Tepatkah Mengambil Cicilan untuk Membeli Gadget?

cara mengatur keuangan bulanan

Seiring dengan semakin majunya teknologi, bermunculan banyak gadget canggih di pasaran seperti smartphone yang menggoda kita buat memilikinya dengan cara cicilan smartphone.

Dengan mengusung fitur-fitur terbaru pada piranti yang mereka produksi, seringkali gadget semacam ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi. Tidak sedikit yang tergiur untuk memiliki gadget canggih ini dan memaksakan diri di luar kemampuan finansial mereka.

Jalan keluar yang paling umum? Mengambil utang cicilan smartphone. Tepatkah langkah ini? Karena tidak dipungkiri gadget adalah salah satu benda yang paling cepat mengalami pergantian model dan fitur.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli gadget secara kredit.

Evaluasi kembali tujuan Anda membeli gadget

Apakah didorong kebutuhan atau hanya keinginan semata? Jika gadget Anda yang sebelumnya rusak atau hilang berarti kebutuhan Anda untuk memiliki gadget baru bisa dipahami. Atau jika Andamembutuhkan gadget untuk menunjang pekerjaan Anda agar lebih efektif dan efisien.

Hindari membeli gadget hanya karena mengejar prestige atau ingin tampil terdepan. Karena jika ini motivasi Anda, akan selalu ada gadget terbaru yang memiliki fitur lebih canggih dalam hitungan bulan dan Anda tidak akan merasa puas dengan gadget yang telah Anda miliki.

Pilihlah gadget yang sesuai dengan kebutuhan

Setelah Anda memutuskan untuk membeli gadget, carilah ulasan spesifikasi beberapa merk dari satu tipe gadget yang Anda inginkan. Masing-masing gadget dilengkapi dengan fitur tertentu dari mulai yang paling sederhana seperti mengirim pesan atau telepon hingga melakukan aktifitas kantor atau hiburan secara mobile.

Pilihlah gadget dengan spesifikasi yang betul-betul Anda butuhkan, karena harganya akan bervariasi. Semakin canggih dan rumit fitur yang tersedia dalam sebuah gadget, semakin mahal pula harganya.

Bayar dengan cicilan smartphone

Banyak perencana keungan yang menyarankan untuk membayar secara tunai gadget yang Anda inginkan. Mereka berasumsi bahwa tidak seperti harga emas yang cenderung naik dari waktu ke waktu, harga gadget cenderung menurun.

Sehingga seringkali kita merasa rugi membayar cicilan dengan harga yang sudah tetap di awal, sementara harga gadget yang kita beli kini sudah jatuh. Bagi Anda yang belum memiliki cukup uang untuk membeli secara tunai, ada baiknya Anda mengumpulkan uang terlebih dahulu hingga cukup.

Sisihkan minimal 10% dari penghasilan, sesuai tujuan dan jangka waktu pencapaian yang telah Anda tetapkan sebelumnya.

Siapa yang boleh ambil cicilan?

Khusus untuk cicilan gadget, Rita Ghozie perencana keungan dari ZAP Finance mengatakan bahwa boleh tidaknya seseorang mengambil kredit gadget perlu dilihat dari karakter pembelian gadget individu itu sendiri. Jika individu tergolong gadget freak yang hobinya gonti-ganti gadget maka tidak disarankan untuk mengambil utang cicilan.

Karena biasanya dalam rentang waktu satu tahun, sebuah vendor bisa memproduksi hingga 2 jenis gadget tercanggihnya. Sehingga sangat mungkin utang cicilan untuk satu gadget belum lunas, Anda sudah menumpuk utang cicilan baru yang tidak kalah memberatkan.

Cicilan lebih cocok buat yang bukan gadget freak

Bagi individu yang tergolong apik, jarang mengganti gadgetnya, dan tidak mudah tergiur dengan tawaran gadget terbaru, kredit gadget selama satu tahun masih dianggap wajar. Carilah promo cicilan 0%, biasanya dengan kartu kredit tertentu.

Tidak lupa perhatikan biaya administrasi, jangan sampai jika ditotal harganya jauh lebih malah dibanding dari membeli tunai. Pastikan cicilan yang harus Anda bayar tiap bulannya tidak lebih dari 30% penghasilan bulanan Anda.