Cara Buka dan Syarat Nabung di BTN Batara [Plus Tabungan Lain]

BTN Batara

BTN Batara merupakan salah satu jenis tabungan dari Bank Tabungan Negara (BTN) yang bisa dipilih karena menawarkan kemudahan dalam aktivitas keuangan.

Seperti diketahui, BTN merupakan salah satu bank milik pemerintah yang reputasinya sudah gak perlu diragukan lagi. Gak heran, bank ini banyak dilirik masyarakat yang pengin menabung atau meminjam uang.

Selain tabungan BTN Batara, buat kamu yang ingin memiliki rekening tabungan di Bank BTN, berikut ini produk tabungan yang bisa kamu pilih:

Tabungan BTN Batara

Salah satu jenis tabungan Bank BTN yang banyak dilirik orang adalah tabungan BTN Batara. Pasalnya, jenis tabungan yang satu ini memang menawarkan kemudahan kepada masyarakat untuk menunjang transaksi dalam aktivitas keuangan.

Tabungan BTN Batara memberikan solusi tabungan transaksional dengan kemudahan transaksi pembelian dan pembayaran melalui channel Bank BTN untuk menunjang aktivitas keuangan keluarga. 

Kamu bisa menyetor dan melakukannya di outlet Bank BTN dan Kantor Pos maupun melalui Cash Deposit Machine.

Mengenai suku bunga, produk tabungan BTN Batara memberi angka 0,00% dengan strata saldo 0 s/d Rp1 juta. Di rentang saldo Rp1 juta s/d Rp50 juta, suku bunga di angka 0,25%. Lalu di rentang saldo Rp50 juta s/d Rp500 juta, suku bunga di angka 0,50%. 

Kemudian, di rentang saldo Rp500 juta s/d Rp1 miliar, suku bunga di angka 1,00%. Selanjutnya di rentang saldo Rp1 miliar sampai Rp2 miliar, suku bunga di angka 1,50%. Terakhir untuk saldo > Rp2 miliar, suku bunga berada di angka 2,00%.

Kamu sudah bisa membuka tabungan BTN Batara dengan setoran awal Rp200 ribu. Syarat saldo minimum yang harus ada sebesar Rp50 ribu dan kamu bisa menyetor di setoran selanjutnya mulai dari Rp10 ribu.

Lalu, ada biaya-biaya yang harus kamu perhatikan nih. Misalnya, kamu akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 12.500 per bulan. Selanjutnya akan dikenakan denda saldo di bawah nominal minimal sebesar Rp 5.000 per bulan, ada biaya penutupan rekening sebesar Rp 50.000, biaya penggantian buku tabungan hilang/rusak sebesar Rp 15.000, biaya rekening pasif sebesar Rp5.000, biaya cetak rekening koran sebesar Rp5.000 dan biaya penggantian kartu ATM sebesar Rp15.000.

Bila kamu ingin menarik dana di loket dengan nominal < Rp5 juta akan dikenakan biaya Rp5.000 serta bila kamu ingin menarik dana dengan nominal Rp5 juta s/d Rp10 juta, akan dikenakan biaya Rp10.000.

Berikut ini persyaratan serta keuntungan Tabungan BTN Batara:

  1. Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening tabungan
  2. Menyiapkan identitas diri seperti KTP/SIM/PASPOR
  3. Setoran awal Rp200 ribu
  4. Biaya administrasi sebesar Rp12 ribu setiap bulan
  5. Suku bunga 2,75 persen per tahun.

TabunganKu BTN

Rekening TabunganKu memang salah satu jenis produk tabungan besutan pemerintah yang dapat membantu masyarakat yang pengin menabung.

Nah, salah satu bank yang menawarkan fasilitas TabunganKu adalah Bank BTN. Saat membuka tabungan ini, kamu akan mendapatkan buku tabungan dan ATM.

Gak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan fasilitas m-banking serta Internet banking. Kamu pun hanya perlu melakukan pendaftaran melalui mesin ATM.

Berikut persyaratan serta keuntungan TabunganKu Bank BTN:

  1. Setoran awal minimum sebesar Rp20 ribu
  2. Setoran selanjutnya sebesar Rp10 ribu
  3. Mengisi formulir pendaftaraan
  4. Membawa fotokopi KTP dan NPWP
  5. Bebas biaya administrasi
  6. Tidak ada penggantian jika buku tabungan hilang atau rusak
  7. Mendapatkan suku bunga sebesar 0,25 persen jika saldo sebesar Rp500 ribu-Rp1 juta dan 1 persen jika saldo di atas Rp1 juta.

Untuk penarikan, kamu hanya bisa melakukannya di kantor cabang tempat membuka rekening dengan minimum sebesar Rp100 ribu.

Tabungan BTN e Batarapos

Jenis tabungan lainnya yang ditawarkan oleh Bank BTN adalah tabungan e-batarapos. Tabungan yang satu ini memang memberikan keuntungan yang besar kepada masyarakat melalui bunga.

Selain itu, bunganya juga dihitung berdasarkan saldo harian. Jadi, semakin besar uangmu yang ditabung, maka akan semakin besar juga bunga yang kamu dapatkan.

Berikut persyaratan serta keuntungan Tabungan BTN e-Batarpos:

  1. Bebas biaya administrasi jika memenuhi syarat dan ketentuan yang  berlaku
  2. Memiliki asuransi jiwa tapi kamu tidak perlu membayar premi
  3. Mendapatkan uang pertanggungan dari asuransi sebesar Rp10 juta
  4. Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening tabungan
  5. Setoran awal minimum Rp50 ribu
  6. Setoran selanjutnya minimum Rp10 ribu
  7. Melampirkan identitas diri seperti KTP/SIM/PASPOR.

Tabungan BTN Prima

Tabungan BTN Prima juga salah satu produk tabungan Bank BTN yang jadi primadona. Pasalnya jenis tabungan ini memang khusus untuk menabung dan investasi kecil-kecilan.

Jadi, jenis tabungan yang satu ini memang cocok banget buat kamu yang pengin mengumpulkan pundi-pundi kekayaan.

Berikut persyaratan serta keuntungan Tabungan BTN Prima:

  1. Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening tabungan
  2. Melampirkan identitas diri KTP/SIM/PASPOR
  3. Setoran awal minimum Rp2 juta
  4. Saldo minimum Rp2 juta
  5. Setoran selanjutnya minimal Rp50 ribu.

Yang menariknya, dari tabungan BTN Prima adalah jika tidak ada penarikan selama dua bulan, maka akan ada tambahan bunga sebesar 1,5 persen.

Nah, itulah beberapa jenis tabungan Bank BTN yang bisa kamu pilih. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa langsung mendatangi kantor cabang atau mengunjungi situs resminya ya. Semoga bermanfaat! (Editor: Chaerunnisa)