Contoh CV Kreatif dan 10 Situs untuk Membuatnya

contoh cara membuat cv kreatif

Proses seleksi lamaran kerja tentu menjadi sesuatu yang menegangkan bagi para fresh graduate. Selain harus memiliki pengalaman dan nilai IPK yang baik, fresh graduate juga dituntut agar dapat mempromosikan dirinya dengan baik. Salah satu cara mempromosikan diri dengan baik adalah dengan cara memberikan CV kreatif dan menarik. CV atau curriculum vitae merupakan daftar riwayat hidup yang memberikan informasi tentang pendidikan dan pengalaman kerja seseorang. Membuat resume atau CV unik bertujuan agar para perekrut atau HRD memilih kamu masuk ke dalam tahap wawancara kerja.

Membuat CV atau curriculum vitae sebenarnya tidak sulit, namun membuat CV unik dan menarik menjadi suatu tantangan tersendiri. Mengapa harus membuat CV yang unik dan kreatif?  Dengan membuat resume kreatif, maka peluang mendapatkan perhatian dari pihak HRD perusahaan akan semakin besar, dan akhirnya peluang diterima kerja pun semakin tinggi.

Nah, bagaimana, sih, cara membuat CV kreatif dan menarik? Yuk, simak informasi lengkapnya sebagai berikut:

Tips Membuat CV Kreatif

seorang perempuan sedang membuat Cv kreatif
membuat cv kreatif

Cv atau resume kreatif memiliki karakteristik yang tentu berbeda dengan CV biasa. Ada beberapa elemen yang harus ditambahkan agar CV kamu menjadi semakin menarik dan unik. Berikut beberapa tips untuk membuat CV yang unik dan menarik:

1. CV kreatif menggunakan infografis

Contoh CV Kreatif - 1

Contoh CV unik dan menarik yang pertama adalah dengan menggunakan infografis. Infografis merupakan sebagian rangkuman informasi yang disajikan dalam bentuk gambar.

Dengan membuat infografis seputar diri kita, maka HRD akan lebih mudah membaca riwayat kita dan tentunya CV kita pun akan lebih unik dan menarik. Kamu bisa menggunakan kombinasi warna untuk membuat infografis.

2. CV kreatif dengan warna pastel

Contoh CV Kreatif - 2

Tips membuat CV yang menarik berikutnya adalah dengan memilih kombinasi warna yang menarik di dalam CV. Hindari warna yang terlalu terang atau kontras yang tidak sedap dipandang oleh mata. 

Salah satu kombinasi warna yang bisa kamu pilih adalah warna pastel. Dengan paduan warna yang menarik, tentunya akan membuat CV kamu terlihat unik dan berbeda dari yang lain. Selain itu, warna juga bisa menunjukkan kepribadian diri kita sendiri, lho. CV lamaran kerja jenis ini juga banyak dipilih, lho.

3. CV kreatif dengan isi yang singkat, padat, dan jelas

Contoh CV Kreatif - 3

Tips membuat CV menarik berikutnya adalah dengan memberikan informasi seputar biodata dengan singkat, padat, dan jelas. Hal ini sangat penting karena dengan poin yang terstruktur dan jelas, CV kamu akan lebih mudah dibaca dan sudah pasti jadi terlihat lebih menarik dibandingkan dengan CV lain.

4. CV kreatif dengan desain dan warna minimalis

Contoh CV Kreatif - 4

Selain beberapa tips di atas, tips membuat resume yang menarik berikutnya adalah dengan memilih desain dan warna minimalis. Dengan warna dan desain minimalis, kamu bisa membuat CV yang unik dan menarik. 

Kamu bisa menggunakan kombinasi warna yang bermacam-macam, warnanya pun bisa kita ubah sesuai selera. Dengan begitu, HRD akan lebih mudah mendapatkan informasi yang mereka cari dari CV kita. CV lamaran kerja seperti ini belakangan menjadi tren karena menarik dan mudah dibuat.

5. CV kreatif dengan warna monokrom

Contoh CV Kreatif - 5

Selain beberapa pilihan warna di atas, kamu juga bisa melihat contoh CV lamaran kerja yang unik dan menarik dengan warna monokrom. Bagi penyuka warna monokrom seperti hitam maupun putih, tentu template CV yang satu ini sangat cocok untuk kamu tiru. Desainnya pun minimalis sehingga sangat nyaman untuk dibaca.

Buat Ilustrasi yang Menarik

Contoh CV yang unik dan menarik berikutnya adalah dengan membuat ilustrasi atau gambar menarik. Ilustrasi atau gambar akan membuat CV kamu berbeda dan unik. 

Oleh karena itu, kamu bisa memberikan sedikit ilustrasi pada CV kamu untuk memberikan sentuhan berbeda. Untuk membuat CV, kamu bisa mengganti foto pada CV menjadi ilustrasi wajah kamu. Hal ini tentu akan membuat surat lamaran kerja kamu menjadi lebih menarik

Memberikan Penjelasan yang Spesifik

Contoh CV menarik berikutnya adalah dengan memberikan penjelasan yang spesifik. Sebagian orang berpikir ketika membuat CV , kamu harus menghindari memberikan penjelasan yang spesifik dan mengganti dengan poin-poin sederhana. 

Sebenarnya, hal tersebut tidak salah, namun kamu tetap perlu memberikan penjelasan yang spesifik agar para perekrut bisa membaca dengan jelas tentang skill dan pengalaman yang kamu miliki. Hal ini penting dilakukan pada proses lamaran kerja agar perekrut mengetahui potensi kamu

Rekomendasi Situs untuk Membuat CV Kreatif

Situs untuk Membuat CV Kreatif

Setelah mendapatkan informasi tips membuat CV atau resume kreatif di atas, kamu bisa memulai membuatnya. Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara membuat CV yang menarik, kamu tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak situs yang menyediakan template untuk membuat CV kreatif, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Langsung saja, inilah rekomendasi situs untuk membuat CV yang menarik dan kreatif yang bisa kita coba.

1. ResumUP (www.resumup.com)

Ingin membuat CV yang kreatif? Kita bisa mencoba situs pembuatan CV yang satu ini. ResumUP memiliki pilihan-pilihan desain yang cukup menarik dan dilengkapi pula dengan fitur infografis sehingga membuat CV kita tidak akan terlihat membosankan.

2. Easel.ly (www.easel.ly)

Selanjutnya ada pula Easel.ly. SItus pembuatan CV yang satu ini menyediakan berbagai macam template CV kreatif yang atraktif secara visual. Sangat cocok untuk kita yang ingin melamar pekerjaan di bidang kreatif.

3. Visual CV (www.visualcv.com)

Kemudian, ada pula Visual CV. Melalui Visual CV, kita bisa memilih berbagai template CV kreatif dengan desain yang minimalis. Dengan begitu, CV kita akan terlihat lebih profesional.

4. Online CV Generator (www.onlinecvgenerator.com)

Situs pembuatan CV kreatif yang satu ini juga bisa membantu kita untuk membuat CV dengan sangat mudah. Saat masuk ke situs Online CV Generator ini, kita akan diminta untuk mengisi informasi dasar mulai dari pendidikan hingga pengalaman kerja. Template yang tersedia pada situs ini juga gratis sehingga bisa kita gunakan kapan saja.

5. Resume Baking (www.resumebaking.com)

Selanjutnya ada Resume Banking. Selain memiliki font yang bervariasi, situs ini juga memiliki pilihan contoh CV kreatif yang sesuai dengan profesi kita, mulai dari HRD, media, kreatif, dan lain sebagainya. Menarik, bukan?

6. Kick Resume (www.kickresume.com)

Selain menyediakan template CV, kita juga bisa membuat cover letter yang menarik di situs Kick Resume. Kalau belum menemukan template CV yang pas dari yang telah disediakan, kita juga bisa mengganti warna dan font sesuai dengan yang kita inginkan. Cukup lengkap, bukan?

7. Canva (www.canva.com)

Terakhir, ada pula Canva. Situs pembuat CV kreatif Canva merupakan solusi untuk sejumlah keperluan. Selain untuk membuat CV, Canva juga bisa digunakan untuk membuat infografis, slide presentasi, dan lain sebagainya.

Kita hanya perlu melakukan drag and drop pada template CV yang kita pilih, mengeditnya, kemudian mengetik isinya secara gratis.

8.Uptowork (Uptowork.com)

Situs pembuat CV yang kreatif berikutnya adalah situs Uptowork. Situs ini merupakan situs pembuat CV dengan berbagai template yang menarik. 

Situs ini merupakan situs berbayar yang memberikan template CV dengan harga mulai dari USD 4,99 untuk starter plan dan harga USD 99,9 untuk premium plan akses selama 30 hari. Perbedaannya adalah pada starter plan kamu akan mendapatkan CV dengan watermark dari situs Uptowork. 

9.ConnectCV (www.connectcv.com)

Situs pembuat CV menarik berikutnya adalah ConnectCV. Situs ini memberikan banyak fitur dan contoh CV kreatif yang bisa menjadi referensi baru untuk kamu. 

Lebih lanjut, situs ini juga memberikan panduan dan tips untuk membuat CV yang menarik. Terlebih, kamu juga dapat menggunakan gambar, tabel, dan mengganti desain CV dengan mudah.

10. CV Maker (www.cvmaker.com)

Situs untuk membuat CV yang unik berikutnya adalah CV Maker. Situs ini banyak direkomendasikan untuk membuat profil kamu yang menarik karena menawarkan berbagai desain clean dan praktis. Kamu hanya perlu mengisi formulir kecil yang ada di setiap tab untuk membuat CV lalu mengikuti langkah-langkah berikutnya.

Selanjutnya, kamu juga bisa menghubungkan akun Facebook dan LinkedIn mu dengan CV Maker untuk membuat riwayat hidup dan pengalaman kerja yang lebih detail.

Nah, itulah beberapa contoh CV kreatif dan situs pembuatan CV yang bisa kita coba. Dengan membuat CV yang menarik, maka kemungkinan dilirik oleh HRD tempat perusahaan kita melamar akan semakin besar. Jadi, siap untuk melamar kerja?

Dapatkan informasi dan inspirasi lainnya seputar karier, motivasi, dan bisnis hanya di Lifepal. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)