mobil automatic posisi netral bisa diaplikasikan saat berhenti sebentar dengan kondisi mesin masih hidup, dan bukan saat parkir.

Namun berbagai kalangan, menganjurkan untuk mobil automatic mau parkir dengan durasi berapa lama pun akan lebih disarankan memposisikan tuas persneling pada posisi “P” dan bukan di “N”

Tips dari Lifepal! Meskipun sudah berlatih cara parkir mobil matic, namun kadang ada banyak hal juga yang belum dipahami pengemudi pemula.

Pasalnya, cara belajar memarkirkan mobil automatic memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibanding parkir motor.

Terlebih jika posisi parkir berada di lokasi yang sempit seperti area mall dan perkantoran. Jangan lupa pula untuk melindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Lindungi mobilmu

Biaya perbaikan dan perawatan mobil tentu tidak murah. Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan Kalkulator Lifepal berikut ini.

Kemudian pilihlah asuransi mobil yang cocok, dengan bantuan Kuis Asuransi Mobil Lifepal di bawah ini

Pertanyaan seputar cara parkir mobil matic 

Saat akan memarkirkan mobil matic, posisi tuas sebaiknya tetap di posisi P. Hal itu dilakukan baik saat kalian parkir lama ataupun sebentar. Posisi P membuat as kopel terkunci, sehingga mobil akan lebih aman dan tidak bergerak dengan sendirinya.
Perlindungan finansial asuransi penting, agar tidak terbebani pengeluaran mendadak yang menguras tabungan. Pilih produk asuransi sesuai kebutuhan, yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan lainnya. Cari tahu di Lifepal.