Dadakan Diundang, Ini 4 Menu Potluck Murah yang Pasti Disukai

Weekend ini kamu dapat undangan bawa bekal masing-masing yang nantinya saling tukar alias potluck. Tapi, masalahnya, Weekend ini sudah masuk tanggal tua. Kamu juga bingung mau bawa makanan apa  yang disukai kebanyakan orang untuk potluck nanti.

Daripada bingung dan menguras kantong, Lifepal telah merangkum menu potluck murah yang bisa kamu bikin sendiri di rumah.

Menu-menu ini dijamin pasti disukai banyak orang, dan bahan-bahannya terjangkau serta tingkat pembuatannya mudah.

Namun, sebelum mengetahui menu apa saja yang dimaksud, kita bahas lebih dalam dulu soal potluck dan sejarah kebiasaan kebersamaan yang diadaptasi dari budaya barat itu.

Apa itu potluck

Potluck adalah sebuah kegiatan atau acara di mana setiap orang atau kelompok orang berkontribusi memberikan makanan atau minuman untuk kemudian dikumpulkan jadi satu dan selanjutnya dimakan bersama-sama. 

Setiap orang biasanya akan sukarela membawa sesuatu yang dirasa mampu untuk dibawa, mulai dari nasi, lauk pauk, sayur, perlengkapan makan, camilan, buah, minuman, dan sebagainya. 

Kegiatan berkumpul sambil makan dan minum ini dinilai tidak memberatkan karena peserta bebas membawa apapun sesuai kemampuan masing-masing. Hanya saja, jumlahnya harus disesuaikan agar bisa dinikmati bersama.

Kegiatan ini bukan menjadi ajang untuk menilai makanan atau minuman siapa yang paling enak atau yang paling mahal. Melainkan, bertujuan untuk mempererat kebersamaan.

Meski bertujuan untuk mempererat kebersamaan, kegiatan ini umum dilakukan di rumah salah satu peserta, kantor atau sekolah, di tempat rekreasi. Sehingga, tidak lazim dilakukan di tempat makan seperti restoran atau kafe.

Sejarah potluck

Jika sudah mengetahui apa sih yang dimaksud potluck, saatnya kita mengetahui sejarah kegiatan satu ini. 

Potluck party alias pesta saweran ini diadaptasi dari Amerika. Dalam pesta ini, setiap orang atau sekelompok orang akan berkontribusi membawa makanan masing-masing untuk kemudian digabung dengan tamu lain, dan dinikmati bersama atau di antara grup. 

Ditelusuri dari sejarahnya, tradisi makan bersama, di mana para tamu membawa makanan mereka sendiri berasal dari akhir abad 19 atau awal abad ke-20 di Amerika Serikat, khususnya di Amerika Serikat Barat. 

Dalam tradisi ini, semua orang berpartisipasi membawa piring untuk berbagi bersama. Istilah ini berasal dari saat ketika kelompok perempuan Irlandia akan berkumpul bersama dan masak makan malam. 

Mereka hanya punya satu panci sehingga mereka memasak makan bersama dengan bahan apa pun yang mereka kebetulan punya hari itu.

Dalam potluck zaman ini, meliputi makan minum seadanya dengan membawa dan membagi-bagikan piring dan gelas untuk masing-masing orang di grup tersebut yang mengadakan pesta ini.

Umumnya, tema atau menu, jumlah porsi dan jenis makanan sudah ditentukan. Makanan bisa dibeli atau dibuat sendiri oleh tamu.

Aturan main

Seperti dijelaskan sebelumnya, potluck diadakan dengan membawa beragam masakan sebagai lauk. Variasi makanannya sangat beragam, mulai dari telur balado, capcay, bihun atau mie goreng, sup iga, ayam goreng, sate, dan lainnya. Untuk minumannya, mulai dari sirup Marjan, es buah segar, hingga minuman ringan.

Karena itu, tak heran jika potluck selalu berakhir dengan segunung makanan yang bisa dibawa pulang dan dijadikan bekal keesokan hari untuk para pesertanya.

Selain membawa beragam makanan dan minuman, ada syarat lain agar sebuah potluck bisa dilakukan. Yaitu:

  1. Karena makan ramai-ramain, maka jumlah pesertanya harus lebih dari satu orang.
  2. Setiap peserta harus membawa “sesuatu”, entah itu makanan maupun perlengkapan pendukung, misalnya peralatan makan, alas makan, bahkan sampai ke plastik sampah bila perlu.
  3. Biasanya, potluck dilakukan di rumah salah satu peserta, di kantor atau sekolah, di tempat rekreasi. Karena itu, acara ini umumnya tidak akan digelar di tempat makan seperti restoran, kafe ataupun warteg.

Lebih akrab

Karena untuk dinikmati bersama-sama, tentunya setiap peserta ingin memberikan yang terbaik untuk acara ini. Jika jago memasak, mereka akan memasak salah satu menu andalan.

Sementara itu, jika mereka hendak membeli makanan atau minuman yang dibawa di acara ini, mereka tentu akan membeli dan membawa makanan atau jajanan yang khas dan nikmat, yang mungkin tidak mudah ditemukan.

Karena setiap orang membawa makanan yang berbeda-beda, dan makanan atau minuman yang dibawa adalah yang terbaik yang bisa dibawa. Dengan begitu, momen makan bersama ini akan jadi sangat beragam dan nikmat.

Nah, karena setiap orang membawa beragam makanan terbaiknya, maka akan muncul banyak hal yang bisa diobrolkan selama momen berkumpul ini. 

Mulai dari bagaimana resep membuat makanan tersebut, di mana membeli makanan tersebut, Hingga berbagai obrolan-obrolan ringan lainnya yang membuat kalian lebih akrab lagi. Seru kan

Nah, untuk kamu yang ingin mendapat bocoran menu potluck murah apa yang bisa dibikin sendiri di rumah, yuk ketahui lengkapnya di sini:

1. Nasi goreng

potluck

Nasi goreng sudah pasti disukai. Cara bikin nasi goreng juga mudah banget. Kamu cuma butuh bahan sebagai berikut:

Nasi putih yang udah pasti ada

2 buah Telur, Rp 4000

Sosis, Rp 15000 per bungkus

1 tangkai seledri, Rp 2500

1 buah tomat, Rp 5000 per 500 gram

Total: Rp 26.500

2. Spaghetti bolognese

potluck - 1

Spaghetti bolognese ini gampang banget dibuat. Bahkan, kamu bisa beli yang siap saji. Tapi, biar makin mantap, kamu bisa coba tambahkan bahan berikut:

1 bungkus pasta La Fonte, Rp 22 ribu

1 bungkus Saos Bolognese La Fonte, Rp 13 ribu

1 buah kentang, Rp 4300

2 daun bawang, Rp 3000

Total Rp 42.300

3. Sambal teri

potluck - 2

Sambal teri, daun singkong rebus, tempe goreng dan nasi adalah kombinasi makanan paling disukai orang Indonesia.

Bahan-bahan dan cara masaknya pun simpel banget:

1 buah tempe, Rp 7 ribu

Daun singkong, Rp 3500 per ikat

Ikan teri, Rp 35.000 per 500 gram

Cabai merah, Rp 6.000 per 100 gram

1 buah tomat, Rp 5000

Total Rp 56.500

4. Sup ayam

potluck - 3

Sup ayam sudah pasti bakal disukai deh. Apalagi pas hujan-hujan gini. Resepnya pun gampang dibikin:

250 gram daging ayam, Rp 25000

Kentang, Rp 5000 per 200 gram

2 siung bawang putih, Rp 3 ribu

100 gram wortel, Rp 5000 per 500 gram

1 tangkai seledri, Rp 2500 per ikat

1 batang daun bawang, Rp 2000 per ikat

Total Rp 42.500

Menu-menu di atas mudah banget dibuat. Jadi, cocok buat kamu yang dapat undangan dadakan bawa potluck.

Bahan-bahan yang dibelanjakan pun masih bisa digunakan buat makan siang kamu keesokan harinya. Selamat mencoba! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →