Cara Parkir Mobil Paralel yang Aman dan Benar

cara parkir mobil paralel

Cara parkir mobil paralel bisa dibilang susah-susah gampang. Bagi beberapa orang yang baru belajar mengendarai mobil, mempelajari cara parkir mobil paralel terasa menegangkan.

Hal ini karena cara parkir mobil ini dianggap menakutkan. Dalam mempraktekan cara parkir mobil paralel, kalian butuh tempat yang beberapa meter lebih panjang daripada mobil kalian.

Nyalakan lampu hazard yang utama jika tengah mempraktekan cara parkir mobil paralel di tempat umum.

Sehingga mobil lain tahu kalian sedang berusaha parkir dan juga pemula. Lalu bagaimana cara parkir mobil paralel yang benar dan aman di tempat umum?

Ada beberapa hal tentu yang harus kalian persiapkan dan perhatikan ketika tengah mengaplikasikan cara parkir mobil paralel di tempat umum.

Cara parkir mobil paralel yang benar

Cara parkir mobil paralel yang benar memang cukup sulit diterapkan langsung bagi para pengemudi pemula. Hal ini karena mengendarai mobil tak hanya melaju lurus dan mundur, namun juga feeling penempatan mobil juga diperlukan.

Jangkauan mata yang tak bisa menyeluruh ke body mobil, membuat parkir paralel maupun seri terasa sulit jika tidak dilatih secara rutin.

Dalam menerapkan cara parkir mobil paralel dibutuhkan keahlian dalam memutar dan mengendalikan roda kemudi.

Memegang setir yang benar, wajib dikuasai saat kalian menjadi pengendara pemula. Keahlian kalian melakukan manuver pada saat mempraktekan cara parkir mobil paralel tergantung pada keahlian kalian memainkan/mengendalikan kemudi.

Meskipun banyak fitur dalam mobil yang membantu dalam parkir, namun soal parkir berhubungan dengan kebiasaan. Oleh karena itu, mari belajar teknik parkir paralel paling mudah dan cepat.

1. Sejajarkan mobil

Pertama kali yang harus kalian lakukan ketika ingin parkir paralel adalah menemukan lokasi untuk parkir paralel.

Ini penting karena dengan adanya lokasi parkir yang tersedia, kalian perlu meluruskan dan menyejajarkan mobil dengan kendaraan lain yang sudah terparkir lebih dulu.

Posisikan mobil sejajar dengan jarak sekitar setengah meter. Setelah itu, pindahkan persneling ke posisi mundur, lalu putar kemudi ke arah kanan.

2. Mundurkan mobil dengan sudut 45 derajat

Setelah melakukan langkah awal dalam cara parkir mobil paralel yang benar. Kemudian kalian mundurkan mobil secara perlahan, membentuk sudut 45 derajat.

Untuk kalian yang belum paham besaran sudutnya, bisa perhatikan kaca spion sebelah kiri saat memundurkan mobil.

Kalau di kaca spion sudah terlihat bagian tengah hingga belakang mobil, maka bisa dikatakan kalian sudah membentuk sudut 45 derajat.

3. Meluruskan setir

Selanjutnya, Selain menggunakan metode pengecekan melalui kaca spion, Anda juga bisa mengetahui posisi mobil apakah sudah membentuk sudut 45 derajat dengan memanfaatkan kamera belakang.

Caranya bisa mengaktifkan kamera melalui head unit dan Anda melihat tampilannya dari sana. jika sudah pas posisinya, maka Anda harus meluruskan posisi roda dengan memutar setir lalu memundurkan mobil secara perlahan.

cara parkir mobil paralel (1)

4. Perhatikan posisi mobil

Cara parkir paralel langkah selanjutnya adalah memperhatikan bagian depan dan belakang mobil ketika posisinya sudah dimundurkan. Mobil kalian gerakan lurus ke belakang dengan sudut 45 derajat.

Dalam tahap ini, kalian dapat menghentikan mobil apabila posisi bagian depan kendaraan sudah sejajar dengan bagian belakang mobil yang berada di depannya.

5. Putar setir ke kiri

Selanjutnya, jika ujung mobil sudah sejajar dengan bagian belakang mobil yang terparkir di depannya. Itulah tanda bahwa kalian harus memutar setir kemudi ke arah kiri.

Jika sudah, mundurkan kembali kendaraan kalian secara perlahan hingga seluruh bodinya mudah masuk ke area parkir paralel yang disediakan. Lalu di saat posisi mobil sudah di area parkir, tetap fokuskan pandangan ke kaca spion agar posisi kendaraan bisa pas.

6. Meluruskan roda depan

Atur kembali posisi setir untuk meluruskan posisi roda saat seluruh bagian kendaraan sudah tepat sejajar dengan kendaraan depan.

Jadi misalnya, posisi mobil kalian belum pas, maka putar kembali setir ke arah kanan secukupnya. Kemudian, majukan mobil dan mundurkan dengan memutar setir ke arah kiri. Setelah itu, mundurkan perlahan hingga posisinya sudah sejajar dan lurus.

Sebagai tips tambahan, pada parkir paralel bisa terbantu dengan kamera belakang. Maka dari itu, jika mobil kalian tidak memiliki kamera parkir, maka sebaiknya pertimbangkan untuk memasangnya sendiri.

Perhatikan hal ini saat parkir mobil paralel

Ada beberapa hal penting harus diperhatikan oleh pengemudi saat ingin melakukan parkir paralel, yaitu:

  • Jika kalian menggerakan ban, coba selalu lakukan sambil bergerak, bahkan jika hanya maju atau mundur sedikit. Hal ini supaya tidak memberi tekanan pada komponen setir kalian.
  • Kemudian, ketika roda mobil kalian dipasangi pelek yang fancy atau dop, terutama roda yang tipis, jangan terlalu mepet dengan trotoar.
  • Membiarkan ban pada posisi belok yang ekstrem lebih dari beberapa detik akan berpengaruh buruk pada sistem power steering.
  • Kalau ragu-ragu, lakukan gerakan yang aman saja. Jangan mengambil risiko menabrak mobil belakang atau depan kalian, jika keadaan lalu lintas memungkinkan.  Parkirlah mobil lalu keluarlah dan lihat masih seberapa ruang yang tersisa.
  • Cara parkir paralel mobil matic

    Cara parkir paralel mobil matic beda dengan manual. Pada tahap praktek cara parkir paralel mobil matic, ada kalanya kejadian mobil tidak bisa didorong ketika sedang parkir paralel karena menyalakan handbrake.

    Padahal saat itu mungkin ada mobil lain yang ingin keluar. Sehingga jika tak bisa didorong, maka yang ada hanyalah menyulitkan pengendara lainnya. maka dari itu, masalah ini terus berulang.

    Selain itu, dalam memahami cara parkir mobil matic paralel. Ada beberapa hal yang perlu disimak saat cara parkir mobil matic paralel bagi pemula.

    Salah satu cara parkir mobil matic paralel adalah ketika berada di lahan parkir yang tidak terlalu luas, maka pola paralel pasti diterapkan.

    Kemudian ikuti pola ini, maka bagian depan mobil akan bertemu bagian belakang dari kendaraan di depannya. Untuk membuat sistem keluar-masuk mobil dengan mudah, setiap mobil tidak diperbolehkan menggunakan handbrake.

    Ini adalah salah satu hal wajib dalam cara parkir mobil matic paralel yaitu jangan pernah melakukan rem tangan.

    Sebenarnya mobil dengan transmisi matic memiliki peluang roda-roda terkunci saat parkir menjadi lebih besar jika dibandingkan dengan model manual.

    Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa langkah dalam menerapkan cara parkir mobil matic paralel yang benar.

    1. Geser transmisi ke posisi “P”

    Cara parkir paralel matic yang benar, pertama-tama harus menggeser transmisi ke posisi “P”. Ini juga sebagai tanda, pada mobil kalian bahwa mobil kalian mau parkir. Sehingga, ketika tuas ada di posisi ini, secara otomatis seluruh roda mobil terkunci.

    2. Matikan mesin

    Langkah kedua dalam cara parkir paralel matic adalah matikan mesin. Hal ini dilakukan usai kalian memindahkan transmisi ke posisi “P”. Mematikan mesin berguna untuk memulai langkah selanjutnya.

    3. Cabut kunci kontak

    Selanjutnya, masih di cara parkir paralel matic yang benar, kalian bisa mencabut kunci kontak dari tempatnya. Lalu, manfaatkanlah fungsi tombol shift lock yang telah tersedia di hampir seluruh mobil dengan transmisi matic.

    4. Gunakan tombol shift lock

    Langkah selanjutnya, adalah menggunakan atau menekan tombol shift lock. Kalian tekan dan tahan tombol tersebut sambil memindahkan tuas transmisi ke posisi “N” atau netral. Jika sudah di posisi netral, baru dapat melepas tombol shift lock.

    Penggunaan shift lock membuat mobil dapat didorong ketika sedang parkir paralel. Mungkin ada juga yang berpikir bahwa seharusnya tidak perlu memasukkan transmisi ke posisi “P” ketika sedang memulai proses memarkir.

    Maksud dari memindahkan transmisi ke “P” adalah untuk melepaskan kunci mobil. Jika tidak dipindahkan ke “P”, kunci mobil tak dapat dilepas.

    5. Tidak perlu tarik handbrake

    Setelah menggunakan tombol shift lock, maka kalian tak perlu lagi menarik handbrake. Karena pada penerapan cara parkir mobil matic paralel, posisi mobil akan tetap aman, kecuali jika memang ada yang mendorong.

    Cara parkir paralel mobil manual

    Cara parkir paralel mobil manual biasanya jauh lebih mudah daripada mobil matic. Hal ini karena cara parkir paralel mobil manual bisa jadi lebih mudah ketika kalian benar-benar menguasainya.

    Langkah awalnya, adalah jalankan mobil melewati tempat parkir yang tersedia. Dan juga berhentilah tepat sejajar dengan mobil yang berada di depan tempat kalian akan parkir nantinya.

    Kemudian, ketika sudah sejajar, pindahkan posisi gigi ke R, sambil memutar setir agar pantat mobil bergerak masuk ke ruang parkir yang tersedia. Jika posisi belakang mobil sudah benar, maka kalian tidak perlu lagi memutar setir, cukup mundur lurus saja.

    Selanjutnya, ketika sisi terjauh mobil sudah sama lurusnya dengan mobil di depan dan belakang. Maka kalian bisa memulai memutar setir agar mobil bergerak mundur, dan sejajar dengan mobil di depan dan belakang.

    Kemudian, guna meluruskan posisi mobil, kalian dapat memindahkan posisi gigi ke satu untuk memajukan mobil sambil memutar setir berlawanan arah agar posisi mobil semakin rapi.

    Terakhir, jika posisi sudah tepat, mundurkan mobil agar sesuai dengan marka tanda parkir yang ada.

    Perbedaan parkir paralel dan parkir seri

    Jika kalian sudah paham tentang cara parkir paralel mobil manual hingga cara parkir paralel mobil matic. Maka kini kalian harus paham bedanya, parkir paralel dan seri.

    Jika kalian sering masuk parkiran mall atau pusat perbelanjaan dengan mobil. Maka itu adalah salah satu contoh parkir seri. Tipe parkir ini mengharuskan pengemudi untuk menghentikan mobil secara tegak lurus atau 90 derajat dari jalan utama.

    Sementara untuk parkir paralel, posisinya sejajar dengan jalan utama. Kalian akan sangat mudah menemukan parkir ini di pinggir jalan raya. Mobil yang menepi karena mogok juga termasuk dalam parkir paralel.

    Tips dari Lifepal! Cara parkir mobil paralel susah-susah gampang. Bagi beberapa orang yang baru belajar mengendarai mobil, mempelajari cara parkir ini terasa menegangkan.

    Hal ini karena banyak yang menganggap paralel sebagai cara parkir menakutkan. Dalam mempraktekan cara parkir ini, kalian butuh tempat yang beberapa meter lebih panjang daripada mobil kalian.

    Nyalakan lampu hazard yang utama jika tengah mempraktekan parkir paralel di tempat umum. Jangan lupa untuk melindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu.

    Lindungi mobilmu

    Biaya perbaikan dan perawatan mobil tentu tidak murah. Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

    Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

    Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan Kalkulator Lifepal berikut ini.

    Kemudian pilihlah asuransi mobil yang cocok, dengan bantuan Kuis Asuransi Mobil Lifepal di bawah ini

    Pertanyaan seputar cara parkir mobil paralel 

    Salah satu hal penting dalam melakukan parkir paralel yaitu jangan pernah mengaktifkan rem tangan. Kenapa? Yuk, cek info selengkapnya tentang cara parkir mobil paralel pada artikel ini.
    Asuransi mobil memberikan pertanggungan atas risiko seperti tabrakan, benturan, tergelincir, kebakaran, hingga kehilangan. Daripada risiko tersebut menguras tabunganmu, lebih baik manfaatkan asuransi mobil untuk mengantisipasinya. Cari tahu rekomendasinya di Lifepal.