Cek Tagihan ATB Pakai Ponsel [Plus Cara Bayar Tagihan]

cek tagihan atb

Cek tagihan ATB adalah hal yang dapat dilakukan pelanggan air bersih PT Adhya Tirta Batam (ATB) untuk membayar tagihan air tepat waktu setiap bulan. 

Pengecekan perlu dilakukan agar pelanggan terhindar dari denda serta tetap bisa mendapatkan aliran air bersih.

PT Adhya Tirta Batam (ATB) adalah perusahaan pengelola air minum swasta pertama di Indonesia.

Sebelum membayar tagihan air, pelanggan bisa mendapat informasi jumlah tagihan melalui fasilitas-fasilitas pengecekan tagihan yang disiapkan ATB. 

Fasilitas layanan informasi tagihan air ini diharapkan memudahkan pelanggan dalam mengakses tagihan air setiap bulannya.

Cek tagihan PAM ATB

Layanan pengecekan informasi tagihan pelanggan yang telah disiapkan ATB bisa dicek melalui website ATB dan ATB Mobile apps.

Bagian pelayanan ATB juga menerima pertanyaan pelanggan seputar tagihan air, baik disampaikan melalui call center ataupun media sosial ATB.

Lantas, bagaimana caranya bayar tagihan PAM ATB? Yuk, simak pemaparannya berikut.

Cek tagihan ATB lewat website ATB

Cek tagihan ATB lewat website ATB melalui www.atbbatam.com. Aksesnya pun cukup mudah, masuk ke laman website, pelanggan bisa memilih menu lihat tagihan.

ATB Mobile Apps

Sementara itu, banyak pelanggan yang terbantu dengan adanya layanan ATB mobile apps ataupun website

Pelanggan menjadi lebih tahu seberapa besar total tagihan pemakaian air bulanannya.

Setelah berhasil di-download, pelanggan bisa langsung login melalui fitur layanan ATB Mobile apps dengan memasukan alamat email yang aktif serta nomor ID pelanggan.

Berikut ini langkah-langkah mengecek tagihan ATB melalui ATB Mobile Apps:

  • Buka Aplikasi BebasBayar, kamu dan login ke laman aplikasi. Kalau belum terinstal, kamu dapat mengunduhnya terlebih dahulu melalui Google PlayStore.
  • Buka menu PDAM.
  • Pilih produk PDAM ATB Batam sebagai wilayah tempat tinggal lalu masukkan ID Pelanggan dan Nomor Meter pada kolom yang tersedia.
Jamin ekonomi keluarga dengan benefit asuransi jiwa hingga Rp1,5 miliar. Ambil asuransi jiwa di Lifepal bisa dapat diskon.

Cara bayar tagihan PAM ATB

Sama seperti cara cek tagihannya, untuk pembayaran tagihan PAM ATB, kamu bisa melakukannya secara online maupun offline

Tak kalah mudah dengan cara cek tagihan PDAM online, di sini kamu juga bisa memanfaatkan beberapa media termasuk marketplace.

Berikut ini beberapa cara pembayaran tagihan PAM ATB:

Datang Langsung ke Kantor PAM ATB

  • Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan datang langsung ke kantor PAM ATB. Kamu bisa membawa kartu pelanggan PAM ATB dan membawa sejumlah uang. Selanjutnya datang ke bagian loket dan tunggu hingga dipanggil  petugas.
  • Serahkan kartu pelanggan PAM ATB, kemudian tunggu hingga petugas melakukan pengecekan. Lakukan pembayaran sesuai nominal yang disebutkan petugas.

Melalui website ATB

Salah satu trik menghemat waktu dan tenaga untuk cek tagihan ATB Batam dan bayar tagihan PDAM Kota Batam, kamu bisa melakukan hanya melalui smartphone.

Buat kamu yang tak mau ribet datang ke kantor PAM ATB dan mengantre lama, bisa membayar tagihan PDAM melalui marketplace

Caranya bayar tagihan PAM ATB melalui marketplace seperti langkah-langkah berikut:

  • Pilih marketplace yang kamu inginkan, kemudian masuk ke menu tagihan PAM ATB.
  • Masukkan nomor pelanggan dan total tagihan kamu akan muncul. 
  • Kemudian, pilih metode pembayaran (melalui ATM, Indomaret/Alfamart, atau uang digital) dan klik bayar. 

Keuntungan bayar tagihan melalui marketplace, biasanya kamu bisa menggunakan voucher diskon jadi makin hemat deh!

Melalui mitra PAM ATB

Selain bekerjasama dengan banyak marketplace, PAM ATB juga sudah memiliki banyak mitra lain seperti toko modern atau tempat pembayaran multi tagihan. 

Biasanya mitra pembayaran multi tagihan ini banyak dijumpai di daerah pedesaan, karena tujuannya memudahkan pelanggan melakukan pembayaran tanpa harus datang ke kantor terkait yang lokasinya jauh dari desa tersebut.

Hanya saja, untuk pembayaran di mitra PAM ATB biasanya pelanggan akan dikenai biaya tambahan atau biaya administrasi.

Cara hitung tagihan ATB

Kamu dapat memastikan jumlah pengeluaran air PAM ATB yang telah digunakan sesuai dengan pemakaian air di setiap bulannya. 

Caranya adalah dengan menghitung sendiri tagihan ATB. Lantas, bagaimana caranya?    

Caranya cukup mudah. Pelanggan hanya perlu mengkalkulasikan jumlah air yang dipakai dengan harga yang sudah ditentukan berdasarkan tarif yang berlaku saat ini sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam No 7 Tahun 2011.

Berikut ini cara mudah menghitung tagihan air bulanan kamu:

1. Hitung pemakaian di meteran air

Untuk mendapatkan jumlah pemakaian air bulanan, kamu bisa melihat langsung di meteran air. 

Indeks Meter terdiri dari dua warna, yaitu hitam dan merah. Warna hitam menunjukan satuan meter kubik (m3) digunakan sebagai dasar perhitungan tagihan. 

Sementara warna merah menunjukan satuan per sepeluh meter kubik.

Kamu cukup membaca angka berwarna hitam. Bandingkan angka terbaru dengan angka  yang tertera pada bulan sebelumnya.

 Selisih dari angka terbaru dengan bulan sebelumnya merupakan total penggunaan air anda dalam sebulan.

2. Kalikan pemakaian dengan tarif sesuai golongan

Tarif yang ditentukan berbeda untuk setiap kubikasi dan klasifikasi (tarif progresif). Penghitungan golongan Rumah Tangga A (2C) ditetapkan: 

  • Rp2.000 untuk pemakaian air 0-10 m3, 
  • Rp2.530 untuk pemakaian 11-20 m3, 
  • dikali Rp5.650 untuk pemakaian 21-30 m3, 
  • dikali Rp8.425 untuk pemakaian lebih dari 31-40 m3, dan 
  • Rp9.750 untuk pemakaian di atas 40 m3.

Bila pelanggan menggunakan air sebanyak 20 meter kubik (m3) selama satu bulan, cara menghitung biaya pemakaian adalah: 

  • Rp2.000 x 10 m3 (10 kubik pertama) = Rp20.000 
  • Rp2.530×10 m3 (10 kubik kedua) = Rp25.300
  • Total biaya adalah Rp45.300

3. Tambahkan dengan biaya faktur dan pemeliharaan meter air

Setelah menjumlahkan setiap kubik air yang digunakan, pelanggan tinggal menambahkan biaya faktur/administrasi sebesar Rp3.000 dan biaya pemeliharaan meter air. 

Biaya pemeliharaan meter air berbeda untuk setiap ukuran diameter meter air, maupun untuk setiap golongan pelanggan ATB.

4. Dikenakan biaya tambahan bila menunggak

Bila ada tunggakan, tagihan tersebut akan ditambahkan lagi denda sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan. 

Pemakaian air dengan jumlah yang sama, tagihannya akan berbeda bila pelanggan memiliki golongan atau klasifikasi yang berbeda. 

Golongan Niaga, Industri, Pelabuhan Laut dan Udara pasti akan membayar lebih tinggi dibanding Golongan Rumah Tangga A.

Tips menghemat tagihan PAM ATB

Menggunakan air harapnya bisa dilakukan dengan seefektif mungkin. 

Meski beban tagihan air PAM ATB mungkin tidak terlalu besar, menghemat penggunaan air hendaknya harus tetap kamu lakukan.

Berikut ini tips menghemat tagihan ATB yang bisa diterapkan:

  1. Untuk menghemat penggunaan air adalah memasang kran air dengan ujung menyebar. Penggunaan shower mandi juga dapat menghemat pengeluaran karena jumlah air yang terbuang lebih sedikit ketimbang menggunakan gayung mandi.
  2. Penghematan tagihan PAM ATB juga dapat kamu lakukan dengan melakukan pengecekan jika ada kebocoran pada pipa. 
  3. Rutin mengecek tagihan PDAM juga dapat lakukan agar pengeluaran dapat terkontrol. Dengan begitu, kamu tidak perlu risau dengan risiko tagihan air bulanan yang tiba-tiba melonjak.

Mengenal apa itu ATB

PT Adhya Tirta Batam (ATB) merupakan perusahaan pengelola air minum swasta pertama di Indonesia. 

PT Adhya Tirta Batam (ATB) adalah suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia, termasuk yang didirikan secara sah berdasarkan Undang-Undang No. 1 Tahun 1967 juncto Undang-Undang No. 11 Tahun 1970 tentang Penanaman Modal Asing. 

Yang telah memiliki izin dan ditunjuk sebagai perusahaan yang memiliki hak eksklusif atau satu-satunya di Pulau Batam untuk mengambil, memanfaatkan dan mengelola air baku menjadi air bersih, serta mendistribusikannya kepada pelanggan di Pulau Batam berdasarkan Surat Keputusan Ketua Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam (Otorita Batam) Nomor 062/UM-KPTS/XI/1995 tertanggal 15 November 1995 tentang “Pengelolaan Air Bersih” di Pulau Batam oleh PT Adhya Tirta Batam.

Ketika dimulainya pembangunan di Pulau Batam yaitu tahun 1971 pada awalnya penyediaan dan pengelolaan air bersih di Batam dilakukan pemerintah, dalam hal ini Otorita Batam, yang saat ini berganti nama menjadi Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam).

Namun, seiring pesatnya perkembangan Batam dan untuk memenuhi kebutuhan pasar, pemerintah melalui Otorita Batam mengadakan kerja sama konsesi pengolahan air bersih dengan ATB selama 25 tahun, mulai tahun 1995 sampai 2020. ATB merupakan perusahaan pengelola air minum swasta pertama di Indonesia.

Selama lebih dari 23 tahun, ATB telah bekerja keras untuk menjaga suplai air pada pelanggan dengan berinvestasi dalam instalasi pengolahan air, jaringan infrastruktur layanan pelanggan.

 ATB senantiasa berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, diantaranya dengan menyediakan suplai air bersih yang terjamin kuantitas, kualitas, dan kontinuitasnya..

Jika kamu punya pertanyaan lain tentang cek tagihan ATB dan administrasi lain, tanyakan langsung ke pakar rekanan Lifepal lewat Tanya Lifepal.

Pertanyaan seputar cek tagihan ATB

Apa itu cek tagihan ATB?

Cek tagihan ATB adalah hal yang dapat dilakukan pelanggan air bersih PT Adhya Tirta Batam (ATB) untuk membayar tagihan air tepat waktu setiap bulan. Ini agar pelanggan terhindar dari denda serta tetap bisa mendapatkan aliran air bersih.

Berapa tarif air PDAM ATB Batam?

Untuk mengetahui tarif PDAM ATB Batam, silakan langsung kunjungi laman resmi PDAM ATB Batam di http://www.atbbatam.com.

Kapan waktu membayar tagihan PDAM ATB Batam?

Pembayaran tagihan PDAM ATB Batam dapat diakukan kapan saja setelah tagihan dikeluarkan oleh pihak PDAM ATB Batam. Namun, di beberapa daerah mungkin memberlakukan aturan tertentu mengenai waktu pembayaran. Untuk informasi lebih lengkap, silakan lihat syarat dan ketentuan pembayaran tagihan PDAM.

Apakah bisa membayar PDAM ATB Batam pada hari Sabtu, Minggu atau tanggal merah?

Ya, kamu dapat membayar tagihan PDAM ATB Batam di marketplace mitra ATB kapan saja termasuk pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur. Namun, perlu diketahui, beberapa PDAM mungkin akan melakukan verifikasi pada hari kerja berikutnya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →