Anti Gagal! Ini 10 Contoh Surat Permohonan dan Fungsinya

syarat surat penunjukan pajak

Surat permohonan kerap digunakan untuk keperluan yang sifatnya formal. Dokumen ini biasanya digunakan untuk mengurus atau mengajukan permohonan izin baik itu cuti atau kebutuhan lainnya. 

Pasalnya untuk permohonan izin tidak hanya dilakukan secara lisan saja, tetapi juga secara tertulis. Oleh karena itu pentingnya untuk mengetahui bagaimana cara membuat surat permohonan. 

Kali ini Lifepal akan mengulas contoh surat permohonan yang perlu kamu perhatikan sesuai dengan keperluannya. Yuk simak di bawah sini ya penjelasan. 

Pengertian surat permohonan

Surat permohonan adalah surat yang dibuat perseorangan, organisasi, dan badan usaha untuk memohon suatu hal kepada pihak lain atau instansi lain. Ketika kamu dalam situasi membutuhkan bantuan orang lain, namun hal ini terjadi di lingkungan formal seperti lembaga pendidikan, perusahaan dan sejenisnya maka kamu membutuhkan surat permohonan.

Surat ini tergolong ke dalam surat resmi maka penulisannya juga memiliki struktur yang lebih rinci dan sistematis. Jadi kesimpulannya, surat permohonan merupakan suatu dokumen berupa lembaran yang didalamnya tertulis permintaan seseorang ditujukan kepada pihak yang bersangkutan, dan kedua pihak ini memiliki keterkaitan dengan pihak resmi.

Tujuan dan fungsinya

Tujuan dari surat permohonan ini adalah untuk menyampaikan permohonan secara resmi, sehingga dalam membuatnya harus menggunakan bahasa formal dan mengikuti format dasar yang digunakan secara umum. Selain itu surat permohonan dapat berfungsi sebagai bukti secara tulis mengenai hal-hal yang akan dilakukan agar mendapat bantuan atau dukungan dari penerima surat.

Syarat-syarat untuk menulisnya

Sebagai surat resmi yang memiliki struktur sistematis maka ada beberapa syarat penulisan yang harus diperhatikan. Tentu ini ditujukan agar si penerima surat mendapat keterangan yang lengkap dan jelas terkait isi surat permohonan. Berikut syarat penulisan yang perlu kamu ketahui.

1. Identitas

Mencantumkan identitas merupakan hal yang wajib dilakukan ketika hendak menulis surat permohonan. Identitas pemohon dan penerima harus ditulis secara lengkap dan jelas sesuai dengan tanda pengenal misalnya KTP, paspor dan sejenisnya. Penulisan identitas ini agar surat yang dikirim tepat sasaran dan penerima mengerti maksud serta tujuan dari si pengirim surat permohonan ini.

Kamu perlu memastikan bahwa pada penulisan identitas sudah lengkap. Kelengkapan penulisan identitas ini mencakup nama penulis, alamat, tempat tanggal lahir dan hal lain yang bersifat penting. Hal ini juga berlaku pada identitas si penerima surat permohonan baik sebagai lembaga atau organisasi resmi.

2. Pengaturan tata letak

Surat permohonan masuk ke dalam surat resmi maka pengaturan tata letak tulisan harus benar-benar diperhatikan. Pengaturan tata letak ini meliputi bagian-bagian yang harus dituliskan secara berurutan dan sesuai, seperti kepala surat, salam pembuka, identitas dan sebagainya. Kamu dapat menyesuaikan tata letak yang sesuai dengan kategori dan contoh surat permohonan yang ingin kamu buat.

3. Format penulisan

Format penulisan yang digunakan dalam membuat surat permohonan yakni menggunakan ukuran dan model huruf yang sesuai serta rapi. Tulisan juga harus dapat dibaca dan dipahami dengan jelas. Susunan kalimat yang digunakan juga tidak boleh membingungkan penerima surat, caranya dengan menggunakan penulisan yang sesuai dengan EYD.

Bahasa yang digunakan juga harus bahasa baku dan formal, tidak diperkenankan menulis surat dengan bahasa santai atau bahasa gaul. Sebab hal ini dapat menurunkan tingkat kredibilitas dari surat permohonan yang dibuat.

4. Tujuan surat

Tujuan setiap surat permohonan tentu berbeda-beda, hal tersebut karena setiap surat permohonan yang dibuat pasti berdasarkan kategori masing-masing. Dalam surat permohonan, tujuan menjadi unsur utama sebab yang membedakan surat permohonan dengan surat lainnya yaitu terletak pada tujuannya.

