Curhat Duit: Gaji Kecil Buat Bayar Utang dan Buka Bisnis, Gimana Cara Ngaturnya Ya?

bayar utang dan buka usaha

Curhat Duit adalah kolom khusus yang diadakan di www.lifepal.co.id karena banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang dikirim ke kami seputar masalah keuangan. Ini lah yang membuat kami ingin mencoba membantu memberikan solusi sebisa mungkin. Curhat Duit pun menjadi bentuk komunikasi langsung antara www.lifepal.co.id dan pembaca setianya, selain lewat Forum.lifepal.com

Curhat Duit kali ini datang dari email yang masuk ke [email protected] yang berasal dari seorang Guru Sekolah Swasta yang ingin memperoleh solusi untuk melunasi utangnya sekaligus menambah penghasilan.

hai admin Lifepal,

sy Hilmi profesi guru swasta gaji tiap bulan 7rts rb, terus terang sy orangnya konsumtif n kurang pintar dalam mengelola uang, usia sy skrg 30thn n 8 bulan lagi sy mau menikah, sampek detik ni sy gak punya tabungan sepersenpun, punya hutang 3 juta untuk biaya lamaran sy kemarin, n skrg sy menyesal knp tdak dari dulu sy berhemat.

tolong lifepal sy butuh solusi untuk mengubah hidup sy, sy mau keluar dri zona ini, sy mau mulai bisnis tpi kebanyakn ide n byak pertimbangan g jalan2, tolong lifepal.

Jawaban:

Hai Hilmi,

Terima kasih emailnya ya,

Dengan pendapatan kamu yang bisa terbilang sangat pas-pasan, untuk melunasi utang gak ada pilihan lain kecuali mencari penghasilan tambahan ya. Kalau gak berusaha keras mencari penghasilan tambahan, kami khawatir utang kamu bakalan terus bertumpuk dna bukannya berkurang.

Untuk saat ini rasanya kurang memungkinkan membuka bisnis sendiri apalagi jika membutuhkan modal ya. Jadi salah satu solusi yang saat ini bisa langsung kamu eksekusi adalah mencari penghasilan tambahan tanpa modal.

Jangan tergiur dengan iming-iming utang membuka bisnis sendiri lalu bela-belain pinjam uang ya. Itu namanya kamu hanya menambah masalah dengan utang baru. Selesaikan dulu utang yang sebelumnya.

Coba manfaatin skill kamu dalam ilmu komputer untuk terima jasa servis komputer misalnya. Karena gak punya modal, mulai dengan mempromosikan jasa kamu secara langsung ke para orangtua murid, sesama guru dan teman-teman sepergaulan serta lingkungan rumah secara langsung.

Emang sih hasilnya gak seberapa, apalagi kalau baru merintis, mungkin akan banyak yang belum percaya dengan kemampuan kamu. Tarif yang kamu tawarkan juga gak bisa terlalu tinggi. Lihat seberapa parah kerusakan dan kemampuan finansial dari pelanggan ya.

Menjadi penjaga warnet di waktu senggang atau setelah mengajar juga bisa jadi salah satu alternatif tambahan penghasilan. Tentu saja kamu harus mencari dan bernegosiasi dengan pemilik warnet yang bersedia mempekerjakan tenaga kamu paruh waktu.

Menyediakan jasa kursus privat ilmu komputer merupakan alternatif penghasilan tambahan yang juga bisa kamu pertimbangkan. Selain tentunya gak butuh modal, kamu hanya butuh mempromosikan saja jasa kepada murid-murid di sekolah atau tetangga dan teman-teman yang sekiranya membutuhkan

Kamu juga bisa loh menawarkan diri menjadi salah satu tenaga pengajar ilmu komputer di tempat-tempat kursus komputer. Tentu saja kamu harus bisa mengatur waktu dengan pemilik tempat kursus, jangan sampai mengganggu pekerjaan utama kamu sebagai guru.

Solusi menambah penghasilan lain adalah dengan jualan online menggunakan sistem dropship. Kenapa dropship? Karena sistem jualan yang satu ini gak membutuhkan modal. Hanya butuh gadget yang bisa mengakses internet dan punya akun sosmed untuk mempromosikan barang jualan kamu.

Cari teman yang bisa memasok barang jualan kamu. Jadi sistemnya adalah setiap pembeli yang memesan harus membayar terlebih dahulu, sehingga uang tersebut bisa kamu gunakan untuk membayar barang yang kamu beli dari teman atau supplier tadi.

Selain mencari penghasilan tambahan, kamu juga wajib untuk mengurangi bahkan meniadakan beberapa pengeluaran yang bukan kebutuhan. Ini adalah pengorbanan yang suka gak suka harus kamu lakuin demi bebas dari jerat utang dan hidup lebih mandiri finansial.

Kebiasaan yang harus kamu hilangkan adalah

– Jangan beli barang yang memang gak dibutuhkan, tapi jangan hanya sebatas niat ya, harus dilakukan demi mencukupi kebutuhan hidup kamu yang lebih penting.

– Hindari bergaul dengan teman-teman yang hanya membuat kamu jadi lebih konsumtif, seperti teman-teman yang selalu ngajak kamu hangout, kecuali mereka yang traktir sih gak apa-apa ya.

– Sekecil apapun jumlah uang yang bisa kamu sisihkan dalam sebulan dari gaji yang kamu peroleh dari menjadi seorang guru, tekad menabung itu harus tetap dilaksanakan.

Semisal walau hanya 20 ribu pun gak masalah. Kalau kamu konsisten walau hanya 5 ribu sehari atau 50 ribu sebulan bisa banget. Nanti rasakan hasilnya saat sudah bertahun-tahun kemudian.

Emang sih yang namanya nabung gak ada keuntungan lebih dari uang yang kamu simpan karena gak ada bunga seperti kalau nabung di bank. Saat celengan kamu sudah Rp 300 ribu semisal, langsung setorkan saja ke bank, supaya paling gak tabungan kamu bisa mendapatkan bunga bank. Atau biar disiplin gunain aplikasi autodebet otomatis yang khusus buat nabung.

Simulasi alokasi pengeluaran sebulan yang ideal untuk kamu:

– Kebutuhan sehari-hari = Rp 300 ribu

– Makan = Rp 300 ribu

– Pulsa = Rp 50 ribu

– Tabungan = Rp 50 ribu

Tanya Lifepal - Untuk Pertanyaan Keuanganmu
Bagaimana cara mengelola uang pesangon untuk korban PHK karena Covid-19?Dijawab : Eko Endarto, CFP, RFA

Semoga kamu bisa lebih memprioritaskan kebutuhan dan lebih bijak lagi dalam mengelola keuangan. Jangan malu dan ragu mencari penghasilan tambahan ya karena kamu laki-laki dan akan segera berumah tangga. Selamat berjuang ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →