Curhat Duit: Bingung Membayar Uang Sekolah Anak

membayar uang sekolah anak

Curhat Duit adalah kolom khusus yang diadakan di www.lifepal.co.id karena banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang dikirim ke kami seputar masalah keuangan. Ini lah yang membuat kami ingin mencoba membantu memberikan solusi sebisa mungkin. Curhat Duit pun menjadi bentuk komunikasi langsung antara www.lifepal.co.id dan pembaca setianya, selain lewat Forum.Lifepal.com

Edisi perdana Curhat Duit datang dari email yang masuk ke [email protected] yang berasal dari seorang pekerja Office Girl

Halo admin forum lifepal, gw liat di forum lifepal, kalau ada pertanyaan bisa kirim email ke admin. Gw lagi butuh bantuan nih, masalah keuangan gw yang berantakan. Nama gw maryati. pekerjaan gw sebagai office girl di kantor swasta gitu deh min.

Gw punya dua orang anak, yang satu umurnya 12 tahun dan satunya lagi 17 tahun. Status gw saat ini sudah menikah, tapi min… suami gw gak pernah ngasi nafkah duit sama sekali ke gw, soalnya kerjaan dia gak jelas dan gak punya pemasukan sama sekali.

Gaji gw sebagai office girl itu 2 juta sebulan, ada sih tips dari karyawan yang minta tolong sama gw buat dibeliin makanan atau rokok. Gak nentu sih min, sehari bisa 50-ribuan lah.

Anak gw yang sulung bilang, dia gak mau lanjutin sekolah dan mau ambil kursus kejuruan aja. Anak yang kedua udah mulai masuk semester baru di sekolahnya. Jujur min, saat ini gw frustrasi banget dengan uang yang gw punya, gak akan cukup buat anak gw ngelanjutin sekolahnya.

Gw gak punya tabungan ataupun investasi soalnya gaji gw buat kebutuhan sehari-hari aja pas-pasan. Masalah lain yang gw hadapin min, gw harus bayar 700 ribu buat cicilan motor gw selama 24 bulan. plisss min tolongin gw… makasih

 

Jawaban:

Halo Maryati,

Terima kasih atas emailnya. Sayangnya kamu gak memberikan detail soal pengeluaran sebulan. Misalnya, berapa uang yang kamu keluarkan untuk makan, transportasi atau uang saku anak.

Kamu bisa mulai membuat pembukuan sederhana untuk pengeluaran sebulan. Coba kita simulasikan saja ya. Misalnya gaji pokokmu Rp 2 juta sebulan ditambah Rp 1,1 juta (tips). Total pemasukan setiap bulan adalah Rp 3,1 juta.

Cicilan motor: Rp 700 ribu

Makan dan uang saku anak: Rp 1,4 juta

Pulsa dan listrik: Rp 300 ribu

Dana Darurat: Rp 700 ribu

Itu hanya simulasi saja ya. Dari situ bisa kamu lihat pos mana yang kira-kira masih bisa dikurangi. Seandainya pos-pos tersebut sudah mepet, kami menyarankan dua macam solusi yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Mencari pinjaman ke kerabat atau teman dekat yang kira-kira punya kemampuan meminjamkan. Usahakan kamu bisa nego pengembaliannya dengan cara dicicil. Kami sangat mengimbau kamu untuk gak meminjam ke rentenir atau pihak yang meminjamkan dana cepat dengan bunga besar.

2. Kamu juga bisa coba mengajukan pinjaman dana online Tunaiku. Kenapa Tunaiku? Setahu kami, hanya produk Tunaiku lah yang persyaratan minimal gajinya Rp 1 juta. Pas banget dengan pendapatan kamu yang Rp 2 juta per bulan. Sementara bank dan produk sejenis lainnya, minimal gaji yang dibutuhkan sebesar Rp 3 juta. Belum lagi ditambah persyaratan yang salah satunya harus memiliki kartu kredit kepemilikan 1 tahun.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk bisa mengajukan pinjaman ke Tunaiku pun terbilang gak ribet, hanya slip gaji dan KTP.  Tapi, sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman dana online ini, kamu cek dulu simulasi berikut ini deh sebagai gambaran.

Pengajuan pinjaman dana online Tunaiku yang mungkin disetujui = Rp 5 Juta

Tenor = 12 bulan

Suku bunga = 3% per bulan

Cicilan per bulan sekitar Rp 606.417 (Rp 607.000 – pembulatan)

Total pemasukan setiap bulan = Rp 3.100.000

Cicilan motor = Rp 700 ribu

Kebutuhan sehari-hari (makan, transportasi) = Rp 1,4 juta

Listrik dan pulsa: Rp 300 ribu

Cicilan Tunaiku – Rp 607.000 (dibulatkan)

Total pengeluaran setiap bulan = Rp 3.007.000

Perhitungan tersebut hanyalah simulasi. Usahakan untuk selalu disiplin dan komit dengan bujet yang kamu buat. Ini penting agar setiap pengeluaran bisa terpantau. Semoga dapat menjadi solusi untuk membayar uang sekolah anak kamu dan sukses selalu ya.

Pembaca setia www.lifepal.co.id lainnya juga bisa loh berpartisipasi untuk memberikan solusi kepada Maryati dan orang-orang lain dengan nasib serupa. 

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengajukan pertanyaan kepada kami. Tiap minggu kami akan memilih satu ‘curhatan’ seputar duit yang ada di Forum.lifepal.co.id. So, gak usah ragu, langsung saja bikin akun di Forum Lifepal dan buat thread baru di mana kamu bisa curhat sepuas hatimu. Semakin detail, semakin bagus untuk kita dapat menganalisa dan memberikan solusi. 

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →