Simak Cara Daftar BNI Prakerja Beserta Keuntungannya di Sini!

daftar bni prakerja

Di balik antusiasnya masyarakat yang berbondong-bondong mendaftar Kartu Prakerja, Bank BNI menjadi satu-satunya bank untuk pembayaran insentif Prakerja. Bagaimana sih cara daftar BNI Prakerja?

Bagi kamu yang ingin mendaftar Prakerja kamu bisa menggunakan Tabungan Prakerja BNI. Cara daftar rekening BNI untuk Prakerja cukup mudah.

Selain itu terdapat juga beberapa keuntungan untuk para peserta Prakerja yang menggunakan Bank BNI sebagai rekening pembayaran insentif.

Seperti yang mungkin telah diketahui, program Kartu Prakerja telah dilaksanakan oleh pemerintah sejak tahun 2020.

Sejak pertama kali dibuka, Program Kartu Prakerja telah menjaring jutaan masyarakat Indonesia dan dapat membantu pertumbuhan perekonomian mereka.

Pada tahun 2021 saja terdapat total 62 juta lebih pendaftar Program Kartu Prakerja. Pada tahun ini juga, total peserta penerima Program Kartu Prakerja mencapai 5,9 juta peserta.

Nah, bagi kamu yang ingin daftar BNI Prakerja, serta ingin mengetahui apa saja keuntungannya, kamu bisa mengeceknya di bawah ini!

Cara daftar BNI Prakerja

Cara daftar dan syarat buka rekening BNI Prakerja rekening BNI bagi para penerima Kartu Prakerja sangatlah mudah. Daftar rekening BNI untuk Prakerja bahkan bisa dilakukan secara online.

Selain lebih mudah dan efisien, pendaftaran online ini juga agar menghindari kerumunan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Pihak Bank BNI telah menyediakan e-form yang bisa diakses untuk mendaftarkan rekening Bank BNI untuk Prakerja. Dengan begitu, para pendaftar bisa mendaftar secara online dan bahkan bisa dilakukan dari rumah.

Cara daftar BNI Prakerja juga cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka tautan e-form BNI Prakerja di . Kamu dapat membuka tautan tersebut melalui telepon genggam maupun dari komputer.
  • Setelah membuka tautan tersebut, kamu perlu mengisi data diri sesuai dengan yang ada di KTP, data ini berisi mulai dari nama lengkap, alamat, hingga status perkawinan. Semua data tersebut harus diisi dengan benar dan sesuai dengan KTP.
  • Setelah itu, masukkan nomor telepon yang masih aktif. Nomor telepon ini berguna agar kamu selalu mendapatkan informasi terbaru tentang BNI Prakerja.
  • Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengunggah foto selfie dan foto KTP.
  • Kemudian isi kode Captcha, dan beri centang pada kolom “Syarat & Ketentuan”, dan tekan “Selanjutnya”.
  • Setelah semua selesai diisi, kamu akan diminta untuk memilih jadwal pembukaan rekening di kantor cabang BNI terdekatmu. Kamu dapat mengatur jadwal pembukaan rekening berupa tanggal dan jam di sini.
  • Setelah itu, kamu akan menerima kode verifikasi pada nomor yang sebelumnya telah didaftarkan. Kemudian cetak e-form, dan nantinya akan dibawa ke kantor cabang BNI terdekat untuk diproses.
  • Di kantor cabang BNI ini, kamu akan bisa melakukan aktivasi BNI Mobile Banking dan Kartu Debit BNI.

Jika kamu telah selesai daftar BNI Prakerja, sekarang rekening Bank BNI milikmu hanya tinggal disambungkan dengan akun Prakerja, dan kamu dapat menggunakannya untuk mencairkan insentif prakerja.

Keuntungan Daftar BNI Prakerja

Dengan daftar BNI Prakerja, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan. Beberapa keuntungan yang didapat dari BNI Prakerja adalah:

  • Tanpa setoran awal.
  • Tidak dikenakan biaya pada tahun pertama.
  • Akses ke seluruh 53.000 jaringan ATM BNI dan jaringan ATM lainya di Indonesia untuk dapat mencairkan dana insentif Prakerja secara langsung.
  • Kartu debit yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi di seluruh jaringan EDC di Indonesia.
  • BNI Mobile Banking dapat digunakan untuk transaksi seperti transfer antar BNI & antarbank, dan berbagai pembayaran tagihan seperti listrik, air, dan pembelian pulsa.

Selain beberapa keuntungan di atas, peserta Prakerja yang memiliki rekening BNI juga dapat mengikuti games spinning wheel BNI Prakerja.

Pada games ini, peserta berkesempatan untuk memenangkan berbagai hadiah, mulai dari voucher belanja, smartphone, hingga sepeda motor.

Cara mengikuti games BNI Prakerja ini juga cukup mudah, bagi kamu pemilik BNI Prakerja bisa mengakses http://bit.ly/lelang-games-bni, kemudian pilih ikon Prakerja, dan masukkan kode yang dikirim melalui email.

Kamu dapat berkesempatan memainkan games ini sebanyak lima kali.

Selain itu, 1000 orang pertama yang daftar BNI Prakerja dan mendaftarkan rekeningnya sebagai rekening pembayaran insentif Prakerja akan diberikan setoran awal sebesar Rp25.000. 

Games dan setoran awal untuk 1000 orang pertama ini selalu ada di setiap gelombang Prakerja, jadi kamu tidak perlu takut ketinggalan.

Tips dari Lifepal! Bagi kamu yang belum berhasil menjadi penerima Kartu Prakerja, kamu tidak perlu khawatir karena gelombang Prakerja untuk saat ini masih akan tetap berlanjut dan masih ada kesempatan bagi kamu yang belum lolos.

Terdapat beberapa kasus pendaftar Prakerja tidak lolos karena nomor yang digunakan pada e-wallet telah digunakan dengan nama orang lain.

Maka dari itu, lebih baik pastikan bahwa data diri yang terdaftar pada e-wallet dan akun Prakerjamu tidak berbeda.

Persiapan masa depan setelah mendapatkan pekerjaan

Tujuan program Prakerja adalah untuk mencetak kandidat yang lebih siap bekerja. Jadi setelah menjalankan program ini, sangat diharapkan kamu dapat mendapatkan pekerjaan.

Saat sudah mendapatkan pekerjaan atau pendapatan yang stabil, jangan lupa untuk menyiapkan dana darurat.

Dana ini bisa digunakan tidak hanya untuk keperluan mendadak, tetapi juga untuk pengeluaran tidak terduga yang berhubungan dengan kesehatan.

Jika kamu pernah merasakan yang namanya kehilangan pekerjaan secara tiba-tiba dan tidak memiliki sumber penghasilan selama beberapa saat, tentu kamu jadi tahu kalau dana darurat itu sangat penting.

Kebutuhan dana darurat setiap orang berbeda-beda, tergantung pengeluarannya.

Kamu bisa gunakan kalkulator dana darurat di bawah ini untuk menghitung dana darurat sesuai dengan usia. 

Lindungi diri dengan asuransi kesehatan dan jiwa

Selain memiliki dana darurat, hal lain yang harus kamu lakukan demi melindungi kondisi finansial keluarga adalah dengan memiliki asuransi.

Jika kamu bekerja sebagai karyawan, sebagian besar perusahaan kemungkinan akan memberikan perlindungan BPJS Kesehatan dan asuransi swasta. Namun ada juga yang memberikan hanya BPJS Kesehatan saja.

Padahal asuransi kesehatan ini sangat penting. Risiko penyakit tidak ada yang bisa menebak, bahkan saat kamu sudah menerapkan pola hidup sehat.

Selain itu, biaya rumah sakit juga terus naik setiap tahunnya. Jadi sebelum datang penyakit yang bisa saja akan menguras kantongmu, sebaiknya siapkan proteksi dengan asuransi kesehatan lebih dulu.

Bagi kamu yang punya tanggungan, bukan saja asuransi kesehatan, tapi kamu juga butuh asuransi jiwa.

Asuransi jiwa memberikan pertaggungan pada ahli waris apabila tetanggung meninggal dunia atau mengalami cacat total akibat penyebab tertentu.

Jadi ahli warismu tidak perlu mengkhawatirkan soal kondisi finansial karena sementara waktu dapat di-cover oleh uang pertanggungan hingga nantinya dapat mandiri secara finansial.

Asuransi jiwa sangat penting bagi kamu yang merupakan pencari nafkah untuk orang tua, suami atau istri, dan anak.

Dana ini juga bisa menjamin pendidikan anak agar tidak terputus meskipun kehilangan orang tua.

Tips memilih perusahaan asuransi

Apa saja sih yang harus diperhatikan ketika memilih perusahaan asuransi? Simak beberapa cara memilih asuransi yang tepat berikut ini!

1. Pilih perusahaan asuransi yang reputasinya baik

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah reputasi perusahaan asuransi. Jangan asal memilih perusahaan yang sudah tua atau yang menawarkan harga murah.

Kamu bisa mencari informasi dari orang-orang yang sudah merasakan jasa perusahaan tersebut.

Sekarang tentunya mencari review sebuah perusahaan asuransi dapat lebih mudah karena sudah banyak beredar di internet.

Kamu juga bisa bertanya pada teman maupun kerabat yang sebelumnya sudah memiliki asuransi.

2. Pilih yang punya banyak rekanan

Asuransi kesehatan tentu rekanannya adalah rumah sakit. Pilihlah asuransi yang jaringan rekanannya luas. Dengan banyaknya rekanan rumah sakit, kamu jadi tidak akan kesulitan saat ingin berobat.

3. Pilih yang sesuai kebutuhan

Satu perusahaan asuransi dapat menawarkan berbagai produk yang berbeda. Bahkan dalam satu polis asuransi, kamu juga bisa menambahkan berbagai manfaat tambahan atau rider yang berbeda sesuai kebutuhan.

Maka dari itu sebelum membeli asuransi, kamu harus paham dulu apa yang kamu butuhkan.

4. Bandingkan sebelum membeli

Jangan terburu-buru dalam membeli asuransi karena kamu memiliki banyak pilihan. Lebih baik bandingkan beberapa produk lebih dulu sebelum membeli.

Kamu harus paham betul tentang suatu polis asuransi sebelum memutuskan untuk membelinya. Jika tidak maka manfaat yang kamu dapatkan tidak akan maksimal.

Kalau kamu beli asuransi di Lifepal, kamu hanya perlu memberi tahu apa yang kamu butuhkan dan kami akan membantu membandingkan polis asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

5. Jangan lebih dari 10% pendapatan

Nah agar keuangan tetap stabil, kamu juga perlu tahu batas maksimal bujet asuransi. Sebaiknya jumlah yang dibayarkan untuk premi asuransi setiap bulannya tidak lebih dari 10%.

Jadi pilihlah asuransi yang preminya terjangkau dan sesuai yang kamu butuhkan.

Kamu juga bisa mulai cari informasi tentang manfaat asuransi lainnya sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi yang ada di Indonesia di Lifepal.

Kini banyak tersedia produk asuransi dengan premi termurah yang mampu memberikan manfaat perlindungan yang lengkap. Cek tips cari asuransi di video ini.

Pertanyaan seputar daftar BNI prakerja

Dapatkan Promo