Siapkan Diri Hadapi Perubahan Zaman dengan Pelajari Kemampuan-Kemampuan Ini

Percuma aja punya banyak titel yang berjejer kalau kemampuan bertahan hidup aja gak ada. Itulah kata orang-orang yang merasakan asam garamnya bangun kesuksesan.

Kamu sendiri setuju gak dengan pernyataan tersebut? Kalau setuju, silahkan dilanjutkan baca artikel ini. Sebab kali ini MoneySmart mau bahas kemampuan-kemampuan bertahan hidup yang harus perlu banget dimiliki.

Asal tahu aja nih, kita gak bakal pernah tahu apa yang terjadi dengan hidup di masa depan nanti. Bisa aja masa-masa sulit menghampiri kita.

Sebelum masa-masa tersebut datang tanpa diminta, ada baiknya mempersiapkan diri dulu dengan mempelajari kemampuan-kemampuan dalam bertahan hidup.

Dikutip dari Wise Bread, ada beberapa kemampuan bertahan hidup yang sebaiknya wajib dimiliki. Dan satu hal lagi nih, kemampuan bertahan hidup ini bisa dipelajari secara gratis.

Baca juga: 5 Cara Agar Kamu Selalu Bahagia di Kantor, Cukup Terapkan Hal Baik Ini

1. Kemampuan menyusun bujet pengeluaran

Langkah pertama susun anggaran keuangan, bikin daftar pengeluaran secara proporsional. (Shutterstock)
Langkah pertama susun anggaran keuangan, bikin daftar pengeluaran secara proporsional. (Shutterstock)

Sepele, tapi gak sedikit yang gagal menyusun bujet pengeluaran yang efektif. Makanya perlu pedoman yang jelas agar bisa memiliki kemampuan menyusun bujet pengeluaran.

Gak sulit kok sebenarnya susun bujet ini. Langkah-langkahnya simpel dan dijamin kamu langsung bisa menerapkannya.

Berikut ini beberapa langkah dalam menyusun bujet pengeluaran.

  • Alokasikan gaji kamu dengan ikuti aturan 50/30/20. Moneysmart sering banget bahas aturan yang satu ini. Intinya, 50 persen gaji buat kebutuhan pokok, 30 persen buat bayar cicilan atau kebutuhan pribadi, dan 20 persen buat dana darurat, asuransi, dan investasi.
  • Catat setiap pengeluaran yang kamu lakukan dengan bantuan aplikasi pengatur keuangan. Dengan begitu, kamu tahu sampai batas mana habiskan uang.
  • Bikin daftar belanja bulanan dengan mengurutkan pengeluaran yang perlu mendapat prioritas.

2. Kemampuan public speaking

persiapan sebelum memilih berkarir
Public speaking

Setuju kalau kemampuan public speaking diperlukan orang-orang yang sering tampil di atas panggung. Mulai dari politikus, orator, pembicara, hingga guru atau dosen.

Namun, kemampuan ini juga penting kamu miliki walaupun gak berkecimpung di bidang-bidang yang tadi disebutkan. Kamu pasti pernah kan diminta buat presentasi dalam pekerjaanmu? Di sinilah kemampuan public speaking membantu kamu banget.

Kamu berpeluang diterima kerja, berkesempatan meloloskan proposal, hingga naik jenjang karier dengan mempelajari kemampuan public speaking. Kamu bisa mempelajarinya cuma-cuma di kursus online Coursera.

Lewat website kursus online tersebut, kamu bakal dapat pengajaran dari Universitas Washington. Cukup menyediakan waktu 2 jam per minggu, kamu bisa belajar kemampuan ini.

Baca juga: Tidak Hanya Pantai yang Indah, Banten Miliki Segudang Destinasi Wisata Lainnya

3. Kemampuan membaca cepat

Membaca buku Antifragile untuk berinvestasi
Membaca buku Antifragile untuk berinvestasi

Memperluas wawasan itu penting banget. Sebab suatu saat wawasan yang kamu miliki dapat membantu peningkatan kariermu.

Gimana caranya memperluas wawasan? Gampang kok. Kamu cuma perlu membaca banyak buku atau artikel-artikel berbobot yang beredar secara online.

Untungnya lagi nih kalau bacaan-bacaan tersebut ada kaitannya dengan pekerjaanmu, itu berarti manfaatnya bakal terlihat ketika kamu bekerja lebih efektif dengan hasil yang maksimal.

Namun, banyak yang mengeluhkan sulitnya mereka meluangkan waktu buat membaca. Kalau kamu juga mengeluhkan hal yang sama, itu berarti kamu perlu mempelajari kemampuan membaca cepat.

Dengan membaca cepat, kamu bisa membaca banyak buku dan pastinya ilmu yang didapat lebih banyak. Agar membaca cepatnya efektif, kamu bisa mempelajarinya di Skillshare. Di situ kamu bisa belajar langkah-langkahnya dalam waktu 7 hari.

4. Kemampuan berbahasa asing

Kursus bahasa (Shutterstock).

Sekarang ini kemampuan berbahasa asing itu diperlukan banget. Apalagi bisa berbahasa Inggris ataupun Cina. Kedua bahasa ini sekarang jadi syarat yang ditemukan di banyak pekerjaan yang tawarkan gaji tinggi.

Kamu pun pastinya juga merasa demikian, bukan? Kalau gitu, asah deh kemampuan berbahasa asing kamu agar makin fasih.

Coba mengasah kemampuan tersebut dengan install aplikasi Duolingo di smartphone milikmu. Banyak bahasa yang bisa kamu pelajari dari aplikasi ini. Cukup meluangkan waktu 15 -30 menit setiap harinya, lama-lama kamu bakal lancar berbahasa asing.

Baca juga: Dongkrak Karier Cemerlang, Begini Cara Memperbaiki Personal Branding di Dunia Digital

Udah tahu kan sekarang, kemampuan-kemampuan bertahan hidup apa aja yang harus dimiliki? Dengan belajar kemampuan-kemampuan di atas, kamu udah mempersiapkan diri buat menerima peluang besar di masa depan. Semoga informasi di atas bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →