Biar Daganganmu Laris Manis, Begini Lho Cara Promote Instagram Murah Meriah!

Promote Instagram itu mudah lho! (Shutterstock).

Maraknya orang yang berjualan di media sosial terutama Instagram membuat promote Instagram menjadi buruan para pebisnis online.

Promote atau Instagram ads biasanya dipilih para penjual untuk mempromosikan akun jualannya. Tujuannya sederhana banget, biar lebih banyak orang yang melihat unggahannya.

Selain itu, mereka juga bisa memilih target audience yang bisa disesuaikan dengan jualannya. Dengan begitu, bisnis mereka akan tepat sasaran dan secara otomatis jualannya pun kian laris manis.

Enaknya lagi nih, kamu juga bisa menyesuaikan biayanya sesuai dengan kantongmu. Bahkan bisa dimulai dengan bujet Rp 20 ribu lho.

Karena tak bisa dipungkiri kalau menggunakan jasa selebgram, kamu harus menyiapkan uang ratusan ribu hingga jutaan rupiah apalagi kalau selebgramnya sudah terkenal alias punya nama.

Memang sih kalau menggunakan jasa influencer, dijamin followers kamu akan bertambah pesat. Tapi balik lagi, bujet yang harus kamu gelontorkan juga harus besar.

Karena itu, gak ada salahnya kalau kamu memanfaatkan promote Instagram terlebih dahulu agar banyak orang yang melihat unggahanmu.

Pengin tahu seperti apa langkah-langkahnya? Berikut cara promote Instagram agar daganganmu laris manis.

1. Mengganti profil menjadi akun bisnis

Promote instagram
Profil Instagram Bisnis (Shutterstock).

Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika ingin memanfaatkan promote Instagram adalah dengan mengganti profil akun kamu menjadi bisnis.

Berikut cara-caranya:

  • Klik tombol “Settings” yang ada di bagian kanan atas profil kamu.
  • Pilih menu “Account”.
  • Klik menu “Switch to Business Account” pada bagian bawah yang berwarna biru.
  • Kamu akan dialihkan ke laman, “Describes You”. Terdapat dua pilihan yaitu “Creator”, untuk public figure maupun influencers dan “Business”, untuk jualan.
  • Pilih kategori yang sesuai dengan akun Instagrammu.
  • Selesai dan profil kamu akan berubah menjadi akun bisnis.

2. Siapkan unggahan yang menarik, mulai dari foto dan juga caption

Promote instagram
Buat konten yang menarik di Instagram (Shutterstock).

Selanjutnya pilihlah unggahan, baik berbentuk foto maupun video yang paling menarik. Tak lupa juga untuk menyiapkan caption yang menggambarkan jualanmu. Tujuannya agar saat orang melihat, mereka akan tertarik dan lantas akan mengunjungi profil Instagram kamu.

3. Klik tombol promote pada foto

Jika foto maupun video yang mau kamu promosikan sudah diunggah, akan terdapat tombol “Promote” pada bagian bawah kanan unggahan kamu tersebut. Setelah di klik, maka kamu akan langsung dialihkan ke laman promote.

4. Tentukan tujuan iklanmu

Promote instagram
Instagram Ads (Shutterstock).

Saat sudah masuk ke laman promote, kamu akan diminta untuk menentukan tujuan iklanmu. Tujuannya adalah untuk mempromosikan postingan kamu ke orang-orang yang bukan pengikut Instagrammu dan juga meningkatkan jangkauan unggahanmu.

Terdapat tiga pilihan yang bisa disesuaikan dengan tujuanmu, yakni:

 

  • Your profile, jika kamu ingin lebih banyak orang yang mengunjungi profil Instagram kamu.
  • Your website, tujuannya agar orang dapat langsung mengunjungi website kamu.
  • Your direct message, agar orang-orang bisa langsung mengirim pesan lewat direct message saat mereka tertarik terhadap barang jualanmu.

 

5. Pilih target audience

Promote instagram
Tentukan audience (Shutterstock).

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih target audience yang sesuai dengan jualanmu. Kamu bisa memilih lokasi mulai dari regional hingga local, interest hingga umur dan jenis kelamin.

Kalau kamu masih bingung, kamu bisa pilih kolom “Automatic” dan biar pihak Instagram yang akan memilih target audience-nya.

6. Memilih bujet

Kemudian kamu akan dialihkan ke laman “Budget & Duration”, nah kamu bisa memilih berapa uang yang mau kamu keluarkan beserta jangka waktunya yang bisa banget kamu sesuaikan dengan isi kantong.

Bujet per harinya juga terbilang murah, yakni mulai dari Rp 20 ribu hingga 10 juta dengan durasi waktu satu hingga 30 hari. Pada laman tersebut juga terdapat perkirakan reach yang akan kamu peroleh.

7. Review promotion

Promote instagram
Akun Instagram (Shutterstock).

Selanjutnya adalah review promosi kamu secara keseluruhan. Kamu bisa klik tombol “Preview Promotion” untuk melihat tampilan promosinya yang terbagi menjadi dua yakni feed dan juga story.

Kamu juga akan melihat rincian promote-nya seperti destination, target audience, budget & duration.

8. Lakukan pembayaran

Jika sudah sesuai dengan yang kamu inginkan, selanjutnya adalah ke bagian pembayaran atau payment. Terdapat beberapa pilihan pembayaran, mulai dari menggunakan kartu kredit hingga bank transfer.

Selanjutnya adalah klik tombol “Create Promotion” yang terdapat pada bagian bawah laman. Promote Instagram pun selesai. Kamu tinggal menunggul promote kamu di approve oleh Instagram.

Usai promote kamu bisa melihat perkembangan atau insight promosi kamu dengan meng-klik tombol “Promote” yang terdapat di laman profil kamu.

Nah, itu dia step by step promote Instagram yang bisa kamu manfaatkan agar jualanmu semakin laris manis. Gimana, tertarik untuk promosiin daganganmu? (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →