Ciri Karet Support Shockbreaker Rusak dan Penyebabnya Nggak Awet

ciri-ciri karet support shockberaker rusak I Lifepal.co.id

Ciri-ciri karet support shockbreaker rusak bisa kamu identifikasi sejak awal. Umumnya akan muncul bunyi yang aneh pada mobil ketika dikendarai. Selain itu, setir mobil juga biasanya kurang stabil dan condong ke suatu arah tertentu. 

Mengetahui kerusakan pada karet shockbreaker itu sangat penting dilakukan demi keselamatan pengemudi dan penumpang. Sebab, pengemudi akan lebih sulit untuk mengendalikan kendaraan khususnya di jalanan yang tidak rata atau rusak. Agar dapat menghindari hal tersebut, yuk ketahui apa saja ciri-ciri karet support breaker rusak, penyebab dan fungsinya di bawah ini!

1. Terdengar Bunyi Bising dan Aneh

Salah satu ciri karet support shockbreaker rusak adalah munculnya bunyi bising dan aneh terlebih saat berkendara di permukaan jalanan yang kurang rata. 

Jika kamu mulai mendengar bunyi aneh pada mobil yang bukan berasal dari arah suspensi pastikan untuk segera melakukan pemeriksaan. 

Sebab, bunyi aneh tersebut kemungkinan besar berasal dari karet shockbreaker yang bantalan atasnya sudah tidak bekerja dengan maksimal sehingga tidak mampu lagi meredam getaran.

2. Kemudi Mulai Sulit Dikendalikan

Tanda kerusakan lainnya dari  karet support shockbreaker dapat mengakibatkan terjadinya oksilasi yang terlalu berlebih. Hal ini tentu akan membuat kendaraan menjadi mudah oleng ke kanan dan kiri sesuai dengan arah oksilasi.

Dimana oksilasi yang berlebih ini akan memunculkan berbagai gangguan lainnya saat berkendara mulai dari pitching, yawing dan bouncing.

3. Karet Mobil Getas

Ciri lainnya yang dapat kamu perhatikan agar dapat menyadari apakah karet support shockbreaker pada mobilmu rusak adalah dengan rutin melakukan pengecekan pada komponen tersebut secara visual.

Sebab, karet support shockbreaker yang mulai rusak umumnya ada bagian yang harusnya lunak seperti karet namun malah getas sehingga tidak dapat dibiarkan lama-lama. 

Sebab, karet getas ini akan mengganggu kinerja komponen mobil tersebut secara keseluruhan sehingga tidak dapat beroperasi dengan maksimal.

4. Setir Condong ke Satu Sisi

Jika kamu mulai merasakan setir yang condong ke salah satu sisi tentu besar kemungkinan fungsi karet support shockbreaker sudah tidak dapat bekerja lagi dengan maksimal.

Hal ini tentu akan sangat berbahaya karena tidak hanya akan mengganggu kenyamanan namun juga membuat mobil sulit dikendalikan sehingga dapat mengancam keselamatan.

5. Karet Support Shockbreaker Dapat Terlihat Robek

Jika tampilan karet support shockbreaker mulai tidak layak secara visual seperti pecah, sobek dan bocor maka kamu wajib segera menggantinya agar tidak terjadi kerusakan yang tidak diinginkan untuk komponen di sekitarnya.

Pemeriksaan karet support ini dapat dilakukan dengan cara membuka kap mesin mobil dan memperhatikan bagian visual pada permukaan kendaraan.

Penyebab Karet Support Shockbreaker Rusak

Karet support shockbreaker adalah salah satu komponen penting dalam sistem suspensi mobil yang berfungsi untuk meredam getaran dan memberikan kenyamanan berkendara. Namun, karet support shockbreaker dapat rusak akibat berbagai penyebab. Berikut adalah beberapa penyebab umum karet support shockbreaker rusak:

1. Melakukan modifikasi suspensi

Jika kamu melakukan modifikasi pada mobil khususnya pada bagian suspensi maka akan mempercepat kerusakan pada karet support shockbreaker. 

Terlebih jika kamu melakukan modifikasi pegas yang lebih keras agar dapat menambahkan daya angkat suspensi pada kendaraan. 

Sebab, tingkat kekerasan pada shockbreaker akan secara langsung mempengaruhi gaya kejut ketika dioperasikan di jalan raya. Semakin besar ketut ini akan menekan karet support shockbreaker terlalu keras hingga menyebabkan kerusakan.

2. Menggunakan onderdil yang tidak original

Menggunakan onderdil yang tidak original bisa berbahaya bagi komponen mobil, termasuk karet support shockbreaker. Komponen aftermarket yang tidak sesuai standar kualitas dapat cepat rusak dan mengganggu kinerja suspensi.

Makanya, cari asuransi mobil yang menjamin keaslian komponen mobil. Lifepal memiliki berbagai polis asuransi dari brand Roojai Indonesia yang menjamin keaslian sparepart mobil setiap kali kamu melakukan perbaikan di bengkel rekanan.

3. Karet support shockbreaker lewat umur penggunaan

Seperti komponen lainnya, karet support shockbreaker memiliki umur pakai yang terbatas. Penggunaan yang melebihi umur pakai dapat menyebabkan karet menjadi keras dan retak, sehingga tidak lagi efektif dalam meredam getaran. Hal inilah yang membuatmu harus melakukan pengecekan secara rutin pada semua komponen mobil. Sehingga penggantian komponen tersebut dapat segera dilakukan sebelum menyebabkan hal yang tidak diinginkan. 

Umur pakai shockbreaker dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti kualitas komponen, kondisi jalan, gaya mengemudi, dan perawatan yang dilakukan. Secara umum, shockbreaker biasanya memiliki umur pakai antara 50.000 hingga 100.000 kilometer. Namun, beberapa faktor dapat mempengaruhi umur pakai shockbreaker:

4. Upper mounting tidak terpasang sempurna

Upper mounting yang tidak terpasang dengan sempurna dapat menyebabkan beban yang tidak merata pada karet support shockbreaker. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan lebih cepat karena tekanan yang tidak seimbang.

5. Shockbreaker jarang dibersihkan

Kotoran dan debu yang menumpuk pada shockbreaker dapat menyebabkan karet support cepat aus. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan shockbreaker secara rutin untuk menjaga kinerja dan umur pakai komponen tersebut.

6. Muatan berlebihan saat berkendara

Membawa muatan yang melebihi kapasitas kendaraan dapat memberikan tekanan berlebih pada seluruh sistem suspensi, termasuk karet support shockbreaker. Hal ini tidak hanya mempercepat kerusakan karet support tetapi juga dapat merusak komponen suspensi lainnya.

Tips dari Lifepal! Ada beberapa ciri ciri karet support shockbreaker rusak yang wajib kamu ketahui agar dapat segera melakukan penanganan tepat demi mencegah rusaknya komponen mesin lain pada mobilmu.

Beberapa ciri ini mulai dari muncul bunyi bising yang mengganggu, karet mobil getas, setir sering lepas kendali dan tidak stabil serta visual karet yang sudah tidak layak sehingga wajib segera diganti.

Kamu juga dapat mengenali ciri shock mobil mati  dan mempelajari cara cek shock depan mobil di artikel Lifepal!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Salah satu hal penting yang tidak pernah bisa dipisahkan dari pemilik kendaraan yaitu adalah melindunginya dengan asuransi mobil. 

Sebab, asuransi mobil akan memberikan perlindungan tambahan berupa jaminan ganti rugi atas segala kerugian yang mungkin terjadi pada kendaraanmu di masa yang akan datang.

Beberapa kerugian yang dapat dijamin ganti rugi oleh asuransi ini mulai dari kerusakan karena kecelakaan, kehilangan karena pencurian hingga tanggung jawab hukum pihak ketiga jika dibutuhkan.

Dan juga biaya servis mobil dan perawatan mobil tidaklah murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Pertanyaan Seputar Karet Support Shockbreaker Rusak

Fungsi karet support shockbreaker yang paling utama yaitu adalah menjadi bantalan dari shockbreaker yang dapat terhubung langsung ke body mobil sehingga dapat membuat pengendara dapat mengemudi dengan nyaman. Yuk, cek info selengkapnya di artikel ini.
Karet support shockbreaker terletak di ujung pada bagian atas shockbreaker atau dapat ditemukan pada bagian bawah kaca depan mobil.