Pengertian, Jenis, dan Contoh Kegiatan Ekonomi di Masyarakat

kegiatan ekonomi

Kegiatan membeli barang, menjual barang, memproduksi sesuatu, itu adalah contoh kegiatan ekonomi yang sering kita jumpai sehari-hari. Kegiatan ini sangat penting sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dan keuntungan. 

Tapi tahukah kamu apa itu kegiatan ekonomi dan apa saja contoh kegiatan ekonomi lainnya? Simak ulasan Lifepal berikut ini.

Apa itu kegiatan ekonomi?

kegiatan ekonomi di pusat perbelanjaan

Secara umum, kegiatan ekonomi adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan tersebut meliputi proses produksi, konsumsi, dan juga distribusi.

Semua lapisan masyarakat pasti terlibat dalam kegiatan ini. Identiknya, di dalam kegiatan ekonomi selalu ada pertukaran produk, barang atau jasa yang melibatkan uang. Contohnya seseorang membeli makanan senilai Rp10.000 di warteg atau seorang karyawan yang menerima gaji berkat kerjanya selama satu bulan. 

Uang atau pertukaran barang tersebut merupakan salah satu cara untuk manusia agar bisa bertahan hidup. Dalam kasus pedagang warteg dan pembelinya, si pembeli mendapatkan makanan untuk memenuhi kebutuhan gizinya, sementara si penjual mendapatkan uang untuk kemudian bisa ia gunakan sebagai modal usaha atau tabungan. 

Tujuan kegiatan ekonomi

Kegiatan ekonomi memiliki dua tujuan utama yang selalu berkaitan dengan uang. Tujuan pertama adalah untuk sarana pemenuhan kebutuhan konsumen, dan yang kedua adalah sebagai sarana untuk menghasilkan keuntungan atau kekayaan bagi produsen. 

Jenis kegiatan ekonomi

contoh kegiatan ekonomi

Kegiatan ekonomi sendiri bisa terbagi menjadi tiga jenis atau kelompok, yaitu pertama produksi, kedua konsumsi, dan ketiga distribusi. Ketiganya ini memiliki hubungan yang saling berkesinambungan untuk bisa memenuhi kehidupan para pelaku ekonomi. 

1. Produksi

Sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menghasilkan dan menambah nilai guna barang atau jasa. Kegiatan ini sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan hidup manusia akan suatu barang. Produk-produknya pun bisa berbentuk beberapa jenis, yaitu barang mentah, barang setengah jadi, maupun barang jadi. 

Contoh kegiatan produksi adalah sebuah pabrik beras, melakukan penggilingan padi, menyortir padi yang berkualitas, dan memasarkannya dalam bentuk beras yang sudah diberi merek.

2. Konsumsi 

Kegiatan untuk mengurangi, memakai, atau menghabiskan suatu nilai guna sebuah barang. Pelaku yang melakukan kegiatan konsumsi ini disebut dengan konsumen. Semua orang, tidak bisa hidup tanpa melakukan kegiatan konsumsi. 

Contoh kegiatan konsumsi, Andi membeli makanan siang di gerai cepat saji sebelah kantornya, dan Andi membeli pakaian Lebaran di mal dekat rumahnya. Dari contoh tersebut kita bisa melihat bahwa kegiatan konsumsi identik dengan kata membeli. 

3. Distribusi 

Distribusi adalah kegiatan ekonomi yang bertugas menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Kegiatan ini sangat penting dalam membantu para produsen memasarkan barangnya, dan membantu konsumen untuk pemenuhan kebutuhannya. 

Pelaku kegiatan ekonomi

Pelaku ini bisa diartikan sebagai individu, sekelompok orang, atau lembaga yang melakukan kegiatan ekonomi. Mereka melakukan kegiatan seperti produksi, konsumsi, dan distribusi dalam kehidupannya sehari-hari. Siapa saja mereka? 

  • Rumah tangga konsumsi (konsumen)
  • Rumah tangga produksi (produsen)
  • Perusahaan
  • Pemerintah

Peran pelaku kegiatan ekonomi

1. Rumah tangga konsumsi (konsumen)

Rumah tangga konsumsi merupakan individu atau kelompok yang melakukan kegiatan konsumsi. Mereka memiliki peran sebagai pengguna barang atau jasa yang telah diproduksi oleh rumah tangga produksi. Peran penting lainnya, mereka juga turut memberikan kemakmuran bagi rumah tangga produksi. 

2. Rumah tangga produksi (produsen)

Mereka adalah individu atau sekelompok orang yang melakukan kegiatan produksi, seperti menghasilkan barang atau memberikan pelayanan jasa. Mereka memiliki peran untuk membantu pemenuhan segala kebutuhan yang dibutuhkan oleh rumah tangga konsumsi. 

3. Perusahaan

Perusahaan ini juga memiliki peran sebagai penyedia barang atau jasa bagi rumah tangga konsumsi. Di Indonesia sendiri perusahaan terdiri dari perusahaan swasta, BUMN, dan juga koperasi.

4. Pemerintah

Pemerintah memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian. Kewenangan yang mereka punya bisa mengontrol dan mengendalikan kegiatan perekonomian agar bisa dinikmati banyak orang dan semua kalangan. Cara kontrol dan pengendalian itu bisa dilakukan lewat sebuah paket-paket kebijakan. 

Contoh kegiatan ekonomi masyarakat 

pasar sarana kegiatan ekonomi

Kamu mungkin bisa dengan mudah menemukan atau bahkan merasa melakukan kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini contoh-contoh kegiatan ekonomi yang sering ada di lingkungan sekitar kita. 

1. Contoh kegiatan ekonomi produksi

Indonesia menjadi salah satu negara dengan kualitas biji kopi pilihan. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar melakukan pengelolaan terhadap biji kopi yang masih mentah menjadi serbuk siap minum. Kopi siap saji itu kemudian dijual dengan harga yang telah disesuaikan dengan biaya produksinya. 

2. Contoh kegiatan distribusi

Pemerintah melakukan penjualan dan pemasaran produk-produk pangan unggulan dalam negeri ke negara-negara tetangga. Hal ini selain berperan untuk mendistribusikan produk lokal, tapi juga turut mengangkat kualitas produk agar bisa bersaing di kancah internasional. 

3. Contoh kegiatan ekonomi konsumsi

Kegiatan konsumsi merupakan kegiatan yang menghabiskan sebuah nilai guna barang demi pemenuhan kebutuhan. Contohnya, seorang konsumen membeli beras di toko kelontong untuk kemudian dimasak untuk makan malam bersama keluarganya. 

4. Contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan sumber daya alam

Kegiatan ekonomi yang memanfaatkan sumber daya alam biasanya terjadi di sektor-sektor perkebunan, pertanian, hingga pertambangan. Contohnya adalah perusahaan batu bara yang mengeruk fosil di endapan bumi untuk kemudian diolah menjadi sumber bahan bakar yang bermanfaat bagi industri lainnya. 

5. Contoh kegiatan ekonomi perdagangan 

Perdagangan adalah kegiatan jual beli yang mempertemukan pedagang, dan pembeli. Kamu bisa melihat kegiatan ekonomi ini di pasar salah satunya. Banyak pedagang sayur sedari pagi telah menjajakan hasil kebunnya kepada para konsumen yang berkunjung. 

Itulah penjelasan tentang contoh kegiatan ekonomi. Sekarang kamu jadi tahukan apa peranmu  dan seberapa pentingnya kamu di dalam sebuah perekonomian yang lebih luas lagi?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →