Cerai Itu Mahal! Sudah Pikirkan Berapa Biaya-biayanya?

biaya perceraian

Biaya perceraian akan menjadi hal yang dipikirkan dua insan yang akan bercerai. Selain soal proses perceraian yang akan dijalani, biaya perceraian juga turut menjadi pemikiran.

Bukan tak beralasan, biaya perceraian turut jadi perhatian karena biayanya yang tak sedikit. Memang, gak ada yang mau bercerai, tapi terkadang perpisahan jadi pilihan dalam sebuah pernikahan.

Banyak hal yang bisa memicu perceraian. Tapi, banyak pula alasan yang bisa disodorin untuk mencegahnya. Salah satunya, cerai itu mahal, bro dan sis! Sebenarnya, daripada mahal-mahal cerai, mending murah-murah beli asuransi (cek disini)!

Tapi baiklah, sebelum mengetahui lebih jauh tentang biaya perpisahan, kita simak dulu apa itu perceraian dan langkah-langkah menjalaninya.

Pengertian cerai

biaya perceraian
biaya perceraian

Sebuah perceraian terjadi ketika hubungan sepasang suami istri berakhir. Suami atau istri dapat mengajukan gugatan cerai ke pengadilan dengan membawa sejumlah berkas pendukung.

Ketika kasus tersebut telah ditangani pengadilan, untuk mencapai kesepakatan pun perlu melalui berbagai tahapan. Pertama adalah mediasi, menghadirkan para saksi di persidangan, jika alasan perpisahan diterima, pengadilan akan mengabulkan gugatan tersebut.

Perceraian telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Sidang perceraian bisa dilanjutkan apabila kedua belah pihak telah sepakat untuk menandatangani surat perceraian dan melengkapi seluruh syarat yang dibutuhkan di pengadilan nanti.

Langkah mengajukan gugatan cerai

Perceraian selalu jadi jalan terakhir jika pasangan suami istri udah gak mau mempertahankan perkawinan mereka.

 Sebelum datang ke pengadilan untuk melakukan gugatan cerai, penggugat baik suami/istri wajib memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:

1. Menyiapkan dokumen 

Dokumen-dokumen yang perlu disiapkan dalam pengajuan gugatan cerai sebagai berikut:

  • Surat nikah asli
  • Fotokopi surat nikah
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari penggugat
  • Surat keterangan dari kelurahan
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi akte kelahiran anak (jika memiliki anak)
  • Materai

Nah, jika ingin menggugat harta gono gini atau harta milik bersama, siapkan pula berkas-berkas pendukung lainnya seperti surat sertifikat tanah, surat-surat kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB dan STNK), dan dokumen harta lainnya.

2. Daftar gugat cerai ke pengadilan 

Setelah menyiapkan kelengkapan dokumen, kamu bisa mendaftarkan gugatan cerai ke Pengadilan Agama atau Pengadilan Negeri. Mendaftarkan gugatan pun harus ke pengadilan di wilayah kediaman pihak tergugat ya. Jika istri akan menggugat cerai suami, maka ia harus mengajukan gugatan tersebut di pengadilan tempat suami.

3. Membuat surat gugatan 

Begitu sampai di pengadilan, penggugat bisa langsung menuju pusat bantuan hukum di pengadilan guna membuat surat gugatan. Surat gugatan cerai ini harus mencantumkan alasan kenapa menggugat cerai. Alasan bisa berupa unsur penganiayaan, penelantaran, kekerasan, pertengkaran terus menerus, dan alasan lainnya.

4. Menyiapkan biaya cerai 

Bercerai itu gak semudah mengucapkannya lho! Ada banyak biaya yang harus disiapkan penggugat selama proses ajuannya. Biaya apa aja sih? Antara lain biaya pendaftaran, biaya materai, biaya proses (ATK), biaya redaksi, dan biaya panggilan sidang. 

Nah, untuk biaya proses sidang perceraian diserahkan pada kedua belah pihak. Tapi biasanya, kalau salah satu pihak, entah itu penggugat atau tergugat, gak pernah merespon surat panggilan persidangan, pihak pengadilan punya hak untuk membebankan biaya lebih besar. Meski begitu, perlakukan ini tergantung dari jumlah ketidakhadiran pihak yang bercerai. 

5. Tata cara dan proses persidangan 

Selama proses persidangan berjalan, kedua belah pihak harus hadir di persidangan untuk proses mediasi. Tujuan dari mediasi ini agar kedua belah pihak bisa berdamai dan membatalkan gugatan. 

Hanya saja, kalau keputusan sudah bulat dan kedua belah pihak enggan untuk berdamai, tahap selanjutnya adalah pembacaan surat gugatan cerai. 

Pernah lihat kan berita selebriti yang bercerai, si pihak tergugat biasanya jarang hadir di pengadilan? Biasanya kalau sudah seperti ini adalah indikasi keputusan bercerai antar pasangan suami istri tersebut sudah gak bisa diganggu gugat lagi. 

Jika sudah seperti ini, pengadilan langsung membuat perintah putusan yang berisi pemutusan sah antara suami dan istri. 

Amar putusan pun akan dikirim ke pihak tergugat sebagai bukti pernikahan mereka sudah berakhir. Kalau kemudian gak ada tanggapan sama sekali dari pihak tergugat atas amar putusan tersebut, pihak pengadilan kemudian akan menerbitkan surat akta cerai. 

Pengacara

Kita sebenarnya bisa saja mengurus perceraian sendiri. Tapi itu kalau punya pengetahuan tentang sistem peradilan di Indonesia. Misalnya tentang pengajuan gugatan, termasuk format suratnya dan apa saja isinya.

Jasa pengacara biasanya dibayar berdasarkan hitungan jam atau total tunai. Bila tarif pengacara per jam, berarti tinggal hitung berapa jam dia menjadi konsultan kita.

Kalau total tunai, seperti bayar tukang borongan. Duitnya sesuai dengan kesepakatan, gak peduli berapa lama proses berjalan.

Biasanya, pengacara di kota-kota besar tarifnya lebih mahal. Di Jakarta, kisarannya bisa sampai Rp 20-50 juta. Itu baru di pengadilan tingkat pertama. Bila sampai banding, kasasi, dan peninjauan kembali, tarifnya bakal melambung lagi.

Pengadilan

Umumnya, biaya pengacara sudah mencakup ongkos di pengadilan. Namun kita tetap perlu mengetahui apa saja yang harus kita bayar. Apalagi jika berencana mengurus perceraian sendiri.

Berikut ini biaya cerai yang diperlukan di pengadilan:

  1. Pendaftaran perkara : Rp30.000
  2. Materai : Rp6.000
  3. Administrasi : Rp50.000
  4. Redaksi : Rp5.000
  5. Panggilan (penggugat 2 kali; tergugat 3 kali)

Biaya panggilan tergantung kepada radius jarak tempat tinggal penggugat dan tergugat dengan pengadilan.

Itu baru biaya pengadilan di tingkat pertama, ya. Biaya ini berlaku buat gugatan di pengadilan negeri maupun pengadilan agama. Pengadilan negeri untuk perceraian non-Muslim, sedangkan pengadilan agama untuk pasangan Muslim.

Pengadilan selanjutnya

Bila pengadilan di tingkat pertama sudah ada putusan, baik pihak penggugat maupun tergugat bisa saja mengajukan banding.

Misalnya, karena hak asuh anak tidak jatuh di pihaknya. Demi mendapat hak asuh itu, gugatan banding diajukan. Nah, ini siap-siap keluar duit lagi. Setidaknya ada tiga komponen biaya, yakni pendaftaran, gugatan banding, dan kirim berkas.

Biaya tambahan muncul lagi jika gugatan dibawa ke tingkat kasasi dan kemudian peninjauan kembali. Makin tinggi tingkat pengadilan, biaya makin besar.

Tapi, jika pakai jasa pengacara, biaya tambahan yang ditetapkan lebih kecil daripada biaya gugatan awal. Biaya pendaftaran di tiap tingkat umumnya sama, yakni Rp50 ribu. Komponen lainnya berbeda.

Biaya cerai mungkin bakal lebih gampang hitungannya jika pakai pengacara. Tinggal bayar all-in, perkara akan mereka urusi.

Kisaran biaya perceraian 

Selain proses pengadilan yang memakan waktu, perceraian juga menelan biaya gak sedikit. Jika perceraian gak bisa dihindari lagi, ada baiknya menyiapkan budget khusus untuk itu. Berapa sih kisaran biaya perceraian saat ini?

1. Biaya pengacara perceraian

Profesi pengacara atau advokat sebenarnya gak ada standar baku harga untuk jasanya. Tapi biasanya, tiap pengacara punya standar yang berbeda tergantung kasusnya. Makin kompleks kasus yang didapat, biasanya akan berpengaruh semakin tingginya tarif yang ditetapkan oleh pengacara. Intinya, semua tergantung kesepakatan antara klien dengan pengacara yang ditunjuknya. 

Umumnya, untuk pembayaran, pengacara atau advokat memiliki dua skema yaitu secara tunai atau dihitung per jam. Klien cukup menentukan skema mana yang dipilih sesuai kemampuan dan kebutuhannya. 

Sebagai gambaran, komponen biaya jasa hukum untuk kasus perceraian adalah sebagai berikut : 

  • Honorarium advokat 
  • Biaya transport 
  • Biaya akomodasi 
  • Biaya perkara 
  • Biaya sidang, dan 
  • Biaya kemenangan perkara (success fee) yang besarnya antara 5 – 20%

Kisaran harga jasa pengacara di Jakarta adalah antara Rp10 juta – Rp60 juta. Angka ini sudah menutup semua proses, mulai dari pendaftaran hingga terbitnya akta cerai. 

Tarif tersebut tidak termasuk jika kasus berlanjut ke tingkat banding di Pengadilan Tinggi, dimana ada tambahan Rp25 juta. Dan ditambah Rp15 juta lagi kalau berlanjut ke tingkat kasasi di Mahkamah Agung. 

Karena gak ada standar baku, maka tarif tersebut bisa dinego antara klien dan pengacaranya. Kalau klien merasa tarif yang ditetapkan terlalu tinggi, maka dia berkesempatan untuk menawarnya. Dan si pengacara juga punya kesempatan untuk menjelaskan kenapa tarif yang ditetapkan dianggap tinggi. 

2. Biaya cerai talak 

Di Indonesia, mengenal dua istilah perceraian yaitu cerai talak dan cerai gugat. Cerai gugat adalah cara istri mengajukan cerai terhadap suami lewat Pengadilan Agama. Gugatan cerai ini biasanya disebabkan berbagai faktor. 

Sedangkan cerai talak adalah cara suami untuk mengajukan cerai terhadap Pengadilan Agama. Dalam agama Islam disebut dengan istilah talak. Cara perceraiannya adalah dengan cara tertulis atau dilakukan secara lisan. 

Dalam cerai talak ada biaya yang harus disiapkan, yang terbagi menjadi enam. Biaya di bawah ini adalah panjar biaya perkara cerai talak yang berlaku di Pengadilan Agama Bogor Kelas 1A : 

  • Biaya pendaftaran : Rp30 ribu 
  • Biaya proses : Rp50 ribu 
  • Panggilan pemohon: Rp80 ribu (x3) : Rp240 ribu 
  • Panggilan termohon : Rp80 ribu (x4) : Rp3209 ribu 
  • Biaya redaksi : Rp5 ribu 
  • Biaya materai : Rp6 ribu 

Total biaya yang harus dikeluarkan untuk proses cerai talak ini adalah Rp651 ribu. Biaya ini di setiap tempat berbeda-beda. Biasanya disesuaikan dengan keputusan yang telah ditetapkan oleh masing-masing Pengadilan Agama. 

Tapi jelas biaya mengurus perceraian sendiri lebih murah. Meski begitu, semurah-murahnya biaya cerai, kita tetap keluar duit.

Itulah salah satu alasan kenapa bercerai jadi pilihan terakhir. Bagaimanapun, setiap pasangan pasti ingin rumah tangganya tetap utuh sampai maut memisahkan. Terlebih jika sudah punya buntut alias buah hati. Pikir-pikir lagi deh! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →