Daftar Harga BBM 2020: Pertamina, Shell, Total [TERBARU]

harga bbm terbaru

Sejak penentuannya tergantung mekanisme pasar, harga BBM cenderung berubah-ubah. Kadang harganya bisa turun banget, kadang bisa naik tinggi.

Makanya kita yang ke mana-mana bawa kendaraan pribadi perlu tahu nih harga bakar terbaru yang berlaku saat ini. Pasalnya, perubahan harga bisa berdampak ke mana-mana, termasuk ke pengeluaran bulanan kita.

Nah, untuk mempermudah kamu mencari tahu berapa harga bahan bakar minyak terbaru yang lagi berlaku, berikut ini Lifepal sajikan daftar harganya.

Tentunya dengan adanya daftar harga BBM ini, kamu bisa makin smart dalam mengalokasi pengeluaran. Yuk, langsung saja dicek!

Daftar harga BBM terbaru Pertamina, Shell, Total hingga BP

harga bbm terbaru
Mesin pengisian bahan bakar (Shutterstock)

Di Indonesia, ada tiga pemain besar dalam penjualan bahan bakar. Mulai dari Pertamina, Shell, hingga Total. Belakangan juga muncul pemain lainnya yang mendirikan stasiun pengisian bahan bakar atau SPBU seperti British Petroleum (BP).

Namun, perkembangan SPBU-SPBU yang disebut belakangan belum semasif Pertamina, Shell, Total ataupun BP. Seperti yang kamu tahu, Pertamina sebagai perusahaan BUMN menjadi merek dagang nomor satu dalam bisnis SPBU.

Meski banyak pemain di bisnis SPBU, bukan berarti harga komersial yang dijual seragam alias sama lho ya. Pasalnya, setiap SPBU punya harga yang variatif.

Berikut ini adalah daftar harga jual BBM dari SPBU Pertamina, Shell, Total hingga BP.

Daftar harga BBM Pertamina terbaru

Jenis BBM Kualitas Harga Baru
Premium RON 88 Rp 6.450
Pertalite RON 90 Rp 7.650
Pertamax RON 92 Rp 9.000
Pertamax Turbo RON 98 Rp 9.850
Dexlite CN 51 Rp 9.500
Dex CN 53 Rp 10.200

Daftar harga BBM Shell terbaru

Harga bensin Shell di wilayah Jabodetabek.

Jenis BBM Kualitas Harga Baru
Shell Regular RON 90 Rp 9.075
Shell Super RON 92 Rp 9.125
Shell V-Power RON 95 Rp 9.650
Shell Diesel CN 51 Rp 9.850
Shell Diesel Extra CN 53

Harga bensin Shell di wilayah Bandung

Jenis BBM Kualitas Harga Baru
Shell Regular RON 90 Rp 9.075
Shell Super RON 92 Rp 9.125
Shell V-Power RON 95 Rp 9.650
Shell Diesel CN 51 Rp 9.850
Shell Diesel Extra CN 53

Harga bensin Shell di wilayah Jawa Timur

Jenis BBM Kualitas Harga Baru
Shell Regular RON 90
Shell Super RON 92 Rp 9.125
Shell V-Power RON 95 Rp 9.650
Shell Diesel CN 51
Shell Diesel Extra CN 53

Harga bensin Shell di wilayah Sumatera Utara

Jenis BBM Kualitas Harga Baru
Shell Regular RON 90
Shell Super RON 92 Rp 9.125
Shell V-Power RON 95
Shell Diesel CN 51
Shell Diesel Extra CN 53 Rp 9.530

Daftar harga BBM TOTAL terbaru

Jenis BBM Kualitas Harga Baru
Total Performance 90 RON 90 Rp 9.075
Total Performance 92 RON 92 Rp 9.125
Total Performance 95 RON 95 Rp 9.650
Total Performance Diesel CN 48 Rp 10.150

Daftar harga BBM British Petroleum terbaru

Jenis BBM Kualitas Harga Baru
BP 90 RON 90 Rp 9.075
BP 92 RON 92 Rp 9.125
BP95 RON 95 Rp 9.650
BP Diesel CN 48 Rp 9.525

Apa itu RON dan CN?

pom bensin

Jika melihat daftar harga BBM di atas, kamu pasti akan melihat ukuran kualitas RON dan CN? Apa ya maksud dari ukuran tersebut?

Ukuran Research Octane Number (RON) atau nilai oktan guna digunakan untuk bahan bakar berjenis bensin. Sedangkan Cetane Number (CN) atau angka sentana menunjukkan kepekaan BBM untuk mesin diesel.

Research Octane Number (RON)

Ukuran RON pada bensin menunjukkan kualitas bahan bakar tersebut. Jadi, semakin tinggi nilai oktannya, BBM akan lebih lambat terbakar sehingga meminimalkan residu pada mesin yang dapat mengganggu kinerja. 

Jika nilai oktan rendah, bensin akan terbakar sebelum piston/torak mencapai titik puncak dan mengakibatkan knocking. Knocking merupakan ketukan yang terjadi ketika pembakaran terjadi terlalu awal sebelum piston berada pada posisi yang tetap.

Cetane Number (CN)

Jika RON menunjukkan kualitas, CN menunjukkan tingkat kepekaannya terhadap detonasi atau ledakan. Artinya, angka yang tertera menunjukkan kualitas penyalaan bahan bakar diesel atau menyatakan keterlambatan pengapian bahan bakar. 

Bahan bakar dengan bilangan setana tinggi akan mudah berdetonasi pada motor diesel. CN adalah angka jumlah C16 dalam bahan bakar solar. Bahan bakar diesel terdiri atas C14 hingga C21. Semakin banyak kandungan C16, bahan bakar diesel akan semakin mudah terbakar sehingga pembakaran menjadi lebih sempurna dan efisien.

Mengapa bisa berbeda antara mesin bensin dan diesel? Pada mesin bensin, pembakaran bahan bakar terjadi karena adanya loncatan api listrik yang berasal dari dua elektroda busi, berbeda halnya dengan mesin diesel yang disebabkan kenaikan temperatur campuran udara dan bahan bakar akibat kompresi torak hingga mencapai temperatur nyala. 

Bahkan pada mesin diesel tertentu, bahan bakar dengan setana lebih tinggi akan memiliki periode penundaan pengapian lebih pendek daripada bahan bakar dengan setana lebih rendah.

Singkatnya pengertian RON dan CN seperti itu. Sekarang sudah tahu bedanya, kan?

Kenapa harga bahan bakar minyak bisa naik turun? Berikut penjelasannya

perubahan harga bbm
Ilustrasi harga bahan bakar minyak naik turun (Shutterstock)

Dulu harga Bahan Bakar Minyak masih terbilang murah walaupun ada sedikit kenaikan. Sebab, saat itu pemerintah masih memberi banyak subsidi.

Namun, dengan ditandatanganinya Peraturan Pemerintah No. 191/2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pemberian subsidi gak lagi cuma buat BBM tertentu.

Dalam Peraturan Pemerintah tersebut, BBM dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu:

  • BBM Tertentu
  • BBM Khusus
  • BBM Umum

Pengelompokan ini bertujuan buat menentukan harga jual tiap-tiap BBM. Buat BBM Tertentu, harga jualnya dapat subsidi dari Pemerintah dan diputuskan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). BBM Tertentu ini meliputi solar dan minyak tanah.

Begitu juga dengan BBM Khusus yang harganya ditentukan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Premium yang dijual di luar Jawa dan Bali masuk ke kategori BBM Khusus.

Sementara itu, harga BBM Umum yang sepenuhnya dilepaskan ke pasar diputuskan besarannnya oleh Pertamina. Ada dua faktor yang menyebabkan harga BBM naik ataupun turun, yaitu harga minyak mentah dunia dan nilai tukar rupiah terhadap dolar.

Sial buat kita yang menggunakan BBM Umum kalau sampai dalam suatu waktu harga minyak dunia naik dan nilai tukar rupiah melemah. Sebab, kenaikan harga BBM bakal terasa banget.

Jelas, situasi bakal menguntungkan kita sebagai konsumen saat harga minyak dunia turun dan rupiah lagi kuat-kuatnya. Bisa dipastikan harga BBM bakal lebih rendah dari harga sebelumnya.

Tips menghemat BBM

Sebetulnya daripada kamu mikirin harga bahan bakar fosil setiap waktunya, ada cara lebih efektif untuk menghemat BBM nih. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Sesuaikan oktan bensin dengan rasio kompresi mesin kendaraan
  • Usahakan kecepatan berada di angka 60 Km per jam
  • Jangan sering menggeber kendaraan pribadi
  • Bawa barang secukupnya
  • Servis berkala

Itulah beberapa tips menghemat BBM yang bisa kamu terapkan. Dari kelima poin tersebut, poin pertama yakni menyesuaikan oktan bensin dengan rasio kompresi mesin kendaraan adalah yang paling minim diketahui oleh masyarakat. Untuk informasi selengkapnya kamu bisa tanya ke pihak dealer atau bengkel terdekat.

Nah, itu tadi daftar informasi harga BBM terbaru di SPBU Pertamina, Shell, hingga British Petroleum. Semoga informasi di atas bermanfaat ya! (Editor: Chaerunnisa)