Cara Setor Tunai di ATM Terlengkap yang Kamu Harus Tahu

cara setor tunai di atm

Berkat semakin majunya teknologi zaman sekarang, kini melakukan setor tunai pun jadi semakin mudah. 

Kamu tidak perlu capek-capek mengantre di depan teller sebab setor tunai sudah bisa dilakukan melalui mesin ATM yang biasa disebut dengan mesin CDM (Cash Deposit Machine). Cara melakukan setor tunai pada mesin ini sangatlah mudah. Yuk, simak bagaimana cara selengkapnya di bawah ini.

Cara setor tunai di ATM

Mari kita ikuti cara-cara setor tunai di ATM berikut ini.

1. Datang ke ke ATM Setor Tunai

Saat ini ATM setor tunai sudah tersedia di berbagai galeri ATM yang tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga kamu tidak perlu lagi datang ke kantor bank untuk melakukan setor tunai.

2. Siapkan uang

Persiapkan uang yang kamu mau setor dan pastikan tidak terlipat. Ikuti instruksi pada mesin mengenai pecahan uang yang bisa dideteksi oleh mesin ATM. Tiap mesin memiliki ketentuan yang bervariasi terkait ketentuan ini, namun umumnya bisa mendeteksi pecahan uang seratus ribu, lima puluh ribu, dan/atau dua puluh ribu.

3. Masukkan kartu ATM

Masukkan kartu ATM sesuai dengan prosedur tiap mesin ATM. Pastikan posisi kartu benar yaitu tanda panah mengarah pada slot kartu.

4. Ketikkan nomor PIN ATM

Setelah memasukkan kartu, kamu akan dimintai 6 digit nomor PIN. Pastikan kamu tidak salah mengetikkan nomor PIN sebab jika sampai salah tiga kali, maka kartu ATM akan terblokir.

5. Pilih menu setor tunai dan masukkan uang pada box

Langkah selanjutnya adalah memilih menu setor tunai dan kamu akan diminta memasukkan uang dalam box yang telah disediakan mesin ATM. 

6. Pilih menu setor

Setelah jumlah uang yang kamu setorkan dengan uang yang dapat diproses oleh mesin ATM sesuai, maka kamu dapat memilih menu setor. Selanjutnya transaksi dapat diproses dan bila berhasil, mesin akan mengeluarkan struk bukti transaksi.

Kelebihan setor tunai di ATM

Setor tunai di ATM tentu memiliki kelebihan yang bisa memberikan kamu kemudahan dalam bertransaksi. Berikut adalah ulasannya.

Tidak perlu antre di teller

Harus datang di jam kerja dan mengantre lama tentu akan merepotkan dan memakan waktu lama, apalagi jika kondisinya kamu sedang bekerja. Sepertinya tidak mungkin kamu harus mengajukan izin hanya untuk setor tunai di teller bank?

Nah, untuk mengatasinya, telah hadir fasilitas mesin ATM setor tunai atau CDM. Dengan adanya mesin ini, maka kamu dapat menyetorkan uang kapan pun tanpa perlu mengantre.

Layanan 24 jam setiap hari

Jika di teller bank hanya diberikan waktu antara pukul 08.00 sampai 15.00 untuk melakukan penyetoran uang. Maka, setor tunai di ATM dapat kamu lakukan kapan pun karena layanan tersebut hadir selama 24 jam setiap harinya.

Transfer ke sesama maupun lain bank

Selain dapat diakes kapan saja dan di mana saja, dengan mesin ini pun kamu bisa melakukan transfer ke sesama bank maupun lain bank tanpa harus memiliki saldo dalam rekening. Sebab dengan mesin ini, otomatis kamu sedang melakukan transaksi menggunakan uang tunai.

Kekurangan setor tunai di ATM

cara setor tunai di atm kekurangan

Meskipun memiliki banyak kelebihan yang bisa dimanfaatkan, mesin ATM setor tunai ini pun memiliki beberapa kekurangan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Uang tidak dapat terproses karena kondisi uang

Jika kamu memiliki uang yang terlipat, robek, maupun terdapat steples menempel, maka uang tersebut secara otomatis tidak dapat diproses oleh mesin ATM. Sebagai solusinya, kamu harus menata kembali uang agar kondisi yang dimiliki sesuai dengan persyaratan mesin ATM tersebut.

Memiliki batas limit harian

Jumlah limit harian yang dapat di setorkan ialah sekitar Rp15 juta perhari dengan maksimal uang sekali transaksi adalah 50 lembar.

Uang dengan nominal tertentu saja yang bisa disetorkan

Mesin ATM hanya bisa menerima setor tunai dengan uang pecahan Rp20 ribu, Rp50 ribu, dan Rp100 ribu. Selain dari nominal yang telah disebutkan, uang tidak diproses oleh mesin.

Uang tidak dapat terproses akibat gangguan sistem

Dikarenakan mesin ATM bekerja menggunakan sistem iBanking, maka gangguan sistem dapat terjadi kapan saja, termasuk saat kamu sedang bertransaksi.

Jika hal ini terjadi, maka segera datang ke kantor cabang bank yang bersangkutan atau hubungi layanan call center untuk penanganan lebih lanjut.

Datang ke kantor cabang atau menghubungi call center bank secepatnya untuk menyampaikan gangguan sistem yang kamu alami adalah langkah yang bijaksana. Jangan sampai kartu ATM kamu tertelah mesin ATM atau kamu mengalami malafungsi pada transaksimu. Kalau uangmu sudah hilang, maka kamu tidak bisa melakukan pembayaran, misalnya pembayaran cicilan kartu kredit.

Supaya kamu terlindungi dari risiko yang semacam ini, coba manfaatkan proteksi asuransi jiwa. Memiliki asuransi jiwa memberimu manfaat pelunasan utang kredit andai kamu kehilangan pekerjaan atau kasus penipuan yang menyebabkan kamu mengalami kerugian finansial. Yuk konsultasikan saja kebutuhan finansialmu di Lifepal.

Dengan mengikuti panduan di atas, kini kamu sudah paham dengan cara setor tunai di ATM dengan mudah. Meskipun memudahkan, ada baiknya untuk dilakukan dengan hati-hati, ya.

Jika uang yang kamu setorkan tidak terproses oleh mesin atau jika kamu mengalami kendala apa pun di tengah proses penyetoran, segera minta bantuan petugas bank atau hubungi layanan call center bank terkait.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →