Cari Rumah sewa untuk Wedding di Jakarta yang Pas di Budget

rumah sewa untuk wedding di jakarta

Begitu tanggal pernikahan ditetapkan, hal berikutnya yang cukup alot dipikirkan yaitu menentukan lokasi di mana pelaksanaan akad nikah beserta resepsi. Maklumlah, pemilihan gedung atau rumah sebagai tempat resepsi adalah keputusan yang tak hanya tergantung pada calon mempelai tapi juga semua keluarga.

 

Sudah gitu urusan pemilihan lokasi juga menyangkut dengan tema pernikahan dan tentu saja budget. Yang jelas, budget lebih berbicara banyak. Maksudnya, percuma diskusikan ngalor-ngidul soal penentuan lokasi tanpa hitung-hitungan sama budget.

 

Sudah jadi rahasia umum yang namanya gelar pernikahan di luar rumah seringkali menguras biaya yang besar. Eh tapi ada lho alternatif lain supaya masalah tempat ini tidak terlalu mengeluarkan biaya besar. Alternatif itu adalah manfaatkan rumah sewa.

 

Yup, rumah sewa! Rumah-rumah sewa yang sebenarnya milik pribadi ini menawarkan sesuatu yang berbeda dan unik untuk pesta pernikahan. Selain berkesan dan tak terlupakan, alternatif ini bisa sedikit selamatkan isi kantong.

 

Kenapa bisa selamatkan isi kantong? Apakah memang lebih murah?

 

Lagi-lagi jawabnya relatif. Misalnya saja tanya pada 10 orang apakah nilai uang Rp 20 juta itu besar atau kecil? Dijamin, jawabannya pasti enggak seragam.

 

Beda banget kan pernikahan dengan modal gede sama pas-pasan.
Beda banget kan pernikahan dengan modal gede sama pas-pasan.

 

Yang jelas, kesimpulan pakai rumah sewa sebagai lokasi akad nikah maupun resepsi berhubungan dengan jumlah tamu undangan. Jamaknya, mengadakan pesta di balai pertemuan atau ballroom hotel memang bisa menampung banyak tamu.

 

Beda dengan rumah sewa yang kapasitasnya terbatas. Maksimal hanya sanggup menampung sekian ratus orang saja. Lantaran jumlah tamunya terbatas, pasti ikutan menekan budget untuk catering bukan?

 

Sebenarnya sih, menjatuhkan pilihan pada tempat resepsi di rumah-rumah pribadi yang bisa disewa untuk umum ini bukan semata-mata lebih hemat saja. sepertinya lebih dipengaruhi pada tren pesta resepsi kecil-kecilan yang mengundang sekitar 200-300-an orang saja.

 

Pilihan lokasi wajib sesuai dengan budget

Ada 1001 Jalan ke Roma. Pepatah itu berlaku juga dalam urusan mencari lokasi rumah sewa. Sebelum berangkat survei, pastikan dulu berapa duit yang tersedia. Maka itu, pilihan lokasi wajib disesuaikan dengan budget.

 

Masing-masing tempat biayanya bervariasi. Mulai dari yang belasan juta sampai puluhan juta rupiah. Lagi pula tiap-tiap rumah sewa itu punya aturan main yang berbeda-beda. Ada yang hitungannya tiap jam, ada pula yang yang harga sewanya untuk sekali pesta. Ada yang menetapkan harga sewa berdasarkan jumlah tamu, ada yang tidak.

 

Contoh lokasi tempat wedding Rumah Saya di Pejaten
Contoh lokasi tempat wedding Rumah Saya di Pejaten

 

 

Misalnya Rumah Saya di Jl Batu I No 3C, Kalibata, Pejaten Timur, Jakarta Selatan.  Area yang disewakan dibagi empat bagian, yakni rumah utama, rumah joglo, halaman samping, dan halaman depan plus teras. Masing-masing bagian bisa disewa terpisah dan bisa pula jadi satu. Kisaran sewanya sampai puluhan juta rupiah dengan kapasitas 500 tamu.

 

Beda dengan Al’s Joglo di Jl Lebak Bulus I No 52, Jakarta Selatan. Tarif sewanya minimal 5 jam dan tergantung dari banyak tamu. Selain itu wajib pakai in-catering house Al’s Catering yang menawarkan menu Indonesia, Jepang, Korea, maupun Negara barat.

 

Sementara di Omah Sendok sewa tempatnya gratis karena basis perhitungannya berdasarkan harga porsi makanan dikali jumlah tamunya. Sedangkan kalau menjatuhkan pilihan di Rumah Kertanegara di Jl Kertanegara yang berkapasitas 200 tamu sewanya berdasarkan sekian jam.

 

Cuma ada satu catatan, kalau mau lebih irit lagi sebaiknya menggelar pesta pernikahan di siang hari. Pasalnya, di beberapa lokasi rumah sewa menetapkan ada biaya listrik tambahan jika pesta digelar malam hari.

 

Kalau mau lebih hemat lagi tanpa perlu memikirkan sewa tempat bisa menjajal menikah di restoran. Misalnya saja di Restoran Mang Kabayan di Kota Harapan Indah, Bekasi. Kapasitas restoran yang bisa menampung 300-an tamu itu bisa digunakan sebagai lokasi resepsi pernikahan gratis.

 

Restoran itu hanya mengenakan minimum jumlah pemesanan makanan untuk prasmanan. Kalkulasinya sih tiap satu tamu kena Rp 50 ribuan. Hanya ingat ada batasan waktu acaranya. Kalau lewat dari batasan itu kena charge lagi.

 

Gelar pesta pernikahan di restoran bisa ngirit lho
Gelar pesta pernikahan di restoran bisa ngirit lho. Apalagi kalo gelarnya di McD gini!

 


Nah, bagi yang mau menyelenggarakan resepsi pernikahan di luar rumah namun ingin bisa menekan bugdet sewa gedung, coba deh caro rumah sewa untuk wedding di Jakarta. Tentunya tetap mempertimbangkan lokasi yang mudah dijangkau tamu-tamu undangan. Diusahakan cari tempat yang cucok sama budget tapi enggak menyusahkan tamu!

 

 

 

Image credit:

  • http://idepernikahan.com/wp-content/uploads/2013/12/Pesta-pernikahan-mewah.jpg
  • http://2.bp.blogspot.com/-jp4OCGagdKE/U5lOT2tvQdI/AAAAAAAAAX8/ltRC6Zw75bE/s1600/RS_header.jpg
  • https://www.ipotnews.com/images/contentnews/39641.jpg

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis