Profil Ciptadana Asset Management, Manajer Investasi

ciptadana (4)

Ciptadana Asset Management adalah manajer investasi yang juga gak boleh luput dari perhatian. Produk reksa dana mereka juga tergolong cukup berperforma dan menarik untuk dijadikan alternatif dalam melakukan diversifikasi portofolio.

Produk-produk reksa dana mereka sayangnya memiliki nama yang sedikit berbeda. Alih-alih menggunakan nama Ciptadana, mereka cuma pakai kata Cipta. Oleh karena itu, kadang kita sendiri agak sulit mencarinya. 

Sulit dicari bukan berarti sulit dibeli ya. Reksa dana mereka mudah banget kok ditemukan di agen penjual efek reksa dana, atau mitra distribusi lainnya.

Ingin tahu lebih lanjut seputar manajer investasi ini? Yuk kita cari tahu di bawah sini.

Profil Ciptadana Asset Management

Bukan rahasia lagi bahwa perusahaan investasi ini adalah anak usaha dari sebuah perusahaan layanan jasa keuangan ternama, PT Ciptadana Kapital. Di bawah Ciptadana Kapital, juga ada Ciptadana Sekuritas Asia yang bertindak sebagai broker saham.

Menurut keterangan di situs resminya, manajer investasi ini didirikan pada tahun 1990 dengan nama PT Lippo Investment Management. Mereka pun mendapat izin sebagai manajer investasi dari Bapepam melalui surat keputusan No KEP – 13/PM-MI/1992, tanggal 14 April 1992.

Produk pionir dari manajer investasi ini bernama Indonesia Growth Fund yang diluncurkan tahun 1992. 

Di tahun 2002, PT Lippo Investment Management pun berganti nama menjadi Ciptadana.

Sejauh ini, produk-produk reksa dana yang mereka terbitkan pun dianugerahi banyak penghargaan sebut saja dari Majalah Investor, Infovesta, Bareksa, Kontan, dan lainnya.

Mereka pun gak cuma jualan reksa dana lho. Mau tahu apa saja yang ditawarkan oleh manajer investasi ini ke nasabah? Cek poin selanjutnya.

Menyediakan Dana Investasi Real Estat Kontrak Investasi Kolektif

ciptadana
Peluncuran Reksadana dengan Nobu Bank (FB Ciptadana)

Manajer investasi ini juga menerbitkan DIRE-KIK pertama di Indonesia lho. DIRE-KIK itu apa sih?

Sejatinya, DIRE-KIK adalah reksa dana juga tapi fokusnya memang lebih ditujukan untuk mendanai proyek properti. Tapi bukan sembarang properti yang bisa ditanami duit DIRE. Hanya bangunan yang menerapkan sistem sewa yang bisa dijadikan aset DIRE.

Sama kayak reksa dana yang artinya adalah urun dana, DIRE bekerja dengan diawali penghimpunan dana dari masyarakat oleh manajer investasi. Uang tersebut lalu diolah oleh manajer untuk membeli suatu bangunan, misalnya mal, secara keseluruhan. 

Nah, hasil sewa bangunan itu kemudian dibagikan ke para pemegang unit penyertaan dalam bentuk dividen secara proporsional. Besaran dividen yang wajib dibagikan setiap tahun adalah minimal 90 persen dari total hasil sewa setelah dikurangi pajak.

Tertarik investasi di DIRE? Tunggu dulu ya, kita cari tahu dulu aja yuk reksa dana yang diterbitkan oleh Ciptadana Asset Management.

Reksa dana Ciptadana Asset Management

Bicara soal produk reksa dana, Ciptadana punya banyak dan semuanya tertera di situsnya. Namun gak semua informasi reksa dana mereka tersedia dan bisa diakses.

Di bawah ini adalah sejumlah produk reksa dana dari Ciptadana yang bisa dibeli di situs Bareksa. Kira-kira seperti apa sih performa produk mereka? Gimana kalau kita cari tahu saja di tabel bawah ini.

Produk 1 tahun 3 tahun 5 tahun 8 tahun 10 tahun
Reksadana saham
Rencana Cerdas -30,89% -19,55% -10,73% 2,6% 35,57%
Cipta Syariah Equity -32,31% -39,36% -37,76% -18,96% 12,29%
Reksadana campuran
Cipta Dana Dinamika -15,47% -3,57% 6,91% 25,51% 45%
Cipta Syariah Balance -4,21% -7,49% -1,25% 7,8% 43,85%
Reksadana Pendapatan Tetap
Cipta Bond  8,71% 17,79% 20,19%
Reksadana pasar uang
Cipta Dana Cash 5,94% 19,42%

Cara beli reksa dana Ciptadana Asset Management

ciptadana
Inilah beberapa produk unggulan mereka (FB Ciptadana)

Ada dua cara praktis yang bisa kamu lakukan untuk membeli reksa dana dari manajer investasi ini. 

1. Langsung ke manajer investasi

Untuk cara yang satu ini, kamu harus melakukan registrasi di http://ciptadana-am.com/camreg/en/online-registration-individual/. Isi formulir registrasinya dengan lengkap. Setelah itu, pihak Ciptadana akan memproses permohonanmu,

Dalam situs resmi manajer investasi ini, mereka juga menyediakan formulir-formulir untuk membeli reksa dana, pengkinian data, dan lainnya. Namun saat Lifepal melakukan penelusuran terhadap formulir-formulir itu, situs manajer investasi ini malah jadi error.

2. Beli di agen penjual efek reksa dana

Buat kamu yang ingin membelinya di agen penjual efek reksa dana, kamu bisa menuju Bareksa. Silahkan lakukan registrasi di aplikasinya dan silahkan mencari produk-produk di atas lewat kolom pencarian Bareksa.

Di sana, kamu pun bisa mengulik informasi mengenai reksa dana dari manajer investasi ini lewat fund fact sheet-nya.

3. Beli di perusahaan sekuritas

Bila kamu memiliki akun di IndoPremier Sekuritas, maka kamu tinggal memilih menu iPot Fund dan mencari reksa dana milik Ciptadana Asset Management di sana. 

Uniknya, Indopremier menyediakan banyak sekali pilihan reksa dana dari manajer investasi ini. Akan tetapi, produk top mereka adalah yang tertera di tabel atas.

Kontak Ciptadana Asset Management

Bila ada pertanyaan lebih lanjut seputar produk-produk yang mereka tawarkan, atau kamu tertarik membeli DIRE, silahkan saja menghubungi mereka di:

Plaza ASIA (d/h. ABDA)

Office Park unit 2

Jl. Jend. Sudirman Kav. 59

Jakarta, 12190

T+62 21 2557 4883

T+62 21 2557 4893

[email protected]

Ciptadana-am.com

Itulah serba-serbi mengenai manajer investasi penerbit DIRE pertama di Indonesia. Semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi!