Ciri-Ciri Relay Starter Mobil Rusak Yang Perlu Diwaspadai

ciri ciri relay starter mobil rusak

Ada berbagai ciri-ciri relay starter mobil rusak yang mudah dikenali. Salah satunya adalah saat kendaraan dinyalakan, maka akan ada bunyi cetek dan dinamo starter tidak berputar. 

Jika sudah terjadi seperti ini, ada baiknya untuk mengganti komponen mobil yang satu ini.

Relay starter mobil yang rusak akan membuat kamu kesulitan menyalakan kendaraan, sehingga kendaraan pun akan sulit dinyalakan dan tidak dapat digunakan. Terlebih, jika komponen ini rusak, maka dikhawatirkan akan membuat komponen lainnya juga rusak.

Kamu juga akan berisiko mengalami mogok mendadak saat di tengah perjalanan. Maka dari itu, jika sudah ada tanda-tanda kerusakan seperti relay bunyi cetak cetek, maka ada baiknya untuk membawa kendaraan ke bengkel mobil terdekat

Simak informasi berikut ini tentang ciri-ciri relay starter mobil rusak dan cara menanganinya dalam artikel berikut ini. 

Ciri-Ciri relay starter mobil rusak

Relay starter mobil atau yang sering disebut sebagai dinamo mobil ini memiliki risiko kerusakan. Untuk mengetahuinya cukup mudah karena kamu dapat melihat dari beberapa ciri-ciri relay starter mobil rusak berikut ini:

Mesin sulit hidup pada saat mesin panas

Pada saat kendaraan sudah digunakan dan ingin digunakan kembali, mesin akan sulit dinyalakan. Hal ini karena tahanan koil pada mesin mobil semakin banyak.

Setelah kendaraan digunakan dan mesin masih dalam keadaan panas, lalu panas dari mesin ini akan mengenai badan solenoida sehingga nilai resistansi pada kumparan akan meningkat. 

Hal ini menyebabkan arus listrik tertahan dan tidak akan dapat mengalir dengan sempurna ke bagian kumparan. Arus listrik yang tersumbat ini menyebabkan mesin jadi lebih sulit untuk dihidupkan kembali.

Mesin tidak bereaksi saat di-starter

Ciri-ciri ini berkaitan dengan ciri nomor satu. Biasanya, mesin mobil akan segera merespons pada saat dinyalakan.

Namun, jika mesin tidak menyala atau tidak memberikan respons apa pun, maka kamu perlu mewaspadai adanya kerusakan pada relay starter mobil.

Mesin mengeluarkan bunyi

Ciri selanjutnya ini mudah dikenali. Saat kamu mencoba untuk menyalakan mobil, maka akan muncul bunyi bising yang terdapat dari gigi atau mesin mobil.

Bila suara semakin keras dengan gertakan dari dalam mesin, maka menandakan jika kondisi kerusakan sudah semakin parah. Ada baiknya untuk segera servis mobil ke bengkel dan mengganti komponen ini.

Lampu depan mati mendadak

Ciri terakhir dari relay starter yang rusak yaitu, saat sedang digunakan atau saat sedang di-starter, lampu bagian depan mobil akan mati mendadak.

Hal ini bisa disebabkan karena dinamo starter rusak atau ada masalah pada aki, sehingga lampu depan dan komponen mesin lainnya mulai melemah.

Penyebab relay rusak

Penyebab starter relay mobil yang rusak bukan karena kehausan pada aki saja, melainkan beberapa hal lainnya berikut ini:

Aki mobil habis

Seperti yang sudah disebutkan, aki merupakan sumber listrik yang digunakan di dalam mobil. Begitu pula dengan relay starter mobil yang merupakan salah satu komponen yang memanfaatkan aki agar bisa berfungsi.

Jika aki mobil sudah habis, maka perlu segera diganti. Aki mobil yang habis atau aus akan menyebabkan sistem kelistrikan pada mobil tidak bekerja dengan maksimal.

Kerja dinamo yang berat dan terus dipaksa

Ketika mesin tidak mau menyala, mungkin kamu akan memaksa untuk mencoba menyalakan mesin. Hal ini tidak disarankan karena bisa membuat starter dinamo jadi mudah rusak.

Saat dinamo dipaksa untuk bekerja dengan beban yang berat, komponen ini akan jadi mudah panas sehingga bisa membakar komponen-komponen lain yang ada di sekitarnya. 

Sebaiknya, tunggu dinamo selama beberapa menit agar lebih dingin, setelah itu baru coba nyalakan mesin kembali.

Carbon brush sudah habis

Carbon brush starter merupakan komponen mobil di bagian dinamo starter. Saat komponen ini habis atau rusak, maka putaran dinamo akan melemah dan menimbulkan suara yang kurang nyaman sewaktu mobil distarter.

Sebaiknya segera ganti komponen carbon brush jika sudah ada tanda-tanda kerusakan.

Fungsi relay mobil

Komponen mobil yang satu ini memiliki beberapa peran penting, tidak hanya sebagai starter untuk menyalakan kendaraan saja. Beberapa fungsi relay mobil adalah sebagai berikut.

Membuat cahaya lampu lebih terang

Sebagai komponen yang menggunakan listrik dalam mobil, tentu saja relay mobil bisa mempengaruhi kinerja komponen kelistrikan mobil lainnya. Seperti lampu bagian depan. Dengan adanya relay mobil, lampu depan akan bisa menyala lebih terang.

Melindungi saklar

Fungsi lainnya adalah sebagai pelindung saklar atau switch dari panas mesin mobil yang dihasilkan pada saat dijalankan. Hal ini bisa meminimalisir risiko saklar meleleh karena panas.

Maka dari itu, relay mobil juga dapat memperpanjang umur penggunaan saklar meski dialiri dengan daya listrik yang besar.

Tips dari Lifepal! Sebagai salah satu komponen yang sangat penting untuk menyalakan kendaraan dan kelancaran arus listrik di dalam mobil, maka relay starter ini perlu dirawat.

Jika sudah muncul ciri-ciri kerusakan dari komponen mobil yang satu ini, ada baiknya untuk segera membawa mobil ke bengkel untuk diservis.

Pentingnya punya asuransi mobil

Ada beberapa alasan mengapa asuransi mobil menjadi hal yang penting untuk dimiliki oleh semua pemilik kendaraan, termasuk kamu.

Pertama, saat melakukan perjalanan, tentu ada risiko dan musibah yang mungkin terjadi sehingga umumnya akan memberikan kerugian.

Beberapa kerugian yang seringkali terjadi yaitu kerusakan ringan seperti saat mobil dikendarai, kendaraan mogok di jalan ataupun adanya kerusakan karena kecelakaan, hingga musibah berat seperti kehilangan akibat tindak pencurian.

Namun, dengan adanya asuransi dapat memberikan rasa tenang karena semua risiko tersebut akan ditanggung ganti ruginya oleh perusahaan sesuai dengan poin-poin yang telah disetujui dalam polis yang berlaku.

Bahkan tidak hanya itu saja, manfaat asuransi mobil ini juga dapat diperluas dengan jaminan tambahan seperti adanya ganti rugi karena kerugian akibat kerusuhan, terorisme hingga bencana alam seperti banjir. 

Ditambah, ada pula manfaat tambahan berupa tanggung jawab hukum (TJH) terhadap kerugian pihak ketiga apabila dibutuhkan sehingga membuatmu dapat merasa jauh lebih aman dan fokus saat berkendara.

Apalagi biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Pertanyaan seputar cir-ciri relay starter mobil rusak 

Ada tiga
ciri utama relay starter mobil rusak, yaitu tidak ada reaksi pada dinamo starter saat dinyalakan; saat dibongkar, bodi starter mobil akan menggembung; dan tidak ada sambungan listrik pada kendaraan.

Mengapa perlu memiliki asuransi mobil?

Asuransi mobil memberikan manfaat perlindungan berupa penggantian biaya servis di bengkel akibat kecelakaan maupun bencana alam. Jadi, kamu akan terhindari dari risiko finansial yang besar akibat mahalnya biaya perbaikan mobil di bengkel.

Dapatkan Promo