Cara Transfer dan Terima Uang lewat Western Union

Western Union merupakan salah satu penyedia jasa pengiriman uang. Lewat Western Union, kita tidak bisa melakukan pengiriman uang secara real time bahkan hingga luar negeri. Ini merupakan salah satu keunggulan perusahaan layanan asal Colorado, Amerika Serikat, yang didirikan pada 1851.

Dalam memanjakan nasabah, layanan keuangan ini menawarkan sederet keunggulan dan fitur tersendiri. Simak informasi mengenai Western Union Indonesia berikut ini!

Apa itu Western Union?

western union

Western Union adalah layanan untuk kita mengirim uang kepada penerima melalui sistem berbasis digital. Saat didirikan di AS, perusahaan belum melayani transaksi keuangan. Perusahaan hanya memberikan jasa pengantaran surat dan telegram.

Seiring berjalannya waktu, perusahaan mengalami pertumbuhan signifikan. Bahkan, telah membeli lebih dari 500 perusahaan. Tonggak sejarah di abad ke-20 ini ditandai dengan perusahaan yang hampir memonopoli industri jasa pengiriman dengan mengakuisisi  kompetitor utamanya, Postal Telegraph, Inc. pada 1943.

Perusahaan pun mulai menjamah berbagai negara termasuk Indonesia. Di Tanah Air, kita bisa dengan mudah mencari Western Union terdekat dengan cara masuk ke situs resmi. Kemudian memilih negara dan mengisi kolom kode pos. Setelah itu, kita akan diarahkan ke agen atau kantor Western Union Indonesia terdekat.

Beberapa kantornya di Indonesia hadir di kota-kota besar seperti Western Union Jakarta, Western Union Surabaya, dan Western Union Bandung. Kamu bisa menemukan Western Union di kota lain melalui situs resmi mereka.

Cara kirim dan terima uang via Western Union

Western Union

Sebenarnya, cara kirim dan terima uang via layanan ini cukup mudah. Kamu hanya perlu memastikan lokasi kantor terdekat dan mendatanginya. Berikut penjelasan singkat mengenai cara mengirim dan menerima uang dengan layanan ini.

1. Cara mengirim uang di Western Union

Cara untuk mengirimkan uang sangatlah mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pergi dan datangilah kantor terdekat
  • Mintalah formulir pengiriman uang ke petugas dan isilah formulir tersebut
  • Petugas akan meminta kita untuk menunjukan kartu identitas untuk mencocokkan data yang sudah kita isi
  • Bayarkan dan serahkan uang yang ingin kita transfer kepada penerima sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan
  • Langkah terakhir adalah kita harus memberikan kabar kepada penerima uang mengenai data pengirim, nominal uang yang dikirim, kode daerah, dan nomor referal pengambilan uang.

2. Cara menerima uang di Western Union

Cara menerima uang kiriman  juga sangat mudah, yaitu:

  • Datangilah kantor terdekat
  • Pastikan kita sudah mendapatkan informasi mengenai rincian transaksi dari pengirim berupa nama pengirim, jumlah uang, dan lainnya
  • Serahkan kartu identitas agar petugas bisa memastikan. Kita bisa menunjukkan KTP atau SIM
  • Isilah formulir yang tersedia dan diminta oleh petugas mengenai informasi transaksi, nama pengirim, jumlah uang, asal daerah
  • Pastikan informasi di atas benar agar kita bisa langsung mengambil uang yang dikirim.

Fitur Western Union

bayar pajak online

Kalau sudah tahu gimana caranya mengirim dan menerima uang menggunakan layanan ini, kamu juga perlu mengetahui fitur-fitur yang tersedia. Fitur ini menjadi pembeda dengan layanan pengiriman uang di bank. Simak yang berikut ini.

1. Quick Pay

Fitur ini memungkinkan kita untuk mengirim uang dengan tujuan ke sebuah lembaga yang terdaftar di layanan tersebut. Maksudnya adalah kita bisa membayar dan mengirim uang untuk keperluan tertentu ke sebuah lembaga yang terdaftar di sini. 

Jadi, kita tidak perlu pergi ke kantor lembaga terkait untuk sekadar melakukan pembayaran. Jangan sampai lupa, ya, hanya lembaga yang terdaftar saja yang bisa kita bayar tagihan-tagihannya.

2. Will Call

Fitur ini adalah layanan khusus pengiriman uang di mana penerima merupakan individu, bukan perusahaan atau kelompok. Jadi, bisa dibilang Will Call ini fitur buat kirim-kiriman uang antarindividu, ya!

3. Layanan antar dan jemput uang

Uang yang kita kirim bisa langsung diantar sampai ke rumah penerima, loh! Jadi, layanan ini memiliki petugas pengantar yang akan mengunjungi rumah penerima untuk memberikan uang sejumlah yang dikirim juga. Tentunya untuk menggunakan fitur ini, kita harus mengeluarkan ongkos tambahan.

Keunggulan Western Union

Mungkin kita berpikir, kenapa tidak melalui bank saja jika hanya mau melakukan transfer uang? Nah, sebagai lembaga jasa keuangan non bank punya beragam keunggulan dibandingkan bank. Salah satunya adalah pengiriman uang tanpa batasan jarak dan waktu.

Berikut keunggulan lain yang tidak dimiliki perbankan.

1. Tersebar di seluruh penjuru dunia

Layanan ini sudah tersebar di lebih dari 200 negara termasuk Indonesia. Artinya pengiriman ke manapun bisa kita lakukan. Jadi, kita tidak perlu khawatir jika mau mengirimkan uang dari dan ke negara lain.

2. Mudah dan cepat

Pengiriman uang melalui layanan ini terbilang sangat cepat dan mudah dilakukan karena didukung dengan teknologi digital terkini dan sistem informasi dan jaringan yang mumpuni. Maka dari itu, dalam hitungan detik, uang yang kita kirimkan akan langsung sampai tanpa syarat yang ribet.

3. Kirim uang tanpa rekening

Siapa bilang mengirim uang harus mempunyai rekening? Di layanan ini kita bisa melakukannya, lho! Berbeda dengan bank yang mengharuskan kita menggunakan rekening. Jika melalui layanan ini, kita cukup mempersiapkan kartu identitas dan tentunya uang yang akan dikirimkan.

4. Biaya kirim uang Western Union murah

Biaya transfer juga sangat terjangkau, kita tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Hal tersebut sangat berbeda jika kita mengirim uang melalui ATM yang mengharuskan kita mengeluarkan biaya lebih apalagi jika mengirimkan uang ke rekening bank lain. Ingat! Biaya transfer Western Union tidak semahal transfer ke bank.

5. Tidak ada batasan pengiriman

Tidak ada jumlah minimal batasan pengiriman uang. Berapa saja jumlahnya, bisa! Hal itu tentu berbeda dengan bank-bank lokal yang mengenakan tarif minimal pengiriman.

6. Keamanan terjamin

Hal terakhir yang perlu kita ketahui adalah keamanan yang dirancang perusahaan asal AS ini. Kita tidak perlu khawatir atas segala kecurangan yang mungkin terjadi karena layanan ini pasti aman walaupun tanpa surat bank dan dokumen konvensional lainnya.

Bagaimana? Mudah bukan bertransaksi melalui Western Union. Tertarik dengan informasi dan tips keuangan lainnya? Cari tahu di Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →