Cari Website Gratis buat Bisnis Online? Ini 5 Pilihannya

Perkembangan teknologi emang memberikan keuntungan buat semua orang. Termasuk kamu yang dagang lewat website gratis.

Namanya juga gratisan, ya pasti disukailah. Apalagi buat mereka yang emang punya jiwa pengusaha. Website gratis kan membantu menekan pengeluaran. Daripada buat beli domain, apalagi sampai sewa toko offline. Bisa sampai ratusan ribu tuh.

Jadi, situs apa sih yang menyediakannya secara cuma cuma? Mau tahu? Yuk disimak.

1. WordPress

website-gratis
WordPress (wordpress)

WordPress adalah platform blog yang awalnya lebih banyak dipakai buat nulis curhatan ketimbang dijadikan lapak. Fitur utama WordPress yaitu:

  • Gak perlu desain sendiri karena udah ada tema yang bisa dipilih
  • Cara pakainya relatif ramah buat pengguna baru
  • Tersedia dalam bahasa Indonesia
  • Ada komunitas pemakai WordPress di Indonesia, jadi bisa tanya-tanya

buat menggunakan WordPress, kita harus mengunjungi wordpress.com dulu. Di sana tersedia panduan bikin situs gratisan dalam bahasa Indonesia.

WordPress juga menawarkan fitur berbayar dalam layanannya. Tentunya dengan fitur itu tampilan situs toko online bisa lebih menarik. Fiturnya juga lebih komplet.

2. Blogspot

website-gratis
Blogspot (blogging)

Blogspot (Blogger) serupa dengan WordPress. Bisa dikatakan mereka berdua emang saingan penyedia situs gratisan. Dua-duanya juga awalnya sama-sama dipakai buat nulis, bukan buat dagang.

Fitur utama Blogspot sama kayak WordPress. Tapi soal keramahan buat pengguna baru, Blogspot lebih unggul sih.

Cuma aja, layanan yang ditawarkan lebih terbatas kalau dipakai buat toko online. Di Blogspot, tema gak bisa diutak-atik sendiri karena udah tersedia langsung. Beda sama WordPress.

Buat bikin toko online lewat Blogspot, pertama-tama kunjungi dulu blogger.com. Di laman utama tersedia panduan dalam bahasa Indonesia yang bakal membantu kamu.

3. Joomla

website-gratis
Joomla (rsjoomla)

Joomla lumayan populer sebagai basis situs gratisan. Bahkan Joomla diklaim sebagai situs gratisan yang paling banyak digunakan di dunia.

Fitur utama Joomla adalah:

  • Sederhana dan gampang digunakan
  • Fitur buat tampilan relatif komplet
  • Ada komunitas berbahasa Indonesia yang aktif
  • Punya modul Virtuemart yang memudahkan dalam pembuatan toko online

Buat bikin toko online, pertama-tama yang harus dilakukan adalah kunjungi joomla.org, kamu perlu unduh dulu programnya. Setelah itu, tinggal ikuti panduan yang udah tersedia. Sayang, panduan baru tersedia dalam bahasa Inggris.

Selain fitur gratisan, kita juga bisa menggunakan layanan berbayar. Tentunya dengan kompensasi fitur yang lebih komplet, termasuk buat toko online.

4. MagentoCommerce

website-gratis
MagentoCommerce (customerparadigm)

Belum pernah dengar MagentoCommerce? Gak apa-apa, kamu gak sendirian. Tapi Magento cukup terkenal di luar negeri sana. Buktinya, platform ini dapet penghargaan “Best New Open Source Project” setelah dirilis pada 2008.

Fitur utama Magento antara lain:

  • Kaya fitur
  • Punya banyak plugin tema yang tersedia gratis
  • Komunitas aktif skala global
  • Ada alat yang efektif dan efisian memindahkan segala pengaturan ketika pindah platform, jadi gak berantakan di platform baru

Buat memakai Magento, kita seenggaknya harus punya sedikit pengetahuan tentang teknologi informatika. Soalnya emang agak rumit pemakaiannya.

Buat menggunakannya, akses magentocommerce.com dan unduh platform-nya. Emang belum ada versi bahasa Indonesianya sih, tapi ada demo pemakaian Magento yang bisa kita akses setelah memberikan data di bagian Free Demo.

5. PrestaShop

website-gratis
PrestaShop (templatemonster)

PrestaShop, ketika diluncurkan pada 2007, emang dibuat dengan menargetkan pebisnis, lebih tepatnya pengusaha kecil dan menengah. Karena itulah website ini cukup mudah digunakan.

Fitur utama PrestaShop di antaranya:

  • Mudah digunakan
  • Kaya fitur
  • Loading relatif cepat
  • Ada forum pengguna di Indonesia

Cara menggunakannya, kunjungi dulu situs prestashop.com dan download platform-nya. Di sana ada instruksi yang bisa kamu ikuti.

Meski kaya fitur, kebanyakan template tersedia secara berbayar. Jadi kita harus ngulik lebih lama buat cari versi yang gratis tapi bagus.

Itulah lima tempat bikin website gratis yang bisa dipakai buat bisnis online. Tentu masih ada situs-situs lain, tinggal gimana kamu carinya aja. Bisa dari Googling, atau rekomendasi teman yang udah berbisnis online dari lama.

Kalau kamu baru kenal dunia dagang online, ada baiknya sih emang coba yang gratis-gratis dulu. Soalnya kan gampang juga cara pakainya.

Nanti kalau udah terbiasa dan emang butuh fitur-fitur yang lebih lengkap, baru deh migrasi dari website gratis ke yang berbayar.

Selamat mencoba ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →