Mulai dari 0,65 Persen, Ini Daftar Bank Pemberi KTA Bunga Rendah 2020

KTA Bunga Rendah Terbaru 2019 (Shutterstock).

Kamu ingin ambil KTA (kredit tanpa agunan)? Sudah tahu berapa bunga terbarunya saat ini? Besaran bunga yang berlaku perlu kamu ketahui dan jadi bahan pertimbangan agar kamu bisa mengambil KTA dengan bunga rendah yang pas.

Lembaga perbankan di Indonesia mematok besar bunga untuk KTA berbeda satu dengan yang lainnya. Ada bank yang kasih 1% untuk bunga, bahkan ada juga yang berani beri bunga hingga 0,65%. Pastinya bunga yang kecil lebih menarik, jadi cicilan pun lebih ringan.

Agar mempermudah kamu mengetahui bank mana saja yang menawarkan KTA dengan bunga rendah, Lifepal.co.id sudah buat daftar terbarunya nih. Jadi kamu tinggal membandingkan dan pilih bank dengan bunga yang bersaing. Check this out!

Baca juga: Kredit Tanpa Agunan (KTA), Udah Tau 5 Biaya Selain Bunga Ini Belum?

Ini lho daftar bank yang tawarkan KTA bunga rendah 2020

KTA Bunga rendah
Bank seringkali tawarkan KTA (Shutterstock).

Tiap tahunnya bank-bank di Indonesia menetapkan bunga KTA dengan besaran yang berbeda-beda. Makanya kalau ingin dapat cicilan yang ringan, kamu harus jeli dalam memilih bank yang memberi penawaran KTA bunga rendah.

Berikut ini adalah daftar bank dengan KTA bunga rendah terbaru tahun 2020 yang resmi ditetapkan bank-bank di Indonesia beserta lamanya tenor pinjaman.

Bank Bunga (%) Besaran Pinjaman Tenor
Standard Chartered 0,65 – 1,49 ≥ Rp 50 juta – Rp350 juta 12 – 60 bulan
Bank DBS 0,88 – 1,49 Rp 5 juta – Rp 300 juta 12 – 36 bulan
CIMB Niaga 0,99 – 1,79 Hingga Rp 200 juta Hingga 48 bulan
Bank Permata Dari 0,88 Rp5 juta – Rp300 juta Hingga 60 bulan
Bank Mandiri 0,50 – 0,61 Rp 5 juta – Rp 1 miliar 12 bulan – 180 bulan
Bank BCA 1,00 – 1,07 Rp 5 juta – Rp 100 juta 12 bulan – 36 bulan
KEB Hana Bank 0,95 – 1,49 Rp 5 juta – Rp 200 juta 12 bulan – 60 bulan
Maybank 0,79 – 1,69 Hingga Rp 250 juta 12 bulan – 60 bulan
Panin Bank 0,88 – 1,29 Rp 3 juta – Rp 500 juta 12 bulan – 36 bulan
Bank Danamon 1,09 – 1,39 Rp 5 juta – Rp 200 juta 12 bulan – 36 bulan

Syarat-syarat pengajuan KTA yang penting dan wajib disiapkan

KTA Bunga rendah
Syarat mengajukan KTA (Shutterstock).

Tawaran KTA bunga rendah tentu aja menarik minat banyak orang dalam melakukan pengajuan. Walaupun begitu, bukan berarti bank-bank dengan mudah menyetujui setiap pengajuan yang datang.

Ada beberapa pertimbangan bank dalam memberikan persetujuan atau penolakan terhadap pengajuan KTA. Karena itu, kamu perlu tahu nih apa aja syarat-syarat yang wajib dipenuhi agar permohonan KTA-mu disetujui.

Berikut ini adalah syarat-syarat pengajuan KTA yang wajib disiapkan.

  • Kartu kredit. Perlu kamu tahu, orang yang memiliki kartu kredit lebih berpeluang disetujui pengajuannya. Sebab bank lebih mudah mengetahui kolektibilitas kredit nasabah lewat SLIK OJK. Apakah si nasabah punya riwayat utang yang baik atau buruk?
  • Besaran gaji yang sesuai dengan besaran cicilan. Sebagai informasi, kesanggupan membayar cicilan ditentukan dari besaran gaji. Rasionya adalah 30 persen gaji buat bayar cicilan. Jangan berharap disetujui ya kalau besaran cicilan lebih dari rasio tersebut.
  • Pastikan punya rekening payroll di bank KTA diajukan. Keberadaan rekening payroll ini memudahkan bank dalam melihat cash flow di rekening kamu.
  • Pastikan gak lagi punya kewajiban kredit berjalan. Balik lagi ke rasio 30 persen gaji. Kalau kamu punya kredit berjalan, bank terkadang ragu buat menyetujui pengajuan. Soalnya berisiko nantinya timbul gagal bayar.
  • Penuhi dokumen-dokumen yang diminta. Mulai dari fotokopi rekening tabungan, mengisi formulir pengajuan, fotokopi KTP, slip gaji terakhir, fotokopi kartu kredit, hingga NPWP.

Baca juga: Jangan Gunakan Kredit Tanpa Agunan untuk 3 Hal Ini Kalau Gak Mau Pusing

Cara-cara melakukan pengajuan KTA

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan buat mengajukan KTA bunga rendah. Mulai dari mengajukan KTA secara langsung hingga pengajuan online.

1. Mengajukan KTA langsung ke bank

Kamu bisa mengajukan KTA bunga rendah dengan langsung mendatangi bank terdekat. Pastikan kamu sudah melengkapi dokumen sesuai ketentuan dari bank tersebut.

2. Mengajukan KTA secara online dengan mengisi form di website bank

Di jaman serba digital ini segalanya juga dipermudah. Seperti juga pengajuan pinjaman tanpa agunan. Selain bisa datang langsung, saat ini kamu juga bisa mengajukan permohonan pinjaman melalu website resmi lembaga perbankan.

Misalnya aja kamu mengajukan KTA Standard Chartered. Kamu buka website Standard Chartered Indonesia. Terus cari produk pinjaman kredit tanpa agunan kemudian pilih. Di situ ada tombol Ajukan Sekarang yang kalau diklik, meminta kamu buat isi formulir.

3. Melakukan pengajuan online di financial aggregator

Cara online lainnya yang bisa kamu lakukan buat mengajukan KTA adalah melalui financial aggregator. Cara ini gak cuma memudahkan kamu dalam melakukan pengajuan, tetapi juga memudahkan kamu dalam membandingkan KTA dari bank-bank di Indonesia.

Kelebihan KTA adalah pengajuan dapat dilakukan tanpa menyertakan agunan sehingga banyak orang tertarik untuk mengajukan pinjaman model ini. Tapi kamu juga perlu, banyak bank yang menawarkan berbagai jenis KTA. Seperti apa saja? Lifepal.co.id merangkumnya untuk kamu.

Jenis KTA Penjelasan
KTA dana cepat Pinjaman tanpa agunan dana cepat memiliki kelebihan proses pencairan dana yang lumayan cepat. Biasanya KTA jenis ini dipilih nasabah yang membutuhkan uang jumlah besar dengan waktu cepat. 

Proses pencairannya pun tidak lebih dari seminggu. Tapi perlu diingat juga, untuk KTA jenis ini waktu pelunasannya pun terbilang singkat dengan bunga bersaing.

KTA tenor panjang Dilihat dari namanya saja sudah menjelaskan kalau KTA tenor panjang memiliki waktu pelunasan yang cukup lama. Biasanya jangka waktu cicilan bisa lebih dari tiga tahun.

Tujuannya untuk meringankan beban cicilan debitur karena makin lama tenornya maka makin kecil pula cicilan per bulannya. KTA jenis ini cocok buat kamu yang butuh dana besar tapi butuh waktu lama untuk pelunasannya.

KTA bisa bayar awal Umumnya produk pinjaman tanpa agunan memberikan penalti bagi debitur yang melunasi utangnya lebih cepat atau biasa disebut early payment fee. Tapi di KTA bisa bayar awal, tidak ada pembayaran denda untuk pelunasan lebih cepat.

Kelebihan dari jenis ini utangmu bisa cepat diselesaikan. Waktu yang diberikan bank-bank pun fleksibel antara 3 – 5 tahun yang biasanya dengan jumlah pinjaman besar. Selain itu syarat dan proses pengajuannya pun cepat bahkan bisa dilakukan secara online.

KTA bekerjasama dengan perusahaan Atau dikenal dengan KTA payroll. Jenis ini ditujukan untuk karyawan yang penghasilannya diberikan di bank tertentu. Jadi, pihak bank yakin dengan kelancaran cicilanmu karena mereka mengetahui nominal gaji kamu per bulannya. 

KTA payroll paling populer karena biasanya menetapkan suku bunga yang lebih kecil dari KTA jenis lain. Sistem debit langsung dari rekeningmu menjadi kelebihan lain dari jenis ini. Sehingga kamu gak perlu bingung atau lupa sudah membayar cicilan atau belum.

KTA tanpa kartu kredit Lembaga perbankan saat ini sangat pintar membaca peluang demi kelancaran bisnis mereka. Karenanya pihak bank pun mengeluarkan produk KTA tanpa kartu kredit. 

Karena tidak semua orang memiliki kartu kredit. Hanya saja kelemahan dari jenis ini adalah bunga yang lebih tinggi dari pinjaman tanpa agunan lain. Waktu pelunasannya pun bervariasi, berjangka pendek dan panjang.

Jadi, kamu gak bingung lagi kan untuk menentukan pinjaman mana yang akan kamu ambil? Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisimu. Sehingga cicilannya tidak akan memberatkan kamu di kemudian hari.

Keuntungan menggunakan KTA

KTA Bunga Rendah

Mau tahu apa aja manfaat dari mengandalkan pinjaman KTA? Berikut beberapa poin yang bisa didapatkan.

  1. Dibanding dengan pinjaman online, KTA menawarkan jumlah pinjaman yang lebih besar. Jika rata-rata kredit online hanya memberikan plafon di bawah Rp5 juta. Produk KTA berani memberi pagu kredit mulai Rp5 juta sampai ratusan juta.
  2. Tenor pinjaman yang panjang. Umunya banyak bank mematok jangka waktu cicilan hingga tiga tahun. Tapi tidak sedikit juga yang memberikan tenor hingga 15 tahun. Berbeda dengan produk fintek yang hanya berani memberi tenor paling lama satu tahun.
  3. Banyak kasus pinjol yang menarik data pribadi dari ponsel debitur. Ini dilakukan fintech untuk menilai kelayakan si pemohon pinjaman. Tapi di KTA tidak ada menarik data pribadi untuk penilaian kelayakan keuangan calon debitur.
  4. Jalur KTA jauh lebih aman disbanding fintech. Terlebih lagi maraknya platform non bank illegal yang merugikan nasabahnya, membuat KTA tetap jadi primadona.
  5. Saat ini nasabah atau calon debitur dipermudah dengan proses pengajuan KTA yang bisa dilakukan secara online. Dan prosesnya pun lebih cepat disbanding pengajuan secara offlline. Nah, manfaat KTA online diharapkan mampu bersaing dengan gempuran fintech dalam pengajuan KTA.

Biaya yang terdapat dalam pengajuan KTA

Meski produk KTA mematok bunga rendah, namun kamu juga perlu tahu biaya-biaya apa saja yang terdapat dalam pengajuan KTA. LIfepal.co.id membaginya untuk kalian.

  • Biaya provisi yaitu biaya balas jasa ke bank karena disetujuinya pinjaman. Atau kata lainnya adalah biaya administrasi yang dikeluarkan oleh bank.  Biaya ini hanya dikenakan satu kali di awal pengambilan kredit. Besaran nilainya pun tiap bank berbeda berkisar 1 – 3,5 persen dari total kredit yang didapat.
  • Biaya di muka adalah biaya yang harus dibayar di luar cicilan. Tiap bank memiliki jumlah yang berbeda. Biasanya biaya yang dibayar di muka berkisar 1,5 – 5 persen dari total pinjaman.
  • Biaya bunga. Pihak bank biasanya akan menetapkan bunga dari kredit yang kamu ambil. Tiap bank mematok besaran yang berbeda-beda. B iasanya kisaran bunga yang dipatok untuk produk KTA adalah 10 – 23 persen per tahunnya, hal ini dikarenakan KTA tidak meminta jaminan asset apapun dari debitur. Bunga yang berlaku pun bersifat flat.
  • Biaya penalty adalah biaya yang dikenakan bank bila debitur melakukan pelunasan pinjaman sebelum waktu yang dijanjikan sebelumnya. Biaya pinalti ini berkisar 5 – 6 persen dari sisa tagihan KTA kamu.
  • Biaya materai biasanya dikenakan bank pada saat akad. Tapi tidak semua bank mengenakan debitur dengan biaya materai. Ada juga bank yang membebaskan biaya ini.
  • Biaya asuransi ini gunanya untuk melindungi pihak penerima kredit. Karena tenornya yang lama dan jumlah pinjaman yang besar, otomatis berpengaruh pada risiko juga. Bank tidak ingin mengambil risiko jika penerima kredit meninggal dunia. Karenanya bank menunjuk perusahaan asuransi untuk memberi perlindungan bagi nasabahnya.

Nah, udah tahu kan sekarang bank-bank mana aja yang menawarkan KTA bunga rendah dan apa saja yang bersinggungan dengan pinjaman tanpa agunan? Tinggal dipilih aja mana yang oke buat kamu. Selamat mengajukan dan semoga berhasil ya!