Pasti Dibayar Negara, Tanam Duit di SBR 005 Dapat Untung 8,15 Persen

Pada tanggal 10 Januari 2019 lalu Savings Bond Ritel terbaru atau dikenal juga dengan nama SBR 005 sudah dapat dibeli. Ini menjadi kabar gembira untuk kita yang lagi mencari investasi terbaik. Soalnya, SBR ini menjadi salah satu pilihan investasi terbaik dari Pemerintah dengan keuntungan yang menjanjikan.

Pemerintah lewat Kementerian Keuangan sebelumnya sudah mengeluarkan beberapa seri SBR, ayitu SBR 003 dan SBR 004. Lalu, seperti apa perbedaannya? 

Nah, SBR 005 ini menawarkan return atau kupon yang menarik jika dibandingkan seri-seri sebelumnya. Kalau SBR 003 memberi return 6,8 persen per tahun dan SBR 004 memiliki nilai return 8,05 persen, SBR 005 menawarkan return lebih besar lagi, yaitu 8,15 persen per tahun. 

Bahkan jika dibandingkan dengan deposito, berinvestasi SBR 005 pastinya jauh lebih menguntungkan. Sebab di deposito kita hanya bisa dapat bunga rata-rata 6 persen. Makanya SBR ini termasuk dalam pilihan investasi terbaik. 

Kalau penasaran dengan investasi SBR 005 inni, Lifepal punya alasannya nih. Langsung aja yuk disimak ulasannya. 

Baca juga: Pengin Sukses Jawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja? Ini Triknya, Mudah Kok!

Investasi SBR 005 mulai dari Rp 1 juta

investasi sbr 005

Sekarang yang namanya berinvestasi gak harus selalu keluarkan bujet tinggi, karena kita bisa berinvestasi dengan modal minim. Salah satunya dengan membeli SBR 005 sebagai pilihan investasi terbaik, dengan mengeluarkan modal hanya Rp1 juta saja. Ini dikarenakan Kementerian Keuangan mematok harga per unit SBR 005 sebesar Rp1 juta dengan maksimal pembelian Rp3 miliar.

Harga yang ditetapkan untuk penjualan SBR kali ini gak berbeda dengan penjualan SBR tahun lalu. Tahun lalu penjualan SBR 004 mencapai Rp7,32 triliun. Nilai ini lebih besar dari target yang ditentukan, yaitu Rp1,49 triliun.  Dengan harga segitu, tentunya makin banyak orang tertarik berinvestasi dan gak menutup kemungkinan peminatnya bakal bertambah di tahun ini.

Jangka waktunya selama 2 tahun

Sama juga dengan SBR 004, jangka waktu yang ditetapkan Kementerian Keuangan untuk investasi berlangsung selama dua tahun. Itu berarti tanggal 10 Januari 2021 nanti menjadi waktu jatuh tempo buat investasi ini.

Pokoknya, SBR 005 cocok deh buat kita yang gak ingin investasi jangka menengah.

Baca juga: Pilih Tinggal di Apartemen Superblok atau Tunggal? Kenali dulu Untung Ruginya Ini

Ditawarkan dengan kupon mengambang dan minimal

investasi sbr 005

Soal keuntungan atau return, Kementerian Keuangan memberlakukan dua kupon dalam SBR 005, yaitu kupon mengambang dan kupon minimal. Besaran kupon mengambang disesuaikan dengan BI 7 Day Reverse Repo Rate. Sementara kupon minimal berpatokan pada kupon pertama yang ditetapkan.

Dengan begitu, investor akan menerima return yang besar kalau BI 7 Day Reverse Repo Rate naik. Namun, return tetap 8,15 persen sekalipun BI 7 Day Reverse Repo Rate turun. Sebagai informasi tambahan, besaran kupon disesuaikan dengan BI 7 Day Reverse Repo Rate tiap tiga bulan sekali. Kupon sendiri dibayarkan Pemerintah setiap bulannya di tanggal 10.

Begini lho gambaran keuntungan berinvestasi di SBR

investasi sbr 005

Dalam berinvestasi, keuntungan menjadi salah satu hal yang jadi pertimbangan. Dengan kupon 8,15 persen, berapa besar keuntungan yang diterima?

Katakan saja kita investasikan dana Rp 1 juta atau membeli satu unit SBR 005. Segini besaran keuntungan yang bisa kita terima:

  • Dana investasi: Rp 1 juta
  • Kupon: 8,15 persen per tahun
  • Return per bulan: (8,15 : 12)% x 1.000.000 = Rp 6.791,66

Itu return yang didapat dengan catatan belum kena pajak. Setelah dipotong pajak 15 persen, hasilnya:

  • Pajak: 15% x 6.791,66 = Rp 1.018,75
  • Setelah dikurangi pajak: Rp 6.791,66 – Rp 1.018,75 = Rp 5.772,91

Baca juga: Begini Cara Ibu Menyeimbangkan Karier dan Keluarga, Jangan Kelewat Baper!

Kecil sih emang, tapi bayangkan deh kalau investasinya Rp 50 juta. Untungnya lumayan banget, lho!  Semakin besar modal investasi, semakin besar juga untung yang didapat.

Bolehkan ambil SBR sebelum waktu jatuh tempo?

Kementerian Keuangan memberi fasilitas Early Redemption khusus investasi SBR 005. Artinya, nasabah yang menggunakan fasilitas ini bisa mengambil dana investasinya atau pokok investasi sebesar 50 persen dari total kepemilikan investasi setelah satu tahun.

Katakanlah kita investasi Rp 10 juta. Besaran dana yang bisa diambil setelah satu tahun adalah Rp 5 juta. Sementara Rp 5 juta lagi baru bisa diambil pada waktu jatuh tempo.

Periode Early Redemption berlangsung dari 27 Januari – 4 Februari 2020. Satu hal yang perlu kamu ketahui. Fasilitas Early Redemption ini gak berlaku buat investasi kurang dari Rp 2 juta.

Selain kupon, ini keuntungan SBR

Gak cuma kupon aja yang diperoleh sebagai keuntungan dari investasi terbaik dari pemerintah ini. Ada beberapa keuntungan lain yang bisa diperoleh.

  • Kupon dan pokok dijamin undang-undang. Artiya, SBR 005 bebas dari risiko gagal bayar.
  • Bisa dijamin ke pihak lain.
  • Bisa dibeli secara online.
  • Jadi solusi dalam membangun negeri.

Di mana SBR bisa dibeli?

Buat menjadi investor SBR, kamu bisa membeli dan daftarkan diri di mitra-mitra distribusi yang ditunjuk Kementerian Keuangan. Siapa saja mitra-mitranya?

  • Bareksa
  • BCA
  • Investree
  • Bank BTN
  • BNI
  • Tanamduit
  • Bank BRI
  • Bank Permata
  • Mandiri
  • Trimegah
  • Modalku

Beberapa mitra di atas ada yang menawarkan pendaftaran secara online. Dengan begitu, kita bisa lebih jadi gampang deh membeli SBR 005 ini. Selamat berinvestasi ya!