Butuh Cicilan Tanpa Kartu Kredit? Coba 16 Aplikasi Ini

pinjaman kredit online

Di era digital saat ini segala sesuatu yang tak mungkin bisa menjadi mungkin. Jika dulu pelajar atau mahasiswa tidak bisa mengajukan pinjaman, saat ini malah bertebaran tawaran dari perusahaan financial technology (fintech) memberi keringanan kredit. 

Kebutuhan produktif maupun konsumtif pun bisa terpenuhi dari produk fintech. Mahasiswa pun menjadi target baru dalam memperluas bisnis pembiayaan berbasis online ini. Banyak aplikasi cicilan mahasiswa dengan keringanan bunga dan tenor yang pendek. Meski begitu, bagi mahasiswa tetap perlu cermat dan teliti dalam memilih aplikasi fintech yang akan dipilih.

Platform cicilan tanpa kartu kredit

Pernahkah kamu mengalami masa harus melunasi uang semester berbarengan dengan kebutuhan membeli laptop baru? Atau orang tua belum mengirim uang saku bulanan, tapi kamu harus segera mengerjakan tugas atau riset yang banyak membutuhkan modal. Di saat kritis keuangan seperti ini, apa yang akan kamu lakukan? Ditambah tidak adanya tabungan atau dana cadangan.

Persoalan seperti ini menjadi kondisi yang kerap ditemui mahasiswa. Terlebih bagi mahasiswa rantau yang hanya mengandalkan uang saku bulanan. Di saat seperti ini, mahasiswa dituntut untuk cerdas dalam mengelola keuangan, yang bisa dibilang bukanlah hal yang mudah. 

Namun saat ini, kondisi tersebut terjawab dengan hadirnya lembaga nonbank untuk memenuhi kebutuhan dana cepat di kalangan mahasiswa. Persyaratan yang mudah, simple dan tanpa jaminan menjadi keunggulan lembaga penyedia pembiayaan online.

Saat ini sudah banyak layanan tanpa kartu kredit yang bisa digunakan dan menjadi alternatif kamu menjawab persoalan keuanganmu. Asyiknya lagi, fasilitas ini bisa didapat melalui aplikasi smartphone sehingga memudahkan kamu dalam mengakses dan menjadikannya terasa praktis.

pinjaman secara online

Nah, buat kamu yang sedang butuh dana cepat tapi enggak punya kartu kredit, berikut aplikasi jasa layanan cicilan untuk mahasiswa yang bisa kamu coba.

1. Kredivo

Aplikasi bertagline “Beli Sekarang, Bayar Nanti” ini menyediakan kredit cepat untuk belanja dengan cicilan tanpa kartu kredit dan pinjaman tunai dengan pilihan bayar dalam 30 hari atau cicilan 3, 6, dan 12 bulan dengan limit pinjaman hingga Rp30 juta. Kredivo juga telah banyak bekerja sama dengan ratusan e-commerce di Indonesia secara online dan berbagai merchant partner secara offline.

Syarat pengajuannya pun terbilang mudah untuk mahasiswa. Kamu terutama adalah WNI dan cukup berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun. Ketentuan domisili yang termasuk prasyarat adalah Jabodetabek, Bandung, Medan, Palembang, Semarang atau Bali. Terkait dengan penghasilan, kamu sudah harus memiliki minimal Rp3 juta per bulan.

2. Cicil

Nah, aplikasi cicilan tanpa kartu kredit ini memang dikhususkan untuk mahasiswa. Aplikasi Cicil hadir sebagai solusi kebutuhan penunjang perkuliahan mahasiswa yang belum memiliki bujet untuk memenuhinya. 

Syarat untuk dapat menggunakan fasilitas Cicil pun cukup mudah, yaitu mahasiswa aktif, memiliki KTP dan KTM. Bahkan, lembaga nonbank ini tidak mensyaratkan penghasilan minimum. 

Proses pendaftarannya bisa dilakukan melalui universitas yang bekerja sama dengan platform ini. Nah, kalau kampusmu enggak ada dalam daftar, kamu tetap bisa mencoba mendaftar melalui situs resmi Cicil.

Cara pengajuan layanan Cicil ini cukup unik. Kamu hanya perlu menyalin URL produk yang kamu mau dari e-commerce Indonesia atau memilih produk yang ada di situs Cicil. Selanjutnya adalah menentukan uang muka dan jangka waktu cicilan. 

Kamu juga bisa mendaftarkan profil terlebih dulu hingga mendapatkan persetujuan aplikasi transaksi. Setelah disetujui dan melalui proses verifikasi, baru deh kamu bisa bertransaksi menggunakan fasilitas Cicil.

3. Akulaku

Platform pinjaman online cicilan tanpa kartu kredit ini semula focus hanya untuk membeli barang-barang di situs Akulaku. Mudahnya, aplikasi ini untuk kredit barang online khusus pada kredit handphone di toko online Akulaku. Jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis, Akulaku mengarahkan nasabah ke toko online yang dikelola mereka.

Selain cicilan hp tanpa kartu kredit, Akulaku saat ini juga memperluas manfaat mereka dengan memberikan kredit tanpa agunan (KTA) kilat dengan maksimum pinjaman Rp2 juta dalam waktu 40 hari. Hanya saja, persyaratannya haruslah karyawan, wiraswasta dan pengemudi transportasi tumpangan online.

4. Home Credit

Home Credit merupakan penyedia layanan finansial yang telah berdiri lebih dari 10 tahun dan telah melayani konsumen dari belasan negara. Home Credit diperuntukkan kamu yang ingin membeli produk-produk seperti alat rumah tangga, alat elektronik, handphone, dan furnitur di toko offline maupun online

Syarat untuk berbelanja di aplikasi ini adalah WNI, memiliki KTP, berusia 21 tahun atau 19 tahun jika sudah menikah, berdomisili di area layanan Home Credit, dan memiliki penghasilan tetap. Mendaftarnya pun cukup mudah, kamu bisa mengakses aplikasinya atau mengunjungi situs resmi Home Credit.

5. Awan Tunai

Kamu butuh smartphone dengan sistem pembayaran cicilan? Awan Tunai bisa menjadi jawabannya. 

Untuk bisa menggunakan fasilitas di Awan Tunai, kamu hanya perlu siapkan KTP atau e-KTP. Awan Tunai menawarkan limit hingga Rp5 juta. Untuk berbelanja, kamu hanya cukup mengunduh aplikasinya dan melakukan pendaftaran sesuai instruksi yang tersedia.

Setelah selesai, kamu akan segera mendapatkan limit kredit HP tanpa DP sebesar Rp750 ribu yang bisa ditingkatkan hingga Rp5 juta. Dan menariknya lagi, semua proses ini hanya butuh satu hari kerja. Usai mendapatkan limit pinjaman, baru deh kamu bisa mendapatkan smartphone idaman. Mudah, bukan?

6. Kreditmu dari KreditPlus

Kreditmu adalah layanan kredit multiguna dari Kredit Plus yang bisa diakses melalui aplikasi smartphone. Kamu bisa gunakan Kreditmu untuk memudahkan berbelanja barang elektronik dan otomotif secara instan. Fitur-fitur Kreditmu memungkinkanmu mengakses informasi, simulasi cicilan, hingga berbagai promo menarik yang sedang berlangsung. 

Pengajuan kredit dapat dilakukan dengan mendaftar di situs resmi Kreditmu dan menentukan limit pinjamanmu. Selanjutnya, kamu sudah bisa berbelanja di e-commerce yang kamu pilih dan mengecek sisa limit melalui aplikasi atau situs Kreditmu.

7. Gojek PayLater

Fitur cicilan tanpa kartu kredit selanjutnya ada Gojek Paylater menjawab kebutuhan mahasiswa di saat kantong menipis. Gojek Paylater merupakan metode pembayaran baru dari Gojek bekerja sama dengan Findaya, yaitu sebuah perusahaan fintech yang terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Fitur ini memberimu kemudahan dalam memesan berbagai layanan Gojek kapan saja dan bayarnya cukup sekali di akhir bulan. Cara pemakaiannya pun enggak susah lho. Cukup pilih fitur Gojek PayLater di akhir check out. 

Selain itu, metode pembayaran ini tidak dikenai bunga. Kamu hanya cukup membayar biaya langganan yang dibayar setiap akhir bulan. Sedangkan untuk limitnya sendiri dimulai dari Rp500 ribu. Kebutuhan ojek online di kota besar membuat Gojek Paylater sangat berguna buat kamu yang punya mobilitas kerja tinggi.

8. Ovo Paylater

Tidak kalah bersaing dengan aplikasi pinjaman online lain, OVO juga ikut meramaikan pasar ini dengan mengeluarkan OVO PayLater. Platform dompet digital ini mengenakan bunga kepada penggunanya sebesar 2,9 persen dengan tenor selama 3-12 bulan. Sedangkan maksimal pinjaman yang ditawarkan OVO adalah Rp10 juta.

9. Traveloka Paylater

Startup nonbank lain adalah Traveloka PayLater yang menawarkan liburan domestic dan luar negeri dengan pembayaran di lain hari. Fitur ini memberikan bunga berkisae 2,1-4,7 persen dengan tenor maksimal 12 bulan. Maksimal limit yang bisa kamu gunakan sebesar Rp50 juta. Jadi tertarik untuk berlibur, ya?

10. Shopee Paylater

Seperti ingin memanjakan penggunanya, Shopee situs belanja online mengeluarkan Shopee PayLater. Fitur ini memberikan bunga 2,9 persen dengan tenor lebih dari satu bulan. Besaran pinjaman yang ditawarkan mulai dari Rp750 ribu. Menariknya jika masih dalam jangka waktu 30 hari pembeli sudah melakukan pembayaran, maka tidak ada bunga yang dibebankan. Berbelanja pun jadi lebih ringan.

11. Kredit Pintar

Buat mahasiswa, situs pinjaman online Kredit Pintar pasti sudah enggak asing lagi. Fitur ini menawarkan solusi pinjaman dengan proses pengajuan mudah yang dilakukan melalui smartphone dengan mengunduh aplikasinya saja. 

Di Kredit Pintar, nasabah diberikan kemudahan dalam membayar cicilannya yang bisa dilakukan di mana saja seperti transfer melalui ATM, mobile banking, sampai BluePay yang bisa dilakukan di Alfa Group (Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, Lawson, dan lain-lain). 

Cukup dengan menyiapkan KTP dan rekening bank atas namamu untuk pengajuannya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung mengunjungi situs simpan pinjam Kredit Pintar.

12. Koin Works

Merupakan salah satu platform yang mempertemukan peminjam dan pendana secara online. Produk yang ditawarkan salah satunya adalah Koin Pintar yaitu memberikan pinjaman mahasiswa untuk dana pendidikan. Tidak hanya berfokus pada pendidikan formal, namun juga ada program pembiayaan untuk pendidikan nonformal. Proses pinjamannya bisa dilakukan secara online

13. Uang Teman

Pinjaman online tanpa jaminan lain yang mudah dan cepat dalam prosesnya adalah UangTeman. Salah satu pionir pinjaman online di Indonesia ini menawarkan pinjaman untuk bantuan kredit mikro jangka pendek. 

Sifat pinjaman di fitur ini enggak hanya untuk pembiayaan pendidikan saja, tapi juga bisa untuk kebutuhan produktif maupun konsumtif. Nah, buat kamu yang lagi ngincer mau beli smartphone terbaru, UangTeman bisa jadi pilihanmu untuk merealisasikan mimpimu.

14. Julo

Julo merupakan aplikasi cicilan tanpa kartu kredit untuk pinjaman tunai. Mengeklaim sebagai produk fintech dengan bunga rendah, Julo menawarkan berbagai pilihan plafon dengan tenor yang berbeda. Ada dua produk yang ditawarkan di Julo yaitu Julo Cicil untuk kredit pinjaman hingga Rp8 juta dan Julo Mini untuk pinjaman cepat dengan besaran pinjaman hingga Rp1 juta.

15. Indodana

Merupakan aplikasi pinjaman online yang menawarkan cicilan tanpa kartu kredit. Di aplikasi ini kamu bisa memiliki kredit handphone dengan tenor maksimum enam bulan. 

Cara pengajuannya pun cukup mudah. Kamu tinggal mengunjungi situs Indodana, pilih ponsel yang akan dibeli, pilih cara pembayaran dengan cicilan kemudian melengkapi persyaratan dokumen dan data yang diminta. Jika pengajuan kamu disetujui, ponsel pilihanmu langsung dikirim ke rumahmu. 

Lalu syaratnya apa saja, ya? Berusia 21 tahun, melampirkan KTP, memiliki pekerjaan tetap, punya akun bank atas nama sendiri, sudah menjadi peserta BPJS, dan memiliki akun internet banking. Kelebihan lain dari kredit di Indodana adalah prosesnya yang memakan waktu maksimum tiga hari saja dan gratis ongkos pengiriman barang.

16. Dana Cita

Platform pinjaman online lain yang bisa dijadikan pilihan dalam memberikan kemudahan pelunasan cicilan mahasiswa ataupun kebutuhan penunjang perkuliahan adalah Dana Cita. Hanya saja, pinjaman online ini berlaku untuk siswa baru dan pelajar aktif di lembaga pendidikan yang bekerja sama dengan Danacita. 

Keringanan lain yang diberikan antara lain bebas melunasi lebih awal tanpa denda. Persyaratan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan pinjaman di Dana Cita adalah KTP wali (jika pelajar atau mahasiswa berusia di bawah 21 tahun), KK wali, tagihan kampus, ID pelanggan listrik,  slip gaji atau rekening Koran wali tiga bulan terakhir, dan NPWP.

Tips mengajukan pinjaman online

Jika melihat dari mudahnya persyaratan yang diberikan platform fintech dalam pengajuan pinjaman, pastinya membuat calon peminjam tergiur. Namun, banyak hal yang perlu jadi pertimbangan sebelum memutuskan mengajukan pinjaman ke sejumlah aplikasi cicilan tanpa kartu kredit.

Sebagai bahan pengingat, dengan melakukan pinjaman otomatis kamu memiliki utang yang harus dibayar dalam jangka waktu tertentu. Jangan sampai kewajiban melunasi pinjaman malah menjebak kamu dan membuat masalah finansial baru. Karena dengan pinjaman online, konsekuensinya tak hanya melibatkan diri kamu sendiri tapi juga keluarga dan juga lingkungan pertemanan kamu.

 Agar tak terjebak dengan hal tersebut, berikut beberapa tips yang bisa jadi acuan kamu sebelum mengajukan pinjaman online.

1. Cermati kebutuhan dan keinginan

Di sini kamu harus bijak dalam melihat alasan utama membutuhkan dana cepat tersebut. Perhatikan baik-baik, apakah dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan utamamu atau hanya untuk memenuhi keinginanmu saja. 

Jika kamu hanya ingin membeli handphone terbaru demi gaya hidup, sebaiknya hindari mengajukan pinjaman. Terlebih jika nominal yang kamu inginkan besar. Pinjaman di fintech akan bisa menolongmu, jika kamu mampu dan pintar mengelola keuanganmu dengan baik.  

2. Pastikan kemampuan finansialmu sudah stabil

Kamu perlu mempertimbangkan dengan matang berapa nominal yang akan kamu bayar atas utang yang kamu ambil nantinya. Jangan pernah sekali-kali mengajukan besaran utang yang kamu sendiri kesulitan untuk melunasi cicilannya. 

Karena jika kamu gegabah menentukannya, sudah pasti utangmu akan mengganggu stabilitas finansialmu. Dan satu lagi, pastikan juga kemampuan membayar cicilan maksimal 30 persen dari total pendapatan.

3. Besaran bunga yang ditawarkan

Selain nominal, poin lain yang menjadi pertimbangan adalah tingkatan bunga yang ditentukan fintech tersebut. Meski banyak platform cicilan tanpa kartu kredit menjanjikan bunga ringan untuk mahasiswa, sebaiknya perhatikan secara detail rincian cicilan dan besaran pendapatan atau uang sakumu. Langkah ini untuk mencegah kredit macet di kemudian hari.

4. Tenor pinjaman

Sebaiknya kamu memilih tenor pendek untuk kredit barang atau cicilan pinjaman. Logikanya, semakin panjang masa tenor, maka semakin besar juga biaya bunga yang ditetapkan. Terlebih jika kamu mengkredit barang konsumtif yang nilainya turun seiring waktu.

5. Pilih beberapa alternatif fintech

Di zaman serba digital ini, kamu pastinya dimudahkan dengan banyaknya platform fintech yang menawarkan solusi keuangan. Pelajari dan kenali situs atau aplikasi pinjaman online yang memberikan kemudahan untuk nasabahnya. Pastikan juga untuk meriset track record dari aplikasi cicilan tanpa kartu kredit tersebut. 

Kamu bisa juga mencari tahu melalui temanmu yang pernah menjadi nasabahnya. Pendapat dari kerabat pada umumnya dapat menjadi masukan yang sangat bermanfaat.

6. Data diri

Masalah utama dalam pinjaman online adalah pengajuannya dilakukan lewat aplikasi di ponsel yang berefek pada penarikan data pribadi. Pastikan kamu tahu soal ini dan setuju jika data diri kamu ditarik dan berisiko digunakan oleh pihak penyedia dana cepat.

Alternatif selain pinjaman online

tips pinjaman online

Selain pinjaman online, sebenarnya masih banyak cara lain agar pendidikan kamu tidak terhambat, apalagi dengan biaya pendidikan yang semakin tinggi setiap tahunnya. Perlu langkah alternatif selain mengandalkan pinjaman online, berikut beberapa caranya.

1. Tabungan pendidikan berjangka

Langkah ini sebenarnya yang harus disiapkan orang tua untuk keberlangsungan pendidikan anak-anaknya. Tabungan pendidikan ini sebaiknya dibuat sejak anak masih dalam kandung. Biasanya tabungan jenis ini disediakan oleh lembaga keuangan seperti perbankan atau asuransi baik swasta atau pemerintah.

Skemanya, nasabah menabung dalam jumlah yang sama setiap bulannya dalam jangka waktu yang sudah dipilih. Pilihan waktu yang ditentukan antara lain 5, 10, dan 15 tahun. Bahkan, saat ini tabungan pendidikan juga dilengkapi dengan perlindungan sebagaimana diterapkan dalam produk asuransi pendidikan. Dengan begitu bila pemegang polis meninggal, keluarga tertanggung akan mendapat uang pertanggungan.

2. Investasi reksadana

Salah satu instrumen investasi yang bisa menjadi alternatif menutup biaya pendidikan adalah reksadana. Walau investasi ini memiliki bunga keuntungan yang relatif lebih rendah, namun tingkat keamanannya terbilang terjamin. Jadi pas jika digunakan untuk memenuhi biaya pendidikan. 

3. Tabungan emas

Salah satu investasi lain yang bisa dilakukan adalah dengan menabung emas. Investasi emas merupakan langkah aman untuk pengeluaran pendidikan. Bagaimana tidak? Nilai emas cenderung tetap atau naik sehingga harganya selalu stabil. Dari sini kita bisa mendapatkan jaminan untuk dapat untung.

Pinjaman tunai secara online bisa membantu kamu mendapatkan solusi jika sedang mencari cara untuk melunasi cicilan tanpa kartu kredit. Meski begitu, jangan mengabaikan cash flow-mu juga ya supaya pengeluaran sehari-harimu bisa lancar juga.