Commonwealth: Dari Bank Sentral Australia, Jadi Bank Swasta

Bank commonwealth

Commonwealth Bank Australia (CBA) adalah bank asal Australia yang memiliki kapitalisasi pasar yang cukup besar. Siapa yang sangka, sebelum menjadi besar seperti sekarang, Commonwealth sempat bertransformasi dalam sejumlah bentuk. 

Dimulai sebagai bank sentral milik pemerintah, kemudian menjadi bank komersial di Australia. Kini tidak hanya besar di Australia, tapi juga menjadi bank terkemuka di negara kawasan Asia Pasifik yang mana sudah beroperasi di 10 wilayah yang meliputi: 

  • Australia.
  • Selandia Baru.
  • Fiji.
  • Indonesia.
  • Vietnam.
  • Britania Raya.
  • Amerika Serikat.
  • Tiongkok.
  • Hong Kong. 
  • Singapura.

Sejarah Commonwealth Bank Australia (CBA)

Sejarah mencatat, CBA justru digagas oleh sejumlah politikus asal Australia pada tahun 1920-an. Kala itu, sejumlah tokoh politik Australia terutama yang berasal dari Partai Buruh Australia, bermimpi memiliki bank sendiri yang melayani kebutuhan keuangan masyarakatnya.  

Gagasan muncul dari Andrew Fisher yang mengusulkan perlunya bank nasionalis. Ide tersebut lantas diwujudkan oleh politisi lain yakni: King O’Malley dan Denison Miller. Belakangan, Miller kemudian menjadi gubernur atau direktur utama pertama di CBA. 

CBA pertama kali beroperasi di Melbourne dan membuka cabang pertamanya pada 15 Juli 1912. Pada awal beroperasi demi menjaring sejumlah nasabah, Commonwealth menggandeng agen-agen kantor pos dalam mengusung bisnisnya. 

Tidak butuh waktu setahun, CBA mulai melakukan ekspansi dengan mencaplok Bank Tabungan Negara Tasmania pada tahun 1912. Ini menjadi babak baru perjalanan bisnis CBA sebagai bank milik pemerintah. Berikut perjalanan bisnis CBA. 

  1. 1931: Makin menancapkan diri sebagai bank pemerintah dengan melakukan akuisisi Bank Tabungan Negara New South Sales dan akuisisi Bank Tabungan Negara Australia Barat. 
  2. 1958-1959: Muncul masalah atas peran gandanya sebagai bank sentral dan bank komersial. Mengatasinya, Pemerintah Australia mendirikan bank sentral yakni Reserve Bank of Australia yang menjalankan fungsi sebagai bank sentral 
  3. 1960: CBA beroperasi sebagai bank komersial. 
  4. 1970: CBA mulai lebih banyak terlibat dalam sejumlah perdagangan mata uang dan perbankan internasional. 
  5. 1989: Mengakuisisi 75% saham ASB Bank di Selandia Baru
  6. 1991: Mengakuisisi Bank Negara Victoria milik Pemerintahan Victoria. Pada tahun yang sama, Pemerintah Australia memprivatisasi CBA. Dilakukakan penawran saham pertama pada tahun 1991. 
  7. 1993: CBA menawarkan saham keduanya dan menjadi perusahaan publik, dan menjadi penanda sebagai perusahaan yang tidak lagi menempatkan kata terbatas. 

Commonwealth Mulai Merambah di Indonesia 

Sebagai bank terbesar dalam kapitalisasi pasar di Australia dan Selandia Baru, CBA merambah ke pasar Indonesia. Bukan tanpa alasan, langkah ini menjadi bagian strategi jangka panjang CBA untuk mengembangkan bisnisnya ke Asia Pasifik. Berikut perjalanan bisnis Commonwealth di Indonesia.

  • Secara resmi, CBA hadir di Indonesia lewat pembukaan kantor perwakilannya pada tahun 1992. 
  • Dalam perjalanan waktu, CBA kemudian membentuk perusahaan joint venture pada tahun 1997. Joint venture tersebut menyediakan layanan perbankan korporat bagi entitas bisnis dan perusahaan lain. 
  • Selanjutnya, pada tahun 2000 menjadi Commonwealth Bank. CBA sebagai pemegang saham utama.  
  • Pada tahun 2007, Commonwealth terus mengembangkan bisnis perbankannya. Kali ini menyasar pasar Usaha Kecil Menengah (UKM). Salah satu strategi bisnisnya adalah dengan mengakuisisi saham Bank Arta Niaga Kencana (ANK) di Surabaya.
    Bank ANK diketahui menguasai pasar UKM di Jawa Timur. Lewat ekpansi bisnis tersebut, sektor UKM makin meluas dan berencana juga merambah ke Indonesia bagian timur. 

Selain menyasar nasabah Indonesia, nasabah Commonwealth juga berasal dari turis Australia yang kerap berkunjung ke Indonesia. Seperti diketahui, banyak turis Australia berkunjung ke Bali untuk berwisata. 

Produk-Produk Commonwealth 

Boleh dibilang, Commonwealth adalah lembaga keuangan yang menjual produk keuangan secara lengkap bagi individu. 

Kemudahan yang didapat dari nasabah Commonwealth adalah mereka dapat membeli produk di Commonwealth secara berkelanjutan. Misalnya, nasabah ingin membeli produk tabungan juga dapat melengkapinya dengan produk investasi atau produk asuransi. 

Begitu juga dengan fasilitas pinjaman yang diberikan, baik dengan agunan maupun non agunan. Tertarik untuk mengetahui sejumlah layanan produk Commonwealth yang diberikan? Berikut rincian produk individu Commonwealth. 

1. Tabungan 

Commonwealth menyediakan enam jenis tabungan. Tabungan tersebut berupa ComCash, ComWealth, Tabungan Bunga Harian, AusStudent, Bonus Saver, dan Tabungan SiMuda. 

Keenam produk tabungan ini disesuaikan dengan usia dan kebutuhan keuangan masing-masing nasabah. Uniknya, Commonwealth menyediakan khusus tabungan bagi yang berstatus pelajar. Bahkan, perusahaan melayani tabungan bagi pelajar yang ingin studi di Australia. Menarik, bukan? 

2. Deposito

Deposito adalah tabungan yang disimpan dalam jangka waktu tertentu. Commonwealth menyediakan layanan deposito ini dalam bentuk mata uang Rupiah, AUD/USD. 

Untuk minum penempatan ditentukan sebesar Rp50 juta atau AUD/USD 5.000. Untuk bisa membuka deposito, nasabah diberikan kemudahan untuk membuka rekening di cabang Bank Commonwealth terdekat atau lewat internet banking. Meski begitu, untuk internet banking hanya khusus bagi nasabah existing, ya

3. Bancassurance 

Nasabah Commonwealth mendapatkan kemudahan untuk membeli polis asuransi. Sebab, Commonwealth Indonesia memiliki kerja sama dengan perusahaan asuransi milik Commonwealth sendiri atau perusahaan asuransi lain. 

Pilihan produk asuransi yang ditawarkan adalah jenis bancassurance, produk jiwa tradisional, dan produk asuransi jiwa unit link

4. Investasi 

Setelah memiliki tabungan, deposito, asuransi tahap selanjutnya nasabah biasanya ingin memiliki investasi. Pada Commonwealth, produk investasi yang ditawarkan berupa reksadana, obligasi, AutoInvest, dan Market Perspective. 

Sebagai informasi, produk investasi yang ditawarkan bekerja sama dengan manajer investasi memiliki risiko. Sebab, produk diperdagangkan di bursa efek. 

Meski memiliki risiko tinggi, jangan khawatir dengan imbal hasilnya. Ingatlah idiom ini saat berinvestasi: High risk, high return!

5. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) 

Rumah adalah kebutuhan pokok bagi setiap orang. Untuk mampu membeli rumah, umumnya masyarakat saat ini mengandalkan pinjaman dari lembaga keuangan, yakni pembiayaan bank untuk merealisasikan pengajuan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR

Commonwealth menyediakan layanan KPR untuk keperluan rumah tinggal, apartemen, rumah toko, rumah kantor atau tanah. Plafon pinjaman yang diberikan hingga Rp15 miliar. 

Uniknya, apabila pembayaran Loan to Value atau LTV sebesar 70 persen, Commonwealth mampu memberikan fasilitas kredit hingga 90 persen dari nilai agunan. Sedangkan jangka waktu kreditnya bisa mencapai 20 tahun. Memudahkan nasabah, Commonwealth menetapkan batas minimum KPR mulai dari 21 tahun. Sangat menarik, bukan? 

6. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Dalam hidup, kerap kali ada kebutuhan yang mendesak di saat mungkin finansial tidak mampu menopang. Tidak perlu khawatir sebab kita sebenarnya bisa memanfaatkannya dari lembaga keuangan untuk mendapatkan pinjaman. 

Salah satu produk yang dilayani perbankan adalah pinjaman berupa KTA. Commonwealth melayani fasilitas KTA yang disebut dengan KTATymeDigital. 

Produk KTATymeDigital ini cukup unik, sebab segala urusannya dilakukan lewat aplikasi Commonwealth. Mengusung tema kecepatan dalam layanan, kita yang berencana untuk mengajukan KTA hanya dalam sekejap langsung mendapat kepastian apakah pinjaman yang diajukan diterima. 

Jika tertarik untuk menjadi nasabah Commonwealth Indonesia, silakan mengunjungi situs web resminya atau bisa langsung mengontak call center mereka di 1500030.

Jangan ragu untuk mencari tahu informasi lainnya terkait manajemen keuangan dan produk-produk asuransi yang tepat dengan kebutuhan kita di Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →