Rekomendasi 22 Situs Freelance Indonesia Terbaik dan Terpercaya

freelance indonesia

Semakin maju perkembangan teknologi saat ini, banyak pekerjaan baru yang lahir. Mulai dari transportasi online, konsultasi dokter secara online, hingga pekerjaan freelance Indonesia yang tidak menuntut karyawannya untuk datang ke kantor.

Menjadi freelance Indonesia, kamu tidak harus mengabdi pada suatu instansi dengan bekerja selama tujuh sampai delapan jam di kantor. Pekerjaan freelance Indonesia ini memudahkan kamu untuk menyelesaikan pekerjaan di manapun dan kapanpun. 

Terlebih, kamu bekerja sesuai kontrak atau kerja sama yang telah disetujui kedua belah pihak. Bagi kamu yang ingin memulai sebagai freelancer, namun bingung jenis pekerjaan apa saja yang cocok untuk kamu, simak informasi jenis-jenis pekerjaan sebagai freelancer.

Ada beragam jenis pekerjaan sebagai freelance yang bisa kamu pertimbangkan. Namun, beberapa yang terbilang paling banyak dicari adalah jenis pekerjaannya di beberapa sektor berikut ini:

Jenis-jenis pekerja freelance Indonesia

Ada banyak jenis pekerjaan freelance Indonesia, mulai dari bidang finansial hingga kreatif. Yuk, simak informasi lengkapnya sebagai berikut

1. Fotografer 

Salah satu profesi yang bisa dijalani sebagai pekerjaan sebagai freelance ada fotografer. Berkembangnya bisnis online saat ini membuat permintaan akan gambar produk berkualitas semakin meningkat. 

Ini membuat pekerjaan sebagai fotografer sangat dibutuhkan untuk mengambil gambar produk-produk yang akan dijual di media sosial.

Beberapa produk yang membutuhkan jasa fotografer antara lain produk pakaian, produk keperluan bayi, dan produk makanan. Hal ini tentu membuat pekerjaan sebagai fotografer menjadi menjanjikan. 

2. Voice over

Sebagian orang mungkin tidak terlalu mengenal apa itu pekerjaan voice over. Pekerjaan voice over adalah pekerjaan memproduksi suara yang digunakan untuk radio, televisi, film, iklan, dan keperluan lainnya. 

Kamu tidak perlu memiliki suara yang bagus dan merdu layaknya seorang penyanyi, hanya perlu menyesuaikan suara kamu dengan suara yang dicari oleh keperluan perusahaan atau produk.

Ada banyak peluang menjadi pengisi suara voice over, mulai dari pengisi suara video game, pembaca audiobook, instruksi e-learning, dan adlibs. Sangat menyenangkan, bukan?

3. Data entry

Nah, buat kamu yang baru lulus atau masih kuliah, kerja freelance sebagai data entry merupakan  jenis pekerjaan yang sesuai karena sangat mudah dan tidak membutuhkan pengalaman yang banyak. 

Jika kamu mendapatkan pekerjaan ini, biasanya ditugaskan untuk memasukan data ke database melalui form online yang sudah disediakan.

4. Desainer grafis

Bagi kamu yang memiliki latar belakang dunia desain atau memiliki hobi menggambar, pekerjaan sebagai desainer grafis bisa menjadi pilihan. Pekerjaan ini banyak dibutuhkan seiring berkembangnya dunia digital. 

Pasalnya, mulai dari website, email banner, social media membutuhkan gambar visual yang menarik. Beberapa pekerjaan yang tersedia untuk desainer grafis antara lain membuat logo, ilustrasi, membuat data visual, membuat posting sosial media, desain produk, dan lainnya.

5. Web designer

Selain grafis desainer, ada satu lagi pekerjaan desainer yang bisa dilakukan secara freelance yakni Web Designer. Meski pekerjaan ini dilakukan freelance, tapi memiliki tuntutan yang cukup tinggi. 

Kamu harus bisa menguasai beberapa skill seperti HTML, JavaScript, dan beberapa coding dasar. Namun, semua hal yang telah disebutkan di atas, sebanding dengan bayaran yang diterima.

6. Digital marketer

Selain beberapa pekerjaan telah disebutkan di atas, salah satu jenis pekerjaan yang bisa kamu coba adalah digital marketer. Tugas digital marketer adalah untuk membantu pemasaran produk secara digital. 

Profesi ini semakin banyak dicari karena semakin banyak produk yang dipasarkan melalui internet baik melalui website, media sosial atau e-commerce.

Profesi ini diharuskan untuk menguasai strategi pemasaran secara online, seperti media sosial. SEM, SEO, PPC atau pay per click, dan beberapa hal teknis lain.

7. Penulis konten

Bagi kamu yang memiliki keahlian menulis konten pekerjaan sebagai penulis konten bisa menjadi pilihan. Tugas penulis konten adalah pekerjaan yang tidak memerlukan modal banyak, tugasnya adalah menulis artikel dan mempublikasikannya di website. 

Untuk meningkatkan keterampilan, kamu bisa menguasai satu atau lebih bahasa asing. Selain itu, kamu juga bisa ikut kelas menulis untuk membuat tulisan semakin berkualitas.

8. Editor foto

Selain fotografer, pekerjaan sebagai editor foto juga cukup dicari pada saat ini. Sebagai editor foto kamu dituntut untuk menguasai berbagai tools foto seperti Photoshop, Adobe Lightroom, dan beberapa tools lainnya. 

Jika sudah memiliki portofolio yang baik, kamu akan lebih mudah mendapatkan tawaran pekerjaan dari perusahaan periklanan dan majalah.

9. Java programmer

Salah satu jenis pekerjaan yang bisa dilakukan sebagai freelancer adalah menjadi java programmer. Java merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk coding

Pekerjaan ini memang merupakan pekerjaan yang menjanjikan mengingat banyaknya website baru yang hadir setiap waktu dan membutuhkan jasa programmer.

10. Perencana keuangan 

Selain beberapa jenis pekerjaan di atas, profesi sebagai perencana keuangan juga bisa dilakukan secara freelance. Jenis pekerjaan ini adalah jenis pekerjaan yang cocok bagi kamu yang memiliki pengalaman di bidang finance

Kamu harus bisa menguasai pembukuan, arus kas, dan perhitungan pajak. Nah, itulah beberapa jenis pekerjaan lepas yang banyak dicari saat ini. Untuk memudahkan kamu dalam memulainya, sebaiknya kamu simak tips berikut ini:

Tips memulai bekerja sebagai freelance Indonesia

Untuk memudahkan pekerjaan kamu sebagai freelancer, ada baiknya memerhatikan tips bekerja sebagai freelance Indonesia sebagai berikut:

Memilih pekerjaan sesuai dengan keterampilan

Sebelum kamu memulai pekerjaan freelance ada baiknya mengetahui keterampilan yang dikuasai terlebih dahulu. 

Pasalnya, layaknya bekerja sebagai pegawai tetap, kamu harus tetap profesional dalam menjalani pekerjaan. Karena itu, pilihlah jenis pekerjaan yang bisa kamu kuasai agar pekerjaan tersebut dapat berjalan lancar.

Minta testimonial klien

Setelah mendapatkan pekerjaan lepas atau freelance, jangan lupa untuk meminta testimoni kepada klien kamu. 

Pasalnya, rekomendasi dari klien merupakan cara yang bagus untuk menarik calon-calon klien lainnya. Hal ini tentu bisa menjadi hal positif bagi karier kamu.

Promosikan diri di berbagai situs dan media sosial

Jangan hanya menunggu klien atau perusahaan yang akan datang untuk mencari kamu. Kamu bisa mempromosikan karya kamu di berbagai situs lowongan freelance serta beberapa media sosial yang ada. 

Dengan cara di atas, diharapkan peluang mendapatkan pekerjaan sebagai freelance akan semakin terbuka,

Perluas jejaring profesional

Tidak jauh berbeda dengan mempromosikan diri di media sosial, kamu juga harus memperluas jaringan profesional kamu. 

Jangan malu untuk ikut komunitas freelance dan berpartisipasi dalam beberapa workshop atau conference. Dengan begitu, jaringan kerja kamu akan semakin luas.

Situs lowongan kerja sebagai pekerja lepas

Setelah mengetahui jenis pekerjaan dan tips memulai bekerja sebagai freelance, selanjutnya ada beberapa situs freelance untuk melamar pekerjaan yang bisa kamu coba. Beberapa situs freelance yang bisa kamu coba yakni antara lain sebagai berikut: 

1. Fastwork

Fastwork merupakan situs untuk mencari freelance dari berbagai industri kreatif. Walau masih dalam versi beta, kamu sudah bisa  membuat akun dan mencari pekerjaan freelance yang sesuai dengan kemampuan yang kamu punya.

Pemberi maupun pencari kerja di Fastwork tidak dikenakan biaya tambahan dalam menikmati fasilitas Fastwork. Meski begitu, pekerja freelancer akan mendapat fee yang telah dikurangi 17 persen sebagai biaya layanan.

Jika fee yang didapatkan dikenakan pajak oleh pemberi pekerjaan, maka jasa layanan akan dihitung dari 97 persen yang diterima oleh freelancer.

Fastwork bekerja sama dengan berbagai perusahaan kecil menengah dan bisnis startup yang akan menjadi calon pelangganmu.

2. Linkedin Jobs

Kamu mungkin udah gak asing dengan Linkedin. Jejaring sosial satu ini khusus diperuntukkan untuk pengguna profesional. Tujuannya untuk memperkenalkan diri ke calon kolega atau perusahaan dan sebaliknya.

Di situs ini, kamu gak hanya bisa memajang profil diri secara profesional tapi juga mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuanmu.

Linkedin punya fitur Linkedin Jobs yang menawarkan lebih dari 360 ribu lowongan pekerjaan lepas, yang bisa kamu coba. Jika kamu sudah punya akun Linkedin, kamu bisa melamar langsung menggunakan profile Linkedin-mu atau melamar melalui situs resmi perusahaan yang dituju.

3. Freelancer

Freelancer mencoba memfasilitasi para pemilik bisnis yang membutuhkan pekerja untuk membantu menyelesaikan proyek yang dimilikinya. Sebagai pekerja lepas, kamu bisa mengambil beberapa penawaran sekaligus.

Nantinya, pemilik proyek akan menelusuri profil para pekerja yang mendaftar dan memilih yang sesuai dengan kriteria yang mereka miliki.

Freelancer menyediakan berbagai informasi pekerjaan yang bisa dikerjakan secara online. Jadi, meskipun sedang berada di rumah seseorang bisa tetap mendapatkan income yang cukup.

Jika ingin mulai hunting pekerjaan di situs ini, pastikan kamu telah melengkapi halaman profil dengan benar plus portofolio yang menarik.

Validasi data dari pelamar maupun instansi pembuka lowongan kerja juga sangat penting bagi keamanan semua pihak. Karena itu, Freelancer.com yang menjadi penyedia informasi lowongan pekerjaan dengan sistem freelance juga sangat menggarisbawahi hal tersebut.

Setiap member yang mendaftar akun sebagai pemilik instansi maupun calon pelamar kerja harus memenuhi data secara lengkap dan valid sesuai kenyataan.

Freelancer juga memiliki halaman Pameran yang diperuntukkan khusus buat kamu yang ingin “pamer” karya sebagai daya tarik bagi pemberi pekerjaan.

4. Sribulancer

Serupa tapi tak sama dengan Freelancer, Sribulancer juga mempertemukan klien atau pemilik bisnis dengan pekerja lepas.

Situs web ini telah diluncurkan pada September 2014 lalu, merupakan situs job marketplace untuk freelancer asal Indonesia.  Di dalamnya menawarkan variasi lowongan pekerjaan yang luas. Mulai dari desain web, desain grafis, pemrograman, penulis artikel, penerjemah dan masih banyak lagi.

Melalui situsnya, Sribulancer mengklaim sudah memiliki lebih dari 18800 freelancer terdaftar, dengan lebih dari 770 proyek yang dipasang oleh berbagai perusahaan dan individu.

Sribulancer menerapkan pembayaran melalui transfer bank, di mana klien melakukan pembayaran ke rekening Sribulancer yang bertindak sebagai akun rekening bersama.

Ini tentu saja lebih cocok dengan pasar di Indonesia yang sebagian besar penduduknya belum memiliki kartu kredit.

Beberapa jenis pekerjaan yang bisa ditemukan di Sribulancer terdapat dalam 8 kategori, antara lain:

– Website dan Pengembangan

– Pengembangan Aplikasi Mobile

– Penulisan

– Desain dan Multimedia

– Bisnis dan Pemasaran Online

– Entri Data

– Penerjemahan

– Konsultasi Hukum

Jika kamu mendapatkan penawaran pekerjaan dan berhasil menyelesaikannya. Kamu dapat mencairkan fee yang kamu miliki menggunakan sistem EveryDay Payout yang bisa diajukan kapan pun atau sesuai tanggal cut off yang telah ditentukan.

Pembayaran ini akan dikirimkan melalui rekening aktif yang telah kamu daftarkan sebelumnya.

Sribulancer mengenakan biaya komisi 10 persen dari total penawaran yang diterima freelancer. Sebagai informasi, biaya transaksi pengiriman komisi dari Sribulancer akan ditanggung oleh freelancer terkait.

5. StudentJob

Student Job adalah portal pencarian pekerjaan para pelajar SMA/SMK hingga fresh graduate yang ingin mencari pekerjaan part time, magang, freelance, volunteer ataupun full time di Indonesia.

Sebagai jaringan komunitas pelajar, Student Job juga rutin mengadakan kegiatan bulanan seperti Student Coach.

Penggunaan situs ini cukup sederhana. Para pelajar yang ingin menjadi pekerja lepas hanya perlu melengkapi data diri dan melamar pada pekerjaan yang diminati.

Selain itu, di Student Job juga setiap pelajar bisa dapat tips, info event dan kuis seputar pekerjaan.

6. Ruangguru

Kamu seorang guru dan ingin mendapat penghasilan tambahan? Ruangguru adalah tempat yang tepat.

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan.

Ruangguru bekerja sama dengan lebih dari 80 persen pemerintahan provinsi di Indonesia untuk memberikan pendidikan berkualitas melalui Sistem Manajemen Belajar (LMS).

Sebagai guru lepas, nantinya kamu dapat mengelola kelas secara digital dan memberikan tugas maupun pengarahan secara online. Kamu juga bisa menggunakan bahan atau materi ajar yang telah disiapkan oleh Ruangguru maupun guru lainnya.

7. iWriter

Mau menulis artikel dibayar dolar? Silakan kunjungi iWriter. Situs lowongan kerja ini mempertemukan para penulis dengan orang yang membutuhkan konten artikel.

Merupakan situs tempat kerja online yang dirancang khusus untuk para penulis lepas. Bayarannya juga dalam kurs Dollar Amerika, besarannya tidak sama sesuai kualitas dan kuantitas. Bedanya, di situs ini pencari kerja harus mendapatkan persetujuan dahulu oleh pemberi kerja sebelum memulai proyek.

iWriter juga mengharuskan freelancer untuk dapat di-approve terlebih dahulu sebelum bekerja. Keistimewaan yang dimiliki situs ini adalah iWriter menyediakan platform yang dapat memudahkan freelancer untuk mempromosikan kemampuan menulisnya sesuai dengan kriteria yang dimiliki.

8. GetCraft

Situs freelance yang populer pada saat ini adalah GetCraft. Sebenarnya, GetCraft tidak mengklaim bahwa situs mereka merupakan situs yang fokus pada pekerja lepas karena banyak jenis pekerjaan yang ditawarkan butuh untuk kerja sama atau kolaborasi secara langsung. 

Namun, tetap banyak pekerjaan yang bersifat lepas yang ditawarkan oleh website ini. Beberapa pekerjaan atau jasa yang ditawarkan adalah digital marketing, researcher, tech specialist, fotografer, desainer, penulis, editor, video editor dan kerja sama dengan para media.

9. Upwork

Website pekerja lepas Indonesia yang tidak kalah populer adalah Upwork. Situs asal Amerika ini merupakan situs pekerja lepas dengan teknologi cloud yang memiliki jumlah klien dan freelancer terbesar di dunia. 

Website ini menawarkan beberapa jasa atau pekerjaan mulai dari customer service, pembuatan website, pembuatan aplikasi, akuntansi, pemasaran, jasa desain grafis, hingga penulisan.

Kamu tidak perlu khawatir soal penipuan, karena Upwork memiliki teknologi keamanan yang dapat mendeteksi apakah klien melakukan penipuan atau tidak. Lebih lanjut, kamu akan dikenakan komisi oleh Upwork untuk setiap pekerjaan yang ditawarkan oleh situs ini. Untuk permulaan kamu bisa mencoba mendaftar di free member.

10. 99 Designs

Selain ada website lowongan pekerjaan yang khusus untuk penerjemah, ada juga website pekerja lepas yang memang khusus untuk para desainer yakni 99designs. Situs asal Amerika ini sangat cocok untuk kamu yang memang bergelut di bidang desain. 

Ada banyak tawaran pekerjaan yang ditawarkan mulai dari desain logo hingga desain website, lho.

Terlebih, website ini memiliki beberapa keunggulan mulai dari jenis pekerjaan yang lebih terfokus pada desain, memiliki standar harga untuk desain, memiliki sistem kontes desain dan gratis untuk mendaftar menjadi anggota.

11. Projects.co.id

Situs ini termasuk situs yang paling populer di Indonesia. Kamu bisa menemukan banyak sekali pekerjaan lepas dari berbagai jenis bidang seperti programming, desain, media sosial, sampai tulis menulis sekalipun.

Tau gak sih kalo di Projects.co.id, kamu juga bisa bertransaksi menjual produk. Biasanya produk yang dijual berupa buku elektronik dan template website atau produk digital lainnya.

Dari manfaat yang ditawarkan, lalu bagaimana kamu dapat cuan di situs ini? Nah, tenang aja, karena Projects.co.id punya Affiliate Referral yang memberikan komisi ke kamu kalau ada orang mendaftar dan melakukan transaksi melalui link yang kamu berikan.

Sebagai situs freelance yang digadang-gadang terbesar seantero Indonesia, peluang pekerjaan impianmu bisa ditemukan di sini. Yuk, coba.

12. Sribu

Sribu masih satu manajemen sama Sribulancer yang udah kita bahas di atas. Terus apa bedanya? Sribu hanya fokus ke penawaran jasa freelance desain grafis. Jadi, cocok banget buat kamu desainer pemula atau yang sudah ahli pamerin karya desainnya.

Pekerjaan desain yang biasanya ditemukan sangat beragam dari sekadar desain logo sampai interior. Di situs ini ada sistem kontes untuk memasukkan karya desainer ke pemilik proyek. Dari kontes tadi, kamu bisa banget nambahin portofolio.

Kalau bisa menarik hati si klien, kamu bakal dapet cuan dan tentunya hadiah dari Sribu.

13. Toptal

Toptal adalah tempatnya orang-orang profesional dari seluruh dunia, makanya kalau kamu mau daftar di sini harus punya portofolio yang ciamik dan berkualitas. Pastinya dong seleksi yang Toptal terapin ketat banget.

Soal bayaran, gak usah ditanya. Kalau yang ditawarkan adalah produk dengan kualitas unggul, udah pasti bayarannya gak main-main.

Di Toptal tersedia proyek jangka panjang dan pendek, jadi kamu tinggal pilih sesuai kemampuan dan kebutuhan. Dari fakta tadi, Toptal ini sepertinya layak dimasukkan ke dalam jajaran situs freelance elit.

14. Fiverr

Termasuk website internasional, Fiverr punya sistem kerja yang beda banget dari kebanyakan situs. Di Fiverr, freelancerlah yang bakal buat pengumuman atau mencari klien. Wah, menarik banget, ya!

Sudah pasti kamu gak bakal direpotin buat promosi dan daftar sana-sini. Tinggal buat pengumuman di Fiverr dan tunggu klien menghubungi kamu.

Soal keamanan di situs ini gak usah diragukan, karena Fiverr nomor satu dalam menghargai privasi pengguna. Kalau terjadi kebocoran data, fitur keamanan canggih yang dimiliki bakal berjalan, jadi kalau pertukaran berkas karya dijamin aman.

15. Guru

Situs selanjutnya adalah Guru. Didirikan tahun 2001 dan termasuk situs freelance terbaik dunia. Kalau kamu mau dapet kerjaan di situs ini, diwajibkan membuat profil agar bisa dicocokan dengan pekerjaan yang dicari.

Uniknya, pasti ada saja pekerjaan yang muncul tiap harinya. Jadi, kamu wajib banget nih buka situs ini biar makin up-to-date dan gak ketinggalan informasinya. Kamu juga bisa cari pekerjaan yang udah disesuain sama lokasi, kategori dan jenis pembayarannya, apakah perjam atau per proyek.

16. PeoplePerHour

Kabar baik buat kamu, karena PeoplePerHour bisa diakses gratis. Tapi jangan salah, walaupun gratis, persaingan di situs ini cukup ketat, lho. Sistem rating sangat menentukan apalagi untuk sarana promosi profil kamu.

Kalau mau dapat untung yang besar, jangan lupa beri harga yang wajar, sesuai dengan kualitas, dan tentunya bisa bersaing dengan yang lain.

17. SimplyHired

Banyak bidang pekerjaan di SimplyHired mulai dari teknologi, administrasi bahkan konstruksi. Tawaran pekerjaan berasal dari 24 negara lho. Ada juga fitur mencari pekerjaan di lokasi terdekat, jadi peluang dapat kerjaan bisa terbuka lebar.

Tersedianya pekerjaan offline dan online menjadikan SimplyHired sebagai situs freelance Indonesia yang gak kalah dari situs lainnya. Tertarik coba?

18. Writer Access

Bagi para penulis lepas, inilah tempat terbaik buat dapat pekerjaan yang sesuai sama bidang kepenulisan. Menulis artikel, studi kasus, laporan ilmiah dan banyak jenis tulisan lainnya tersedia di situs ini.

Writer Access punya alat untuk optimasi kata kunci, content planner dan analytics buat mastiin pekerjaanmu lebih berkualitas dan efisien.

19. Aquent

Aquent termasuk situs firma freelancer yang udah punya banyak penghargaan. Terkenal karena kualitasnya, situs ini menyediakan pekerjaan dalam berbagai bidang kreatif, digital, dan pemasaran.

Aquent mengutamakan mereka yang udah punya pengalaman kerja lebih dari 2 tahun. Walaupun begitu, bagi mereka yang baru, masih bisa kok punya kesempatan pekerjaan di sini.

Soal pembayaran, Aquent punya pedoman gaji untuk mengatur biaya jasa yang kamu berikan ke klien.

20. Crowded

Situs yang ke20 ini mengunggulkan proses lamaran memakai kecerdasan buatan untuk menemukan penyedia jasa yang sesuai dengan perusahaan. Situs Crowded mengurutkan freelancer berdasarkan biaya, pengalaman dan kemampuan.

Freelancer didukung dengan sistem lamar kerja otomatis lho berkat algoritma yang ada. Selanjutnya, pelamar tinggal menunggu panggilan.

21. The Creative Group

Situs ini sangat mempermudah pencari pekerjaan lepas untuk menemukan pekerjaan yang cocok. TGC akan meminta pelamar untuk mengunggah resume atau profil LinkedIn.

22. Nexxt

Nexxt punya kategori pencarian kerja yang berdasarkan fokus pekerjaan, local focus, diversity, dan global focus. Salah satu fokus, diversity focus, sangat bermanfaat untuk mengakomodasi lingkungan kerja inklusif bagi siapa saja.

Sekarang sudah tahu kan situs lowongan kerja freelance yang perlu kamu kunjungi? Itulah 22 situs kerja freelance rekomendasi Lifepal yang layak untuk dicoba jika ingin menambah penghasilan.

Yuk, segera daftar dan update profile-mu semenarik mungkin biar banjir tawaran pekerjaan. Selain itu, hitung-hitung bisa jadi tambahan CV dan portofolio kamu! 

Selamat mencoba dan semoga sukses mendapat pendapatan tambahan dari pekerjaan freelance Indonesia pilihanmu! (Editor: Chaerunnisa)