Rusak Sampai Hilang, Ini Contoh Kasus Asuransi Sepeda Motor

Produk Asuransi Motor Adira

Bicara asuransi, sekarang banyak perusahaan-perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi khusus perlindungan sepeda motor. Asuransi motor di kota besar pun kadang sudah termasuk dalam paket pembelian motor, baik pembelian motor secara cicilan ataupun pembelian motor secara tunai. 

Umumnya, motor dengan harga beli di atas Rp20 juta lebih menguntungkan jika diasuransikan karena biaya perawatan menjadi lebih ringan jika terjadi kerusakan.

Namun, motor dengan harga lebih murah pun butuh diasuransikan, lho! Asuransi sepeda motor diperlukan agar kita tetap tenang dalam berkendara dan tidak perlu khawatir andai motor kita terpaksa diparkir di tempat yang menurut kita kurang aman. 

Kenapa begitu? Jawabannya ada di bawah ini.

Jenis-Jenis Asuransi Kehilangan Motor

Asuransi motor

Sebelum mengetahui berbagai contoh asuransi sepeda motor, ada baiknya kita mengetahui dua jenis polis asuransi motor yang bisa dibeli, yakni asuransi Total Loss Only (TLO) dan asuransi motor all risk

1. Asuransi motor Total Loss Only (TLO) 

Asuransi Total Loss Only adalah jenis asuransi yang menjamin kerugian motor kita jika kerusakan pada motor mencapai 75 persen ke atas. Selain kerusakan, asuransi TLO akan menanggung kasus-kasus lain, seperti kehilangan dan pencurian.

2. Asuransi motor all risk/comprehensive

Asuransi motor all risk adalah jenis asuransi yang menjamin segala jenis risiko, mulai dari kerusakan minor hingga kerusakan major. Asuransi ini juga akan menanggung jika terjadi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan terhadap motor kita, salah satunya kehilangan.

Contoh Kasus Asuransi Sepeda Motor

Wiraswasta

Berikut contoh kasus-kasus yang kerugiannya akan ditanggung oleh asuransi sepeda motor.

1. Motor rusak karena kecelakaan

Kecelakaan tidak bisa dihindari, maka dari itu penting untuk membeli asuransi sepeda motor untuk kendaraan tersayang kita.

2. Motor rusak karena kerusuhan

Selain kecelakaan, ada juga faktor eksternal yang tidak bisa ditebak seperti kerusuhan, atau tawuran antarwarga. Kita tidak bisa menebak ke mana batu akan terlempar atau ke arah mana pukulan batang bambu akan mengarah. Bisa saja menuju sepeda motor kita dan merusak bagian penting pada motor.

Pesan dari Lifepal, lebih baik hindari menggunakan jalan yang dinilai rawan kerusuhan atau terdapat rumor akan terjadi kerusuhan di situ, jadi lebih baik kita utamakan jalan memutar yang lebih aman. 

Jika sudah telanjur terjebak di tengah kerusuhan, lebih baik tinggalkan motor dan menyelamatkan diri. Saat kerusuhan telah reda, kita bisa kembali untuk mengecek kondisi motor yang ditinggalkan. Jika rusak atau bahkan hilang, langsung ajukan klaim asuransi.

3. Motor rusak karena bencana alam

Banjir bukan tidak mungkin akan terjadi dan menyebabkan kendaraan sepeda motor kuta rusak. Asuransi sepeda motor akan sangat berperan pada kasus ini.

4. Motor rusak karena dicuri

Ada beberapa kejadian yang menyebabkan motor rusak, salah satunya karena diutak-atik oleh pencuri. Biasanya, lubang kunci sudah dibobol, namun pencuri sudah tidak punya waktu lagi sehingga meninggalkan motor tersebut. Alhasil, kita tidak bisa mengoperasikan kunci motor. 

5. Motor hilang karena bencana alam

Sepeda motor merupakan kendaraan yang rentan kehilangan akibat pencurian. Selain itu, motor bisa hilang juga akibat musibah bencana alam seperti tsunami yang bisa menyapu seluruh jalanan, termasuk sepeda motor kita.

6. Motor dicuri sebelum cicilan selesai

Motor dicuri pun menjadi alasan populer mengapa penting untuk memberikan proteksi asuransi kepada sepeda motor kita. Apalagi di kota metropolitan seperti ini, ada saja kejadian-kejadian buruk yang berisiko menimpa dan memberikan dampak negatif jika kita tidak mempersiapkan segalanya dengan baik.

Langkah Mengajukan Klaim Asuransi Sepeda Motor

Langkah-Langkah Memeriksa Saldo dan Klaim Jamsostek

Memiliki proteksi dari asuransi untuk motor kita berarti melindungi keuangan kita dari pengeluaran yang terlalu besar untuk memperbaiki motor atau bahkan jika motor hilang dicuri. Dengan memiliki asuransi motor, segala risiko kita akan ditanggung alias diganti rugi oleh asuransi. Cara mengajukan ganti rugi adalah melalui klaim asuransi.

Berikut langkah-langkah mengajukan klaim asuransi sepeda motor untuk mendapatkan ganti rugi dari perusahaan asuransi.

1. Pelaporan kepada pihak asuransi

Laporkan kehilangan sepeda motor kita ke pihak perusahaan asuransi. Bisa lewat laporan tulisan lewat surel, maupun secara lisan via telepon. Ingat! Maksimal waktu pelaporan adalah tiga hari setelah waktu kejadian, ya!

2. Persiapkan berkas yang diperlukan

Persiapkan berkas-berkas penting sepeda motor yang masih ada di tangan kita, mulai dari surat keterangan hilang, KTP, SIM, STNK, sampai kunci cadangan motor yang hilang untuk memperkuat bukti kehilangan.

3. Buat berita acara di Polsek terdekat di daerah motor hilang

Jangan salah, ya! Buat berita acara kehilangan sepeda motor kita di daerah kejadian terjadi, bukan di daerah domisili kita. Pembuatan berita acara nyatanya terbatas, yaitu maksimal 24 jam setelah kejadian terjadi. Untuk memperkuat kesaksian, bawa juga saksi yang melihat kejadian kehilangan tersebut.

4. Urus surat pemblokiran STNK dan surat keterangan Direktorat Reserse di Polda

Di Polda, kita perlu mengurus surat pemblokiran STNK dan surat keterangan Direktorat Reserse. Yang dibutuhkan di tahap ini adalah nomor polis asuransi, fotokopi KTP, fotokopi BPKB, fotokopi faktur pembelian motor, fotokopi laporan kehilangan, fotokopi polis asuransi, BAP, dan surat asli Lapju. Untuk jaga-jaga, bawa juga yang aslinya, ya!

5. Ajukan semua berkas yang telah didapatkan ke pihak asuransi

Semua berkas pun sudah lengkap, berikan kepada pihak asuransi. Proses pencairan dana ganti rugi akan diberikan paling lambat satu bulan setelah semua berkas dikirim.

Setelah kita melengkapi semua persyaratan di atas, asuransi motor pun akan segera memproses biaya pertanggungan untuk mengganti pengeluaran kita sebelumnya untuk memperbaiki kerusakan di bengkel.

Mau tahu informasi dan ulasan-ulasan bermanfaat seputar profil perusahaan asuransi terbaik di Indonesia dan produk-produk unggulan mereka, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →