Contoh CV Tulis Tangan dengan Teknik yang Kreatif

cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan

Curriculum Vitae (CV) adalah daftar riwayat hidup dan kerja mengenai calon pelamar. Saat ini masih ada beberapa lembaga perusahaan yang mengharuskan calon pelamar membuat CV tulis tangan. 

Nah, sebelum melihat contoh CV tulis tangan, mari simak tips dan formatnya yang baik dan benar terlebih dahulu. 

Poin Penting Dalam Membuat CV Tulis Tangan 

cara membuat cv

Perlu dipahami sebelumnya bahwa menuliskan identitas diri seperti nama dan riwayat tempat di mana calon pelamar bekerja saja tidaklah cukup. Hal ini dikarenakan, dalam proses seleksi, CV menjadi hal pertama yang dilihat oleh pihak perusahaan. Itu sebabnya, CV yang baik harus mampu menuliskan poin-poin penting yang bersifat wajib, seperti berikut ini. 

1. Identitas diri

Dalam membuat identitas diri dalam cv tulis tangan, sebenarnya tidak berbeda dengan CV dalam bentuk cetak pada umumnya. Calon pelamar harus memasukkan data diri dengan benar dan jujur. Seperti menulis nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat surel yang masih aktif. 

Selain itu, buat deskripsi kepribadian yang singkat namun jelas. Usahakan tidak lebih dari tiga hingga empat baris, ya. Dalam deskripsi diri ini, kita bisa menjelaskan usia, kondisi kesehatan, kemampuan berbahasa, hingga hobi untuk memberikan gambaran seputar kepribadian kita. 

2. Riwayat pendidikan

Setelah itu, selanjutnya kita perlu membuat riwayat pendidikan secara singkat. Jangan lupa untuk membuatnya secara berurutan, mulai dari pendidikan sekolah dasar, sekolah lanjutan pertama, sekolah menengah atas, hingga universitas. Cantumkan juga durasi yang ditempuh pada masing-masing tingkatan pendidikan. 

Jika memiliki riwayat pendidikan informal, jangan ragu untuk cantumkan juga dalam CV, ya. Hal ini akan menjadi nilai tambah di mata perusahaan atau HRD. 

3. Pengalaman kerja

Pengalaman kerja menjadi salah satu poin paling penting dalam suatu CV. Untuk itu, sebaiknya cantumkan pengalaman bekerja yang kita miliki secara jelas dan terperinci. Tuliskan nama perusahaan, durasi bekerja, jabatan, dan juga ranah serta tanggung jawab kerja di perusahaan sebelumnya. 

Jika belum memiliki pengalaman bekerja, atau baru lulus sekolah, cantumkan pengalaman organisasi atau pengalaman magang ketika masih sekolah dulu. Tuliskan jabatan dan kegiatan yang dilakukan dalam organisasi tersebut. 

4. Keahlian khusus

Selain latar belakang pendidikan dan karier, umumnya perusahaan juga ingin mengetahui pribadi calon pelamar. Untuk itu, kita bisa tuliskan dan jelaskan keahlian khusus yang dapat menunjang kemampuan kita dalam bekerja. Misalnya, kita memiliki kemampuan bekerja secara detail, mampu memahami hal baru dengan cepat, dan lainnya. 

Tips Membuat CV Tulis Tangan Dilirik HRD 

tips wawancara kerja agar diterima

Agar CV dapat dilirik oleh HRD, sehingga lolos ke tahap selanjutnya, ada beberapa tips yang bisa dijadikan acuan, seperti:

1. Buat secara rapi

Dalam membuat CV tulis tangan, masih banyak yang kesulitan membuatnya secara rapi. Memang betul memastikan CV tulis tangan rapih tidaklah semudah ketika membuat CV dalam bentuk cetak. Namun, kita bisa memastikan CV rapi dengan membuat garis tipis pada sisi kiri dan kanan kertas. 

Selain itu, ketika membuat kesalahan tulisa, hindari menutupinya dengan correction pen, ya. Lebih baik gunakan lembar baru dan buat kembali CV dari awal. Dengan begitu, CV kita akan terlihat rapi dan profesional. 

2. Cantumkan informasi penting secara terperinci

Tips selanjutnya adalah dengan mencantumkan informasi penting yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya secara terperinci. Perhatikan bagian pengenalan identitas diri, riwayat pendidikan, dan pengalaman kerja pada CV tulis tangan. Pastikan setiap poin tersebut telah mencakup informasi penting yang perlu diketahui HRD.

3. Buat CV secara kreatif 

Jika melamar ke perusahaan atau industri kreatif, jangan ragu untuk menghias CV tulis tangan agar terlihat lebih menarik, ya. Namun, tetap pastikan isi CV tetap terbilang formal dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar atau sesuai aturan Ejaan yang Disempurnakan (EYD). 

Contoh CV Tulis Tangan 

Sebelum membuat CV tulis tangan, kita perlu terlebih dahulu tahu jenis perusahaan yang dilamar. Misalnya jika melamar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPN), maka kita perlu mengikuti format CV tulis tangan formal. Sementara untuk perusahaan swasta, kita bisa buat dengan lebih kreatif agar terlihat menarik. 

Berikut ini beberapa contoh CV tulis tangan yang dapat dijadikan acuan. 

1. Contoh CV di industri kreatif 

contoh cv tulis tangan kreatif
Sumber gambar: Selticstown.com

2. Contoh CV sebagai CPNS

contoh cv tulis tangan CPNS
Sumber gambar: Mpssoft.co.id

3. Contoh CV di perusahaan swasta

contoh cv tulis tangan resmi
Sumber gambar: Celticstown.com

Selain memperhatikan tips dan contoh CV tulis tangan di atas, ingat yang paling penting adalah membuat informasi relevan dengan pekerjaan yang dilamar, ya. Dengan begitu, kesempatan untuk lolos ke tahap selanjutnya akan lebih besar. Semoga berhasil! 

Mari temukan informasi seputar CV menarik yang ideal serta hal-hal terkait finansial dan asuransi di LifepalSemoga proses lamaran kerjanya berjalan lancar, ya! 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →