Tips dan Contoh CV Bahasa Inggris Ini Pasti Dilirik HRD, Coba Bikin Yuk!

contoh membuat cv

Saat ini sebagian besar perusahaan swasta coorporate maupun startup menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua berkomunikasi. Otomatis, pelamar kerja disarankan menyiapkan CV dalam Bahasa Inggris juga. Lantas gimana sih contoh cv bahasa Inggris yang bikin HRD kepincut dengan kamu saat melamar posisi dibutuhkan?

Namun, sayangnya masih banyak calon pelamar yang bingung dalam menyiapkan CV bahasa Inggris yang benar. Padahal hal ini bisa memberi kita peluang lebih besar untuk dilirik perusahaan asing maupun startup yang pada umumnya banyak ekspatriat lho.

Untuk itu, berikut kami rangkum tips dan contoh CV bahasa Inggris agar calon pelamar dilirik HRD. 

Poin Penting dalam Membuat CV Bahasa Inggris

Contoh cv bahasa Inggris yang bikin kamu dilirik oleh HRD

Perlu dipahami bahwa CV atau Curriculum Vitae yang baik tidak hanya memiliki desain atau tampilan yang menarik saja, tapi juga memerhatikan gaya penulisan yang benar. Berikut ini beberapa poin penting yang perlu dicantumkan. 

1. Data pribadi 

Hal pertama yang perlu dicantumkan adalah informasi pribadi yang meliputi nama lengkap, tempat/tanggal lahir, alamat tempat tinggal, nomor ponsel, dan surel yang aktif. 

Untuk memberikan kesan profesional, sebaiknya gunakan surel yang jelas atau sesuai nama kita. Terutama pastikan juga bahwa alamat surel dan nomor ponsel yang dicatat dapat dihubungi, ya. 

Aspek terakhir dalam data pribadi yang juga tidak boleh ketinggalan adalah foto profil. Sebaiknya gunakan foto profil yang menampilkan wajah kita dengan jelas dan jangan lupa gunakan baju rapih agar terlihat profesional. 

2. Riwayat pendidikan 

Riwayat pendidikan juga menjadi poin penting yang perlu dicantumkan dalam CV calon pelamar pekerjaan. Urutkan riwayat pendidikan mulai dari Sekolah Dasar hingga riwayat kelulusan pendidikan terakhir. 

Jika pernah bergabung dalam organisasi kampus atau sekolah, jangan ragu untuk dicantumkan juga, ya. Apalagi jika calon pelamar kerja lulus dengan predikat cum laude atau memiliki IPK yang tinggi. Hal ini tentu bisa menjadi nilai tambah di mata HRD.

3. Sertifikat kursus

Jika calon pelamar kerja memiliki sertifikat kursus, cantumkan juga hal ini dalam CV pribadi. Apalagi jika sertifikat diakui secara skala global atau dari perusahaan asing, ini bisa menjadi pertimbangan khusus HRD. 

Sebaiknya sertifikat kursus yang dicantumkan sesuai dengan posisi kerja yang dilamar untuk meyakini HRD bahwa kita merupakan kandidat yang lebih tepat untuk posisi tersebut. 

4. Pengalaman kerja

Tentu saja CV bahasa inggris tidak akan lengkap tanpa daftar pengalaman kerja yang lengkap. Daftar pengalaman kerja ini berfungsi untuk membantu HRD dalam menimbang keterampilan yang dimiliki pelamar. 

Itu sebabnya, semakin banyak pengalaman kerja yang dimasukkan, akan semakin baik pula CV tersebut. Namun, jangan buat daftar pengalaman kerja dalam CV kita terlalu panjang dan bertele-tele, ya. 

Sebaiknya hanya cantumkan nama perusahaan, jabatan dan pekerjaan yang dilakukan selama di perusahaan tersebut. Jadi, HRD memiliki bayangan soal kemampuan kerja kita. 

5. Perlihatkan kepribadian 

Memperlihatkan kepribadian kita sebagai calon pelamar kerja tidak hanya dapat dilakukan saat tahap wawancara saja, melainkan bisa dimulai dari CV. Saat ini sudah ada banyak contoh CV bahasa Inggris yang bisa menjadi referensi dalam memperlihatkan karakter kita. 

Cara sederhananya adalah dengan menuliskan hobi yang kita miliki. Selain itu, kita juga bisa membuat CV dengan desain menarik dan unik agar bisa menarik perhatian HRD. 

Contoh CV Bahasa Inggris yang Menarik

Begini lho cara membuat cv bahasa Inggris yang menarik 

CV yang baik sebenarnya tidak harus dibuat terlalu panjang dan bertele-tele. Maksimal cukup buah satu hingga dua halaman saja. Selain singkat dan sederhana sebaiknya, CV yang baik juga perlu merangkum segala informasi penting terkait perjalanan karir pelamar kerja. 

Tidak hanya itu saja, CV yang kita buat juga perlu ditulis dengan sopan dan menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar. Berikut ini contohnya: 

CURRICULUM VITAE

Personal Details

Name: Kevin S.

Date of birth: September 10th, 1995

Gender: Male 

Education Details

2000 – 2006 State Elementary School 1, Depok. 

2006 – 2009 State Junior High School 141, Kemang. 

2009 – 2012 State Senior High School 67, Pasar Baru.

2013 – 2017 English Literature, Bina Nusantara University, Indonesia. 

GPA: 3.60 

Job Experiences 

September 2012 – Oktober 2013: Intern Content Writer at Griya Company.

November 2013 – present: Content Writer at PT Pesona Jaya. 

Skills 

  • Microsoft Office
  • Fluent in English (both written and spoken)
  • Email Marketing
  • SEO

Personality

Good attitude, communicative, honest, target oriented, and responsible. 

Sincerely, 

Kevin S.

Itu dia contoh CV bahasa Inggris yang bisa digunakan sebagai referensi para calon pelamar kerja. Agar terlihat lebih menarik, kita bisa memanfaatkan berbagai situs pembuat CV dengan template desain yang menarik, seperti Canva, CV Maker, VisualCV, dan masih banyak lagi. 

Terakhir, persiapkan diri kita untuk wawancara jika nanti diminta datang bertemu perwakilan HRD. Terlepas dari menjelaskan keunggulan skill kita nanti, kadang-kadang HRD pun menanyakan kenapa kita mau mengundurkan diri dari tempat kerja sebelumnya. 

Dalam hal ini, salah satu jawaban yang baik tentu karena ingin menambah wawasan profesionalitas kita, bukan? Etisnya, kita tidak perlu menjelaskan tentang sisi kelemahan dari tempat kerja yang sebelumnya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)