Commonwealth Life: Keunggulan dari Asuransi Jiwa Mereka

uang muka KPR turun

Hidup penuh risiko, idiom itu mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Meski begitu, kerugian risiko sebenarnya bisa diminimalkan agar tidak membawa dampak buruk bagi keuangan kita apalagi mengancam keberlangsungan hidup. 

Salah satu cara untuk mengantisipasi risiko adalah dengan melindungi diri lewat kepemilikan asuransi. Dari sekian produk asuransi yang ada, satu yang dapat kita pilih adalah asuransi Commonwealth Life. 

Commonwealth Life adalah perusahaan asuransi Indonesia yang merupakan bagian dari entitas Commonwealth. Saat ini, Commonwealth Life menawarkan produk asuransi jiwa untuk individu dan korporasi. 

Awal Transformasi

Sebelum menjadi Commonwealth Life, perusahaan asuransi ini mengalami transformasi bisnis dengan mengganti namanya. Pergantian nama dilakukan sejalan dengan perubahan kepemilikan saham dalam perusahaan. Berikut perjalanan transformasi bisnis Commonwealth Life. 

  • Pertama kali didirikan pada tahun 1990 dengan nama PT Asuransi Jiwa Sedaya. 
  • Group Commonwealth Bank of Australia (CBA) menjadi pemegang saham Asuransi Jiwa Sedaya pada tahun 1992.
  • Berubah menjadi nama PT Astra Jardine CMG Life pada tahun 1992. 
  • Mendapatkan izin dari pemerintah terkait izin usaha di bidang asuransi jiwa berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor 773/KMK.017/1993 pada 6 Agustus 1993.
  • Perusahaan secara efektif melayani nasabah asuransi jiwa di Indonesia.
  • CBA menjadi pemegang saham terbesar Asuransi Jiwa Sedaya lewat anak usahanya, CMG Asia Life Holding Limited dan Commonwealth Internasional Holdings PTY Limited. 
  • Sejalan dengan perubahan komposisi saham, perusahaan berubah nama menjadi Commonwealth Life pada tahun 2007.

Setelah mengalami transformasi bisnisnya di Indonesia, kini Commonwealth Life menjadi salah satu perusahaan asuransi terkemuka. Bahkan pada tahun 2018, perusahaan mendapatkan penghargaan Indonesia Prestige Brand Awards pada kategori Personal Accident Insurance dan TOP 4 Brand Used Most Often pada kategori Education Insurance dari Majalah Warta Ekonomi

Commonwealth Life terus mengembangkan produk dan layanan di 21 kota besar. Saat ini perusahaan didukung dengan 5.265 agen di seluruh Indonesia dan melayani 435.562 nasabah individu dan kumpulan. 

Commonwealth Life juga terdaftar sebagai perusahaan asuransi jiwa dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tentu ini menandakan eksistensi perusahaan yang profesionalitasnya dalam melayani nasabah. 

Produk dan Program Commonwealth Life  

Sebagai perusahaan asuransi, produk yang ditawarkan Commonwealth Life terbilang lengkap yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabahnya. Bahkan produk yang ditawarkan dimulai dari usia dini sehingga nasabah hanya perlu menyesuaikan perlindungan yang diberikan.

Produk dan Program Commonwealth life dibagi menjadi tiga, yakni produk untuk individu, kumpulan, dan rider (polis tambahan). 

Oya, jangan takut jika premi asuransi kita hangus akibat tidak melakukan klaim karena produk asuransi jiwa Commonwealth Life menawarkan produk perlindungan jiwa berbalut investasi. Untuk rincian lebih lanjut, simak penjelasannya di bawah ini.  

1. Produk untuk individu

Produk asuransi ini menganut prinsip perlindungan jiwa plus investasi sehingga produk ini sangat cocok untuk perlindungan di masa depan. Contoh dari produk individu antara lain: 

  • Family Plan adalah produk perencanaan keuangan bagi keluarga muda.
  • Education Plan adalah perencanaan keuangan untuk mewujudkan masa depan putera puteri.
  • Future Plan adalah program perencanaan keuangan bagi profesional muda.
  • Retirement Plan, yaitu perencanaan keuangan untuk menikmati masa pensiun yang sejahtera. 

Commonwealth membagi dua produk ini dalam dua kategori berdasarkan cara pembayarannya. Berikut perinciannya. 

1. Pembayaran premi berkala 

Produk yang ditawarkan Commonwealth Life adalah Investra Series dengan jenisnya: Investra Link, Investra Link Extra dan Investra Link Prosper. Ketiga produk ini adalah jenis unit link yakni memadukan perlindungan dengan investasi. 

Untuk produk ini cocok ditujukan pada masa depan misalnya untuk: pendidikan anak, persiapan dana hari tua, melindungi kekayaan kita.  Dalam pembayaran untuk produk ini, nasabah secara reguler membayarkan premi seperti yang telah ditentukan oleh perusahaan asuransi. Umumnya, pembayaran dilakukan secara bulanan atau tiga bulanan. 

2. Pembayaran premi tunggal 

Produk yang ditawarkan Commonwealth adalah Investra Platinum. Produk ini terbilang spesial karena tersedia dalam mata uang rupiah dan USD untuk investasi dan perlindungan nasabah. 

Cara pembayarannya tunggal alias sekali, jadi sangat praktis sekalipun nilai yang dibayarkan terbilang tinggi. Produk ini cocok untuk family plan, pendidikan anak, dan pensiun nasabah. 

2. Produk bancassurance dan kemitraan strategis 

Produk perlindungan jiwa plus investasi ini ditawarkan oleh Commonwealth dengan sejumlah kemudahan mendapatkannya. Kita dapat membelinya lewat jalur perbankan atau mitra nonbank dari Commonwealth Life. Berdasarkan laporan pada tahun 2018, berikut mitra strategisnya.

  • Bank: Commonwealth Bank, CTBC, BCA, OCBC NISP, Bank Mestika, Maybank Indonesia, Bank Index dan Bank Jasa Jakarta. 
  • Non Bank: MPM Finance, BFI Finance, Adira Dinamika Multifinance dan Telkom. 

Untuk jenis produk yang ditawarkan adalah COMM Link, COMM Link Premier, Elite Link,  Maxiwealth Link dan COMM, Link Signature yang dipasarkan melalui Commonwealth Bank. 

Produk yang dipasarkan lewat program telemarketing dan bancassurance ini memberikan manfaat sebagai berikut. 

  • Perlindungan jiwa karena kecelakaan. 
  • Perlindungan penyakit kritis.
  • Perlindungan rawat inap di rumah sakit karena sebab apa pun.
  • Perlindungan jiwa dan investasi.

Asuransi tambahan (rider)

Asuransi tambahan merupakan program yang ditawarkan Commonwealth untuk melengkapi manfaat, dari produk dasar unit link yang mana preminya dibayarkan secara berkala. Lewat asuransi tambahan, kita akan mendapatkan ekstra manfaat dari manfaat dasar sebelumnya. 

Commonwealth memberikan pilihannya berdasarkan tiga jenis program asuransi dasar yang diambil. Berikut rinciannya. 

1. Perlindungan terhadap kecelakaan dan cacat tetap 

Produk yang ditawarkan Commonwealth Life antara lain: 

  • COMM Accidental Death Benefit diberikan untuk perlindungan apabila tertanggung meninggal akibat kecelakaan.
  • COMM Accidental Death dan Dismemberment Benefit untuk perlindungan apabila tertanggung meninggal atau cacat tetap total dan cacat tetap karena kecelakaan. 
  • COMM Disability Accelerated dan COMM Disability Additional untuk perlindungan tertanggung mengalami cacat tetap total akibat sakit atau kecelakaan. 

2. Pembebasan premi 

Pembebasan premi diberikan apabila tertanggung yang mengalami musibah, kemudian dinilai tidak lagi mampu melanjutkan pembayaran preminya. Misalnya apabila tertanggung cacat tetap total, mengalami penyakit kritis, dan meninggal dunia. 

Produk yang ditawarkan ada empat jenis yakni: COMM Waiver, COMM Spouse, COMM Payor, COMM Payor Plus. 

3. Perlindungan kesehatan 

Perlindungan tambahan ini diberikan untuk keuntungan kesehatan. Biasanya manfaat yang diterima berupa uang tunai atau manfaat akselerasi yang diterima. 

Produk yang ditawarkan ada delapan, yakni COMM Medika, COMM Crisis Cover 53, COMM CI 50 Plus, COMM CI Early Payout, COMM Extra Care, COMM Classy Care, COMM Health dan Wordwide Medical Assistance Plan (WWAP). 

Demikian informasi tentang Commonwealth Life, semoga dapat membantu kita untuk memutuskan produk asuransi mana yang kita pilih, ya

Saran dari Lifepal, pilihlah perusahaan asuransi yang memang telah terdaftar dan diawasi OJK. Sebab dengan alasan tersebut, premi berupa  investasi yang kita bayarkan dipastikan terjamin sehingga kita bisa tenang berkat proteksi yang pasti. 

Yuk, cari tahu lebih lengkap mengenai produk dan manfaat asuransi lainnya dari Commonwealth Life cuma di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →