#CrazyRichKosan, Kelakuan Remeh Anak Kos yang Bikin Boros

Tidak memanfaatkan WIFI kafe

Ada-ada aja kelakuan anak kos buat hemat. Mulai dari makan mi instan, ngumpulin uang receh, cari tempat makan murah, atau malah bawa air minum dari kantor kalau udah kerja. Namun, tingkah #CrazyRichKosan yang pengin praktis ini malah bikin dompet tiris.

Setelah tagar #CrazyRichAsians dan #CrazyPoorAsians trending di Twitter, kini ada satu tagar lain yang gak kalah populer.

Yang namanya netizen emang kreatif banget. Tagar #CrazyRichKosan pun menyuarakan tingkah laku anak-anak kos yang pengin praktis, namun gak bikin mereka boros secara gak disadari.

Penasaran apa aja tingkah #CrazyRichKosan yang jangan-jangan salah satu atau beberapa sering kamu lakukan? Yuk, simak tweets para pengguna Twitter berikut:

1. Dapur dan alat masak disediakan di kos, tapi makan di luar

Gak masak di kosan (@daisydayani)
Gak masak di kosan (Twitter @daisydayani)

Di kos ada dapur dan alat masak, tapi kamu malah lebih sering makan di luar. Coba deh hitung-hitung berapa pengeluaran kamu bila masak sendiri dan makan di luar.

MoneySmart pernah lho membandingkannya. Ternyata masak sendiri jauh lebih hemat daripada makan di luar.

2. Gak peduli sama promo Starbucks buy 1 get 1 di LINE

Tak peduli promo (@nilun_)
Tak peduli promo (Twitter @nilun_)

Sesekali nongkrong gak salah, kok! Yang namanya lifestyle kadang bikin rasa penat hilang. Nah, salah satunya mencicipi kopi Starbucks.

Bakal lebih bagus lagi kalau kamu bisa menyiasati biaya gaya hidup. Gak ada salahnya mem-follow akun-akun official brand yang kamu suka atau akun media sosial mereka.

Buat apa? Tentu aja buat pantau promo tertentu. Lumayan kan kopi Starbucks Rp 50 ribuan bisa kamu tebus dengan uang Rp 25 ribu aja. Jadi bijak deh buat menyiasati biaya gaya hidup yang terbilang gak sedikit.

3. Nongkrong di coffee shop gak memanfaatkan WIFI

Tak memanfaatkan WIFI di kafe (@KKH_STYWN)
Tak memanfaatkan WIFI di kafe (Twitter @KKH_STYWN)

Yang namanya anak kost sejati haruslah bisa memanfaatkan segala fasilitas buat menghemat pengeluaran. Salah satunya adalah manfaatkan WIFI coffee shop tempat kamu nongkrong. Lumayan kan buat hemat kuota Internet kamu, jadi gak perlu kehabisan di pertengahan bulan.

Sayangnya, beberapa anak kost ada yang kelupaan buat minta password wifi saat nongkrong di coffee shop tertentu. Ntah karena malu atau emang lupa namun tindakan ini sungguh disayangkan sekali!

Oh ya, kalau bisa cari coffee shop yang punya koneksi Internet kencang. Jadi, saat kamu rogoh kocek buat beli kopinya yang terbilang mahal, kamu gak rugi-rugi amat deh.

4. Punya air galon tapi tetap beli air mineral botol

Punya air galon tetap beli aqua (Twitter @liannurma)
Punya air galon tetap beli aqua (Twitter @liannurma)

Sama kayak poin pertama, padahal di kos kamu udah disediain air galon. Eh, kamu selalu lupa buat isi botol minuman kamu atau malas keluar dari kamar buat isi air. Yang ada kantong malah boncos sedikit demi sedikit.

Misalnya, kamu beli air mineral botol di luar Rp 4 ribu. Terus, kamu beli dua kali sehari aja. Kalau kamu hitung-hitung jadi Rp 8 ribu per hari. Nah, sebulan bisa jadi Rp 240 ribu.

Uang Rp 240 ribu bisa buat masak sendiri dua minggu atau bisa buat ongkos transportasi kamu ke kampus atau kantor.

5. Liburan kampus dua bulan tetap bayar kosan

Liburan tetap bayar kos (Twitter @Fauziivan21)
Liburan tetap bayar kos (Twitter @Fauziivan21)

Ini yang sering terjadi khususnya buat anak kuliahan atau sekolah yang ngekos. Saat liburan kampus selama dua bulan, mereka tetap bayar kosan.

Kalau yang satu ini agak sulit. Pasalnya, kalau kamu berhenti ngekos di tempat kamu sekarang, nanti bakal sulit buat cari kosan yang baru.

Buat meminimalisasi kejadian seperti ini, kalau misalnya gak liburan, kamu mestinya maksimalin buat tidur di kosan sendiri ya. Jangan sering-sering menginap di kosan teman padahal punya kamar kos sendiri.

6. Ninggalin AC hidup seharian, biar pas pulang kamar dingin

Ninggalin AC hidup (Twitter @arif_raytama)
Ninggalin AC hidup (Twitter @arif_raytama)

Nah, ini nih yang paling gokil. Karena kamu gak mau kamar kos kamu panas saat kamu balik dari kampus atau kantor, kamu rela deh biarin AC hidup seharian. Sayangnya, cara tersebut malah bikin dompet kamu makin tiris. Uang listrik kamu bakal membengkak.

Asal tahu aja, pakai AC seharian selama sebulan bikin tagihan listrik kamar kos bisa sampai Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribuan. Udah gitu, AC kamu pun gak ada istirahatnya yang bikin lebih mudah rusak.

Mulai sekarang coba deh berhemat dengan cara kurangi penggunaan listrik. Selain itu, kamu pun bisa sekaligus menjaga bumi.

Mana beberapa tingkah laku #CrazyRichKosan yang disebutkan di atas yang sering kamu lakukan?

Gak apa-apa sih kalau kamu atau orangtua kamu banyak uang. Namun, gak ada salahnya juga kan buat belajar hemat sebagai anak kost?

Yuk, mulai dari hal-hal kecil!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →