Milenial, 6 Prinsip Kerja Ini Bikin Hidup Kamu Lebih Bahagia dan Cepat Sukses

Prinsip kerja bagi Generasi Milenial (Shutterstock).

Tidak adanya prinsip kerja yang kuat membuat banyak fresh graduate serta milenial yang sulit beradaptasi sama lingkungan kerja. Jangan-jangan, kamu adalah salah satunya? Yuk lihat pencerahannya di artikel ini.

FYI memiliki prinsip kerja yang kuat itu memang butuh waktu dan proses yang gak sebentar. Ada asam garam pekerjaan yang harus kamu lalui sebelum menemukannya.

Jadi gak usah minder karena masalah prinsip kerja ini juga banyak dialami oleh ratusan bahkan ribuan pekerja di luar sana kok. Bahkan yang udah punya pengalaman kerja hingga belasan tahun pun masih ada yang merasakan.

Tapi sebaliknya kalau kamu sudah melewati proses tersebut pasti segala sesuatunya bakal berjalan lebih gampang dan mantap. Termasuk kalau ingin melanjutkan karir di dunia bisnis lho. Sebab prinsip kerja akan membantu kamu untuk terus bertumbuh dan mencapai tujuan yang kamu inginkan.

Nah, kalau kamu ingin mendapatkan kesuksesan secepat mungkin ada baiknya untuk mengetahui 6 prinsip kerja yang bakal bikin kamu cepat sukses dan hidup lebih bahagia, mengutip dari Cio Insight.

… Tips Lifepal! Dapatkan hingga 30 juta per bulan dengan menjadi agen asuransi Lifepal

1. Prinsip kerja pertama: Miliki tujuan hidup!

Prinsip Kerja
Memiliki tujuan hidup (Shutterstock).

Selain mencari uang, prinsip orang bekerja adalah untuk mengejar tujuan hidup yang ia impikan sejak dulu. Dengan memiliki tujuan hidup kamu gak akan tersesat saat menjalani karier. Sebab kamu tahu apa yang kamu kerjakan dan kemana arahnya.

Sayangnya, banyak milenial sekarang yang bekerja cuma sebatas rutinitas semata. Akibatnya tak sedikit pekerja milenial menghadapi berbagai macam masalah di tempat kerja.

Mulai dari galau, produktivitas berkurang, bahkan sampai ingin resign dari kantor. Semuanya karena tidak memiliki prinsip kerja dan tujuan yang jelas. Jangan sampai kejadian kayak gitu kamu alamin deh!

Buat mencegahnya, coba deh mulai sekarang ketahui dulu sebenernya apa sih yang ingin kamu kejar? Setelah itu, catat tujuan apa yang mau diraih dalam waktu dekat serta jangka panjang. Setelah itu, jalani dengan sepenuh hati dan terus berjuang mendapatkannya!

Lebih baik punya perlindungan kesehatan yang tanggung semua biaya rawat jalan dan rawat inap, sehingga kamu bisa lebih fokus meniti karier di tempat kerja.

2. Fokus untuk mencapai tujuan

Prinsip Kerja
Fokus dalam menjalankan tujuan (Shutterstock).

Prinsip kerja yang kedua adalah fokus untuk mencapai tujuan. Sebab yang namanya godaan itu pasti ada dan akan menghampiri setiap orang yang sedang berusaha. Tapi jangan sampai hal itu mempengaruhi arah tujuan kita selama proses pencapaian.

Fokus adalah prinsip kerja yang wajib kamu terapkan dalam hidup supaya rencana yang sudah disiapkan untuk menggapai tujuan bisa berjalan mulus.

Hindari pergaulan yang dirasa menjauhkan kamu dari tujuan hidup seperti dunia malam, minuman keras dan narkoba. Ingat, kamu harus teguh pada prinsip kerja dan fokus pada tujuan yang ingin kamu capai. Banyak kok hal-hal positif yang ada di sekitar kamu kalau mau dicari. 

Alih-alih terjebak di sana, kamu bisa lho memanfaatkan waktu untuk belajar hal baru yang bisa meningkatkan skill pendukung untuk mencapai tujuan. Ikut seminar kewirausahaan atau finansial kedengarannya lebih menarik, kan?

Selain mempertajam keahlian, memiliki skill dan mencoba hal baru akan menjauhkan kamu dari rasa bosan akan rutinitas kerja yang itu-itu saja.

3. Tentukan standar diri kamu sendiri

Prinsip Kerja
Tentukan standar diri sendiri (Shutterstock).

Jangan cuma ikut-ikutan trend terkini yang viral di media sosial saja. Kamu juga harus punya prinsip kerja dan standar tersendiri di bidang karir maupun kehidupan pribadi.

Contohnya seperti mencari klien kerja, misal kamu sudah melebihi target yang dicanangkan oleh kantor ya kamu harus punya standar sendiri yang lebih tinggi lagi. Atau bisa juga ketika diminta menyelesaikan sebuah proyek, kamu sekaligus mencari kenalan baru untuk kepentingan usaha pribadi yang ingin kamu kembangkan.

Dengan begitu, satu kali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Prinsip kerja yang seperti ini bakal membentuk karakter kamu menjadi lebih baik. Reputasi kamu di mata atasan pun akan bagus.

Memiliki prinsip kerja dengan standar tak hanya berlaku di kantor, tapi juga di kehidupan pribadimu. Termasuk bagaimana kamu menentukan kapan mau “pensiun” dan menikmati hidup. Semua itu bisa kamu hitung menggunakan Kalkulator Kebebasan Finansial Lifepal!

4. Berani mengatakan tidak

Prinsip Kerja
Berusaha mengatakan tidak (Shutterstock).

Sebagai manusia biasa kita punya keterbatasan untuk melakukan sesuatu, oleh karena itu kamu harus punya prinsip kerja untuk berani mengatakan tidak. Baik pada suatu kesempatan yang mampir atau proyek yang dipercayakan pada kamu. Khususnya jika kamu merasa gak yakin untuk menjalaninya.

Biasanya ini akan menimbulkan dilema bagi para millennial di kantor. Satu sisi kamu merasa terhormat karena diberi kepercayaan untuk menghandle banyak proyek, tapi di sisi lain beban kerjamu akan jadi terasa berat karena pekerjaan yang menumpuk.

Masalahnya adalah kalau kamu selalu bilang iya pasti ada satu titik dimana hal tersebut justru menghambat pekerjaan. Dan itu pastinya gak cuman sekali aja.

Jadi beranikan diri kamu untuk mengatakan tidak pada hal yang kamu kurang yakin buat dijalani. Tidak perlu merasa nggak enak, karena prinsipnya adalah mengetahui kapasitasmu dalam bekerja.

Kalau punya jaminan kesehatan untuk diri sendiri dan 5 anggota keluarga, dapat santunan Rp300 ribu per hari, gak perlu lagi memakai uang gaji waktu butuh biaya berobat.

5. Selalu jaga kesehatan

Prinsip Kerja
Menjaga kesehatan dengan berolahraga (Shutterstock).

Prinsip kerja yang satu ini sangat vital untuk kamu pertimbangkan sejak dini. Sebab dengan kondisi tidak sehat segala aktivitas dan pekerjaan sehari-hari akan terhambat. Mulai dari kerja, ngumpul bareng temen, sampai mengurus bisnis pribadi nggak akan maksimal kalau badanmu sakit.

Selain itu biaya berobat yang mahal bisa jadi beban pikiran selanjutnya. Mending kalau kamu sudah terproteksi dan punya asuransi sendiri, nyatanya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum sadar pentingnya asuransi kesehatan.

Maka, coba terapkan gaya hidup sehat mulai hari ini. Kurangi makan makanan berlemak, istirahat yang cukup, hindari begadang jika tidak mendesak, dan olahraga rutin minimal 3 kali seminggu.

Namun, sekeras-kerasnya kamu berolahraga, risiko jatuh sakit masih tetap ada meskipun mungkin tak sebesar mereka yang jarang berolahraga. Oleh karena itu, sebaiknya kamu terlindungi dengan jaminan kesehatan, sebut saja BPJS Kesehatan.

Tetapi, kalau kamu ingin fleksibilitas dan kecepatan pelayanan medis, kamu bisa melengkapi proteksimu dengan asuransi kesehatan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu tidak akan kehilangan uang untuk membayar biaya berobat atau rawat inap. Sebab, biaya-biaya tersebut akan ditanggung oleh asuransi.

6. Ambil cuti buat liburan

Prinsip Kerja
Ambil cuti dan pergi liburan (Shutterstock).

Cuti adalah hak karyawan yang harus diberikan oleh setiap perusahaan di Indonesia. Kamu sebagai pegawai negeri maupun swasta berhak untuk mendapatkannya kapanpun.

Supaya efeknya lebih nampol gunakan jatah cuti untuk berlibur atau traveling bersama keluarga atau teman. Bagi kamu yang sudah bekerja keras setiap hari, ambil cuti untuk berlibur akan mengembalikan pikiranmu jadi lebih fresh dan bahagia.

Udah bikin hati makin happy, masalah di kantor yang menumpuk bisa sejenak kita lupakan karena liburan. Bener gak, guys?

Pilih waktu yang tepat untuk kamu bisa cuti dalam waktu yang lama. Jangan lupa penuhi persyaratan untuk mengambil cuti dari kantor agar pengajuan cuti lebih mudah disetujui.

Nah itulah 6 prinsip kerja yang bisa kamu terapkan supaya hidup bisa lebih bahagia dan cepat sukses kedepannya. Gak perlu dilakukan semuanya secara bersamaan, lakuin aja satu per satu dari yang paling mudah dulu.

Masih ingin tahu lebih banyak tentang milenial dan cara atur keuangan sejak muda? Yuk simak jawaban-jawaban dari ahlinya di Tanya Lifepal!