Secara singkat tujuan surat ditulis pada perihal surat, kemudian akan dijelaskan lebih rinci pada isi surat. Jelaskan secara lengkap apa saja bantuan yang kamu butuhkan dan apa saja yang dapat penerima surat lakukan untuk membantumu. Jangan lupa untuk menyisipkan berbagai keuntungan yang didapat penerima surat ketika bersedia membantu.

5. Dateline surat

Hal penting lainnya adalah menentukan dateline surat. Dateline surat yang dimaksud yaitu waktu penulisan surat serta penentu batas waktu untuk memberikan respon atau balasan pada surat. Gunakan format hari, tanggal, tahun dan tempat agar penulisan waktu lebih jelas.

Dateline surat dibuat agar penerima surat tahu kapan kamu membuat surat permohonan ini dan kapan batas waktu membalasnya. Ini akan mempercepat pemberian respon dari si penerima surat dan bisa meminimalkan surat permohonan diabaikan.

Cara membuat surat permohonan

Selanjutnya untuk menunjang format penulisan yang baik dan benar dalam membuat surat permohonan. Ada beberapa struktur cara membuat surat permohonan yang harus ditulis sesuai dengan susunan yang telah ditentukan.

1. Kepala surat

Pertama dan terpenting dalam surat permohonan adalah kepala surat atau kop surat, letaknya berada di paling atas surat dengan format rata tengah. Tetapi jika pengirim bukan berasal dari lembaga resmi kepala surat dapat diganti menjadi judul surat. Dalam kop surat terdapat nama instansi atau lembaga resmi yang berkaitan dengan si pengirim surat dan disertakan logo sekaligus alamat lengkap.

2. Waktu surat

Waktu surat diletakkan dibagian kanan setelah kepala surat. Tetapi bisa juga diletakkan di bagian akhir surat setelah salam penutup. Waktu surat berisikan waktu pembuatan surat serta batas akhir merespon surat.

3. Nomor surat

Nomor surat terletak di awal setelah kop surat, yang letaknya di bagian kiri bawah. Namun bisa juga di letakkan di atas lampiran. Bagian ini berfungsi memberi urutan ditulisnya sebuah surat permohonan.

4. Perihal dan lampiran

Lampiran diperuntukkan bagi pengirim surat yang memiliki berkas penting lain di luar surat yang mendukung keterangan surat. Namun jika tidak ada berkas lain di luar surat maka tidak perlu menuliskan bagian lampiran pada surat permohonan.

5. Salam pembuka dan penutup

Segala jenis surat pastilah memiliki bagian salam pembuka dan penutup. Bagian pembuka terletak di awal, sebelum menjelaskan isi surat. Sedangkan bagian penutup berada di akhir surat setelah selesai menjelaskan isi surat. Letak salam penutup sebelum penulisan tanda tangan dan nama jelas pengirim.

6. Identitas pengirim dan penerima

Hal penting lainnya dari surat permohonan adalah identitas si pemohon dan si penerima surat. Identitas dapat memberikan kejelasan mengenai tujuan ditulisnya surat pada kedua pihak yang bersangkutan. Identitas pengirim dan penerima dapat diletakkan di awal atau di akhir surat, tergantung dengan kepentingan pengirim surat.

7. Isi surat

Isi surat tentu dituliskan pada bagian tengah surat. Pada bagian ini kamu sebagai pengirim surat dapat menuliskan segala hal yang dibutuhkan dengan rinci yang terkait dengan tujuan dari permohonan surat yang kamu buat. Biasanya isi surat terdiri dari satu atau dua paragraf yang ditulis dengan singkat, padat dan jelas.

8. Tanda tangan dan nama jelas

Pada bagian ini si pemohon menuliskan tanda tangan dan nama jelasnya. Tanda tangan ditulis menggunakan pena dengan tinta berwarna hitam. Posisi atau letak tanda tangan berada di bagian bawah isi surat.

Kategori dan contoh surat permohonan

Surat permohonan sendiri terdiri atas beberapa kategori, yaitu surat permohonan rekomendasi, surat permohonan izin, dan masih banyak jenis surat permohonan lainnya. Pada dasarnya, jenis surat ini memiliki format dasar yang terdiri atas nomor surat, lampiran, perihal, isi, nama dan tanda tangan pengirim di atas materai 6 ribu. 

Untuk lebih jelasnya, berikut kami rangkum beberapa kategori surat permohonan beserta contohnya. 

1. Surat permohonan rekomendasi

Sesuai dengan namanya, surat permohonan rekomendasi diberikan atas dasar penilaian terhadap kinerja pemohon. Umumnya, kategori surat ini digunakan untuk memohon rekomendasi kerja, beasiswa, pengadaan kegiatan, dan lainnya. 

Berikut contoh suratnya yang bisa dijadikan referensi: 

Pemerintah Kabupaten Bekasi 

Dinas Pendidikan 

SMA Negeri 2 Kota Bekasi

Jl. Tangkuban Perahu No. 1 Telp (021) 8843280

Surat Permohonan Rekomendasi Beasiswa 

Nomor: 789/SMANB/II/2019

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Drs. Nurul

Jabatan : Kepala Sekolah

NIP : 9999107289367

Dengan ini memberikan rekomendasi kepada :

Nama : Jessica Tania

Kelas : XI

Alamat : RT 69 RW 1 Measan, Bulu, Lendah, Kulon Progo

Nama Orang Tua : Sylvia Valentina

Pekerjaan Orang Tua : Buruh

Alamat Orang Tua : RT 69 RW 1 Measan, Bulu, Lendah, Kulon Progo

Yang adalah siswa SMA Negeri 2 Kota Bekasi. Berdasarkan dari hasil evaluasi belajar terakhir yang telah kami laksanakan, siswa yang bersangkutan mempunyai prestasi yang bagus. Berikut ini rincian prestasi akademik dari siswa tersebut :

  1. Kelas X, semester I peringkat I
  2. Kelas X, semester II peringkat I

Berdasarkan prestasi yang diperoleh Jessica, saya selaku perwakilan sekolah menganggap siswa tersebut layak untuk memperoleh beasiswa. Maka, dengan surat ini, kami pihak sekolah memberikan rekomendasi agar siswa yang bersangkutan memperoleh beasiswa.

Demikian surat rekomendasi ini dibuat sebenar-benarnya serta digunakan sebagaimana mestinya.

Bekasi, 06 September 2019

Kepala Sekolah,

Drs. Nurul

NIP. 9999107289367

2. Surat permohonan izin

Surat permohonan izin adalah surat yang dibuat untuk meminta izin dari orang lain atau pihak lain. Umumnya surat ini digunakan untuk keperluan kegiatan acara, surat izin, dan lainnya. Berikut contoh suratnya yang bisa dijadikan referensi: 

ORGANISASI INTRA SEKOLAH (OSIS)

SMA NEGERI 2  KOTA BANDUNG

Jl. Teratai Merah Muda No. 102 – 104 Bandung 67033

Tlp. 022 – 690210  Fax. 022 – 690211

Bandung, 22 Maret 2018

Nomo : 22/OS60/SU/9/18

Sifat : Penting

Lampiran : 1 (satu) Berkas Proposal

Hal : Permohonan Izin Kegiatan

Kepada

Bapak Kepala

SMA Negeri 2 Kota Bandung

Di tempat

Dengan hormat,

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, dan semoga kita selalu dalam limpahan iman kepada-Nya. Shalawat dan sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi besar Muhammad SAW hingga akhir zaman.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun SMA Negeri 60 Kota Bandung yang ke 25, kami bermaksud mengadakan acara syukuran bagi seluruh warga SMA Negeri 60 Kota Bandung guna memperat tali silaturahmi dan meningkatkan solidaritas warga SMA Negeri 60 Kota Bandung yang akan diadakan pada :

Hari/Tanggal: Senin, 06 September 2019

Waktu: 09.00 – selesai

Oleh karena itu, kami selaku panitia pelaksana kegiatan bermaksud memohon izin untuk mengadakan kegiatan tersebut agar acara kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Demikian permohonan ini kami sampaikan. Besar harapan kami agar permohonan izin ini dikabulkan sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Atas perhatian dan  dukungan Bapak, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Ketua OSIS SMA Negeri 2 Bandung,

 

Nurul H. 

3. Surat permohonan bantuan

Surat permohonan izin digunakan untuk hal-hal yang bersifat meminta bantuan. Misalnya, surat permohonan bantuan keringanan biaya sekolah, seperti contohnya di bawah ini: 

Yayasan Penyantunan Yatim Piatu, Anak Terlantar Dan Dhu

“Al-Muflikhuun”

Desa Janur RT. 02 RW. 11, Pati, Telp (021) 3319548

Surat Permohonan Bantuan Biaya

Nomor: 789/SMANB/II/2019

Nomor: 94/YPATDD/V-9/6/19

Lampiran: 1 (satu) lembar

Hal: Permohonan Mengikuti Ujian Semester Genap serta Keringanan Biaya

Kepada Yth.

Kepala Madrasah Aliyah

Nurul H.

Di tempat

Kami sebagai Pengurus Yayasan Al-Ubaiddah mengajukan permohonan bantuan supaya anak didik kami yang bernama:

  1. Jessica Tania Kelas XII IPA 5
  2. Kevin Hansen Kelas XI IPS 1

Supaya tetap bisa mengikuti ujian semester genap pada tahun ini dengan keringanan biaya yang diberikan. Adapun kekurangan biaya diantaranya:

Jessica Tania Kelas XII IPA 5 dengan rincian sebagai berikut:

  • Uang SPP 3 bulan: Rp 300.000
  • Uang Komputer: Rp 100.000
  • Uang Semester Genap: Rp 55.000
  • Uang Perpisahan: Rp 55.000

Nasrullah Kevin Hansen Kelas XI IPS 1 dengan rincian sebagai berikut:

  • Uang SPP 3 bulan: Rp 120.000
  • Uang Komputer: Rp 60.000
  • Uang Semester Genap: Rp 35.000
  • Uang Perpisahan: Rp 55.000

Demikian surat permohonan ini kami buat semoga dapat dijadikan perhatian yang berwenang. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan banyak terima kasih. 

Pati, 06 September 2019

 

Imam D. 

4. Surat permohonan magang

Surat permohonan magang umumnya dibutuhkan oleh mahasiswa tingkat akhir atau murid SMK sebagai persyaratan utama menuntaskan proses pendidikan. Berikut contoh suratnya yang bisa dijadikan referensi: 

Jakarta, 06 September 2019

Perihal: Surat Permohonan Magang Kerja

Lampiran: 1 (satu) bendel

Yth.

PT Permata Mas

Jalan Senopati 123

Jakarta Pusat

Dengan hormat, 

Saya yang bertandatangan di bawah ini: 

Nama: Nurul 

NIM: 76019934556

Alamat: Jalan Senopati 32, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. 

Perguruan Tinggi: Universitas Teknologi Jakarta, Jalan Kembangan Utara, Jakara Barat

Program Studi: S1 Sistem Komputer

Dengan surat ini aku bermaksud mengajukan izin untuk sanggup melaksanakan Kerja Praktik aku (magang) selama 1 (satu) hingga 3 (tiga) bulan di perusahaan yang Bapak/Ibu kelola. Sebagai materi pertimbangan Bapak/Ibu, aku lampirkan beberapa berkas sebagai berikut :

  1. Daftar Riwayat Hidup / Curriculum Vitae (CV)
  2. Foto Copy Kartu Mahasiswa
  3. KHS terakhir dengan IPK
  4. Pas foto terbaru ukuran 3×4 = 2 lembar
  5. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Demikian permohonan ini aku ajukan, besar impian aku biar Bapak/Ibu berkenan mempertimbangkan permohonan ini. Atas perhatian dan kebijaksanaannya aku ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Jakarta, 06 September 2019

 

Nurul

5. Surat permohonan dana

Sesuai dengan namanya, surat permohonan dana ditujukan untuk pemohon yang membutuhkan bantuan dana. Umumnya surat ini digunakan oleh penyelenggara acara besar yang membutuhkan dukungan dana. Berikut contoh suratnya yang bisa dijadikan referensi: 

Jakarta, 06 September 2019

Hal : Surat Permohonan Dukungan Dana

Perihal : 1 (satu) lembar

Kepada Yth. : Pjs. Dekan

Fakultas Ilmu Komputer

Universitas Sriwijaya 

Dengan hormat, 

Sehubungan dengan akan dimulainya pelaksanaan kegiatan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang diterima DIKTI tahun 2012, saya yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama : Kevin D. 

NIM : 09081002040

Jurusan : Teknik Informatika / 2013

Selaku ketua kelompok PKM yang berjudul : “Rahasia Sukses Sejak Kecil” – Sosialisasi pengetahuan teknologi informasi untuk menggali potensi anak-anak tingkat sekolah dasar di Kecamatan Cilandak, Jakarta. 

Dengan ini mengajukan permohonan peminjaman dana sebesar Rp500.000.000 (Lima ratus lima puluh ribu rupia). Dana tersebut akan digunakan untuk pelaksanaan kegiatan awal PKM dengan rincian terlampir. Dana tersebut akan dikembalikan pada saat dana DIKTI telah didistribusikan ke kelompok PKM penerima dana. 

Demikian surat permohonan ini dibuat. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

Salam Hormat,

Jakarta, 06 September 209

 

Kevin D.

6. Surat permohonan peminjaman lokasi

Surat ini ditujukan untuk meminta permohonan pinjam lokasi. Seringnya surat ini dibuat untuk kepentingan sebuah acara atau kegiatan. Contoh surat peminjaman lokasi kegiatan Osis:

SMA ABADI LUHUR

Akreditasi “B” (Baik)

Jln. Lambung Mangku Bumi, Jepara

 

Jepara, 14 Mei 2015

Nomor                                  : 320/02/SMA/II/2015

Lampiran                             : 1 (satu) berkas

Perihal                                  : Permohonan Peminjaman Lokasi

Kepada

Yth. Komandan Wilayah Jepara

Di Tempat

Dengan hormat,

Seperti yang telah kita ketahui, jika Latihan Dasar Kepemimpinan atau (LDK) sangat erat kaitannya dengan pembentukan kepemimpinan. Tujuan diadakannya kegiatan ini tidak lain dan tidak bukan karena untuk membentuk organisasi yang lebih positif. Selain itu untuk membuat suatu organisasi dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami dari SMA ABADI LUHUR memohon peminjaman lokasi latihan pendidikan militer di wilayah Jepara. Tentunya melalui surat permohonan peminjaman lokasi ini. Adapun kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada :

Hari/tanggal                        : Minggu, 20 Mei 2015

Pukul                                     : 05.00 WIB hingga selesai

Jumlah Peserta                  : 250 siswa

Demikian surat permohonan bantuan peminjaman lokasi ini kami buat. Harapan kami semoga dapat segera ditindaklanjuti. Terakhir, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan banyak-banyak terima kasih.

Mengetahui,

 

Anto Surya Harmoko

(Kepala Sekolah)

7. Surat permohonan kerjasama

Surat permohonan ini dibuat untuk kepentingan kerjasama antara pihak-pihak yang bersangkutan. Berikut contoh surat permohonan kerjasama.

PT Sukses Semesta

Jalan Bintang no 9 Jakarta

Telp (021) 123456 Kode pos 12345

Nomor : 13/SS/KJ2/2019 Jakarta, 4 Febuari 2019

Lampiran: Proposal Kegiatan

Perihal: Permohonan Kerjasama

Kepada Yth.

Direktur PT. Harian Bersama

Jl. Makmur No 1

Jakarta

Dengan Hormat

Pihak PT Sukses Semesta dengan surat ini menawarkan kerjasama dengan PT. Harian Bersama untuk menjadi partner penjualan kami yang berupa:

  1. Perlengkapan Import Permainan Anak-anak
  2. Pakaian Import Anak-anak

Kami menawarkan kerjasama sebagai rekan marketing utama perusahaan kami. Dengan kompensasi pembagian keuntungan dengan jumlah yang dapat didiskusikan.

Demikian surat kerjasama ini dibuat. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami

Sukses Semesta, PT.

8. Surat permohonan sponsor

SURAT PERMOHONAN SPONSORSHIP

Semarang, 12 Agustus 2016

Nomor : 128/09/RSUMMI/Prmhn/VII/2016

Lampiran : 1 (satu) Proposal

Perihal : Permohonan Sponsorship

 

Kepada Yth,

Pimpinan PT Kalbe Farma Tbk

di Tempat,-

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya perubahan status RSIA UMMI menjadi Rumah Sakit Umum pada akhir tahun ini, maka RS. UMMI mempunyai komitmen untuk bisa memberikan pelayanan medis yang lebih luas menyeluruh kepada masyarakat umum, salah satunya yaitu dengan menambah Poli klinik untuk bidang Kulit dan Kecantikan.

Tujuan dari membuka poliklinik ini dikarenakan melihat tren di tengah masyarakat khususnya kaum wanita yang lebih peduli terhadap penampilan, khususnya tren kecantikan.

Maka karena itu, RS. UMMI mencoba membentuk tim untuk menyelenggarakan seminar umum tentang kulit dan kecantikan sebagai bentuk promosi dari dibukanya poli klinik Kulit dan Kecantikan dengan narasumber dr. Ghanesia Wulandari, Sp.KK sebagai dokter spesialis kulit dan kecantikan RS UMMI. Tema yang diangkat dalam kegiatan seminar ini adalah “Merawat Kulit Sehat”.

Sehubungan dengan hal tersebut dan sebagai dukungan demi terlaksananya acara Seminar Awam ini, kami mohon kesediaan Perusahaan Bapak/Ibu untuk berpartisipasi sebagai sponsor/donator.

Proposal Sponsorship kami lampirkan dalam surat ini. Pembayaran untuk sponsorship dapat di transfer melalui :

No. Rekening : 1270101766

Atas Nama : RSIA UMMI

Nama Bank : Bank Muamalat cabang Semarang

Konfirmasi untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, mohon dapat menghubungi Telp. 0341 – 8341690 (Hunting) atau Fax. 0251-8351606 UP. Riesta (08571422558) atau e mail: [email protected]

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Dr. Supratman S.E

Direktur Utama

9. Surat permohonan beasiswa

SURAT PERMOHONAN BEASISWA

Malang, 15 Oktober 2018

Perihal : Permohonan Beasiswa

Lampiran : 1 Berkas

Kepada

Rektor Universitas Brawijaya

Jalan Veteran Km.85 Malang

Dengan Hormat,

Berhubung adanya informasi dari kampus bahwa akan ada pendaftaran beasiswa mahasiswa unggulan tahun ajaran 2014/2015 yang mana telah di beritahukan lewat universitas pada tanggal 17 aporil 2014/2015, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                     : Slamet Arifin Heriyanto

NPM                                       : 24608012

Fakultas                                  : Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan

Jurusan                                   : Ilmu Ekonomi Islam

Semester                                : IV (empat)

Tempat/tanggal lahir          : Jakarta ,12 juli 1995

Alamat                                    : Jalan Mawar Merah Gg. melati No.11C Batu

Bersama datangnya surat ini saya ingin menyampaikan untuk mengajukan permohonan supaya mendapatkan beasiswa mahasiswa unggulan ajaran tahun 2014/2015 itu.

Untuk bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  1. Foto copy tanda penduduk (KTP)
  2. Foto copy kartu tanda mahasiswa (KTM)
  3. Surat keterangan penghasilan orang tua
  4. Foto copy transkip nilai semester 1-3
  5. Foto copy buku rekening tabungan
  6. Fotocopy rekening PDAM 3 bulan berakhir
  7. Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan
  8. Foto copy rekening listrik 3 bulan berakhir
  9. Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)
  10. Surat pernyataan tidak sebagai penerima beasiswa
  11. Pas foto 4 x 6 ( tiga)
  12. Surat rekomondasi dari dekan bidang kemahasiswaan

Demikian surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Sangat besar harapan saya untuk permohonan beasiswa yang kami inginkan. Atas oengertian dan bantuan Bapak/Ibu, Saya  banyak ucapkan terima kasih.

Hormat saya

 

Arifin Heriyanto

NPM.24608012

10. Surat permohonan maaf

SURAT PERNYATAAN PERMOHONAN MAAF

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Syahputra

NIM : 8976535543

Jurusan : Statistika

Semester : 8 (Delapan)

Alamat : Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini bermaksud meminta maaf kepada Bapak Prof. Muhammad Ilham, selaku Dosen Pembimbing saya di Universitas Maju Sejahtera, dimana sudah terlambat memberikan Laporan Praktek Kerja Industri. Saya juga berjanji untuk segera menyelesaikan laporan tersebut, sesuai dengan persyaratan dan batas waktu yang sudah ditentukan oleh Bapak Prof. Muhammad Ilham dan pihak Universitas Maju Sejahtera.

Demikian surat permohonan maaf ini saya perbuat dengan sebenar- benarnya dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Medan, 20 Januari 2020

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

Itulah beberapa contoh surat permohonan yang banyak digunakan pada umumnya. Masih ada banyak lagi kategori surat permohonan yang digunakan untuk berbagai keperluan. Semoga contoh dan penjelasan di atas bermanfaat, ya.

Tertarik untuk mendapatkan penghasilan tambahan bulanan hingga mencapai jutaan? Gabung aja dengan Mitra Lifepal. Dengan menjadi anggota Mitra Lifepal, kamu bisa berpeluang dapat penghasilan Rp30 juta dengan memasarkan produk perlindungan keuangan dari berbagai produk asuransi.

Namun sebelumnya, kamu bisa mengonsultasikan perencanaan keuanganmu dan mendapatkan solusi kendala bisnismu selama ini hanya di Tanya Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →