Contoh Undangan Pernikahan Unik untuk Inspirasi Kita

cara memaksimalkan keuangan

Pernikahan adalah momen sekali seumur hidup yang tidak bisa diulang sehingga kita tentu akan berusaha agar momen tersebut berkesan. 

Nah, salah satu hal yang bisa meninggalkan kesan adalah undangan. Tidak mengherankan jika kini banyak pasangan mencari inspirasi contoh undangan pernikahan yang unik dan menarik.

Pasalnya undangan pernikahan yang menarik akan memberikan kesan pertama yang membekas bagi penerimanya. Undangan pernikahan juga bisa menjadi gambaran acara pernikahan seperti apa yang akan kita selenggarakan. Sederhana, mewah, modern, tradisional, rustic, atau yang lainnya.

Namun ternyata, memilih undangan yang tepat bukan hal yang mudah, lho. Pasangan yang akan menikah sering kali kebingungan memilih desain, warna, hingga tema yang mau digunakan dalam pernikahannya.

Tips Memilih Undangan Pernikahan

Jangan bingung, ini dia beberapa tips memilih undangan pernikahan yang mungkin akan membantu kita memilih.

1. Sesuaikan dengan budget

Kita tentu ingin undangan yang terbaik, tetapi tidak jarang apa yang kita inginkan tidak sesuai dengan alokasi dana yang kita siapkan. Maka hal pertama yang perlu kita lakukan adalah memilih undangan yang sesuai dengan budget.

Undangan yang menarik tidak melulu harus mahal lho. Kita bisa melakukan survey dahulu sebelum menentukan undangan pernikahan seperti apa yang akan kita gunakan. Lihat dan bandingkan harganya. Atau jika kita atau pasangan kita mahir untuk mendesain, mengapa tidak membuat undangan pernikahan sendiri? Dijamin akan sesuai keinginan dan bisa menghemat pengeluaran.

2. Pilih desain yang menarik

Undangan pernikahan adalah sarana kita mengabarkan berita bahagia kepada orang lain. Maka usahakan untuk memilih desain yang menarik dan membuat penerima bersemangat untuk menghadiri pernikahan kita. Ingat, pilihlah desain yang tidak terlalu ramai dari segi motif hingga warna. Sebab akan menyulitkan penerima mengetahui informasi penting tersebut.

3. Pilih yang sesuai dengan keinginan kedua mempelai

Pernikahan adalah urusan bersama, bukan hanya individu per individu. Tentu akan lebih baik jika segala keputusan diambil bersama, termasuk dalam memilih undangan pernikahan. Lupakan ego pribadi dahulu, ya. Pilihlah undangan yang bisa mengakomodir kemauan kedua belah pihak.

Contoh Undangan Pernikahan

Nah, bagi yang ingin melangsungkan pernikahan dan masih pusing ingin undangan seperti apa, berikut ini ada beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan.

1. Monogram

Bagi penyuka hal klasik, undangan yang memakai monogram ini bisa jadi pilihan tepat. Untuk menambah kesan elegan, tulisan bisa dicetak dengan teknik letterpress.

Sumber: 

2. Memasukan klasik dan modern

Bagi yang gemar memadukan konsep klasik dan modern, tema undangan vintage ini bisa tampil dalam nuansa lebih modern. Kita hanya perlu memilih warna gelap sebagai background, dipadukan dengan motif bunga berwarna kontras.

Sumber: 

3. Renda dan pita

Tidak hanya bisa digunakan dalam dunia mode, renda dan pita pun bisa kita aplikasikan di undangan untuk menciptakan kesan elegan.

Sumber: 

4. Laser cut yang unik

Teknik laser cut selalu mencuri perhatian. Dengan desain yang rumit menggunakan teknik laser cut, sampul undangan berwarna putih-beige ini sukses menciptakan kesan mewah.

Sumber: 

5. Glamorous gold

Emas adalah warna yang identik dengan kemewahan. Apa jadinya kalau teknik laser cut berdesain rumit diaplikasikan pada sampul undangan berwarna emas metalik? Glamor dan mewah, tentu saja!

Sumber: 

6. Gold and silver

Untuk menghasilkan undangan yang nampak feminin sekaligus glamor, kita bisa mengkombinasikan warna gold dan silver seperti ini.

Sumber: 

7. Minimalis namun elegan

Kesan elegan tak harus menggunakan banyak detail. Undangan minimalis ini pun bisa terlihat mewah karena perpaduan warna gelap dengan tinta emas pada cetakan hurufnya.

Sumber: 

8. Tema musik

Bagi pecinta musik, undangan berbentuk compact disk atau CD ini bisa jadi ide yang menarik. Lebih unik lagi kalau diisi dengan lagu-lagu favorit calon pengantin.

Sumber: 

9. Brosur yang anti-mainstream

Selain ukurannya yang tak biasa, undangan berbentuk brosur membuat kita bebas berkreasi dengan permainan huruf dan gambar yang jauh dari kesan formal. Cocok jika kita ingin mengadakan acara pernikahan yang santai.

Sumber: 

10. Undangan paspor

Undangan unik yang satu ini cocok untuk pasangan yang gemar berjalan-jalan. Supaya makin manis, tambahkan pita dan renda berwarna untuk mengikat undangan sebagai pengganti amplop.

Sumber: 

11. Undangan berpasangan

Dua desain berbeda untuk satu acara, kenapa tidak? Undangan berbentuk gaun pengantin putih dan tuksedo hitam ini sangat unik dan tidak biasa, lho.

Sumber: 

12. Undangan kaleng

Undangan tidak harus dibungkus dengan amplop ataupun plastik, kaleng bisa jadi pilihan yang unik. Jika surat kaleng bisa membuat penerimanya takut, undangan kaleng dijamin akan membuat penerimanya tersenyum.

Sumber: 

13. Undangan berbahan kain

Tidak harus berbahan kertas, selembar kain pun bisa dijadikan undangan. Anti mainstream!

Sumber: 

14. Undangan dari botol

Selain menggunakan kaleng, message in a bottle alias pesan dalam botol juga bisa jadi ide untuk membuat undangan yang tidak biasa.

Sumber: 

15. Undangan kayu

Kayu ternyata tidak melulu menimbulkan kesan yang kaku ya. Cukup menambahkan sedikit ornamen berupa beberapa helai daun, undangan berbahan kayu ini sudah terlihat sangat unik.

Sumber: 

Bagaimana? Sudah tahu undangan seperti apa yang kita inginkan? Semoga contoh undangan pernikahan ini membantu, ya

Mau tahu ulasan-ulasan lainnya terkait menghemat bujet pernikahan dan menentukan dekorasi pernikahan antimahal namun tetap indah, jangan ragu untuk mencari tahu di Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →