Murah Meriah! 9 Chinatown Terbaik di Indonesia Ini Harus Kamu Kunjungi

Telah Ditinjau: Avatar Aulia Akbar
Chinatown di Indonesia, salah satunya Chinatown Bandung (Instagram/@chinatownbandung)

Ngapain jauh-jauh pergi ke Malaysia? Berlibur ke chinatown di Tanah Air juga udah cukup seru kok. Di samping itu, biayanya jauh lebih murah.

Sebagai salah satu negara terbesar di Asia Tenggara, Indonesia memiliki kawasan permukiman dan niaga warga keturunan Tionghoa alias pecinan yang terletak di setiap kota.

Namanya pecinan, sudah pasti wilayah itu dihuni oleh warga keturunan Tionghoa dan kental kebudayaan Negeri Tirai Bambu. Mau cari baju cari baju Cheongsam, makanan khas Cina, atau pernak-pernik lainnya dijamin ada semua. Lengkap!

Mau tahu di mana saja chinatown Tanah Air yang seru dikunjungi? Simak ulasannya di sini:

1. Glodok, Jakarta

Kawasan Pecinan Glodok, Jakarta (Instagram/@aria.sankhyaadi)
Kawasan Pecinan Glodok, Jakarta (Instagram/@aria.sankhyaadi)

Warga Jakarta pasti paham wilayah yang sering jual barang-barang elektronik ini. Namun, gak semuanya tahu ada sebuah wilayah yang bernama Petak Sembilan, yang letaknya di Glodok.

Ketika kamu berada di gang tersebut, kamu bakal melihat wilayah pecinan yang isinya toko-toko legendaris dari tahun 1900-an. Kuliner di sana juga cukup eksotis, pokoknya sensasinya beda deh sama wilayah-wilayah Jakarta yang lain.

Ada Kedai Kopi Es Takie yang harus kamu coba ketika main ke sana. Mau belanja Tripang, somay B2, Sekba, atau Bektim juga ada, semuanya lengkap!

Di Petak Sembilan, terdapat pula Kuil Toa Se Bio yang sangat Instagrammable dan Wihara Dharma Bhakti. Saat Imlek, jangan kaget ya kalau tempat yang satu ini bakal dipenuhi warga setempat.

Baca juga: Tempat Wisata Indah Ini Terletak di Jakarta, Ada yang Gratis Lho!

2. Suryakencana, Bogor

Vihara Dhanagun yang terletak di kawasan chinatown Suryakencana Bogor
Vihara Dhanagun yang terletak di kawasan chinatown Suryakencana Bogor

Mau yang agak jauh dari Jakarta? Bisa kok mengunjungi kawasan Suryakencana, Bogor.

Kawasan chinatown di Kota Hujan ini merupakan pusat kuliner yang terkenal dengan hidangan khas Bogor. Mau bir kocok juga ada tuh di sana!

Suryakencana ibarat Malioboro-nya Bogor. Sebagai kawasan pecinan, wilayah ini juga dipenuhi dengan masyarakat keturunan Tionghoa yang bermukim di Bogor. Di Suryakencana juga terdapat Vihara Dhanagun, vihara yang telah berusia 300 tahun.

Banyak sekali ornamen-ornamen khas Negeri Tirai Bambu di wilayah yang satu ini. Kalau penasaran, segera sambangi!

Baca juga: 11 Tempat Wisata di Bogor yang Paling Hits dan Instagramable

3. Chinatown Bandung

Chinatown Bandung (Instagram/@chinatownbandung)
Chinatown Bandung (Instagram/@chinatownbandung)

Di Kota Kembang juga ada Chinatown kok. Tempat wisata bernuansa pasar pecinan tempo doeloe ini diresmikan Gubernur Bandung Ridwan Kamil, pada 20 Agustus 2017.

Terletak di Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Andir, Kota Bandung, chinatown gak jauh dari kelenteng tertua di Bandung.

Namun, chinatown di sini memang menjadi tempat wisata ya dan punya jam operasi dari 11.00 hingga 22.00 malam. Selain itu, kamu juga harus membayar tiket masuk Rp 20 ribu.

Yang jelas, ada museum yang isinya adalah pernak-pernik oriental. Kamu juga bisa berbelanja barang-barang di toko yang interiornya penuh dengan lampion.

Selain banyak spot foto, kamu juga bisa menyewa pakaian untuk bergaya layaknya anggota keluarga dinasti Cina kuno. Soal kuliner, lengkap deh di sana. Makanan khas Bandung juga ada.

4. Semarang

Chinatown Semarang (Instagram/@wisatasemarang)
Chinatown Semarang (Instagram/@wisatasemarang)

Wilayah chinatown tua di Semarang juga patut kamu kunjungi bila ada waktu. Mengapa? Pasalnya, wilayah ini kental dengan keragaman budaya. Selain Cina, ada juga Eropa dan Timur Tengah.

Salah satu tempat terkenal di sana adalah, Pasar Semawis yang sangat ramai ketika Imlek. Banyak pagelaran budaya yang diselenggarakan di Kota Lumpia itu.

Pasar Semawis juga terkenal dengan kulinernya yang nikmat. Kalau kamu mau mencari lumpia khas Semarang, di sini tempatnya.

5. Sudiroprajan, Solo

Sudiroprajan (kratonpedia)
Sudiroprajan (kratonpedia)

Pengin jalan-jalan ke pecinan di kampung halaman Presiden Jokowi? Bisa, kamu tinggal mampir saja ke Sudiroprajan.

Solo merupakan kota di Jawa Tengah yang kental dengan kebudayaan Cina. Banyak juga lho orang sukses keturunan Tionghoa yang berasal dari Solo, salah satunya Tung Desem Waringin.

Selain merupakan rumah bagi warga keturunan Tionghoa, chinatown Sudiroprajan juga memiliki pasar yang dinobatkan sebagai pasar terbesar di sana. Pasar itu bernama Pasar Gede Solo.

Arsitektur bangunan di sana pun unik-unik, rata-rata dipengaruhi oleh kebudayaan lokal, Cina, dan Eropa.

6. Kya Kya, Surabaya

Kya Kya Surabaya (Instagram/@pujilestarri)
Kya Kya Surabaya (Instagram/@pujilestarri)

Kota Pahlawan juga dihuni banyak warga etnis Tionghoa. Di sana terdapat sebuah wilayah layaknya kota tua yang pintu masuknya dihiasi gapura khas Cina bertulisan Kya Kya.

Selain bisa menikmati kuliner atau melihat kelenteng Dewa Makco, di Kya Kya juga terdapat rumah abu yang jadi cagar budaya. Tempat ini terkenal murah dari segi apapun.

Kabarnya, ada ratusan pedagang yang jualan di Kya Kya. Selain itu, sering ada pertunjukan musik klasik khas Tiongkok di Kya Kya.

7. Nagoya Hills, Batam

Wilayah ini memang letaknya di Segitiga Emas Asia Tenggara, dan memang gak jauh dari Singapura. Tentunya, Nagoya Hills yang ada di Kota Batam bakal menjadi chinatown terbaik di Indonesia.

Mau lihat tempat ibadah, tempat belanja, dan lainnya ada semua di sini. Dijamin kamu gak berasa di Indonesia.

Akan tetapi untuk kulinernya rata-rata gak halal ya. Ya mungkin 11:12 sama Petak Sembilan, Glodok.

8.  Asia Mega Mas, Medan

Nah, kota yang satu ini juga dipenuhi warga Tionghoa. So, chinatown-nya udah pasti keren banget.

Kawasan Mega Mas ini memang kerap disebut sebagai surga kuliner. Gak usah khawatir deh tempat makan di chinatown ini buka semalam suntuk.

Mau makan hidangan yang gak wajar seperti ular, katak, kadal, dan sebagainya, semua ada! Berani coba gak?.

Kabarnya, di sini gak cuma makanan khas Cina saja yang dijual. Ada makanan khas Thailand hingga Korea juga. Dan, harganya murah-murah.

9. Singkawang, Kalimantan

Chinatown Singkawang, Kalimantan (Tribun)
Chinatown Singkawang, Kalimantan (Tribun)

Sama seperti Medan, Kalimantan juga merupakan kota yang menjadi rumah bagi banyak warga Tionghoa. Daerah pecinan di sana pun bisa dibilang sangat hidup.

Arsitektur dan dekorasi-dekorasi khas Negeri Panda sangat menyatu dengan kota. Luar biasa indah dan keren! Kabarnya, wilayah ini juga menjadi chinatown terbesar di Indonesia.

Gak sedikit wisatawan yang hadir di sini hanya untuk menyaksikan perayaan Imlek dan Cap Go Meh. Karena parade terbesar dan terseru ya cuma ada di Singkawang ini.

Penasaran? Pesen tiket sekarang aja mumpung Imlek masih beberapa hari lagi.

Itulah delapan chinatown di Indonesia yang menyuguhkan kebudayaan Negeri Tirai Bambu yang fantastis! So, buat apa jauh-jauh ke Malaysia untuk menyaksikan langsung chinatown-nya yang disebut-sebut keren.

Di Indonesia juga jauh lebih keren. Dan, sudah pasti lebih murah. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →