Cara Cek Recall Daihatsu dan Langkah yang Perlu Dilakukan

cek recall daihatsu

Pabrikan mobil Daihatsu pernah melakukan recall terhadap mobil yang sudah dibeli oleh pelanggan. Para pemilik mobil bisa melakukan cek recall Daihatsu untuk mengetahui apakah mobilnya kena recall atau tidak.

Recall mobil adalah program yang dilakukan oleh produsen mobil untuk menarik kembali mobil dari pelanggan yang sebelumnya sudah terlanjur dibeli. 

Penarikan dilakukan karena baru ditemukan adanya masalah pada produk-produk tersebut setelah mobil dipasarkan. Mobil yang ditarik akan diperbaiki oleh pihak Daihatsu dan dilakukan update supaya kondisi mobil jadi lebih baik.

Cara cek recall Daihatsu

Pihak Daihatsu akan mengumumkan apabila ada sejumlah mobil yang perlu di-recall. Pemilik mobil Daihatsu juga bisa melakukan pengecekan sendiri untuk mengetahui mobilnya termasuk ke daftar mobil recall atau tidak.

Ada berbagai alasan yang membuat Daihatsu harus me-recall produk-produk mobilnya. Mulai dairi penambahan titik area pengelasan hingga pemrograman ulang komponen ECU. 

Kalau kamu juga salah satu pemilik mobil Daihatsu, ketahui cara cek recall Daihatsu berikut ini. 

1. Kunjungi situs resmi Daihatsu

Cara cek recall Daihatsu yang pertama dan paling mudah adalah dengan mengunjungi website resmi Daihatsu di https://recall.daihatsu.co.id/

Di sini kamu bisa melakukan pengecekan untuk memastikan apakah mobil yang kamu miliki termasuk dalam daftar recall atau tidak.

Pada website tersebut sudah tersedia formulir untuk cek recall dengan cara memasukkan 17 digit nomor rangka kendaraan dan tipe mobil yang kamu miliki, kemudian tekan ‘submit.’ 

Nantinya akan keluar informasi apakah mobil yang kamu miliki termasuk ke dalam recall ini atau tidak.

2. Hubungi Daihatsu Access

Daihatsu Access adalah nomor hotline Daihatsu yang bisa dihubungi di nomor 1-500-898. Jika ingin cek recall mobil Daihatsu, bisa menghubungi hotline tersebut.

Dengan menghubungi nomor tersebut nantinya kamu akan dibantu oleh tim internal PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk melakukan pengecekan apakah mobil kamu termasuk yang kena recall atau tidak.

Atau, jika nomor kamu sudah terdaftar dalam database ADM, nantinya tim internal ADM akan menghubungi kamu untuk melakukan komunikasi dan konfirmasi terkait kendaraan yang masuk dalam program recall.

3. Datangi bengkel resmi

Cara terakhir untuk cek recall Daihatsu adalah mendatangi bengkel resminya. Teknisi di bengkel resmi Daihatsu akan membantu melakukan pengecekan. 

Jika mobil kamu dinyatakan masuk daftar program recall, maka kamu akan diarahkan untuk melakukan booking service dan dilakukan pemeriksaan serta penggantian komponen secara gratis.

Daftar mobil Daihatsu yang terkena recall

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan recall terhadap beberapa produk mobilnya. Dikutip dari Tribun Otomotif, ada 97.290 unit mobil Daihatsu produksi tahun 2017-2019 yang terkena recall.

Dari seluruh unit tersebut, unit yang terkena recall terdiri atas berbagai jenis mobil Daihatsu. Berikut ini daftar mobil Daihatsu yang pernah kena recall.

1. Daihatsu Xenia keluaran Oktober 2017-Juni 2019

Ada sebanyak 53 ribu mobil Daihatsu Great dan Grand New Xenia tahun produksi Oktober 2017-Juni 2019 yang terkena recall

Alasannya karena pompa bahan bakar (fuel pump) yang bermasalah dan berpotensi menyebabkan gangguan pada mesin. Jika tidak diganti akan menyebabkan mesin tersendat, power berkurang, dan mobil bisa mati.

2. Daihatsu Sirion keluaran Januari 2018-September 2019

Alasan yang sama juga menjadi penyebab All New Sirion yang diproduksi antara Januari 2018- September 2019 terkena recall

Sebanyak 2.892 unit Daihatsu sirion mengalami pengembangan  pompa bahan bakar secara berlebihan. Ukurannya fuel pump yang semula 19 mikron, mengembang menjadi 26 mikron. 

Selisih 7 mikron ini bisa memberikan pengaruh yang sangat berarti bagi kendaraan dan menyebabkannya tidak presisi.

3. Daihatsu Terios keluaran Desember 2017-Juni 2019

Mobil All-New Terios juga pernah terkena recall sampai sebanyak 41.152 unit dalam waktu produksi Desember 2017- Juni 2019. Penyebabnya sama seperti Xenia dan Sirion, yakni masalah pada pompa bahan bakar (fuel pump). 

Komponen impeller fuel pump produksi Juni 2017 yang paling banyak mengalami perubahan pada bahan baku yang digunakan. 

Sebab, meskipun menggunakan teknik produksi yang sama, tetapi kepadatan impeller bisa berubah mengakibatkan touching dengan cover motor pump menjadi stuck.

4. Daihatsu Rocky keluaran 28 April – 7 Oktober 2021

Mobil Daihatsu terbaru yang mengalami recall adalah 9.378 unit model Daihatsu Rocky dengan periode produksi 28 April sampai 7 Oktober 2021. 

Daihatsu menyebutkan, perlu dilakukan penguatan dengan menambah titik area pengelasan pada bagian dudukan shock absorber depan pada Rocky. 

Jika ini tidak dilakukan maka berpotensi mengganggu kenyamanan berkendara. Terutama ketika melewati kondisi jalan rusak di kecepatan tinggi.

Ini juga merupakan alasan yang membuat banyak pengguna Daihatsu Rocky mengeluhkan timbulnya bunyi abnormal pada bagian dalam kap mobil. 

Risiko terburuk jika Daihatsu Rocky tidak segera mendapatkan perbaikan adalah potensi terlepasnya komponen dudukan shock absorber tersebut dari mesin.

5. Daihatsu GranMax dan Luxio keluaran September 2021 – Januari 2022

Selain Rocky, Daihatsu juga sempat melakukan recall terbaru untuk mobil GranMax dan Luxio. Tujuannya untuk melakukan pemrograman ulang pada komponen ECU mesin. 

Ada sebanyak 11.734 unit GranMax dan Luxio dengan periode produksi 9 September 2021 – 21 Januari 2022 yang terkena recall

Pasalnya, pada unit GranMax dan Luxio seringkali mengalami RPM yang tidak stabil, mesin knocking, dan kinerja mesin tersendat hingga mati.

Apa itu recall mobil?

Recall mobil adalah pemanggilan atau penarikan kembali mobil dari para konsumen atau pemilik mobil yang sudah dibeli.

Ini merupakan program yang biasanya dilakukan oleh para produsen mobil untuk melakukan update atau perbaikan terhadap produk yang sudah ada di tangan konsumennya. 

Langkah ini merupakan bagian dari tanggung jawab produsen mobil terhadap produknya, sekalipun telah berada di tangan konsumen.

Program cek recall Honda juga pernah dilakukan ketika akan melakukan perbaikan komponen Fuel Pump untuk produk-produk Honda di berbagai negara, termasuk di Indonesia. 

Selain itu, yang baru-baru ini diumumkan adalah Toyota melakukan recall produk Raize sebanyak 14.777 unit di tahun produksi antara November 2020 hingga Oktober 2021. 

Sementara, cek recall Daihatsu yang terbaru ada pada 9.378 unit model Rocky dengan periode produksi 28 April sampai 7 Oktober 2021 dengan alasan masalah pada bagian sambungan fender apron bagian depan.

Apa yang harus dilakukan kalau mobil terkena recall?

Setelah cek recall Daihatsu, jika kamu menemukan bahwa mobilmu termasuk sebagai salah satu yang terkena recall, maka tidak perlu khawatir. Sebab, recall adalah prosedur yang normal. 

Kamu hanya perlu mengikuti arahan untuk membawa mobil yang terkena recall ini ke bengkel resmi Daihatsu. Pertama, kamu bisa booking service ke bengkel mobil Daihatsu terdekat terlebih dulu. 

Kemudian, datang sesuai jadwal booking dan di sana mobil akan mendapatkan perawatan dan perbaikan sesuai dengan program recall yang dilaksanakan oleh Daihatsu

Bahkan, kamu tidak perlu khawatir soal biayanya. Sebab, recall merupakan bentuk komitmen Daihatsu terhadap konsumen, sehingga biaya perawatan dan perbaikan akan digratiskan. 

Daihatsu sudah memastikan bahwa pelanggan tidak akan dikenakan biaya apapun, alias gratis. Selain itu, proses penggantian komponen ini juga relatif cepat dan dapat ditunggu yakni hanya sekitar 2 jam saja.

Alasan perlu punya asuransi mobil

Tips dari Lifepal! Bagi produsen mobil, recall dilakukan untuk memastikan keamanan, kenyamanan, serta keselamatan konsumen dalam berkendara. 

Sementara dari segi konsumen serta pemilik mobil, keselamatan saat berkendara juga harus diutamakan. Salah satunya dengan menyiapkan perlindungan risiko untuk mobil lewat produk asuransi mobil.

Asuransi mobil merupakan salah satu cara untuk melindungi kamu dan mobilmu dari risiko selama berkendara. Mulai dari kerusakan ringan, berat, bahkan hingga kehilangan. 

Bukan cuma itu, asuransi juga bisa membantu melindungi kondisi keuangan kamu dari pengeluaran tak terduga akibat kerusakan mobil. Simak penjelasannya di video berikut ini.

Risiko kerusakan kendaraan merupakan hal yang sering kali tidak bisa terhindarkan. Bahkan bisa saja kemarin mobil masih dalam kondisi prima namun hari ini ada komponennya yang bermasalah. 

Jika tidak menyediakan asuransi mobil, maka kamu harus siap-siap merogoh kocek setiap kali harus membawa mobil ke bengkel.

Asuransi mobil akan memberikan rasa aman karena terhindar dari risiko berkendara saja, serta pertanggungan biaya perbaikan kerusakan di bengkel.

Untuk bisa merasakan manfaat dari asuransi mobil, kamu harus membayar premi terlebih dahulu. Hitung estimasi preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini.

FAQ seputar cek recall Daihatsu

Recall mobil adalah pemanggilan kembali untuk para konsumen atau pemilik mobil untuk melakukan update atau perbaikan terhadap mobil yang sudah ada di tangan konsumen.

Recall dilakukan apabila di kemudian hari pihak pabrikan mobil menemukan ada masalah pada mobil, dan mobil yang sudah dibeli konsumen perlu diperbaiki supaya kondisinya jadi lebih prima. Biaya penggantian komponen saat recall adalah gratis.

Asuransi mobil all risk adalah jenis asuransi mobil yang menanggung segala macam risiko, mulai dari risiko kerusakan ringan sampai berat, serta risiko kehilangan mobil akibat pencurian. Asuransi ini cocok untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap mobil dan keuanganmu.