Cek Tagihan Listrik PLN dengan Berbagai Cara

Cek Tagihan Listrik

Cek tagihan listrik saat ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan era tahun 1990-an. Pada saat itu, Anda harus datang langsung ke kantor PLN terdekat untuk mengetahui tagihan listrik Anda. Kemudian setelah Anda mengetahuinya, baru Anda bisa membayarnya.

Sekarang, Anda bisa cek tagihan listrik tanpa harus mendatangi kantor PLN. Berbagai layanan telah dihadirkan oleh PLN untuk mengecek tagihan listrik, mulai dari call center maupun cara online. Paling mudah Anda bisa cek tagihan listrik PLN secara online langsung dari handphone Anda.

Syarat untuk cek tagihan listrik pun mudah saja, kok. Yang penting Anda mengetahui identitas pelanggan atau nomor meteran listrik rumah. Untuk nomor identitas pelanggan biasanya ditandai dengan 11 atau 12 digit yang diberikan oleh PLN dalam bentuk kartu. Nomor identitas inilah yang digunakan untuk cek pemakaian listrik Anda selama satu bulan sebelumnya.

Selain mempermudah pengecekan tagihan listrik PLN, pembayaran tagihan listrik pun jadi lebih mudah. Anda bisa membayarnya dengan berbagai cara, seperti transfer lewat ATM, transfer melalui Internet banking, pembayaran menggunakan kartu kredit, bahkan pembayaran menggunakan aplikasi pinjaman online.

Cek Tagihan Listrik Lewat SMS

Cek Tagihan Listrik Lewat SMS

Meskipun teknologi tetap berkembang, tapi cek tagihan listrik lewat SMS masih banyak digunakan untuk mengecek tagihan dengan cepat dan akurat. Terlebih, fasilitas SMS masih banyak dimanfaatkan warga. Terutama yang lokasinya masih jauh dari akses Internet tetapi sudah ada akses sinyal handphone.

Cara cek tagihan listrik PLN lewat SMS adalah dengan mengetikkan format SMS di bawah ini:

REK (spasi) No ID Pelanggan lalu kirimkan ke 8123

Contoh: REK 123456789 kirim ke 8123

Agar tidak repot untuk cek tagihan setiap bulan, Anda pun bisa berlangganan SMS informasi tagihan listrik. Caranya adalah dengan mengirimkan konfirmasi langganan terlebih dahulu dengan format berikut ini.

PLN (spasi) ON (spasi) ID Pelanggan kirim ke 8123

Contoh: PLN ON 123456789 kirim ke 8123

Untuk berhenti berlangganan ketik format berikut ini

PLN (spasi) OFF (spasi) ID Pelanggan kirim ke 8123

Contoh: PLN OFF 123456789 kirim ke 8123

Sebagai informasi, pengecekan tagihan listrik lewat SMS ini dikenakan biaya sebesar Rp500 ditambah PPN 10% ya.

Cek Tagihan Listrik Lewat Call Center PLN 123

telfon pln

Bagi yang tetap ingin melakukan pengecekan secara manual, Anda bisa menggunakan sambungan telepon.Caranya adalah dengan menelepon ke 123. Jika Anda berasal dari Jakarta, telepon dengan menggunakan kode area Jakarta seperti (021)123.

Setelah itu, Anda tinggal mengikuti suara operator yang akan menjawab secara otomatis. Layanan pengecekan tagihan listrik lewat call center ini bisa dilakukan selama 24 jam, kapanpun Anda mau.Layanan sambungan telepon ke 123 dikenakan biaya normal dengan tarif mengikuti layanan SLI (Sambungan Langsung Internasional) dan SLJJ (Sambungan Langsung Jarak Jauh) Telkom.

Cek Tagihan Listrik Lewat Online

Cek Tagihan Listrik via Website

Cek tagihan listrik secara online kini bisa dilakukan melalui berbagai situs online bahkan beberapa marketplace atau e-commerce yang ada di Indonesia.

Langkah untuk melakukan pengecekan tagihan listrik pascabayar adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs pengecekan tagihan secara online
  2. Pilih menu listrik PLN pascabayar
  3. Masukkan nomor ID pelanggan
  4. Masukkan nomor handphone
  5. Tekan Enter
  6. Tagihan listrik Anda akan ditampilkan

Saat itu juga Anda sudah bisa mengetahui tagihan listrik Anda untuk pemakaian sebulan sebelumnya.

Cek Tagihan Listrik Lewat Aplikasi Smartphone

Aplikasi Pinjaman Online

Mengikuti perkembangan zaman, PLN pun meluncurkan aplikasi yang bisa Anda unduh lewat Google Play Store maupun iOS.

Sebelum melakukan pengecekan, tentu saja unduh dulu aplikasinya. Setelah itu, barulah Anda bisa melakukan pengecekan tagihan sendiri.

Langkah pengecekan tagihan listrik menggunakan aplikasi PLN di Android atau iOS adalah sebagai berikut ini:

  1. Buka Aplikasi PLN di smartphone
  2. Pilih menu informasi
  3. Pilih menu informasi tagihan
  4. Input ID pelanggan, bisa juga nomor meteran listrik Anda
  5. Tekan Enter
  6. Jumlah nominal tagihan listrik Anda akan ditampilkan

Namun, layanan ini belum terlalu baik, karena terkadang masih ada pelanggan yang tidak bisa mendapatkan informasi tagihannya secara lengkap karena berbagai sebab. Review di Google Play Store tentang Aplikasi PLN ini pun masih belum memuaskan.  

Aturan Tentang Keterlambatan Pembayaran Tagihan Listrik PLN

Kelebihan dan Kekurangan Perumahan Bersubsidi

PLN memiliki aturan pembayaran tagihan. Pembayaran tagihan listrik PLN paling lambat tanggal 20 setiap bulan.

Sebagai contoh, jika Anda ingin membayar tagihan bulan Maret, maka periode pembayaran paling lambat di bulan berikutnya adalah tanggal 20 April dan begitu seterusnya.

Awal periode pembayaran dimulai sejak tanggal 2, sehingga Anda tidak perlu menunggu sampai menjelang tanggal 20. Jadi, Anda bisa membayarkan tagihan listrikAnda dalam rentang tanggal 2 sampai 20 setiap bulan.

Konsekuensi yang Anda terima jika terlambat membayar listrik adalah pemutusan aliran listrik sementara oleh PLN dan dikenakan denda.

Berikut aturan tentang keterlambatan pembayaran tagihan listrik PLN yang perlu Anda ketahui:

  • Tunggakan pembayaran melewati tanggal 20 dikenakan denda dan pemutusan sementara.
  • Tunggakan satu bulan akan dikenakan hukuman berupa pemutusan sementara segel MCB (miniature circuit breaker).
  • Tunggakan dua bulan dikenakan hukuman berupa pembongkaran meteran listrik atau pemutusan dari tiang ke meteran listrik.
  • Tunggakan lebih dari dua bulan hukuman berupa pembongkaran meteran, MCB, kabel, dan pemberhentian langganan listrik PLN.
  • Penyambungan bisa dilakukan kembali setelah semua tunggakan dibayar lunas ditambah dengan biaya pemasangan baru.

Itulah berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk cek tagihan listrik dengan mudah. Dengan penyediaan teknologi lama seperti SMS dan telepon, serta teknologi baru seperti situs dan aplikasi, semua pelanggan pun terjangkau. Baik pelanggan di perkotaan hingga di pelosok daerah tidak perlu khawatir untuk terlambat bayar tagihan listrik.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →