Cek Tiket Pesawat Anda Sebelum Terbang Agar Aman

Telah Ditinjau: Avatar Aulia Akbar
tiket pesawat dan paspor

Beberapa orang kadang-kadang tidak mengecek tiket pesawat mereka setelah melakukan pembelian. Padahal, jika terjadi kesalahan data penumpang, petugas tidak akan mengizinkan Anda untuk terbang. Itulah pentingnya melakukan cek tiket pesawat Anda sebelum terbang.

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat memesan tiket pesawat. Beberapa poin tersebut adalah sebagai berikut ini.

    • Nama lengkap penumpang sesuai dengan e-KTP
    • Tanggal keberangkatan 
    • Asal dan tujuan keberangkatan
    • Kode booking penerbangan

Setelah  mengecek tiket pesawat, pastikan data-data yang didaftarkan sudah sesuai saat melakukan pengecekan. Pengecekan tiket pesawat ini bisa Anda lakukan di situs resmi maskapai penerbangan yang Anda pilih.

Data-data penumpang yang tercantum dalam kode booking disebut juga dengan Passenger Name Record (PNR). PNR adalah kode unik yang menyimpan informasi penerbangan digunakan untuk keperluan web check-in online.

Sebelum Terbang, Cek Kode Booking Tiket Pesawat Anda! 

Sebelum Terbang, Cek Tiket Pesawat Anda! 

Baik maskapai penerbangan maupun agen tiket online memberikan akses kepada penumpang untuk melakukan pengecekan tiket pesawat yang sudah dibeli.

Anda bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan perangkat seperti laptop atau melalui smartphone Anda yang terhubung dengan koneksi internet.

Halaman yang disediakan biasanya sangat sederhana, berisi kolom nomor order (pemesanan) atau kolom kode booking dan kolom nomor handphone pemesan atau penumpang.

Cara cek kode booking tiket pesawat di beberapa maskapai pun tidak berbeda jauh. Anda hanya tinggal mencari halaman pengecekan tiket pesawat seperti manage my booking atau menu perjalanan di situs resmi masing-masing maskapai penerbangan.

Langkah Mudah Cara Cek Kode Booking Tiket Pesawat

    1. Kunjungi situs resmi maskapai penerbangan atau agen tiket pesawat online.
    2. Pilih halaman menu booking atau halaman untuk mengecek tiket pesawat Anda.
    3. Masukkan kode booking atau kode pemesanan. 
    4. Ketik enter atau cari pemesanan.
    5. Informasi penumpang dan penerbangan akan ditampilkan secara lengkap.
    6. Anda bisa langsung mencetak tiket pesawat atau mengirimkan melalui surat elektronik.
    7. Hubungi masing-masing call center maskapai penerbangan agen tiket pesawat, jika mengalami kesulitan untuk melakukan pengecekan secara online.

Oleh karena itu, pastikan Anda menyimpan kode booking tiket pesawat atau kode pemesanan tiket pesawat sesaat setelah melakukan pembayaran atau pembelian tiket. 

Pada umumnya, tiket pesawat sudah dikirimkan melalui surat elektronik. Meskipun demikian, terkadang masih ada penumpang yang tidak melakukan pengecekan surat elektronik. Atau secara tidak sengaja menghilangkan kode booking pemesanan tiket pesawat.

Dengan menggunakan metode pengecekan langsung menggunakan kode booking, Anda tidak perlu login ke akun surat elektronik karena bisa dilakukan dengan mudah di situs maskapai penerbangan ataupun agen tiket pesawat online.

Beberapa maskapai penerbangan yang menyediakan layanan pengecekan tiket pesawat secara online melalui situs resminya adalah sebagai berikut ini:

Itulah cara pengecekan kode booking tiket pesawat melalui situs resmi beberapa maskapai penerbangan.

Sebelum membeli tiket pesawat, Anda juga bisa melakukan pengecekan tarif tiket pesawat ke tujuan di situs masing-masing maskapai penerbangan. 

Agar lebih mudah tidak mengecek satu per satu, Anda juga bisa melakukan pengecekan tarif melalui situs agen perjalanan online. Dengan begitu, Anda bisa membandingkan langsung dan memilih harga tiket yang paling sesuai dengan tujuan Anda.

Pengecekan tersebut tidak hanya untuk tujuan keberangkatan domestik, tetapi juga tujuan dengan keberangkatan ke luar negeri. Pastikan Anda menyiapkan semua dokumen pribadi yang dibutuhkan untuk pemesanan terutama paspor dan visa jika ingin ke luar negeri.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →