Cara Cek Saldo Prudential Secara Resmi dan Cepat ❤️
Cara cek saldo Prudential bisa pakai handphone dengan mudah, baik menggunakan internet, melalui SMS, atau telepon.
Asuransi Prudential menawarkan perlindungan asuransi jiwa sekaligus manfaat nilai tunai dari investasi unit link yang bisa diambil sewaktu-waktu.
Ini salah satu keuntungan yang menarik karena saldo Prudential bisa diambil jika sedang dibutuhkan.
Nilai tunai ini tersimpan dalam bentuk saldo yang nasabah Asuransi Prudential bisa cek secara berkala.
Cara untuk cek saldo asuransi Prudential ini terbilang aman dan mudah untuk dilakukan, apalagi kamu bisa melihat langsung melalui layar ponsel.
Di artikel ini, Lifepal akan mengupas apa saja langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.
Cara Cek Saldo Prudential dengan Mudah
Asuransi unit link memberikan manfaat tambahan berupa nilai investasi bagi nasabah asuransi jiwa Prudential. Ada tiga cara untuk cek saldo unit link Prudential dengan mudah dan cepat, yaitu:
1. Cek saldo Prudential lewat HP di nomor *141*85#
Cek saldo Prudential melalui SMS bisa kamu lakukan dengan cara yang satu ini.
Salah satu cara mudah cek saldo Prudential lewat HP adalah dengan mengakses nomor *141*85#. Kombinasi nomor *141*85# adalah layanan PRUsms yang disediakan Prudential buat para nasabahnya.
Agar bisa cek saldo Prudential di nomor *141*85#, kamu perlu menyiapkan terlebih dahulu Nomor Polis, sandi Telephone Identification Number (TIN), dan alamat email.
Kalau semuanya udah siap, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah cara cek saldo Prudential dengan melihat langsung di ponsel melalui nomor *141*85# berikut ini.
- Ketik *141*85# di ponsel seperti ingin menelepon seperti biasa.
- Masukkan angka 2 buat Informasi Khusus Polis lalu kirim.
- Masukkan angka 2 buat Saldo Unit lalu kirim.
- Masukkan Nomor Polis lalu kirim.
- Masukkan sandi TIN milikmu lalu kirim.
- Muncul notifikasi berapa saldo dalam polis Prudential milikmu. Informasi saldo tersebut juga dikirim Prudential melalui SMS.
Saat menggunakan layanan PRUsms, cukup banyak nasabah yang belum tahu bagaimana cara mendapatkan sandi Telephone Identification Number (TIN).
Untuk mendapatkan sandi TIN cukup mudah, kamu cuma perlu menghubungi dan meminta bantuan di Call center Prudential melalui nomor 1500085.
Cara meminta sandi TIN (Telephone Identification Number)
Berikut ini adalah langkah-langkah permintaan sandi TIN buat akses PRUsms.
- Hubungi Customer Care Prudential di nomor (021) 1500085.
- Tekan angka 1 buat Bahasa Indonesia atau tekan angka 2 buat Bahasa Inggris.
- Tekan 1 buat Layanan Otomatis Interaktif.
- Tekan 1 buat Informasi Khusus Polis kamu.
- Tekan 1 buat Informasi TIN.
- Tekan 1 buat Permintaan TIN.
- Masukkan Nomor Polis kemudian ikuti langkah yang diminta selanjutnya.
Buat diperhatikan, layanan PRUsms ini mengharuskan nasabah menyediakan saldo yang cukup. Tanpa adanya ketersediaan saldo yang cukup buat telepon, nasabah tidak akan bisa mengakses nomor *141*85#.
2. Cara cek saldo Prudential lewat PRUacces
Selain dengan mengakses nomor *141*85#, nasabah Prudential juga punya cara untuk cek saldo via online dengan mengakses PRUaccess.
Layanan PRUaccess adalah fasilitas online berbasis website ataupun aplikasi buat mendapat informasi saldo dengan menggunakan user id dan password.
Melalui aplikasi PRUaccess, nasabah dapat memantau status pengajuan klaim dan dapat melakukan transaksi lewat e-Transaction, seperti:
- Top-up premi.
- Pengalihan dan penempatan dana investasi.
- Fasilitas penghentian cuti premi.
Terus di aplikasi PRUaccess ini nasabah juga bisa cek saldo Prudential secara online.
Buat kamu yang belum punya akun PRUaccess, pendaftaran bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu daftar langsung di situs resmi atau melalui aplikasi yang diinstal di smartphone pribadi.
Di bawah ini adalah langkah-langkah daftar akun PRUaccess melalui situs resmi.
- Kunjungi pruaccess.prudential.co.id.
- Cari pilihan Daftar Sekarang.
- Begitu berada di halaman PRUaccess Registration, masukkan data-data yang diminta lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya hingga registrasi sukses.
Kalau kamu sudah selesai mendaftar dan memiliki akun, tinggal login saja ke PRUaccess. Kemudian pilih menu Info Polis buat mengetahui seberapa besar saldo dari premi yang dibayarkan tiap bulannya.
3. Cek saldo Prudential lewat HP di Prudential Customer Line pada nomor 1500085
Di Prudential Customer Line pada nomor 1500085, nasabah juga bisa melakukan cek saldo. Prudential Customer Line tersedia dalam waktu 24 jam selama 7 hari pada layanan otomatis interaktif.
Cukup menghubungi Prudential Customer Line, nasabah bisa mendapatkan berbagai informasi, seperti:
- Jumlah saldo
- Pelayanan polis
- Informasi PRUflyers
- Produk dan layanan terbaru
- Pengajuan klaim asuransi
- Layanan transaksi melalui Customer Relations Officer
- Polis kerja sama dengan bank.
Layanan Prudential Customer Line 1500085 bisa dihubungi mulai dari pukul 07.00 – 19.00 pada hari Senin – Sabtu.
Saat menggunakan layanan Prudential Customer Line ini, selalu pastikan kamu sudah menyiapkan beberapa hal ini.
- Pulsa yang cukup.
- Nomor Polis.
- Sandi Telephone Identification Number (TIN).
4. Cek saldo Prudential lewat agen
Selain cek polis Prudential online, ternyata masih juga nasabah yang lebih memilih untuk melakukannya lewat agen. Yup, agen asuransi Prudential dapat membantu kamu untuk melakukan pengecekan saldo Prudential.
Selain pengecekan saldo, agen juga dapat membantu kamu untuk mengetahui informasi lainnya seputar polis asuransi. Termasuk jika nasabah ingin melakukan penutupan Prudential.
Apakah saldo Prudential Bisa Diambil?
Bukan hanya bisa dicek saja, tapi saldo Prudential yang merupakan hasil investasi ini bisa kamu ambil sewaktu-waktu.
Namun tentunya ada ketentuan yang harus kamu pahami dan patuhi sebelum mencairkan saldo ini. Misalnya ada minimal jumlah penarikan dan juga minimal sisa saldo.
Selain itu, ada beberapa berkas yang perlu kamu isi juga saat ingin mencairkan saldo Prudential. Saldo juga bisa diambil sebagian atau seluruhnya.
Namun jika kamu melakukan penarikan saldo keseluruhan, tentu ini juga otomatis membuat polis kamu tidak aktif lagi.
Penarikan minimal dan sisa saldo
Ada minimal saldo yang harus disisakan setelah kamu melakukan pengambilan nilai tunai. Berikut ketentuannya:
- Penarikan minimal Rp1 juta dengan minimum sisa saldo Rp15 juta untuk produk investasi Prudential (syariah dan konvensional).
- Penarikan minimal Rp500 ribu dengan minimum sisa saldo Rp1 juta untuk produk asuransi Prudential konvensional.
- Penarikan minimal Rp1 juta dengan minimum saldo Rp3 juta.
Syarat ambil saldo Prudential
Sebelum mencairkan saldo, ada beberapa syarat dan dokumen yang harus kamu siapkan meliputi:
- Status polis aktif atau tidak sedang cuti premi.
- Jumlah minimal penarikan dan saldo sisa sesuai dengan aturan.
- Nama pemilik rekening sama dengan nama pemegang polis.
- Tanda tangan pada formulir penarikan dana sama dengan tanda tangan di identitas pemegang polis.
- Menyiapkan dokumen pendukung, meliputi fotokopi identitas diri (KTP,SIM, Paspor), fotokopi buku rekening pemegang polis, formulir penarikan saldo Prudential, surat pernyataan tambahan withdrawal Prudential.
Cara mencairkan saldo Prudential
Terdapat tiga pilihan cara mencairkan saldo Prudential yang bisa kamu jadikan pilihan. Berikut penjelasannya:
1. Pencairan lewat agen
Jika berbicara tentang pencairan dan klaim, memang paling mudah adalah melalui agen. Pasalnya agen sudah lebih mengerti tentang tahapan yang harus dilewati untuk berbagai proses ini.
Kamu bisa langsung menghubungi agen untuk memulai proses pencairan. Namun jika agen lama sudah tidak aktif, kamu bisa menghubungi customer service Prudential untuk meminta informasi tentang agen baru maupun proses pencairan.
2. Menghubungi customer service
Kamu juga bisa mengajukan pencairan dengan menelepon ke customer line di nomor nomor 1500085 atau dengan mengirim surel ke customer.idn@prudential.co.id.
Jika ingin mendapat tanggapan lebih cepat, kamu bisa menghubungi customer service pada hari kerja. Selanjutnya kamu akan dipandu untuk proses pencairan.
3. Datang ke kantor Prudential
Kamu juga bisa langsung datang ke kantor pusat atau cabang Prudential jika jaraknya terjangkau dari tempat tinggal kamu. Kamu bisa langsung mendapatkan informasi tentang pencairan dana di sana.
Sebelumnya jangan lupa untuk menyiapkan berbagai dokumen pendukung yang dibutuhkan agar proses pencairan dapat diproses dan kamu tidak perlu bolak-balik pergi ke kantor Prudential.
Bayar Premi Tepat Waktu agar Terhindar dari Polis Lapse, Apa Ya Maksudnya?
Setiap nasabah asuransi, termasuk nasabah Prudential, punya kewajiban buat membayar premi secara rutin tiap bulan agar manfaat proteksi dari asuransi itu sendiri bisa dirasakan.
Sebaliknya, membayar premi tak tepat waktu bisa membawa konsekuensi buruk bagi nasabah.
Konsekuensi buruk dari telat bayar atau tidak bayar premi asuransi adalah terjadinya kondisi lapse.
Dalam asuransi, lapse adalah pembatalan atau terhentinya masa efektif polis akibat berakhirnya masa kesepakatan atau keterlambatan pembayaran premi asuransi.
Dengan kata lain, terjadinya lapse bisa mengakibatkan berakhirnya perlindungan asuransi atas diri nasabah atau pihak tertanggung.
Pada asuransi unit link, terlambat bayar premi tdak mengakibatkan terjadinya lapse sebab ketiadaan premi nantinya ditutupi dana investasi atau nilai tunai yang sebelumnya sudah didapatkan.
Tapi kalau terus-menerus seperti itu, alhasil dana investasi akan berkurang dan akhirnya habis. Jika sudah habis, maka perlindungan asuransi akan terhenti sepenuhnya.
Kondisi ini dalam asuransi unit link dikenal dengan sebutan cuti premi. Namun, kondisi cuti premi mulai didapatkan kalau polis sudah berumur lebih dari dua tahun.
Agar Tidak Lapse Lagi, Lakukan Pemulihan Polis Asuransi
Selama nasabah membayar premi Prudential, kondisi lapse mustahil terjadi. Namun, kalau kondisi lapse terjadi, nasabah dapat melakukan pemulihan polis asuransi.
Pemulihan polis asuransi adalah proses mengaktifkan kembali polis asuransi yang berada dalam kondisi lapse.
Di Prudential, pemulihan polis asuransi bisa dilakukan pada kondisi lapse yang tidak lebih dari 24 bulan atau 2 tahun.
Buat melakukan pemulihan polis asuransi yang berada dalam kondisi lapse, nasabah wajib mengisi dan menandatangani Formulir Pengajuan Pemulihan Polis.
Kalau diperlukan, nasabah harus menjalani pemeriksaan kesehatan buat mengetahui kondisi kesehatan terkini.
Dari hasil pemeriksaan kesehatan tersebut, nasabah bisa saja tidak dapat perlindungan yang sama seperti sebelumnya. Bahkan, premi yang wajib dibayarkan bisa lebih besar lho dari sebelumya.
Selain itu, nasabah juga harus melewati waiting period atau masa yang mana manfaat polis belum berlaku.
Lamanya waiting period ini bervariasi mulai dari 30 hari – 90 hari, tergantung dari manfaat asuransi atau perlindungan yang dipilih.
Sebelum Mengajukan Klaim Asuransi, Nasabah Prudential Wajib Perhatikan Ini
Kalau bayar premi menjadi kewajiban, klaim asuransi menjadi hak nasabah atau pemegang polis asuransi. Banyak yang bilang klaim asuransi tidak mudah alias berbelit-belit.
Sebenarnya, selama memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, pastinya akan lancar-lancar saja proses klaim asuransi yang kamu ajukan.
Dalam klaim asuransi Prudential, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
- Baca isi perjanjian polis. Kalau bingung, nasabah dapat bertanya ke Prudential Customer Line 1500085 atau langsung ke agen asuransi.
- Pastikan risiko yang menjadi alasan melakukan klaim asuransi Prudential masuk cakupan yang tertulis dalam polis asuransi atau tidak. Seandainya termasuk, segera siapkan persyaratan berupa dokumen dan administrasi buat klaim asuransi.
Begitu pengajuan klaim dari nasabah diterima, perusahaan asuransi bakal melakukan verifikasi data dengan cepat agar nantinya pengajuan klaim diproses dengan cepat.
Sebaiknya hal-hal yang perlu diperhatikan itu seharusnya telah diketahui nasabah sebelum akhirnya setuju buat membayar premi asuransi yang dipilih.
Itu tadi informasi mengenai pilihan cara cek saldo Prudential, baik dengan melihat langsung di ponsel atau menghubungi Customer Line. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!