12 Cara Sederhana Menghemat Uang Saat Pandemi Corona

cara menghemat

Pandemi covid-19 (corona) telah mengubah kehidupan banyak orang, mulai dari kesehatan hingga keuangan. Banyak orang kehilangan pekerjaan atau mendapat pemotongan gaji hingga membuat kita harus memutar otak bagaimana cara menghemat uang. 

Dengan kerja keras dan disiplin tinggi, kita bisa kok mengontrol keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama pandemi corona ini. 

Berikut ini Lifepal rangkum 12 cara menghemat uang yang sederhana dan ampuh untuk dilakukan selama pandemi covid-19: 

1.  Buat anggaran bulanan 

Membuat anggaran setiap bulannya menjadi salah satu kunci sukses untuk memiliki keuangan yang sehat. Secara umum, perhitungan anggaran yang sehat adalah menggunakan metode 50/30/20. 

Di mana 50 persen untuk kebutuhan, 30 persen untuk hiburan, dan 20 persen untuk investasi serta tabungan.

Hanya saja, selama pandemi ini kita bisa potong anggaran untuk hiburan menjadi 10 persen. Sementara 20 persennya dapat dialokasikan untuk dana tabungan. 

Dengan begitu, kita akan selalu memiliki dana darurat meski dalam keadaan pandemi seperti sekarang ini. 

2.  Analisa setiap pos keuangan 

Setelah membuat anggaran bulanan, jangan lupa untuk menganalisa setiap pos keuangan. Misalnya, untuk pos kebutuhan sehari-hari, kira-kira pengeluaran apa yang paling besar. Setelah itu, cari solusinya, apakah bisa meminimalisir pengeluaran tersebut. 

Contoh, pengeluaran terbesar yang harus dirogoh Mona selama pandemi ini adalah biaya kosan yang memakan hingga 20% gajinya. 

Solusinya, jika memungkinkan, lebih baik Mona mempertimbangkan kembali untuk tinggal bersama orangtua. Atau, mencari kosan yang lebih murah atau roommate, sehingga pengeluaran besar bisa dipangkas. 

3.  Alokasi pos keuangan 

Cara menghemat uang selanjutnya adalah mencari akal bagaimana mengalokasikan pos keuangan yang dapat menguntungkan secara jangka panjang. 

Misalnya, pemangkasan biaya kosan yang telah dibahas di poin sebelumnya bisa kita alokasikan untuk tabungan dana darurat atau biaya makan sehari-hari. 

Contoh lain, jika biasanya pos keuangan untuk biaya makan kita dalam sebulan mencapai Rp1 juta coba memangkasnya jadi Rp800 ribu dengan cara mengurangi jajan dan lebih banyak masak sendiri di rumah. Kemudian, uang itu bisa dialokasikan untuk biaya listrik, dan lainnya. 

Kuncinya adalah, kita harus paham bagaimana cara mengalokasikan pos keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan kita saat ini. 

4.  Buat rekening tabungan secara terpisah 

Tips satu ini juga sangat efektif untuk mengumpulkan tabungan atau dana darurat. Agar uang tabungan atau dana darurat gak terpakai, sebaiknya buat rekening secara terpisah. 

Setelah itu, setiap baru menerima gaji langsung sesuaikan dengan anggaran yang telah dibuat, dan transfer dana tabungan ke rekening terpisah. 

Jadi, uang tabungan kita lama kelamaan akan terus menumpuk tanpa perlu khawatir gak sengaja terpakai. 

Namun, ingat harus disiplin dan bisa menahan diri untuk gak menggunakan uang tabungan tersebut jika gak ada keadaan darurat, ya! 

5.  Cari cara menghindari godaan belanja

seorang wanita belanja melihat list belanjaan

Salah satu hal yang seringkali membuat kita boros, khususnya saat pandemi ini adalah belanja online. 

Memang betul sih, ketika di rumah membuat kita memiliki waktu lebih untuk browsing dan main Instagram. Tanpa disadari, kebiasaan ini akhirnya membuat kita jadi tergoda untuk belanja. 

Jika memiliki kebiasaan yang sama, sebaiknya cari cara untuk menghindari godaan tersebut ya! Bahkan, jika terpaksa harus menghapus aplikasi Instagram agar gak tergoda untuk belanja, jangan ragu untuk melakukannya!

Cara menghemat uang lainnya agar terhindar dari godaan belanja adalah kurangi waktu browsing internet. 

Misalnya, dalam sehari hanya boleh bermain gadget selama dua jam saja, sisanya habiskan waktu untuk membaca, olahraga, dan hal sejenis lainnya yang gak bersinggungan dengan dunia internet. 

6.  Bandingkan harga sebelum beli

Jika memang harus membeli suatu barang, sebaiknya bandingkan di beberapa toko lain terlebih dahulu. 

Di masa pandemi ini, mungkin kita bisa bandingkan harga barang belanja makanan antara satu supermarket dengan lainnya. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan harga terbaik. 

7.  Hindari menggunakan kartu kredit

Kartu kredit memang bisa menjadi solusi ketika kita butuh membeli suatu barang mendesak. Namun, jika memang gak diperlukan, sebaiknya hindari menggunakan kartu kredit dan pilih pembayaran dengan metode tunai saja. 

Pasalnya, dengan pemakaian tidak terkendali, kartu kredit bisa menjadi utang menumpuk dan bisa menimbulkan kesulitan baru di masa pandemi ini. 

Sebagai rekomendasi, sebaiknya tinggalkan kartu kredit di rumah dan jangan bawa di dompet. Ketika di luar rumah, usahakan beli barang yang dibutuhkan dengan metode tunai, ya! 

8.  Gunakan kartu kredit dengan bunga 0 persen

Jika memang harus dan butuh menggunakan kartu kredit, sebaiknya pilih bank yang menawarkan kredit dengan bunga 0 persen. 

Misalnya, kartu kredit dari Bank BCA dan Bank Mega yang sering menawarkan promo bunga 0% untuk pembelian barang di e-commerce rekanan bank tersebut. 

Meski begitu, pastikan kartu kredit digunakan untuk kebutuhan produktif, seperti ketika handphone rusak, sehingga mengganggu pekerjaan, dan lain sejenisnya. 

9.  Rekomendasi hiburan gratis selama pandemi 

Pandemi seperti sekarang ini, sebenarnya menjadi momen tepat untuk kita menabung. Karena, kita dipaksa untuk diam di rumah selama sebulan lebih. 

Artinya, gak perlu lagi mengeluarkan uang untuk gaya hidup seperti nongkrong, nonton, makan di restoran, dan pengeluaran konsumtif lainnya. 

Justru kita bisa mencari hiburan gratis, misalnya cari aplikasi game yang bisa dimainkan bersama teman secara virtual. 

Misalnya, yang sedang ramai dicari orang saat ini adalah aplikasi Houseparty, memanfaatkan promo HBO GO gratis untuk nonton bareng keluarga di rumah, dan masih banyak lagi.

10.  Setop berlangganan TV kabel 

Saat ini, sudah ada banyak sekali platform yang menyediakan kumpulan film baik dari dalam dan luar negeri dengan harga yang lebih murah dibandingkan TV kabel. 

Salah satunya, kita bisa memilih berlangganan Netflix paket keluarga dengan harga hanya Rp100 ribuan per bulan. 

Tentu saja jauh lebih murah ketimbang iuran TV kabel yang sebulannya bisa mencapai Rp300 ribuan, bukan? 

11.  Ajak keluarga untuk ikut berhemat

Cara menghemat uang yang telah dibahas tadi gak akan bisa berjalan optimal jika hanya satu orang saja yang melakukannya. 

Apabila kamu telah berkeluarga, ajak juga pasangan dan anak-anak untuk melakukan hal yang sama. Dengan begitu pengeluaran bulanan akan ikut berkurang. 

12.  Jaga kesehatan, karena biaya medis mahal! 

Cara menghemat uang paling penting adalah mampu menjaga kesehatan atau memiliki asuransi kesehatan. 

Sebab, sudah bukan rahasia lagi kalau biaya medis rumah sakit itu cukup mahal. Bahkan, untuk konsultasi saja bisa mencapai Rp500 ribuan. 

Karena itu, pentingnya memiliki asuransi kesehatan yang dapat menanggung biaya tersebut ketika kita terkena risiko kesehatan. 

Selain itu, sebaiknya mulai hidup sehat dengan berolahraga dan makan asupan gizi seimbang, khususnya di masa-masa rentan pandemi virus corona seperti saat ini. 

Itu tadi beberapa cara menghemat uang yang bisa kamu lakukan untuk memangkas pengeluaran selama masa pandemi covid-19. 

Nah, untuk kamu yang sedang mencari asuransi kesehatan, Lifepal menyediakan puluhan pilihan produk asuransi kesehatan terbaik dengan harga premi yang bersahabat pula.

 Yuk, temukan pilihan asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaranmu di Lifepal! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →