Cara Perpanjang Paspor 2020 dan Biaya Resminya di Imigrasi

cara perpanjang paspor

Travelling ke luar negeri untuk merayakan tahun baru atau sekadar refreshing bakal seru banget! Namun, ada beberapa hal yang harus kita siapkan, ya!

Selain anggaran, kita juga harus cek kedaluwarsa paspor. Jangan sampai semua sudah siap, tapi rencana liburan batal lantaran paspor expired.

Paspor sendiri ibarat identitas diri atau KTP kita saat mengunjungi negeri orang. Nah, untuk yang paspornya sudah mau habis masa aktifnya, bisa cek cara perpanjang paspor dalam ulasan berikut ini.

Cara perpanjang paspor diatur dalam Peraturan Menkumham No. 8 Tahun 2014

Cara perpanjang paspor dinas dan paspor biasa
Paspor dinas dan paspor biasa

Ketentuan perpanjang paspor telah diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 8 Tahun 2014. Pasal 36 menerangkan penggantian paspor biasa dilakukan kalau:

  • Masa berlakunya bakal atau telah habis.
  • Halaman dalam paspor penuh.
  • Paspor hilang.
  • Rusak ketika proses penerbitan atau di luar proses penerbitan.

Peraturan tersebut juga menjelaskan penggantian atau perpanjangan paspor biasa dapat diajukan ke Kepala Kantor Imigrasi atau Pejabat Imigrasi yang ditunjuk. Itu berarti pemegang paspor harus mengurus perpanjangan paspor di Kantor Imigrasi.

Perlu diingat paspor yang kedaluwarsa gak bisa digunakan kembali. Hal ini bisa menjadi kendala saat berpergian ke luar negeri atau berada di luar negeri.

Macam-macam paspor

Ada dua macam paspor yang diterbitkan Kantor Imigrasi. Sekalipun berbeda, fungsinya tetap sama, yaitu sebagai identitas kita di negara lain.

1. Paspor biasa

Khusus mengenai paspor biasa terlihat mirip buku nikah. Tidak ada “penanaman” chip dalam paspor biasa. Jadi bisa dibilang masih jadul. Selain itu, paspor biasa tidak bisa digunakan untuk mengurus visa ke sejumlah negara, lho. Kenapa?

Melansir laman Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, paspor biasa tidak diterima di negara-negara tertentu, seperti Australia dan Amerika Serikat karena mereka telah mengikuti aturan International Civil Aviation Organization (ICAO) terkait e-paspor.

Nah, kita yang telah memiliki paspor biasa tidak perlu mengubahnya jadi e-paspor jika hanya ingin mengunjungi negara tetangga. Jadi, masih aman, deh!

2. Paspor elektronik (e-paspor)

Kalau paspor yang ini bisa dibilang dokumen yang lebih canggih karena di dalamnya ada chip yang menampilkan data lengkap dan akurat, seperti data biometrik sidik jari dan bentuk wajah.

FYI, e-paspor di Indonesia sudah mulai diberlakukan sejak tahun 2013. Nah, keuntungan punya e-paspor adalah lebih mudah mengurus visa ke negara-negara lain, seperti di Eropa, Australia, atau Amerika Serikat karena data kita lebih mudah diakses dan akurat.

Bagi yang mau ke Jepang juga dimudahkan karena tidak perlu pakai visa. Enak, ‘kan? Sedangkan dari sisi pemeriksaan, e-paspor lebih sederhana. Hanya perlu memindai paspor tanpa perlu membuka-buka halaman seperti pada paspor biasa.

Cara perpanjang paspor sesuai aturan Imigrasi

Cara mengurus paspor di Kantor Imigrasi
Kantor Imigrasi Denpasar, Bali

Selain dana yang harus disiapkan, ada sejumlah dokumen juga yang harus dilampirkan. Agar segera diproses, kita harus penuhi persyaratannya sesuai Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 8 Tahun 2014.

Syarat penggantian atau perpanjang paspor

Berikut daftar dokumen pelengkap untuk memperpanjang paspor.

  • Kartu tanda penduduk yang masih berlaku atau surat keterangan pindah ke luar negeri (bagi yang tinggal di luar negeri) dan fotokopinya.
  • Kartu keluarga dan fotokopinya.
  • Akta kelahiran, buku nikah (jika sudah menikah), ijazah terakhir, atau surat baptis (bagi kalian yang beragama Kristen) dan fotokopinya.
  • Surat pewarganegaran Indonesia bagi orang asing yang mendapat kewarganegaraan Indonesia.
  • Paspor lama dan fotokopinya.
  • Materai 6000.

Langkah-langkah penggantian paspor

Setelah semua syarat dalam bentuk dokumen siap, langkah-langkah berikut ini yang kamu lakukan dalam memperpanjang paspor.

  • Daftar antrean online di Layanan Paspor Online yang aplikasinya bisa di-download di App Store atau Play Store.
  • Setelah aplikasi terpasang di smartphone, lakukan Pendaftaran Akun dan Permohonan Antrian Paspor.
  • Kalau jadwal ke Kantor Imigrasi telah dipilih, kamu tinggal datang sesuai waktu yang dijadwalkan dengan membawa dokumen-dokumen yang diminta dan sejumlah uang.
  • Sesampainya di Kantor Imigrasi, tunjukkan Kode Booking antrean online dalam aplikasi ke petugas.
  • Nantinya petugas bakal memberi petunjuk dan apa yang harus kamu lakukan. Umumnya pemohon bakal diminta mengisi Formulir Surat Perjalanan Republik Indonesia.
  • Begitu selesai mengisi dan menyerahkan formulir tersebut ke petugas, kamu nantinya diminta menunggu.
  • Petugas bakal memanggil nama pemohon dan mengajukan beberapa pertanyaan.
  • Selesai wawancara, pemohon bakal difoto dan diberikan Invoice Pembayaran.
  • Selesai membayar, pemohon menerima bukti pembayaran buat disimpan.
  • Pemohon diminta menunggu kabar selanjutnya dari Kantor Imigrasi mengenai status penyelesaian perpanjang paspornya dalam bentuk pesan SMS.
  • Waktu menunggu kabar SMS tersebut sekitar 2 – 3 minggu.
  • Kalau udah dapat pesan SMS, kamu bisa kembali datangi Kantor Imigrasi buat mengambil paspor dengan membawa bukti pembayaran.

Biaya perpanjang paspor

Selain pembuatan paspor baru, ada biaya yang dikenakan buat perpanjangan paspor. Besaran biaya perpanjang paspor telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2019 sebagai penerimaan negara bukan pajak.

Jenis Paspor dan Keterangan Paspor Biasa E-Paspor
24 halaman untuk WNI/orang Rp100 ribu Rp350 ribu
48 halaman untuk WNI/orang Rp300 ribu Rp600 ribu
24 halaman mengganti rusak/hilang akibat lalai Rp200 ribu Rp400 ribu
48 halaman mengganti rusak/hilang akibat lalai Rp600 ribu Rp800 ribu
24 halaman mengganti rusak/hilang akibat bencana Rp100 ribu Rp350 ribu
48 halaman mengganti rusak/hilang akibat bencana Rp300 ribu Rp600 ribu
Jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan paspor berbasis biometrik Rp55 ribu Rp55 ribu

Siapa yang sangka, ternyata cara perpanjang paspor sungguh mudah. Daripada ribet perpanjang pakai cara lama dengan mendatangi langsung kantor imigrasi, lebih baik via online saja.

Namun, harus diingat untuk datang setengah jam sebelum waktu yang telah Anda tentukan. Selain itu berpakaian yang rapi dan berwarna netral, seperti putih atau biru muda, biar foto Anda terlihat lebih jelas dan bersih.

Urusan perpanjang paspor beres, selanjutnya langsung berangkat travelling bersama kerabat dan keluarga!

Happy travelling, Fellas!