Cara Pintar Membeli Perabotan Kantor, Bisa Hemat Banyak!

sebuah kantor dengan perabotan beraksen warna merah

Ada cara-cara pintar untuk membeli perabotan kantor agar hemat. (Shutterstock)

Kamu seorang pengusaha dan hendak melengkapi perabotan kantor kecil idamanmu? Tentu hal yang paling kamu pertimbangkan adalah kebutuhan dan anggaran yang kamu miliki. 

Meskipun kantor kecil, bisa saja biaya yang digelontorkan untuk melengkapi perabotannya besar. Padahal, kalau cermat dan teliti, kamu gak perlu menggelontorkan uang yang banyak untuk itu. Pasalnya, kenyamanan tidak hanya dilihat dari seberapa mahal perabotan yang kamu beli.

Sebenarnya yang dibutuhkan oleh sebuah kantor adalah perabotan-perabotan yang fungsional, bukan yang keren dan bermerek. Biar lebih murah, kamu cukup berpegang teguh pada prinsip itu dan tentunya membeli apa yang dibutuhkan saja, bukan yang diinginkan. 

Misalnya, kamu kan gak perlu membeli meja kerja kayu kualitas impor. Beli saja yang biasa buatan lokal toh fungsinya juga sama. 

Nah berikut ini cara pintar melengkapi perabotan kantor dengan bujet murah, tapi tetap mengedepankan fungsi dan kenyamanan. 

1. Meja kantor 

meja kantor dengan laptop di atasnya
Pilih meja yang praktis dan muat banyak. (Pixabay)

Membeli meja kantor itu gak harus yang mewah-mewah kok, tapi yang terpenting bahannya harus awet, tahan lama, dan tahan terhadap percikan air dan api. Selain bahan, bentuknya juga kalau bisa yang memiliki fungsi lebih, misalnya satu meja itu cukup untuk dua orang, atau satu meja sudah dilengkapi laci penyimpanan dengan kuncinya. Jadi lebih efisien bukan? 

Cara agar lebih hemat 

Pilih material yang murah dengan desain yang sederhana. Jangan menggunakan material kayu jati asli, karena jelas lebih mahal. Cobalah untuk mencari yang materialnya kayu pinus. 

Kalau mau lebih murah lagi, beli bekas saja, tapi yang kualitasnya masih bagus. Toh meja bekas biasanya juga masih oke kok untuk digunakan.

Terus coba kunjungi lebih dari satu toko furniture, cek satu-persatu siapa tahu ada yang ngasih harga promo. 

2. Kabinet 

file kabinet
Lemari penyimpanan. (Shutterstock)

Di setiap meja pasti ada kabinet untuk menyimpan barang berharga, entah itu dokumen atau barang-barang penting lainnya. Namun, untuk kantor berskala kecil, kayaknya kamu gak butuh lemari bagus deh. Yang penting ada sesuatu untuk menyimpan dokumen penting kan? 

Cara hemat

Untuk menekan biaya lebih besar dalam memilih interior kantor yang satu ini, hindari penggunaan kabinet berbahan kayu atau lainnya. Biar irit kamu bisa beli box kardus dan box dokumen warna-warni yang murah.

Harga box dokumen itu kalau dilihat di situs-situs jual beli online paling cuma Rp 30 ribuan per item. Irit banget kan dibanding kamu harus beli yang berbahan kayu. 

3. Kursi kantor

kursi dan meja kantor
Pilih kursi yang ergonomis. (Pixabay)

Kalau meja sih gak perlu yang bagus-bagus banget asalkan memadai. Namun, soal kursi kamu harus mencari yang terbaik, karena penunjang utama kenyamanan dalam kerja adalah kursi. 

Cari kursi yang ergonomis, mampu menopang beban tubuh dan menyangga struktur punggung manusia dengan baik. Tujuannya ya supaya karyawan bisa bekerja selama berjam-jam dengan nyaman. 

Cara hemat 

Kalau mau cari kursi ergonomis sih memang mahal, tapi kamu bisa mendapatkannya dengan murah di acara pelelangan. Biasanya banyak kantor-kantor yang melelang satu set perabotan kantor karena dilanda kebangkrutan. 

Tapi namanya barang bekas, kamu harus jeli memilihnya, cek apakah kualitasnya masih layak atau tidak. 

4. Komputer

keyboard laptop
Pilih komputer sesuai kebutuhan. (Pixabay)

Merek bukanlah yang utama untuk sebuah perangkat komputer, apalagi untuk kantor. Tapi, yang terpenting adalah spesifikasinya yang memadai untuk menunjang segala pekerjaan-pekerjaan kantor. 

Pilih komputer sesuai pekerjaan karyawan. Mereka yang bekerja dengan software desain, pengolah data, atau video editing tentu membutuhkan komputer atau laptop dengan spek lebih tinggi dibandingkan mereka yang mengerjakan pekerjaan administratif.

Cara hemat 

Kamu gak perlu membeli MacBook Pro seharga puluhan juta dan diberikan ke setiap karyawan, padahal kegunaannya hanya untuk mengetik saja. Coba cari merek lain yang harganya lebih murah namun kualitasnya apik, contohnya seperti Lenovo, Dell, Asus, dan masih banyak lagi. 

Jika dilihat di situs Ibox, MacBook Pro 2017 harganya bisa Rp 20 jutaan ke atas. Laptop itu memang dirancang khusus untuk mereka-mereka yang bekerja di industri kreatif seperti desainer, animator, atau produser. 

Kalau cuma buat ngetik aja, kamu bisa memiliki banyak pilihan yang jauh lebih murah namun tetap canggih, contohnya Asus Vivobook yang harganya cuma Rp 5 jutaan. 

5. Printer 

deretan printer di atas meja
Pilih printer sesuai kebutuhan. (Pixabay)

Printer juga sangat penting untuk menunjang segala kebutuhan perusahaan. Biasanya printer di kantor itu multifungsi, gak cuma untuk ngeprint dokumen saja, tetapi juga bisa untuk fotokopi, kirim fax, scan, dan lain-lain. Semakin banyak fungsinya, harganya bakal semakin mahal tentunya.  

Cara hemat

Nah untuk menekan biaya pengeluaran kantormu, kamu bisa menggunakan printer sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan oleh kantor. Misalnya, kantormu gak pernah mengirimkan fax, jadi belilah printer yang tidak memiliki fitur fax, jadi lebih murah kan?

Kalau memang niat berhemat, belilah perangkat ini di pameran-pameran elektronik. Karena, biasanya harga yang ditawarkan bisa lebih murah.

Printer multifungsi yang lengkap dengan fitur fotokopi, fax, scan, dan print harganya bisa mencapai Rp 5 juta ke atas. Tapi kalau kamu cuma butuh untuk fotokopi, print, dan scan, banyak pilihannya yang lebih murah dan harganya hanya Rp 1 jutaan. 

Itulah lima cara menghemat dalam membeli perabotan-perabotan kantor. Artinya bukan berarti kamu gak boleh beli yang mahal, tapi alangkah baiknya untuk memperhatikan anggaran yang kamu punya. Kalau anggarannya terbatas ya jangan beli yang mahal. Utamakan prioritas dan fungsi ketimbang harga. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis