Daftar Anak Perusahaan Telkom yang Berkontribusi Hasilkan Pendapatan Rp 130 Triliun

anak perusahaan telkom

PT Telkom Akses menjadi salah satu anak perusahaan Telkom yang menjalankan jenis usaha pembangunan, jasa, dan perdagangan di bidang telekomunikasi. Selain PT Telkom Akses, masih banyak lagi lho anak perusahaan Telkom lainnya yang berperan dalam menopang bisnis PT Telekomunikasi Indonesia (persero), Tbk.

PT Telekomunikasi Indonesia (persero), Tbk. sendiri dikenal sebagai salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia. Tiap tahunnya kinerja perusahaan yang menggarap sektor telekomunikasi ini selalu moncer. Tengok aja laporan keuangan yang diterbitkan Telkom Indonesia tiap tahunnya, rata-rata angkanya terus naik.

Makanya, sulit rasanya buat gak mengatakan kalau anak-anak perusahaan Telkom punya kontribusi besar dalam bagusnya laporan keuangan BUMN yang berstatus perusahaan terbuka ini. Nah, dalam ulasan kali ini, Lifepal mau menginformasikan daftar anak perusahaan Telkom Indonesia. Simak yuk ulasannya berikut ini.

Baca juga: Ada yang Asetnya Rp 350 Triliun, Ini Daftar Perusahaan Manufaktur di Indonesia

Sebagai perusahaan Tbk., PT Telekomunikasi Indonesia (persero) resmi tercatat di BEI pada 14 November 1995

anak perusahaan telkom
Komisaris dan jajaran Direksi Telkom Indonesia dalam Rapat Umum Pemegang Saham 2018. (Twitter/@telkomindonesia)

Penambahan kata terbuka atau Tbk. di belakang nama PT Telekomunikasi Indonesia (persero) menjadi tanda kalau BUMN ini berstatus sebagai perusahaan terbuka. Telkom Indonesia secara resmi menjual sahamnya kepada publik pada 14 November 1995.

Saat penawaran perdana atau initial public offering (IPO) tersebut, saham PT Telekomunikasi Indonesia (persero), Tbk. dengan kode TLKM ditawarkan pada harga Rp 2.050 per lembarnya. Dalam perjalanannya, saham TLKM beberapa kali dipecah atau di-stock split agar harga saham yang cenderung naik ini bisa terjangkau.

Kini harga saham TLKM per lembarnya berada di kisaran Rp 4.200-an. Jumlah saham TLKM yang beredar saat ini mencapai 51.602.353.560 lembar atau sekitar 52,09 persen dimiliki Pemerintah Indonesia dan 49.197.642.840 lembar atau sekitar 47,91 persen dimiliki masyarakat atau publik.

Dengan harga saham dan jumlah lembaran saham yang beredar, PT Telekomunikasi Indonesia (persero), Tbk. memiliki nilai jual atau kapitalisasi pasar sekitar Rp 423,99 triliun. Sementara jumlah asetnya mencapai Rp 215,7 triliun.

Pada tahun 2018, PT Telekomunikasi Indonesia (persero), Tbk. tercatat membukukan pendapatan sebesar Rp 130,78 triliun. Sementara laba bersih atau profit yang dicatatkannya sekitar Rp 18 triliun.

Baca juga: 115 Perusahaan BUMN yang Jadi Tanggung Jawab Menteri Erick Thohir

Daftar anak perusahaan Telkom Indonesia, apa aja?

anak perusahaan telkom
Logo Telkom Indonesia. (Shutterstock)

Seperti yang telah diterangkan di atas, semua pencapaian PT Telekomunikasi Indonesia (persero), Tbk. yang tampak dari pendapatan dan keuntungannya gak bisa diraih tanpa peran dari anak-anak perusahaan Telkom Indonesia. Berikut ini adalah daftar anak perusahaannya.

Anak perusahaan Telkom Kegiatan bisnis
PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) Operator seluler yang menyediakan jasa telekomunikasi seluler dan penyelenggaraan telekomunikasi seluler
PT Multimedia Nusantara (Telkom Metra) Perusahaan investasi dan sub-holding yang berekspansi ke berbagai layanan digital dan industri ICT.
PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) Perusahaan penyedia infrastruktur jaringan komunikasi satelit yang memberikan layanan jaringan satelit buat data dan internet.
PT PINS Indonesia (PINS) Menjalankan bisnis integrasi perangkat, jaringan, sistem, proses dan internet of things (IoT).
PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) Perusahaan jasa pengelolaan sistem dan switching ATM, EDC, dan uang elektronik buat Gerbang Pembayaran Nasional.
PT Telkom Akses (Telkom Akses) Perusahaan yang bergerak dalam jasa penggelaran dan pengelolaan infrastruktur jaringan akses fixed-broadband.
PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) Operator telekomunikasi global yang menyediakan solusi layanan telekomunikasi dan IT di luar negeri.
PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) Penyedia layanan infrastruktur menara telekomunikasi (tower provider) yang berskala nasional.
PT Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia (Telkom Infra) Penyedia jasa pengelolaan telekomunikasi (managed service) dan solusi infrastruktur domestik dan internasional.
PT Metranet (Metranet) Penyedia media dan konten digital terintegrasi dengan bisnis inti media online, digital content, dan digital billing.
PT Graha Sarana Duta (Telkom Property) Penyedia jasa properti dengan mengedepankan leverage asset idle Telkom.

Nah, itu tadi informasi seputar PT Telekomunikasi Indonesia (persero), Tbk. beserta anak-anak perusahaan Telkom. Semoga informasi di atas bermanfaat! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →