Cara Setor Tunai Uang Tabungan di Bank BRI, Aman dan Mudah!

cara menyetor uang tabungan di bank bri

Terdapat beberapa cara menyetor uang tabungan di bank BRI, bisa dengan setor tunai langsung ke kantor cabang, atau juga bisa dengan menggunakan mesin ATM yang sudah dilengkapi mesin CDM (Cash Deposite Machine). Kedua cara ini tentunya memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. 

Bank BRI juga dikenal memiliki jangkauan yang luas di berbagai wilayah, sehingga kamu dengan mudah bisa menemukan kantor cabang terdekat dan mesin ATM yang dilengkapi mesin CDM untuk menyetor uang tabungan di bank BRI.

Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara menyetor uang tabungan di Bank BRI, mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini

Cara menyetor uang tabungan di Bank BRI

Cara menyetor uang tabungan di bank BRI terbagi menjadi dua, yaitu setor tunai dengan mesin ATM yang terdapat mesin CDM, dan setor tunai dengan datang langsung ke bank. 

Setiap cara setor tunai memiliki langkah yang berbeda-beda. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Cara setor tunai dengan mesin ATM BRI

Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti saat menyetor uang tabungan di bank BRI dengan mesin ATM autodebet.

– Datang ke lokasi ATM terdekat

Kunjungi gerai ATM yang menyediakan mesin ATM yang terdapat mesin CDM, biasanya mesin ATM jenis tersedia di gerai ATM yang ada di tiap kantor cabang.

– Siapkan uang

Setelah tiba di depan mesin ATM, siapkan uang yang akan kamu setorkan. Pastikan uang tersebut tidak terlipat dan memiliki pecahan dengan nominal Rp50 ribu, dan Rp100 ribu. Selain pecahan tersebut, mesin CDM gak akan menerima.

– Masukkan kartu ATM

Masukkan kartu ATM yang kamu miliki ke mesin ATM dan pastikan posisi kartu benar, yaitu tanda panah mengarah ke slot ATM.

– Pilih bahasa dan masukkan PIN

Setelah kamu memasukkan kartu ATM, maka menu tampilan pertama yang akan muncul adalah memilih bahasa, pilih bahasa yang kamu pahami antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. 

Setelah itu, masukkan PIN yang kamu miliki. Pastikan tidak salah memasukkan nomor PIN, sebab tiga kali melakukan kesalahan akan membuat kartu ATM terblokir dari mesin ATM.

– Pilih menu setoran tunai 

Setelah memasukkan PIN, maka pilih menu setor tunai. Pada langkah ini kamu akan diminta memasukkan uang yang akan disetorkan. Perlu diingat, maksimal uang tunai yang dapat disetorkan hanya 50 lembar.

Pastikan juga bahwa uang yang kamu masukkan dalam posisi benar, yakni gak dalam kondisi terlipat, gak kusut, gak basah, dan gak sobek.

– Pilih menu setor

Setelah uang kamu masukkan ke dalam box ATM, maka ATM akan menampilkan jumlah uang yang akan disetorkan, jika uang ditolak maka box akan terbuka kembali layar hanya menampilkan jumlah uang yang bisa diterima.

Apabila jumlah sudah benar, maka pilih menu setor dan ambil bukti transaksi dan selesaikan transaksi.

2. Cara setor tunai di bank BRI

Cara menyetor uang tabungan bank BRI dengan datang langsung ke bank,  kamu dapat datang ke cabang bank terdekat, kemudian ambil nomor antrean dan ikuti langkah-langkah yang diinstruksikan oleh teller

  • Setelah tiba di kantor cabang, kamu harus mengambil formulir pilihan Slip Penyetoran yang berwarna biru.
  • Kemudian isi sesuai dengan instruksi, seperti nomer rekening hingga nominal yang ingin disetor.
  • Jika sudah selesai diisi dan ditandatangani, kamu bisa duduk sambil menunggu nomor antrian yang akan dipanggil petugas teller
  • Jika sudah dipanggil, berikan slip penyetoran pada teller beserta uang cash yang akan kamu setorkan. 

Jika proses telah selesai, kamu akan diberikan salinan formulir bukti bahwa setor tunai telah berhasil.

Penyebab uang setor tunai gagal

Meski cara menyetor uang tabungan di bank BRI mudah, namun terkadang gangguan dapat terjadi selama proses terjadi. Berikut ini beberapa faktor penyebab gagalnya setor tunai di mesin ATM BRI.

1. Uang terlipat atau rusak

Sebelum memasukkan uang ke mesin ATM BRI dengan mesin CDM, pastikan uang dalam kondisi utuh, tidak sobek, terlipat, bahkan dijepit staples. Mesin ATM akan otomatis menolak apabila uang dalam kondisi-kondisi semacam itu. 

Pastikan juga uang yang disetor adalah uang asli karena mesin ATM dapat langsung memindai uang asli dan membedakan uang palsu. 

2. Kerusakan mesin ATM

Setibanya di depan mesin ATM, periksa terlebih dahulu apakah terdapat peringatan di badan ATM bahwa mesin mengalami kerusakan atau tidak. 

Sebab telah terjadi beberapa kasus akibat tidak menghiraukan peringatan dan tetap melakukan setor tunai, uang yang dimasukkan ke dalam mesin ATM tetap tertelan, namun tidak menambah saldo dalam rekening.

3. Gangguan sistem

Dikarenakan layanan mesin ATM bekerja secara otomatis menggunakan sistem iBanking, maka gangguan sistem dapat terjadi kapan saja. 

Pada contoh kasus tertentu, sistem bisa tiba-tiba memasuki status maintenance ketika seseorang sedang melakukan setor tunai. Sebagai akibatnya, uang tidak dapat diproses ke dalam saldo rekening tabungan.

Jika hal ini terjadi, maka segera datang ke kantor cabang bank yang bersangkutan atau menghubungi layanan call center untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

4. ATM bank yang berbeda

Pada umumnya, layanan setor tunai di mesin ATM hanya bisa dilakukan di mesin milik bank yang sama dengan kartu ATM kamu. Contohnya, kamu adalah nasabah Bank BRI, maka kamu hanya bisa melakukan setor tunai di mesin ATM milik Bank BRI. Sama halnya dengan jika kamu adalah nasabah pada bank-bank lainnya.

Jika kamu tetap melakukannya pada ATM yang berbeda dengan rekening bank yang kamu miliki, bisa saja uang yang disetorkan tertelan dan tidak menambah saldo tabungan.

Cara yang aman setor uang tabungan di bank BRI melalui mesin ATM

Penting bagi kamu untuk memastikan seluruh proses transaksi berjalan dengan aman dan lancar. Berikut adalah cara aman bertransaksi di mesin ATM.

1. Pilih lokasi ATM yang aman

Pastikan lokasi ATM tertutup, dijaga oleh petugas keamanan, dan tidak terlalu sepi. Hal ini berguna untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan. Usahakan juga memilih ATM yang berada di dalam gedung dan bukan di pinggir jalan. 

Jika terpaksa memilih yang berada di pinggir jalan, baik kamu pria atau wanita, mintalah saudara atau teman untuk menemani.

2. Perhatikan kondisi mesin ATM

Perhatikan tidak ada tambahan alat apa pun pada slot ATM di mesin agar kamu terhindar dari praktik skimming atau duplikasi kartu.

3. Jaga kerahasiaan PIN

Sebelum memasukkan nomor PIN, perhatikan keypad pada mesin ATM, apakah kondisinya terbuka atau terdapat benda kecil yang mungkin saja adalah kamera tersembunyi.

4. Pastikan saldo sudah masuk

Ketika kamu selesai melakukan setor tunai, pastikan saldo pada rekening kamu bertambah. Jika tidak, bisa saja terdapat kesalahan pada saat penyetoran. 

Itulah cara setor tunai yang bisa kamu ikuti. Pilih cara penyetoran yang mudah kamu pahami demi kelancaran dalam mengurus keuangan kamu. Jika terdapat ketidakcocokan penambahan saldo atau gangguan lain, segera hubungi layanan pelanggan bank terkait untuk mendapatkan bantuan secepatnya.

Tips aman cara menyetor uang tabungan di bank BRI

Agar transaksimu saat setor uang tabungan di ATM BRI aman, gak kena skimming, kamu perlu memperhatikan beberapa tips aman berikut ini: 

1. Perhatikan mesin ATM

Sebelum menggunakannya, sebaiknya kamu periksa terlebih dahulu mesin ATM yang akan digunakan untuk setor tunai. Pastikan gak ada alat-alat mencurigakan, seperti kamera yang menempel pada mesin ATM.

2. Pilih lokasi ATM yang aman

Sebelum bertransaksi, sebaiknya kamu memilih lokasi ATM yang aman. Sebab, jika kamu memilih lokasi ATM yang sepi akan membuka peluang bagi pelaku melakukan kejahatan. Sebaiknya, pilih ATM yang dijaga security.

3. Ganti PIN ATM secara berkala

Setelah bertransaksi, sebaiknya ganti PIN atau password secara berkala. Mengganti PIN secara berkala akan menghindari risiko uang kamu dicuri.

4. Lengkapi kartu ATM dengan chip

Yang gak kalah penting yakni menggunakan kartu ATM dengan chip. Bank Indonesia bahkan sudah menghimbau bank untuk melakukan migrasi ke kartu ATM (Debit) ke teknologi chip.

Nah, itu dia cara aman menyetor uang tabungan di bank BRI. Semoga informasi tadi bermanfaat! (Editor: Chaerunnisa)