Catet! Ini 5 Tempat Terbaik Buat Investasi Emas

Investasi emas kini menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak digandrungi orang, dari anak muda hingga orang tua. Pasalnya, jenis investasi yang satu ini emang menguntungkan tapi dengan risiko yang rendah banget.

Selain itu emas batangan juga harganya cenderung stabil. Jadi, kamu gak perlu takut rugi deh.

Namun, emas merupakan investasi jangka panjang. Jadi, kamu harus menunggu dengan sabar kalau pengin uangnya beranak pinak.

Misalnya, di tahun 2010 kamu membeli emas batangan seberat 20 gram dengan harga emas Rp 300 ribu per gramnya. Jadi, kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 6 juta. Sedangkan di Mei 2018, harga emas beli di Pegadaian yaitu sebesar Rp 580 ribu per gramnya. Jadi kalau kamu memiliki 20 gram logam mulia, berarti saat dijual kamu bakal memperoleh uang sebesar Rp 11.600.000.

Berarti keuntungan yang kamu dapatkan dari investasi emas sebesar Rp 5.600.000 (Rp 11.600.000 – Rp 6.000.000). Lumayan banget kan? Padahal kamu ya diem aja gak ngapa-ngapain.

Karena itu, saat kamu mendapatkan rejeki nomplok dari bonus kantor, jangan dihabiskan buat bersenang-senang aja. Beli deh beberapa gram emas batangan.

Nah, buat yang masih bingung pengin beli emas batangan di mana. Berikut adalah lima tempat jual beli emas yang bisa dipilih. Yuk, simak!

[Baca: Ini Lho 5 Keuntungan Investasi Emas Batangan, Yuk Dicoba!]

1. Pegadaian

Pegadaian (Shutterstock).
Pegadaian (Shutterstock).

Tempat pertama yang bisa kamu pilih buat membeli emas batangan adalah Pegadaian. Di sini kamu bahkan bisa membeli emas batangan secara tunai maupun menabung.

Kalau kamu punya uang cukup sebaiknya beli emas secara tunai. Tapi kalau uangmu belum mencukupi tapi tetap pengin memulai investasi, kamu bisa membuka tabungan emas.

Uang yang harus kamu persiapkan gak banyak kok. Kamu udah bisa membuka tabungan emas hanya dengan uang Rp 7 ribu aja.

Program besutan Pegadaian ini emang ditujukan buat masyarakat menengah ke bawah yang pengin berinvestasi. Gak semua orang bisa membeli emas secara tunai.

Buat informasi lebih lanjutnya kamu bisa datang ke gerai Pegadaian terdekat atau mengunjungi situs resmi Pegadaian.

[Baca: Investasi Emas Bisa Dimulai dari Rp 7000 Lho. Begini Caranya!]

2. Unit Bisnis Antam

Cara beli emas Antam
Mengambil nomor antrian (Instagram/@antamlogammulia)

Selain di Pegadaian, kamu juga bisa membeli emas batangan di unit bisnis Antam (Aneka Tambang) yang terletak di Pulogadung, Jakarta Timur.

Di sini kamu juga bisa membeli emas dengan harga yang lebih murah karena langsung dari produsennya.

Gak cuma itu, harga emas juga udah termasuk PPh 22 0,9 persen dan jika kamu menyertakan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), maka kamu bakal mendapatkan potongan pajak lebih rendah sebesar 0,45 persen.

Tapi kalau membeli emas di unit bisnis Antam, kamu harus siap antrecukup panjang nih. Selain itu, jumlah pembeli dibatasi sampai 150 orang aja.

Bahkan pemeriksaan terhadap pembeli pun ketat banget, guna menghindari hal-hal yang gak diinginkan tentunya.

Namun yang menariknya di sini adalah kamu bisa membeli lewat delivery order. Tapi kamu bakal dikenakan biaya antar buat menikmati layanan ini.

Buat informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi Antam atau hubungi contact center-nya di 021-29980900.

3. Gedung Pusat Antam

antam anak usaha pt inalum
Logo Antam.

Apa bedanya beli emas batangan di unit bisnis Antam dengan gedung pusat Antam?

Kelebihan membeli emas di gedung pusat Antam yang terletak di Jl. Simatupang, Jakarta, ini kamu bisa lebih nyaman bertransaksi.

Pasalnya, pembeli di sini jauh lebih sedikit dan kamu juga bisa membeli emas tanpa batas. Jadi, buat kamu yang gak pengin ngantre panjang, beli di gedung pusat Antam bisa jadi pilihan yang tepat.

[Baca: Harga Emas Antam vs Emas Pegadaian, Mana yang Lebih Murah?]

4. Toko Emas

perhiasan emas
Cek respons toko emas (beritadaerah)

Kini udah banyak toko emas yang gak hanya menjual emas perhiasan tapi juga menjual emas batangan. Tapi kalau kamu pengin beli emas batangan di toko emas sebaiknya perhatikan sertifikatnya ya. Buat menghindari kerugian karena tertipu.

Jadi, jangan asal memilih atau tergiur karena harga yang ditawarkan lebih murah. Bisa-bisa kamu malah merugi.

5. Bank

Permata Bank Syariah
Permata Bank Syariah

Sejumlah bank khususnya bank syariah kini juga udah banyak yang melayani pembelian emas, salah satunya Bank Syariah Mandiri.

Di sini kamu bisa membeli emas secara kredit dengan syarat yang terbilang cukup mudah. Bahkan tak perlu ada survei dari pihak bank.

Gak cuma itu aja, pembelian emas di bank syariah juga dapat meringankan keuanganmu karena pembayaran dapat dilakukan dengan sistem cicilan per bulan.

6. Tokopedia

Tokopedia (Shutterstock).
Tokopedia (Shutterstock).

Selanjutnya pasti kamu udah gak asing lagi sama nama Tokopedia, E-Commerce asal Tanah Air ini memiliki fitur menabung emas digital yang bisa dimulai hanya dengan Rp 500 aja lho!

Caranya juga praktis, tinggal pilih berapa berat investasi emas yang kamu ingingkan, lalu pilih metode pembayaran yang kamu mau dan selesai deh. Untuk harga emasnya sendiri akan mengikuti nominal saat kamu membelinya ya.

Lalu apabila kamu pengin mengubah wujud emas digital tersebut ke bentuk fisik juga bisa, namun ada biaya administrasi dan pencetakkan yang dibebankan yang harus dibayarkan terlebih dahulu.

7. Bukalapak

Bukalapak
Bukalapak

Ketujuh ada Bukalapak, mirip dengan Tokopedia, Bukalapak juga memiliki fitur menabung emas bernama Buka Emas. Malah kalau disini kamu bisa mulai berinvestasi emas hanya dengan Rp 100an aja.

Emas yang kamu miliki nantinya akan berbentuk digital dan bisa dicetak sesuai keinginan kamu.

8. Tamasia

Tamasia
Tamasia

Tamasia merupakan platform digital yang khusus dibuat untuk kamu yang pengin berinvestasi emas secara digital. Perusahaan ini bekerja sama dengan Antam apabila sewaktu-waktu kamu pengin mencetak tabungan emas menjadi wujud fisiknya.

Kamu hanya perlu modal Rp 10 ribu aja untuk memulai investasi emas di Tamasia. Keunggulan lainnya, disini kamu juga bisa mentransfer emas ke teman atau orang yang dituju. keren, kan?

9. Lakuemas

Kesembilan ada Lakuemas, platform yang satu ini menawarkan brangkas emas digital yang bisa kamu gunakan untuk berinvestasi. Modal awal yang kamu perlukan juga cukup murah, hanya Rp 50 ribu aja saat mendaftar pertama kali.

Selanjutnya kamu bisa membeli emas sesuai dengan berat atau nominal uang yang kamu miliki.

10. IndoGold

Terakhir kamu bisa mencoba Indo Gold, cukup dengan uang Rp 500 aja kamu udah bisa memiliki emas. Selain membeli secara digital, kamu juga bisa menjual langsung tanpa perlu ribet mencari orang yang pengin membelinya. Enaknya lagi, di platform yang satu ini kamu bisa memantau harga emas harian secara mudah tanpa perlu ribet.

Itulah sepuluh tempat beli emas batangan yang bisa jadi pilihanmu. Untuk memulai investasi emas, kamu bisa menerapkan metode pengelolaan keuangan 50 persen untuk kebutuhan, 30 persen untuk hiburan dan 20 persen untuk investasi serta tabungan dari gaji per bulan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengatur keuangan tanpa perlu takut dompet kering mulu tiap bulannya.

So, udah gak perlu bingung lagi kan sekarang buat mengumpulkan pundi-pundi rupiahmu lewat investasi emas? (Editor: Winda Destiana Putri)